P. 1
Proposal Penelitian Pemerintahan

Proposal Penelitian Pemerintahan

|Views: 1,792|Likes:
Published by Andrialius Feraera
PENGARUH TINGKAT MANAJEMEN PEMERINTAHAN DESA TERHADAP KEBERHASILAN PEMBANGUNAN DIDESA
KOTA BARU
PENGARUH TINGKAT MANAJEMEN PEMERINTAHAN DESA TERHADAP KEBERHASILAN PEMBANGUNAN DIDESA
KOTA BARU

More info:

Categories:Types, Research
Published by: Andrialius Feraera on Jun 04, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial
List Price: $4.99 Buy Now

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

06/04/2014

$4.99

USD

pdf

text

original

PENGARUH TINGKAT MANAJEMEN PEMERINTAHAN DESA TERHADAP KEBERHASILAN PEMBANGUNAN DIDESA KOTA BARU KECAMATAN PADANG RATU TAHUN

2012

PROPOSAL PENELITIAN

KEMENTRIAN PENDIDIKAN NASIONAL UNIVERSITAS LAMPUNG FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK JURUSAN ILMU PEMERINTAHAN 2011

1 Manajemen sebagai suatu proses. MENURUT PARA AHLI : 1.2 Manajemen sebagai suatu kolektivitas manusia. ( Manajemen itu dapat diterjemahkan sebagai ilmu pengetahuan yang . and than seeing that they do it in best and cheapest way.TEORI Dan KONSEP 1.Pengertian Manajemen Pemerintahan Manajemen dapat dilihat dari tiga pengertian. sedang orang yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan disebut manajer. yaitu melihat bagaimna cara orang untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan.BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. yaitu suatu kumpulan dari orang orang yang bekerja untuk mencapai suatu tujuan bersama. 1.3 Manajemen sebagai suatu ilmu dan seni yaitu melihat bagaimana aktivitas manajemen dihubungkan dengan prinsip prinsip dari manajemen. 1.1 Frederick W . Kolektivitas atau kumpulan orang orang inilah yang di sebut manajemen. 1.Taylor dalam bukunya Scientific Management mengatakan The art Management is defined as knowing exactly what you want to do.

mengawasi usaha usaha yang dilakukan individu untuk mencapai tujuan.mandiri yang sebenarnya akan anda kerjakan selanjutnya untuk mengkaji apakah suatu itu dekerjakan secara baik serta termudah 1.Manajemen yaitu fungsi untuk mencapai suatu tujuan melalui kegiatan orang lain.pelaksanaan dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan serta mencari sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan lainya. pengorganisasian . ( Manajemen adalah proses kepemimpinan dan pemberian arah terhadap pekerjaan yang terorganisasi dalam kelompok formal untuk mencapai tujuan yang dikehendaki). 1. Syafiie.6 Ordway is the process and agency which direct and guides the operations of an organization in the realizing of establish arms.2 George Terry mengatakan bahwa manajemen adalah suatu proses khusus yang terdiri dari perencanaan.Inu Kencana. 1.3 John D Millet mengatakan Management is the process directing and facillitating the work or people organized in formal group to achieve a desired end.4 Encylopedia of The Social Science. yaitu suatu proses dimana pelaksanaan suatu tujuan tertentu dilaksanakan dan di awasi. Manajemen Pemerintahan.5 Haiman . 1.Penerbit Reka Cipta Bandung Hal 1-2 . 1. ( Manajemen adalah proses dan perangkat yang mengarahkan kegiatan suatu organisasi dalam mencapai tujuan yang ditetapkan.

4 Menurut Kitab suci AL QurAAN (3:104) Pemerintahan adalah segolongan umat yang mengajak kepada kebaikan. Pengertian Pemerintahan 2. Syafiie.Penerbit Reka Cipta Bandung 2011 Hal 5-10 . 2. itulah ornag yang beruntung. mengajak kepada kebenaran .pengaturan pengaturan. kebutuhan dan kepenrtingan masyarakat. 2. antara departemen dan unit dalam tubuh pemerintahan itu sendiri 2.3 Soemandar. Manajemen Pemerintahan. pengaruh lingkungan . Pemetintahan adalah suatu anggota yang paling umum yang memiliki tanggung jawab tertentu untuk mempertahankan suatu system yang mencakupnya adalah bagian dan monopoli praktis mengenai kekuasaan paksaan.komunikasi peran serta seluruh lapisan masyarakat dan legitimasi. tuntutan dan harapan serta pendapat rakyat. pmerintah harus memperhatikan pula ketentraman dan ketertiban umum. Pemerintahan sebagai badan yang penting dalam rangka pemerintahanya.2.melarangdari yang buruk. memimpin dalam hubungan antara dirinya dengan masyarakat.Inu Kencana.1 Pemerintahan adalah kelompok orang orang tertentu yang secara baik dan benar serta indah melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu dalam mengkordinasikan \.2 David Adapter.

Kepemimpinan adalah suatu proses saling mendorong melalui keberhasilan interaksi dari perbedaan individu. Manajemen Pemerintahan.Nasionalisme Pangkat. N Cooley ( 1902) The Leader is always the nucleus or tendency.Tak terukur KKN Dua Jalan Manajemen Pemerintahan Militer Suasana Wilayah Kekuasaan Komandan Kemenangan. Prestasi.Mutu. mengontrol daya manusia dalam mengejar .Relasi Keringat. semua gerakan sosial kalau diamati secara cermat akan ditemukan kecenderungan yang memiliki titik pusat.1 Menurut C.honor. closely examined will be found to concist of tendencies having such nucleus.& Hasil Banyak Jalan Manajemen Pemerintahan Sipil Suasana Pengabdian Pelayanan Masyarakat Dialog.Maksudnya pemimpin itu selalu merupakan titik pusat dari suatu kecenderungan.Inu Kencana. and on the other hand.3 Jenis Manajemen Manajemen Bisnis Swasta Suasana Pasar Otonom Modal Keuntungan. pada kesempatan lain.Penerbit Reka Cipta Bandung 2011 Hal 3-5 4 Kepemimpinan 4. & Jasa Satu Jalan Syafiie. all social movement.

politik. Gaya birokratis dalam kepemimpinan pemeritahan gaya birokratis adalah cara dan irama seorang pemimpin dalam menghadapi bawahan dan masyarakatnya dengan memakai metode tanpa pandang bulu. Gaya demokratis adalah cara dan irama seseorang pemimpin dalam menghadapi bawahan dan masyarakatnya dengan memakai metode pembagian tugas secara merata dan adil.4. c. Gaya kebebasan merupakan gaya dan irama seorang pemimpin pemerintahan dalam menghadapi bawahan dan masyarakatnya dengan memakai metode pemberian keleluasaan pada bawahan seluas-luasnya. spesialisasi tugas yang khusus. baik bawahan yang teredah sekalipun boleh meyampaikan saran serta diakui haknya. artinya setiap bawahan harus diperlakukan sama disiplinnya.2 GAYA KEPEMIMPINAN PEMERINTAHAN a. antar bawahan dianjurkan berdiskusi tentang keberadaannya untuk membahas tugasnya. . b. kemudian pemilihan tugas tersebut dilakukan secara terbuka. kerja yang ketat pada aturan (rule). Dalam gaya ini setiap bawahan bebas bersaing dalam berbagai strategi ekonomi. hukum dan administrasi. sehingga kemudian bawahan menjadi kaku tetapi sederhana (zakelijk). metode ini dikenal juga dengan Laissez faire atau libelarism. dengan demikian dimiliki persetujuan dan konsensus atas kesepakatan bersama.

3 TEKNIK KEPEMIMPINAN PEMERINTAHAN a.Penerbit Reka Cipta Bandung . Teknik persuasif dalam kepemimpinan pemerintahan adalah strategi dalam pimpinan pemerintahan camat. e. b. ataupu walikota membujuk bawahannya untuk bekerja lebih rajin. d. Gaya otokratis adalah cara dan irama seorang pemimpin dalam menghadapi bawahan dan masyaraktnya dengan metode paksaan kekuasaan (coercive power).d. c.Inu Kencana. Syafiie. Teknik fasilitas dalam kepemimpina pemerintahan adalah strategi pemimpin dalam memberikan fasilitas pada bawahan atau masyarakatnya untuk memperlancar pekerjaan karena bawahan dan masyarakat tersebut terikat oleh pemberian tersebut. Teknik komunikatif dalam kepemimpian pemerintahan adalah strategi pemimpin dalam memperlancar pekerjaannya mencapai tujuan melakukan hubungan sesuai dengan kaidah ilmu komunikasi yaitu apa yang diiginkan oleh pemerintah sebagai jalan pemberi pesan sama dengan apa yang diterima bawahan dan masyarakat. bupati. teknik keteladanan dalam kepemimpian pemerintahan adalah strategi pemimpin pemerintahan untuk memberikan teladan yang baik kepada bawahannya maupun masyarakatnya sendiri. gubernur. 4. Teknik motivasi dalam kepemimpinan pemerintahan adalah strategi pemimpin mendorong bawahan dan masyarakatnya bekerja serta membangun lebih rajin. Kepemimpinan Pemerintahan.

5. 5.3 Mendorong tumbuhnya kreativitas prakarsa dan peran serta masyarakatdalam pembangunan serta dengan meningkatkan kesejahteraan masyarakat luas.2 Mendorong upaya mengektifitas system dan tata laksana pelayanan.2 Pengaturan setiap bentuk pelayanan umum harus disesuaikan dengan kondisi kebutuhan dan kemampuan masyarakat untuk membayar berdasarkan ketentuan perundang undangan yang berlaku dengan tetap berpegang teguh pada efisiensi dan efektifitas. 5. . Oleh karena itu pelayanan harus mengangdung unsure unsure dasar sebagai berikut : 5. 5.3 Mutu proses dan hasil pelayanan umum harus diupayakan agar dapat member keamanan. 5. sehingga pelayanan umum dapat diselenggarakan secara berdayaguna dan berhasil guna.1 Meningkatnya mutu produktivitas pelaksanaan tugas dan fungsi instansi pemerintahan di bidang pelayanan umum.kepastian hokum yang dapat dipertanggungjawabkan.kenyamanan.dinyatakan bahwa pada hakekatnya pelayanan umum.5 Pelayanan Pemerintahan Menurut instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 1995 Tentang Perbaikan dan Peningkatan Mutu Pelayanan.1 Hak dan kewajiban bagi pemberi maupun pelayan umum harus jelas dan diketahui secara pasti oleh masing masing pihak.

5.5 Model Rasionalisme 6.4 Model proses 6.4 Apabila pelayanan publik yang diselengggarakan oleh pemerintah terpaksa harus mahal. Kendala Yang Dihadapi Pelayanan Publik 1. Pemberian ukuran yang salah dalam pelayanan masyarakat 3.2 Model kelompok 6. Manajemen Pemerintahan.Penerbit Reka Cipta Bandung 201 1 Hal 115-119 .1 Model Elit 6. baik melakukan sesuatu itu atau tidak melakukan sama sekali.maka instansi pemerintah yang bersangkutan berkewajiban member peluang kepada masyarakat untuk ikut menyelenggarakan sesuai peraturan perundang undangan yang berlaku. 4. 6 Kebijakan Pemerintahan Thomas R Dye menyatakan bahwa kebijakan adalah apapun yang diambil oleh pemrintah.Inu Kencana.3 Model Kelembagaan 6. Kita membuat perjanjian terlalu berlebihan. Keliru penampilan diri dalam pelayanan public itu sendiri.6 Model Inkrimentalisme 6. 6.7 Model Sistem Syafiie. Tidak tau apa yang sebenaranya diinginkan masyarakat 2.

4 Meningkatkan Akuntabilitas 7.10 Meningkatkan Peran Masyarakat 7.7 Meningkatkan Kinerja 7.Inu Kencana.11 Mengefektifkan Anggaran 7.9 Meningkatkan Budaya Kerja 7.7. Manajemen Pemerintahan.Penerbit Reka Cipta Bandung 201 1 Hal 65.5 Meningkatkan Kemampuan Kepemimpinan 7.3 Manajemen Pemerintahan Yang Baik 7.Inu Kencana.2 Mereformasi Birokrasi 7. Dua Belas Langkah Strategi Manajemen Pemerintahan 7. Manajemen Pemerintahan.Penerbit Media Brilian Jakarta 2009 .1 Men ingkatkan Kesadaran 7.12 Melaksanakan Desentralisasi Syafiie.6 Meningkatkan Profesionalisme 7.Penerbit Reka Cipta Bandung 201 1 Hal 115-119 Budi Supriyanto Manajemen Tata Pemerintahan .8 Meningkatkan Pelayanan 7.76 Syafiie.

2. Tingkat Manajemen Pemerintahan desa adalah Seberapa tinggi atau baik birokrasi dengan ruang lingkup mulai dari “mengelola pemerintahan pemerintah.BAB III METODE PENELITIAN A . manjalankan tugas dan keputusan pemerintahan dan kebijakan pengelolaan pemerintahan. Juga menekankan hubungan antara pemerintah desa dan Masyarakat serta hubungan antara departemen dan lembaga non departemen yang diselenggarakan dalam kerangka birokrasi pemerintahan. . Manajemen Pemerintahan Desa adalah bentuk pengaturan tentang birokrasi dengan ruang lingkup mulai dari “mengelola pemerintahan pemerintah. Sifat Penelitian Penelitian ini bersifat kuantitatif yaitu bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh menejemen perintah desa terhadap keberhasilah pembangungan desa. Definisi Operasional 1. B . Juga menekankan hubungan antara pemerintah desa dan Masyarakat serta hubungan antara departemen dan lembaga non departemen yang diselenggarakan dalam kerangka birokrasi pemerintahan. manjalankan tugas dan keputusan pemerintahan dan kebijakan pengelolaan pemerintahan.

pelayanan publik dan Sistem birokrasi C . Populasi a.pembangunan fasilitas. D . Kridibilitas aparatur desa Yaitu skill yang dimiliki oleh para aparatur dalam menjalankan roda pemerintahan 4. Semua Masyarakat Desa Kota Baru Semua aparatur pemerintah desa .3. Alasan pemilihan lokasi ini didasarkan pada pertimbangan bahwa masih terdapat kesenjangan antara perencanaan dan pelaksanaan. Keberhasialan Pembangunan adalah dilihat dari hasil yang yang didapat dalam menjalankan lembaga pemerintahan Mulai dari kesejahtraan rakyat. Tingkat Pelayanan Publik Apakah pelayanan public sudah bisa dianggap baik oleh masyarakat 6. Lokasi Penelitian Penelitian ini dilaksanakan disa Kota Baru Kecamatan Padang Ratu Lampung Tengah. b. Tingkat kesejahtraan Rakyat Dapat dilihat dari aspek ekonomi dan social sebagai hasil dari manajemen pemerintahan 5.

Probability Sampling yaitu dengan Random Sampling. Systematik Random Sampling. surat kabar dan sumber bacaan lainnya yang relevan dengan permasalahan penelitian ini. teknik yang digunakan adalah : 1. Interview ( wawancara ) teknik dengan mengadakan tanya jawab secara langsung.E . Sample Sample diambil darsi masyarakat desa kota baru dan dari data data yang ada di desa kota baru a. Penelitian lapangan yaitu pengumpulan data dengan mengadakan penelitian langsung dilapangan dengan metode : a. dengan sejumlah responden penelitian dengan . 2. Teknik Pengumpulan Data Dalam melakukan pengumpulan data. Besarnya Sample Rumus Slovin : n = n = Ukuran sample N = Ukuran populasi E = Nilai Ketelitian yang diinginkan F . Starfied Random Sampliing dan Area Random Sampling b. majalah. Study kepustakaan yaitu teknik pengumpulan data dan informasi melalui sumber-sumber bacaan seperti buku-buku.

Observasi ( pengamatan ) yaitu penelitian mengadakan pengamatan langsung pada objek aktif. c. Skala Pengukuran Menggunakan Skala Ordinal dan Skala Ratio H . sehingga diperoleh data yang akurat guna menjawab permasalahan penelitian ini. b. G . . Teknik Analisis Data Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif . Dokumentasi yaitu penulis melakukan/mempelajari aturan- aturan ataupun melakukan studi di kecamatan kulisusu untuk melihat atau mengetahui disiplin pegawai dalam memberikan pelayanan pada masyarakat.menggunakan pedoman wawancara.

Bandung Penerbit Reka Cipta Syafiie.Inu Kencana.2008 Kepemimpinan Pemerintahan. Inu Kencana. 2011 Manajemen Pemerintahan.Penerbit Media Brilian .DAFTAR PUSTAKA Syafiie.BandungPenerbit Reka Cipta Budi Supriyanto 2009 Manajemen Tata Pemerintahan Jakarta .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->