P. 1
Definisi Metabolisme

Definisi Metabolisme

|Views: 30|Likes:
Published by Dedy Sujarwady
matkulll ssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssss
matkulll ssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssss

More info:

Published by: Dedy Sujarwady on Jun 04, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/13/2013

pdf

text

original

Definisi Metabolisme

Definisi Metabolisme adalah proses-proses vital yang terjadi secara kolektif pada benda hidup, Metabolisme merupakan reaksi kimia yang terjadi dalam sel hidup. Proses metabolisme merupakan dasar hidup, memungkinkan sel tumbuh dan berkembang biak, menjaga struktur mereka dan membalas terhadap lingkungan mereka. Metabolisme dibagi menjadi dua jenis. Katabolisme memghasilkan tenaga, seperti pemecahan makanan dalam repirasi sel. Sedangkan anabolisme menggunakan energi untuk membentuk komponen sel seperti protein dan asam nukleat.

metabolisme juga merupakan jumlah semua proses fisik dan kimia yang menghasilkan substansi hidup (metabolisme substansi) dengan jalan membangun secara konstruktif (metabolisme konstruktif) serta menghasilkan energy (metabolisme energy) dengan jalan destruksi substansi hidup itu (metabolisme destruktif).

Metabolisme konstruktif disebut juga anabolisme dan metabolisme destruktif disebut juga dengan katabolisme.

Metabolisme berasal dari bahasa Yunani yaitu μεταβολή "metabolē", yang berarti "perubahan" atau Yunani: μεταβολισμός metabolismos yang berarti, "membuang"). Metabolisme adalah serangkaian reaksi kimia yang terjadi dalam sel-sel dari organisme hidup untuk mempertahankan hidup. Proses ini memungkinkan organisme untuk tumbuh dan berkembang biak, menjaga struktur mereka, dan menanggapi rangsangan.

Kata Metabolisme juga dapat merujuk kepada semua reaksi kimia yang terjadi dalam organisme hidup, termasuk pencernaan dan transportasi zat ke dalam dan antara sel-sel yang berbeda, dalam hal ini serangkaian reaksi dalam sel-sel ini disebut metabolisme perantara atau metabolisme intermediasi.

Metabolisme terdiri dari serangkaian reaksi biokimia dan fisiko-kimia yang dalam prosesnya terjadi dalam sel pada seluruh organisme.

Pada manusia, metabolisme ini mengalami proses dimana tubuh memperoleh zat aktif yang diubah menjadi zat non-aktif.

Proses ini dilakukan dalam enzim manusia terletak dalam hati. Enzim yang terletak dalam hati manusia bertindak sebagai katalis secara cepat. Enzim juga memungkinkan pengaturan jalur metabolisme dalam menanggapi perubahan lingkungan sel atau sinyal dari sel lain (rangsangan).

tetapi pola makan Anda secara keseluruhan harus mengandung tingkat terbatas makanan bergula. Melakukan olahraga karna melakukan olahraga kardio di pagi hari untuk mengaktifkan gen pembakar lemak. tinggi kalori dan mencerna dengan mudah. beberapa prokariota menggunakan hidrogen sulfida sebagai nutrisi.Minuman beralkohol penuh gula dan Kalori. Sebagai contoh.makanan Hilang bisa sama merusak metabolisme Anda seperti makan makanan besar. Anda harus menghancurkan MAKANAN ini ke dalam MAKANAN besar yang lebih kecil yang Anda makan lebih sering. mempengaruhi berapa banyak makanan organisme yang dibutuhkan. dapat dilakukan secara teratur dan membuat Anda aktif. Oleh karena itu. 5) bergula MAKANAN: . 2.Makanan yang lebih besar mengandung kalori lebih dari Makanan kecil. Anda harus makan makanan kecil lebih teratur untuk menjaga metabolisme Anda dikenakan biaya. 3) gaya hidup: .Metabolisme organisme menentukan zat yang dikonsumi apakah bergizi atau bahkan beracun. 2) BESAR MAKANAN: . Pastikan aktivitas yang Anda pilih adalah menyenangkan. Untuk memaksimalkan metabolisme Anda. .Jika Anda tidak aktif tingkat metabolisme Anda akan menurun. Ini berarti bahwa lebih sedikit kalori yang dibakar dalam proses pencernaan dan lebih banyak kalori disimpan sebagai lemak. bergabung dengan tim olahraga dan banyak lagi. Anda dapat berjalan atau siklus untuk bekerja. 4) melewatkan waktu makan: . tetapi pesta minuman keras dan / atau minum setiap hari dapat menyebabkan metabolisme berkurang. Kecepatan metabolisme. mengambil kelas olahraga. ada kemungkinan peningkatan bahwa kalori tambahan akan disimpan sebagai lemak. dan juga mempengaruhi bagaimana oganisme tersebut mampu memperoleh makanan yang bermanfaat. Memperlakukan Manis sesekali memang OK. Hal ini dapat memperlancar metabolisme tubuh dan membuat Anda lebih mudah menurunkan berat badan. Hal ini tidak sesulit yang Anda pikirkan. yaitu: 1. Minuman beralkohol sesekali memang OK. Jangan menunda sarapan karna menunda sarapan adalah salah satu hal terburuk yang dapat menggagalkan upaya Anda untuk menurunkan berat badan karena menyebabkan metabolisme tubuh bekerja dengan lambat. Alkohol juga diketahui menyebabkan dehyrdration yang memiliki dampak negatif pada fungsi metabolisme Anda. namun gas ini beracun bagi hewan.Makanan bergula memiliki nilai nutrisi rendah. tingkat metabolisme. Karena itu Anda perlu melakukan beberapa aktivitas fisik setiap hari atau setiap hari lainnya. Pengobatan Metabolisme Agar tidak terlambat metabolisme dalam tubuh misalnya mempunyai pengobatannya. Pencegahan metabolisme 1) ALKOHOL: .

Hal ini disebabkan perbedaan struktur kimia tiap enzim yang bersifat tetap. 2. dan cabang-cabang ilmu pertanian. Dalam dunia pendidikan tinggi. Hal-ihwal yang berkaitan dengan enzim dipelajari dalam enzimologi. Definisi Enzim Definisi Enzim Enzim adalah biomolekul yang berfungsi sebagai katalis (senyawa yang mempercepat proses reaksi tanpa habis bereaksi) dalam suatu reaksi kimia. sukrosa dan fruktosa. Penyakit keturunan pada pengolahan asam amino dapat menyebabkan gangguan pada penguraian asam amino maupun pemindahan asam amino ke dalam sel. ilmu pangan.[1][2] Hampir semua enzim merupakan protein. KELAINAN METABOLISME PIRUVAT Piruvat terbentuk dalam proses pengolahan karbohidrat. keasaman.Kelainan Metabolisme 1. Jika enzim yang diperlukan tidak ada. Enzim bekerja dengan cara menempel pada permukaan molekul zat-zat yang bereaksi dan dengan demikian mempercepat proses reaksi. maka gula akan tertimbun dan menimbulkan masalah kesehatan. enzim tidak dapat bekerja secara optimal atau strukturnya . Beberapa gula (misalnya sukrosa) harus diproses oleh enzim di dalam tubuh sebelum bisa digunakan sebagai sumber energi. KELAINAN METABOLISME KARBOHIDRAT Karbohidrat adalah gula. yang artinya setiap jenis enzim hanya dapat bekerja pada satu macam senyawa atau reaksi kimia. suhu. 3. teknologi pengolahan pangan. enzim α-amilase hanya dapat digunakan pada proses perombakan pati menjadi glukosa. molekul awal reaksi disebut sebagai substrat. Tiap enzim memerlukan suhu dan pH (tingkat keasaman) optimum yang berbeda-beda karena enzim adalah protein. Pada reaksi yang dikatalisasi oleh enzim. KELAINAN METABOLISME ASAM AMINO Asam amino merupakan komponen pembentuk protein. Sebagian besar enzim bekerja secara khas. Sebagai contoh. disebut produk. Piruvat merupakan sumber energi untuk mitokondria (komponen sel yang menghasilkan energi). kofaktor dan inhibitor. Hampir semua proses biologis sel memerlukan enzim agar dapat berlangsung dengan cukup cepat. diantaranya adalah glukosa. enzimologi tidak dipelajari tersendiri sebagai satu jurusan tersendiri tetapi sejumlah program studi memberikan mata kuliah ini. dan enzim mengubah molekul tersebut menjadi molekul-molekul yang berbeda. yang dapat mengalami perubahan bentuk jika suhu dan keasaman berubah. Di luar suhu atau pH yang sesuai. Kerja enzim dipengaruhi oleh beberapa faktor. Enzimologi terutama dipelajari dalam kedokteran. lemak dan protein. terutama adalah substrat. Percepatan terjadi karena enzim menurunkan energi pengaktifan yang dengan sendirinya akan mempermudah terjadinya reaksi.

makanan tak dapat diserap oleh usus atau disebut dengan istilah maldigesti dan malabsorbsi. Medifarma Laboratories mengatakan kekurangan enzim antara lain menyebabkan timbul gas berlebihan dalam sistem pencernaan baik lambung maupun usus halus atau . 3. sedangkan amylase merombak karbohidrat. lemak dan gula Membantu menguraikan lemak dalam darah Pencegahan kekurangan enzim. dan amylase. 5. Maria Margaretha dari PT. 2. Banyak obat dan racun adalah inihibitor enzim. 4. 3. yakni lipase. Kerja enzim juga dipengaruhi oleh molekul lain. dengan manfaat untuk: 1. Tanpa enzim dalam jumlah mencukupi dalam sistem pencernaan. Menetralkan mikroorganisme berbahaya dalam saluran pencernaan Menguraikan zat-zat sisa metabolism di dalam usus Meningkatkan kualitas keasaman lambung Membantu ginjal untuk membuang sisa-sisa metabolisme protein. protease merombak protein. Dari situ muncul gejala atau tanda-tanda gangguan yang mengarah pada sakit. Hal ini akan menyebabkan enzim kehilangan fungsinya sama sekali. 4. Pencegahan/pengobatan enzim Pengobatan enzim bisa dicontohkan seperti obat Saccharomyces Cerevisiae Enzymes.akan mengalami kerusakan. Jika hal itu terjadi. Lipase merombak makanan yang mengandung lemak atau lipid. 2. antara lain: 1. Inhibitor adalah molekul yang menurunkan aktivitas enzim. sedangkan aktivator adalah yang meningkatkan aktivitas enzim. Dalam tubuh diproduksi tiga enzim utama yang berhubungan dengan proses pencernaan dan penyerapan makanan. protease. Perbanyak konsumsi serat setiap hari Jangan lupa menguyah dan mengurangi porsi Olahraga teratur dan hindari stress Batasi penggunaan zat anti asam Suplemen enzim pencernaan Suplementasi untuk Atasi Gangguan/kelainan Enzim ENZIM yang pada dasarnya adalah protein merupakan komponen penting yang perannya diperlukan dalam proses pencernaan makanan dan penyerapan zat-zat makanan oleh tubuh. terutama usus. 5. Makanan perlu dirombak menjadi dua atau lebih bagian dengan tujuan agar mudah diserap atau diabsorbsi oleh dinding saluran pencernaan. proses metabolisme dalam tubuh tidak akan berjalan baik.

Menyarankan agar makan teratur memang gampang. tentu tidak cukup dengan jalan memanfaatkan suplemen enzim. Usia juga berpengaruh terhadap gangguan enzim. enzim yang tak bisa dipisahkan dari sistem pencernaan selalu berusaha menemukan keseimbangannya sendiri sepanjang tubuh dalam keadaan sehat. terutama yang mengandung lemak. serta vitamin B kompleks lengkap yang membantu metabolisme untuk menghasilkan energi. sangat disarankan sebelum memakai berkonsultasi dengan dokter sehingga akan tepat guna dan tepat sasaran. yaitu amylase. Jangan sampai pemakaian yang tidak terkontrol justru menyebabkan gangguan enzim bertambah parah. Suplemen biasanya mengandung tiga enzim utama. Namun hampir semua orang mengabaikan tanda-tanda itu dan dianggap sebagai hal biasa. dan lipase. Di samping itu. dan nyeri pada bagian lambung. Cara yang paling tepat adalah mengubah gaya hidup. atau malah menimbulkan gangguan baru. Dosis yang umum diterapkan adalah setengah tablet bersamaan dengan pada saat makan atau langsung setelah makan. Konsultasi Untuk itu dibutuhkan suplemen enzim yang kini sudah tersedia di apotek-apotek. Namun meski suplemen enzim dijual bebas di pasaran. penyakit yang berhubungan dengan pencernaan dari yang ringan sampai berat pun muncul. bisa terjadi pada orang yang pola makannya buruk. terutama pola makan. Gejala kekurangan enzim adalah rasa sebah atau perut terasa penuh. protease. Biasanya timbul setelah ma-kan dan merupakan gejala khas kekurangan enzim pencernaan. kembung. Jadi. tetapi melaksanakan amat susah. Keadaan tersebut ditandai oleh sering sendawa dan buang angin. Gangguan enzim terjadi antara lain pada saat seseorang makan secara berlebihan atau dalam jumlah banyak. Selain itu. Dokterlah yang tahu persis berapa dosis yang harus dikonsumsi setiap hari dan dalam waktu berapa lama. enzim berhubungan dengan metabolisme tubuh. Apalagi jika kita dihadapkan pada kesibukan kerja serta ditambah lagi dengan berbagai kegiatan lain yang menyita banyak waktu sehari-hari. Ada prasyarat kondisi yang mesti dipenuhi karena bagaimanapun walau hanya bersifat suplemen atau pelengkap. . Lain halnya jika seseorang menderita penyakit tertentu yang berhubungan dengan pencernaan atau gangguan enzim tersebut berlangsung dalam jangka panjang. Kalau dibiarkan berlangsung dalam waktu lama. Bahkan seringkali terlambat makan. ditambah zat antikembung atau dimetil polisiloksin.usus besar. misalnya akibat overdosis. gangguan enzim akan berlalu seiring dengan waktu jika penderitanya kembali pada pola makan yang normal dan sehat. Peningkatan asam lambung atau lebih populer dengan sebutan maag juga bisa menyebabkan gangguan enzim. Jika gangguan pencernaan dan penyerapan zat makanan sudah parah. Kita jadi abai atau tak lagi peduli pada makanan yang kita konsumsi. tidak bisa semau sendiri atau dengan cara perkiraan. Jumlah enzim yang diproduksi terus menurun sesuai dengan pertambahan usia. Tentu hal tersebut akan berpengaruh besar terhadap pola makan. Sebenarnya. misalnya terburu-buru dikejar waktu segera sampai di sekolah atau tempat kerja. Sebab.

Acara makan perlu dinikmati sebagai sebuah rekreasi. Awalnya barangkali hanya nyeri perut ringan dan jika malas ke dokter cukup diobati sendiri atau dikerok karena cuma dianggap sebagai masuk angin biasa. jangan gampang-gampang menyimpulkan sebagai tukak lambung atau maag. Salah-salah bisa menjadi penyakit yang lebih serius. (Bambang TS-13) (/) . Sebelum kian parah sebaiknya segera menghubungi dokter dan menjalani pemeriksaan yang disarankan. Jangan sampai membiar-kan nyeri perut yang disebabkan oleh gangguan pencernaan dan penyerapan zat makanan terus berlanjut tanpa solusi. termasuk minum obat atau suplemen untuk mengatasi masalah. tetapi bukan berarti lantas kita makan apa saja sebebas-bebasnya tanpa memperhitungkan yang boleh dan tidak. Contohnya kanker usus yang tentu bisa mengancam nyawa kita.Agar tidak telanjur menjadi penyakit yang parah dan menimbulkan beban biaya tersendiri. sejak saat ini juga kita wajib memperhatikan apa yang dimakan dan menepati jadwal waktu makan. Jika sudah makin berat rasa nyerinya.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->