PERILAKU INDIVIDU

 

View clicks

Posted October 14th, 2009 by N3wB1e

psikologi

Pengertian Perilaku didefinisikan sebagai suatu sikap atau tindakan serta segala sesuatu yang dilakukan manusia, misalnya kegiatan yang dilakukan manusia dalam kehidupannya sehari – hari baik itu bekerja dengan giat atau dengan malas, dalam hubungannya dengan komunikasi misalnya berbicara dengan orang lain, bertukar pendapat, baik menerima pendapat atau menolaknya. Perilaku individu dalam organisasi adalah sikap dan tindakan (tingkah laku) seorang manusia (individu) dalam organisasi sebagai ungkapan dari kepribadian, persepsi dan sikap jiwanya, dimana bisa berpengaruh terhadap prestasi (kerja) dirinya dan organisasi. Perbedaan Perilaku Individu Berkaitan dengan masalah prinsip-prinsip dasar, alasan mengapa manusia berperilaku, Davi A.N, Richard Hackman dan Edward E.L dalam bukunya “Managing Organizational Behavior”, menjelaskan prinsip-prinsip dasar manusia berperilaku. Perbedaanya sebagai berikut: 1. Manusia berbeda perilakunya karena kemampuanya tidak sama. 2. Manusia mempunyai kebutuhan yang berbeda. 3. Orang berfikir tentang masa depan, dan membuat pilihan tentang bagaimana bertindak. 4. Seseorang memahami lingkunganya dalam hubungannya dengan pengalaman masa lalu dan kebutuhannya. 5. Seseorang itu mempunyai reaksi-reaksi senang atau tidak senang (affective). 6. Banyak faktor yang menentukan sikap dan perilaku seseorang. Variabel atau Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Individu dalam Organisasi Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi seorang individu berperilaku tertentu. Seperti yang diungkapkan Gibson, Ivancevich dan Donnely, bahwa perilaku individu dipengaruhi oleh beberapa faktor yang dapat dikelompokkan ke dalam dua variabel yaitu: a. Variabel (Karakteristik) Individu Variabel ini terdiri dari beberapa faktor yaitu: 1. Faktor Fisiologis yaitu kemampuan dan keterampilan phisik yang dimiliki manusia.seperti : • Kemampuan phisik • Kemampuan mental 2. Faktor Psikologis yaitu tanggapan psikologis individu yang bersangkutan. Seperti 1 Persepsi

M Ivancevich dan J. Faktor Demografi terdiri dari: 7 Umur 8 Jenis kelamin 9 Etnis b. Himpunan variabel ini menetukan karakteristik dan perbedaan dalam perilaku individu. J. Maddi Kepribadian adalah himpunan karakterisyik. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepribadian Dalam pembentukannya.L Gibson.2 Sikap 3 Kepeibadian 4 Belajar 5 Pengalaman 6 Motivasi 3. 2. budaya dan lingkungan. kecenderungan dan tempramen yang relatif stabil yang dibentuk secara nyata oleh faktor keturunan. Sikap Persepsi Dan Kepribadian 1. Variabel Lingkungan Variabel ini terdiri dari beberapa faktor yaitu: 1) Lingkungan kerja ( di dalam organisasi kerja )terdiri dari: • Kebijakan dan aturan organisasi • Kepemimpinan • Struktur organisasi • Desain Pekerjaan • Sistem kompensasi 2) Lingkungan non kerja ( di luar organisasi kerja ) terdiri dari: • Keluarga • Masyarakat (sosial) dan budaya. Donnelly. Kepribadian Ada beberapa pendapat yang menjelaskan tentang kepribadian yaitu: J. seperti yang dikutip Irwanto Kepribadian adalah organisasi dinamis dari sistem-sistem psikofisik dalam diri individu yang menentukan penyesuaian yang unik terhadap lingkuingannya. mengutip pendapat Salvatore R. kepribadian ini dipengaruhi beberapa faktor seperti yang diungkapkan oleh Gibson yaitu: 1) Faktor keturunan 2) Kekuatan hubungan keluarga 3) Kekuatan budaya atau kultural 4) Kekuatan kelas sosial dan faktor anggota kelompok lain Sedangkan Irwanto dalam hubungan psikologi umum menjelaskan bahwa salah satu faktor yang . Gordon Allport.H. • Pendidikan atau sekolah.

b. tidak mudah dipengaruhi. sifat-sifat khasnya : mudah marah. leher pendek dan kuat. yang ditunjukkan dalam perilaku. Kretchmer membagi tipe-tipe manusia dikelompokkan atas dasar: keadaan jasmani dan temperamennya. Jung mengelompokkan sikap manusia menjadi dua macam yaitu: 1 Kecenderungan Intraversi (extravert) Yaitu kecenderungan menarik diri dan tenggelam ke dalam pengalaman batinnya sendiri. pemurung (muram). lengan dan kaki lemah. dan pesimis. dan setia. dimana sifat-sifat khasnya (kepribadiannya). bahu tidak lebar. mudah berganti haluan. lamban. yaitu atas dasar bentuk tubuhnya. perut besar. dan daya juang besar. Tipe-tipe kepribadian manusia Carl Gustav Jung membagi tipe kepribadian manusia berdasarkan reaksi individu terhadap pengalamanya. Berdasarkan keadaan jasmaninya. c. keras. Pengalaman ini dibedakan menjadi dua yaitu: 3 Pengalaman umum (Common Experience ) Pengalaman umum adalah pengalaman yang dihayati oleh semua anggota masyarakat. dimana dalam setiap anggota masyarakat terdapat nilai-nilai. Tipe Sanguinis Tipe ini dipengaruhi oleh darah (sanguis). Mudah kecewa. karena sejak lahir manusia sudah memiliki ciri-ciri tertentu. Galenes menggolongkan tipe-tipe manusia atas dasar tempramennya yaitu: a. atau individu. kepribadiannya atau penampilannya tenang. d. kepala agak merosot kemuka diantara kedua . prinsip-prinsip moral. tipe manusia dibagi menjadi empat yaitu: 1. dada membulat. dimana sifat-sifat khasnya: ramah. optimis. peristiwa-peristiwa dan benda-benda sekitar. Tipe Melankolik Terbentuknya tipe ini dipengaruhi oleh empedu hitam (melanchole). daya juang kecil.besar berpengaruh terhadap kepribadian adalah hasil hubungan antara manusia dengan lingkungan atau pengalamannya. besar semangatnya. 4 Pengalamn unik (Unique Experience ) Pengalam unik adalah pengalaman yang hanya dialami oleh dirinya sendiri. lekas bertindak tapi juga lekas berhenti. Tipe Kholerik Tipe ini dipengaruhi oleh empedu kuning (chole). 2 Kecenderungan Extroversi (extravert) Yaitu kecenderungan membuka diri dalam kontak dengan orang-orang. Tipe Plekmatis Tipe ini dipengaruhi cairan lendir (phlegma). Tipe Piknis atau Stenis Ciri-ciri tipe ini antara lain badan agak pendek. maupun cara-cara hidup yang dihayati oleh setiap anggota masyarakat.

muka bulat telur. terdiri dari: 1 Displasia 2 Gyaandromorph 3 Texture 2. manusia dapat digolomgkan menjadi dua yaitu: 1) Golongan yang bertemperamen Schizothym Golongan ini suka mengadakan kontak dengan dunia sekitarnya. bahu lebar dan kuat. tinggi cukup. dan berat relatif kurang. tengkorak agak kecil. suka berterus . Tipe Visceretonia Sifat orang yang bertipe ini adalah sifatnya tidak tegang. Dilihat dari komponen-komponen temperamen. perut kecil bahu sempit. muka bulat telur. rongga dada kecil sampai pipih. bila menghadapi kesukaran membutuhkan orang lain. terdiri dari: ? Tipe Endomorph ? Tipe Ectomorph ? Tipe Mesomorph b. cenderung menutup diri. tipe manusia terdiri dari : a. lengan dan kaki kurus. sehingga bagian atasdari tulang punggung kelihatan sedikit melengkung. b. mudah mendapat teman. suka mengasingkan diri. suka akan hiburan. 4. Komponen kejasmanian sekunder. tidurnya nyenyak. Tipe Atletis Ciri-ciri tipe ini antara lain tulang-tulang serta otak dan kulit kuat. 2. tengkorak cukup besar dan kuat. rusuknya mudah dihitung. Tipe Somatotonis Sifat yang bertipe ini adalah sikapnya gagah. mudah bergaul. biasanya dalam pergaulan menyenangkan. Komponen kejasmanian primer. perut kuat. perkasa. dan hidup dengan sendirinya. banyak lemak sehingga urat-urat dan tulang-tulang tidak kelihatan nyata. dalam perbandingan dengan bahu dan dada kelihatan agak kecil. panggul dan kaki kuat. lebih pendekdari tipe leptoson. Dilihat dari komponen-komponen kejasmanian.bahu. badan kokoh dan tegap. besar kebutuhannya akan resonansi orang lain. ramah. gemar makanmakan. Berdasarkan temperamennya. jangkung. tulangtulang dibagian muka kelihatan jelas. Tipe Leptoson Ciri-ciri tipe ini antara lain badan langsing. 2) Golongan yang bertemperamen Cycklothym Golongan ini mudah mengadakan kontak dengan dunia luar. Seldom menggambarkan kepribadianya manusia terdiri dari tiga kelompok komponen yaitu: 1. Tipe Displantis Yang tergolong ditipe ini adalah orang-orang yang tidak memiliki ciri-ciri yang khas seperti ketiga tipe sebelumnya. kepala dan leher tegak. dan mudah untuk ikut merasakan suka dan duka denganorang lain. 3. kebutuhan bergerak besar. tipe manusia terdiri dari: a.

suaranya kurang besar. kebiasaankebiasaannya tetap.terang. . bila menghadapi kesukaran-kesukaran butuh melakukan gerakan. hidup teratur. Untuk memastikan data ada atau tidak silahkan login di download area. klik Register untuk menjadi free member di Indoskripsi. anda harus menjadi special member. Semua Special Member dapat mendownload data yang ada di download area. suka lantang. c. nampaknya lebih dewasa dari yang sebenarnya. Tipe Cerebrotonis Sifat orang bertipe ini adalah sikapnya kurang gagah.   click link 329 clicks Untuk dapat merequest file lengkap yang dilampirkan pada setiap judul. ragu-ragu. tidurnya kurang nyanyak. karena dikirim oleh member biasa dan masih menunggu konfirmasi dari member yang bersangkutan. kurang berani berbicara didepan orang banyak. kurang berani bergaul dengan orang banyak. NB: Ada kemungkinan data yang diposting di website ini belum ada filenya. reaksi cepat.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful