3/18/2013

HUBUNGAN AIR, TANAH DAN TANAMAN
PERTEMUAN 05

KLASIFIKASI AIR TANAH
}

Secara Fisik
}

} }

air bebas (air gravitasi) : air yang diatus oleh gaya gravitasi. Air dalam kondisi jenuh dan berada diantara pF 0 dan pF 2,54 (diantara jenuh air dan kapasitas lapang) air kapiler : air dalam pori-pori tanah dengan tegangan antara pF 2, air higroskopis : air di permukaan tanah yang dipegang antara pF 4,5 dan 7,0 (antara koefisien higroskopis dan kering oven) 4 dan 4,5 (kapasitas lapang dan koefisien higroskopis).

}

Secara Biologi
}

} }

air tidak berguna : setara dengan air bebas menurut klasifikasi fisik. Kelas ini tidak berlaku bagi padi di sawah dan hidrofit yang hidup dalam jenuh air air tersedia : air yang terdapat diantara kapsitas lapang dan titik layu tetap (pF 2,54 dan 4,17), dan air tidak tersedia : air yang berada pada tegangan diatas titik layu tetap (diatas pF 4,17). Air dipegang tanah dengan tegangan lebih kuat dibanding kekuatan akar menyerap air.

1

dan pada kapasitas lapang umumnya besarnya pF ini adalah = 2. Tanah dikatagorikan jenuh manakala seluruh rongga pori terisi air sampai air pada rongga pori makro habis. sedangkan untuk tanah liat (clay) mendekati 1/3 atm.54. Tegangan kelembaban tanah pada kapasitas lapang untuk tanah pasir mendekati 1/10 atm. tegangan lengas tanah = 0 cm H2O.54. Pada keadaan kapasitas lapang sebagian besar air tanah berupa kapiler dan sebagian lagi berupa air higroskopis yang terikat pada partikel tanah. Tegangan lengas = 346 cm H2O.3/18/2013 KLASIFIKASI AIR TANAH } Berdasarkan Status / Tegangan Lengas Tanah KLASIFIKASI AIR TANAH } Berdasarkan Status / Tegangan Lengas Tanah Jenuh. 0 bar atau pF 0. } Kapasitas Lapang. Tegangan kelembaban tanah ini dapat pula dinyatakan dalam satuan pF. dan pada saat air pada rongga pori makro habis karena gaya gravitasi mulai dinyatakan dalam keadaan kapasitas lapang. Berdasarkan beberapa penelitian kapasitas lapang biasanya dicapai dua hari setelah tanah mengalami penjenuhan total baik akibat hujan lebat atau irigasi.3 bar atau pF 2. 0. } 2 .

849 cm H2O.000 bar.Tegangan lengas tanah = 107 cm H2O. tanaman mengalami layu dan bila disiram lagi tanaman dapat tumbuh kembali. sedangkan bila kadar airnya diatas itu. } HUBUNGAN AIR – TANAH .TANAMAN } } } Tanaman memerlukan air Tanah menyimpan air yang dibutuhkan tanaman Atmosfer menyediakan energi yang diperlukan tanaman untuk mengambil air dari tanah 3 . Air tanah pada keadaan layu permanen terikat kuat oleh partikel tanah dengan tegangan kelembaban tanahnya antara 7 atm sampai 40 atm atau 15. biasanya membutuhkan waktu 16-18 jam). Batas bawah dari air kapiler adalah layu permanen. 1000 bar. 10. yaitu pada batas layu. yaitu batas terendah dimana air dalam tanah sudah tidak lagi mampu diserap oleh tanaman dan kalau mencapai batas ini tanaman layu dan kalaupun disiran lagi tanaman akan tetap layu dan mati. Tegangan lengas = 106 cm H2O.17 Nilai ini tergantung dari tekstur tanah dan kadar garam. 15 bar.0. Kadar air tanah setelah dikeringkan dalam oven pada suhu 105-110 °C sampai tidak ada lagi air yang menguap (timbangan tetap. pF 4. pF 6. atau pF 7. Kadar air tanah setelah diangin-anginkan di tempat teduh sampai mencapai keseimbangan dengan kelengasan atmosfer. } Kering.3/18/2013 KLASIFIKASI AIR TANAH } Berdasarkan Status / Tegangan Lengas Tanah Layu Permanen.

Karbohidrat (Glukosa) Glukosa Pati dan senyawa organik lain dalam buah dan biji Air dari tanah CO2 dari Udara Fotosintesis: CO2 + H2O Karbohidrat (Glukosa) Glukosa Pati dan senyawa organik lain dalam biji Stomata: Pintu lalulintas CO2. dan H2O Air dari tanah 4 . O2.3/18/2013 CO2 dari Udara Fotosintesis: CO2 + H2O ---.

When the plant approaches maturity. its water need drops. Curves have been developed that show the daily water needs for most types of crops. 5 .While a plant is young it requires less water than when it is in the reproductive stage.3/18/2013 Budidaya tanaman padi sawah memerlukan banyak air KEBUTUHAN AIR TANAMAN A plant has different water needs at different stages of growth.

reliance on utilization of deeper water will reduce optimum plant growth. 20 percent from the third quarter. However. then 30 percent from the next quarter. larutan air tanah è sel-sel epidermis akar (rambut akar) è korteks è endodermis è xylem akar PENYERAPAN AIR v.s KEDALAMAN AKAR } Air diserap 40% 30% 20% 10% A plant’s root depth determines the depth to which soil water can be extracted. plants will extract about 70 percent of their water from the top half of their total root penetration. } 6 . Deeper portions of the root zone can supply a higher percentage of the crop’s water needs if the upper portion is depleted. taking only 10 percent from the deepest quarter. Therefore. A young plant has only shallow roots and soil water deeper than rooting depth is of no use to the plant. Plants typically extract about 40 percent of their water needs from the top quarter of their root zone.3/18/2013 PENYERAPAN AIR OLEH TANAMAN } Jalur penyerapan air oleh tanaman adalah melalui.

3/18/2013 KETERSEDIAAN AIR BAGI TANAMAN KETERSEDIAAN AIR BAGI TANAMAN } Air tersedia bagi tanaman itu berada antara layu permanen dan keadaan kapasitas lapang } } Air tersedia (AT) = kapasitas lapang (KL) – layu permanent (LP) Bila dikaitkan dengan kedalaman akar AT = Drz ( KL − LP) 100 Dimana : AT = Air tersedia untuk tanaman (cm) Drz = kedalaman zona perakaran tanaman (cm) KL = kadar air dalam kondisi kapasitas lapang (%) LP = kadar air dalam kondisi layu permanen (%) 7 .

60 ( KL – LP) Maksimum kekurangan air yang diperbolehkan (MKAD) } MKAD = AST/AT } AST = (MKAD) (AT) = (MKAD) (Drz )(KL – LP)/100 KETERSEDIAAN AIR BAGI TANAMAN } Nilai MKAD dan Kedalaman Perakaran. (Ready Available Water.3/18/2013 KETERSEDIAAN AIR BAGI TANAMAN } Apabila kondisi lengas tanah dijaga pada kisaran antara KL dan θc (kadar lengas tanah kritis) kualitas hasil tanaman lebih baik. dan untuk itu dikenal istilah air siap tersedia. Drz Beberapa Tanaman 8 .50 atau 0. RAW) RAW = } Drz ( KL − θ c ) 100 = 0. AST.

ditentukan oleh dua faktor: 1.f dimana i = volume air yang bergerak. Hantaran hidraulik = Hantaran kapiler = daya hantar i = k.3/18/2013 PERGERAKAN AIR DALAM TANAH Gerakan air tanah Gerakan air tanah dipengaruhi oleh kandungan air tanah Penetrasi air dari tnh basah ke tnh kering (cm) 18 Tanah lembab. Daya dari air yang bergerak 2. Selisih tegangan air tanah. hari 17 156 Sumber: Gardner & Widtsoe. penurunan daya hantar lebih jelas kalau terjadi penurunan kandungan air tanah Lapisan pasir dlm profil tanah akan menjadi penghalang gerakan air tidak jenuh 18 9 . Besarnya tegangan untuk menahan air Pada gerakan jenuh. Daya air yg bergerak = daya penggerak. kadar air awal 29% Tanah lembab. kadar air awal 15. f = daya air yg bergerak dan k = konstante. shg hantaran hidraulik berbanding lurus dengan ukuran pori Pd tanah pasir. berpengaruh thd gerak ke bawah 2. tegangan airnya rendah. 1921. Ukuran pori tanah 2.9% 0 26 Jumlah hari kontak. Hantaran hidraulik ditentukan oleh bbrp faktor: 1. ke semua arah Gerakan air semakin cepat kalau perbedaan tegangan semakin tinggi. kadar air awal 20.2% Tanah lembab. LAJU GERAKAN AIR TANAH Kecepatan gerakan air dlm tanah dipengaruhi oleh dua faktor: 1. Gaya gravitasi.

kering). Liat tipe 2:1 yang mengembang-mengkerut sangat berperan 20 10 . kemampuan menahan air rendah. Bahan liat koloidal dpt menyumbat pori mikro & medium 2. Perbedaan tegangan air tanah akan menentukan arah gerakan air tanah secara tidak jenuh. Kemampuan infiltrasi permukaan tanah 3. Gaya adhesi dan kohesi bekerja aktif pada kolom air (dalam pori mikro). Gerakan air ini dapat terjadi ke segala arah dan berlangsung secara terus-menerus. umumnya perkolasinya rendah dan sangat beragam. Pelapisan tanah berpengaruh terhadap gerakan air tanah. faktor lain yg berpengaruh: 1. Lapisan keras atau lapisan kedap air memperlambat gerakan air Lapisan berpasir menjadi penghalang bagi gerakan air dari lapisan yg bertekstur halus. shg perkolasinya mudah dan cepat Tanah tekstur halus. Gerakan air dlm lapisan berpasir sgt lambat pd tegangan PERKOLASI Jumlah air perkolasi Faktor yg berpengaruh: 1. Jumlah air yg ditahan profil tanah pd kondisi kapasitas lapang Keempat faktor di atas ditentukan oleh struktur dan tekstur tanah Tanah berpasir punya kapasitas ilfiltrasi dan daya hantar air sangat tinggi. Jumlah air yang ditambahkan 2. ujung kolom air berbentuk cekung.3/18/2013 PERGERAKAN AIR DALAM TANAH Gerakan Air Tanah Tidak Jenuh Gerakan tidak jenuh = gejala kapilaritas = air bergerak dari muka air tanah ke atas melalui pori mikro. Daya hantar air horison tanah 4. Air bergerak dari daerah dengan tegangan rendah (kadar air tinggi) ke daerah yang tegangannya tinggi (kadar air rendah.

3/18/2013 Gerakan Jenuh (Perkolasi) Air hujan dan irigasi memasuki tanah. Selanjutnya air bergerak ke bawah melalui proses gerakan jenuh dibawah pengaruh gaya gravitasi dan kapiler.medium . Gerakan air jenuh ke arah bawah ini berlangsung terus selama cukup air dan tidak ada lapisan penghalang Pola pergerakan air gravitasi dalam tanah 11 .mikro. menggantikan udara dalam pori makro .

3/18/2013 12 .