STUDI KELAYAKAN BISNIS RENCANA PENDIRIAN KRUPUK KULIT GAUL DI IKM ATK YOGYAKARTA

DIAJUKAN OLEH: PT. KRUPUK KULIT GAUL 10 Jl. RING ROAD SELATAN GLUGO SEWON BANTUL DIY Telepon: (0274) 383727, 383728, E-mail: info@atk. Ac.id

Kesimpulan dan Rekomendasi 14 7. Ringkasan Eksekutif 2. Bab II: Aspek Pemasaran 4 4. Bab I: Gambaran Umum Perusahaan 1 1) Pendahuluan 1 2) KK Gaul 3) Identitas Perusahaan 3 3. Bab III: Aspek Produksi dan Sumber Daya Manusia 5 5. Bab IV: Aspek Keuangan dan Kondisi Perusahaan Saat ini 7 1) Strategi Keuangan 2) Posisi Keuangan Awal 3) Kinerja Keuangan 4) Prediksi Keuangan 5) Analisa Kelayakan 6. Lampiran: 1) Perhitungan Nilai Aset Mei 2013 dan Penyusutan Aset 2) Perhitungan Biaya Bahan Baku dan Biaya Tenaga Kerja Langsung 3) Perhitungan Biaya Overhead 4) Tabel Angsuran Kredit 5 Tahun 5) Prediksi Arus Kas selama periode pinjaman 7 7 9 12 13 1 II studi kelayakan bisnis − II .DAFTAR ISI hal 1.

Galuh. Perusahaan ini bergerak dalam industri pengolahan makanan berupa kerupuk inovatif dengan aneka cita rasa dan bentuk. Administrasi keuangan telah dilakukan secara baik sehingga dapat digunakan untuk menyusun laporan keuangan sesuai standar akuntansi dan dasar pengambilan keputusan yang teliti dan akurat bagi manajemen. Oleh sebab itu perusahaan telah menyusun studi kelayakan bisnis yang rasional sebagai dasar bagi funding untuk menilai pengajuan kredit. Kartika bertindak selaku komisaris atau pengawas sekaligus sebagai think tank inovasi dan produksi kulit. Wulan . dan strategi jangka panjang yang kemudian diterjemahkan lagi dalam rencana jangka pendek. Analisis juga dilakukan berdasar prinsip konservatif dengan simpangan yang ditentukan hanya sebesar 5%. moderat. Kartika. Perusahaan memiliki mesin dan alat produksi yang lengkap serta didukung oleh sumber daya manusia (SDM) yang memiliki skill dan pengalaman memadai Pemilik perusahaan adalah Cahya. Maria. Elis. Rofi.Tugimin. Ning. Elis bertindak selaku pimpinan perusahaan dan Cahya pengelola administrasi keuangan. Perusahaan mulai beroperasi sejak tanggal Mei 2013 dengan modal investasi berasal dari hibah dan modal kerja secara patungan. perusahaan. Maria. Wulan. Analisis juga didasarkan pada kinerja perusahaan selama periode tanggal 1 mei – 31 Mei 2013. Untuk itu perusahaan telah menyusun visi.RINGKASAN EKSEKUTIF Krupuk Kulit Gaul. Ketiga orang tersebut memiliki kualifikasi dan background akademik serta pemahaman yang baik tentang industri krupuk studi kelayakan bisnis − II . dan optimis. Studi kelayakn bisnis dilakukan berdasar 3 skenario yaitu pesimis. misi. Anwar. dimana ini lebih tinggi dari simpangan inflasi yang terjadi.

Kebutuhan akan makanan dan camilan menjadikan industri kuliner di Yogyakarta semakin berkembang. Beragam makanan menjadi unggulan dan favorit para wisatawan yang datang ke Yogyakarta antara lain gudeg. dan berbagai jenis krupuk diantaranya krupuk kulit dan sebagainya. Selain makanan-makanan yang memiliki cita rasa lokalitas juga dibutuhkan adanya kebaruan-kebaruan akan cita rasa baru. 3) Bukan merupakan daerah industri besar sehingga merupakan daerah yang sangat nyaman untuk tinggal. dimana banyak kawula muda yang menuntut ilmu dan bermukim selama pendidikan. kipo. Sehingga kini Yogyakarta terkenal sebagai daerah wisata kuliner yang menarik bagi wisatawan. budaya. dan tradisi sehingga sangat menarik khususnya bagi wisatawan asing. tiwul. Sebagai daerah tujuan wisata Yogyakarta memiliki beberapa keunggulan dibanding daerah tujuan wisata lain. Selain itu Yogyakarta juga dikenal sebagai kota Pendidikan. sehingga dengan keberagamannya sering disebut sebagai Indonesia mini. Keunggulan yang membuat wisatawan tertarik dan merasa nyaman untuk datang ke kota ini antara lain adalah: 1) Masyarakat masih kental memegang seni. 4) Masyarakat yang sangat heterogen karena daerah ini merupakan pusat pendidikan yang diakui kualitasnya. geplak.BAB I GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN 1) Pendahuluan Yogyakarta sebagai daerah tujuan wisata kedua setelah Bali sudah merupakan hal yang tidak perlu dipertanyakan lagi. bakpia. dan tradisi. Salah satu industri kecil yang berkembang di Yogyakarta adalah industri makanan tradisional. lain. gatot. budaya. 5) Industri kecil yang berbasis pada seni. 2) Membuktikan keamanannya. yangko. mengingat bahwa dalam hal makanan maupun camilan ada kecenderungan selera yang cepat bosan dan pengen berganti selera yang diri sebagai kota yang sangat aman dan stabil studi kelayakan bisnis − II .

adalah di daerah Segoro Yoso dimana pelaku bisnis ini justru sebagian besar penduduk lokal. bulat kecil dengan berbagai rasa yang digemari oleh remaja dan dewasa Salah satu daerah yang terkenal dengan industri Krupuk Kulit di kota Yogyakarta. Sungguhpun demikian krupuk kulit Yogyakarta memiliki ciri khas yang ditandai dengan bentuknya yang kotak. KK-Gaul telah menjadi sebuah perusahaan yang memiliki captive market yang jelas. Memang tidak dapat disalahkan kewaspadaan sebagian orang tersebut. Tetapi sebagian orang “ogah” makan penganan tersebut dengan alasan mengandung bahan-bahan yang berbahaya. Krupuk sebenarnya merupakan makanan khas Indonesia. tetapi rambak tersebut secara dominan masih menjadi kebutuhan pokok untuk sayur dan lauk pauk. untuk itu usaha ini adalah usaha rambak kulit yang higienis. Krupuk rambak dianggap berbahaya apabila bahan yang digunakan sebagai bahan pokok pembuatan krupuk ini berasal dari limbah pembuatan tas dan sepatu kulit. dan tersertifikasi halal (konsumen tidak perlu khawatir akan campuran dari kulit lain yang haram). Dengan adanya kebutuhan camilan ringan yang unik maka camilan rambak kulit bisa menajdi alternatif. Disepakati bahwa bisnis krupuk kulit ini akan dilakukan di rumah yang dipandang sangat strategis karena berada dekat dengan bahan baku yaitu di kampung segoro yosoyang terkenal sebagai sentra krupuk kulit. tetapi juga perlu diketahui bahwa tidak semua krupuk rambak tersebut berbahaya. Sebagai sebuah usaha yang baru berdiri.Industri camilan rambak kulit di Yogyakarta selama ini sudah sangat dikenal oleh masyarakat luas. Adapun studi kelayakan bisnis − II . Krupuk kulit yang biasa dikenal dengan nama krupuk “RAMBAK” ini merupakan produk pangan hasil olahan dari kulit sapi yang diolah dengan menambahkan tepung tapioka dan bumbu-bumbu dapur lainnya sehingga menghasilkan cita rasa yang gurih dan lezat. tidak membahayakan. (melakukan survai masalah camilan). 2) Krupuk kulit Gaul KK-Gaul merupakan salah satu makanan khas Yogyakarta yang sangat terkenal bahkan hingga level internasional. Diantara banyaknya pelaku bisnis krupuk kulit salah satunya adalah KK-Gaul yang dimulai sejak tahun 2013.

Ketiga orang tersebut menentukan visi perusahaan yaitu “ inovasi produk berbasis kualitas”. TANTANGAN: 1) Perilaku konsumen menunjukkan konsumen lebih suka membeli produk di sentra industrinya. 2) Krupuk kulit tidak tahan renyah sehingga bila kemasan luka sedikit krupuk tdk renyah 3) Situasi krisis ekonomi menjadikan daya beli konsumen saat ini menurun. 2) Di Yogyakarta sudah sangat banyak pelaku bisnis krupuk kulit yang mapan. Adapun misi perusahaan adalah “menjadikan KK Gaul 10 sebagai sumber inspirasi bagi masyarakat”.mesin dan peralatan usaha anggota sangat . krupuk kulit sudah dikenal sebagai makanan khas Yogyakarta. krupuk kulit dikenal tanpa pengawet dan KELEMAHAN: 1) 3 orang pelaku bisnis adalah pelaku bisnis yang baru. dan Cahya memiliki hardskill dan softskill yang memadai. PELUANG: 1) Produk perusahaan. dengan membeli dari uang investasi para KEKUATAN: 1) Elis. 3) Lokasi usaha berada pada pusat bahan baku dan merupakan daerah pemotongan hewan. 2) Produk makanan adalah pilihan utama bagi wisatawan dalam membelanjakan uangnya. Berdasar visi dan misi yang telah disusun tersebut perusahaan berusaha menyusun strategi jangka panjang sebagai berikut: studi kelayakan bisnis − II . 2) Bisnis ini ditunjang dengan mesin dan alat produksi yang sangat mendukung. pewarna yang dilarang. 3) Terkait dengan produk sehat. 3) Sebagai pelajar ketiga orang pelaku bisnis belum bisa sepenuhnya fokus pada bisnis. Perusahaan ingin menjadi bagian integral dari masyarakat khususnya yang berada disekitar lokasi perusahaan. dimana perusahaan krupuk kulit Gaul 10 akan terus berupaya untuk terus melakukan pengembangan dan inovasi tanpa meninggalkan aspek kualitas sebagai pijakan utama. Maria.

Maria. 3) Identitas Perusahaan Perusahaan KK Gaul 10 yang didirikan oleh Elis. 3) Menetapkan area pemasaran di seluruh lokasi wisata di Yogyakarta dengan segmentasi pada konsumen yang berjiwa muda. 5) Menerapkan sistem keuangan dengan prinsip transparansi khususnya dengan karyawan serta didukung dengan administrasi keuangan yang baik untuk meningkatkan akuntabilitas bisnis. produk higienis. arjo : Bagio dan : Pengembangan Produk Utama : Pengelola berhak memperoleh bagi hasil atas pembagian keuntungan perusahaan sedang pimpinan dan tenaga produksi memperoleh gaji dan upah sesuai dengan standar yang ditetapkan. plered . Maria dan cahya yang telah berdiri sejak 1 Januari 2013.1) Melakukan inovasi secara konsisten khususnya dalam hal cita rasa dan bentuk (yang meliputi penampilan fisik dan kemasan) dengan tujuan untuk lebih menarik konsumen. Diharapkan pada akhir tahun kelima perusahaan sudah mencapai kemapanan dan siap untuk melangkah dalam pengembangan bisnis berikutnya. studi kelayakan bisnis − II .penggorengan Tenaga Packing Riset : : : : : : krupuk Kulit Gaul 10 Segoroyoso. Berikut adalah identitas perusahaan: Nama Perusahaan Alamat Pengelola Pimpinan Tenaga Pencuci Tenaga Pemotong . 4) Melakukan model distribusi pemasaran dengan teknik jemput bola serta memberikan pelayanan yang baik bagi agen penjualan. serta meminimalkan limbah. Bantul Elis. 2) Menerapkan produksi berbasis kualitas dan meningkatkan secara konsisten proses produksi yang efisen dengan mekanisasi. Kartika.wulan Elis Agus Tarjo. Anwar. Kelima strategi jangka panjang tersebut akan menjadi pedoman bagi perusahaan dalam membuat rencana-rencana jangka pendek.

Kerjasama dengan sekolah – sekolah b. B. Kerjasama dengan perhotelan 3. sekaligus sebagai tempat promosi atau showroom hasil produksi. Kerjasama dengan sekolah – sekolah b. Perdagangan langsung a.oleh g. Kerjasama dengan Rumah – Rumah makan d. Kerjasama dengan pengusaha Catering h. Perdagaangan tidak langsung Memanfaatkan Alumni dari selurush Indonesia untuk menjadi distributor di daerah masing-masing untuk membiat jaringan pemasaran ke : a. Membuat Showroom di Inventori 2. Bantul . Place Perusahaan Krupuk Gaul berlokasi di Desa Sindet. Kerjasama dengan Toko pusat oleh. bekerjasama dengan para pelaku perdagangan dengan cara : 1. Kerjasama dengan cafe-cafe e. Kerjasama dengan cafe-cafe e.A. Kerjasama dengan pengusaha Catering studi kelayakan bisnis − II . Kerjasama dengan mall f. Kerjasama dengan mall Kerjasama dengan Toko pusat oleh. Kerjasama dengan kantin perguruan tinggi c. Kerjasama dengan kantin perguruan tinggi c. f.oleh g. Promotion Promotion dilakukan dengan cara promosi di rumah produksi. Kerjasama dengan Rumah – Rumah makan d.

Product Krupuk kulit Gaul diproduksi dengan citarasa yang bebas kolesterol. Kerjasama dengan perhotelan 4. Price 1. TEKNOLOGI 5. Kemasan 500 gram E. renyah/ kranci terdiri atas : Krupuk kulit Gaul rasa dasar Krupuk kulit Gaul rasa Barbeque Krupuk kulit Gaul rasa jagung bakar Krupuk kulit Gaul rasa Strawberi D. Kemasan 50 gram c. Kemasan 25 gram b. PRODUK (NAMA /JENIS PRODUK) 2. Promosi on line C. PERALATAN 6. bebas MSG. Kemasan 100 gram d. ASPEK PRODUKSI : 1. BAHAN PENOLONG 3. Promosi dengan mengikuti pameran-pameran 5. People A.h. POSES PRODUKSI 4. LAY OUT studi kelayakan bisnis − II . Price berdasarkan lokasi pemasaran dan kemasan : a.

Tetapi sebagian orang “ogah” makan penganan tersebut dengan alasan mengandung bahan-bahan yang berbahaya. PACKAGING 8. DIFFERENSIASI 4.7. STORAGE 9. tetapi juga perlu diketahui bahwa tidak semua krupuk rambak tersebut berbahaya. SDM B. ASPEK PEMASARAN 1. ANALISIS PASAR 2. POSITIONING 3. Krupuk rambak dianggap berbahaya apabila bahan yang digunakan sebagai bahan pokok pembuatan krupuk ini berasal dari limbah pembuatan tas dan sepatu kulit. Permodalan : iuran anggota studi kelayakan bisnis − II . PURNA JUAL DIBUTUHKANNYA LEGALITAS USAHA : Industri Rambak Kulit Gaul Krupuk kulit yang biasa dikenal dengan nama krupuk “RAMBAK” ini merupakan produk pangan hasil olahan dari kulit sapi yang diolah dengan menambahkan tepung tapioka dan bumbu-bumbu dapur lainnya sehingga menghasilkan cita rasa yang gurih dan lezat. Memang tidak dapat disalahkan kewaspadaan sebagian orang tersebut. PROMOSI 6. BRAND 5. dan tersertifikasi halal (konsumen tidak perlu khawatir akan campuran dari kulit lain yang haram). untuk itu usaha ini adalah usaha rambak kulit yang higienis. tidak membahayakan.

Facebook. . Gejayan. strawberry. pedas manis. rasa baru. Kaliurang. jl. Malioboro) Kebutuhan Perijinan studi kelayakan bisnis − II . Banyak sisa limbah kulit yang belum dimanfaatkan secara maksimal di Yogyakarta Peluang : Dibuatnya Rambak Kulit dengan kemasan baru. gurih. nano-nano.Struktur : ada di mbak Galuh Prolog : Yogyakarta – banyak anak muda Anak muda (terutama kaum wanita) – suka cemilan/kudapan Rambak Kulit selama ini masih menjadi kebutuhan untuk sayur dan lauk pauk. dan Blog) Membuka Counter resmi di pusat keramaian (jl. jl. dll) Low kolesterol Sistem Pemasaran      Menitipkan ke kafetaria sekolah dan kampus (SMP & SMA) Menitipkan ke café Konsinyasi ke Supermarket Online (Twitter.segmen anak muda (gaul) (Rambak rasa coklat.

    Ijin Merk Dagang Ijin Usaha Ijin PIRT Sertifikat Halal Kebutuhan Modal 1. Biaya peralatan dan SDM studi kelayakan bisnis − II . Biaya perijinan 4. Biaya packaging 3. Belanja bahan baku krecek ke pengrajin – krecek setengah jadi 2. Biaya counter 5.

2. Komposisi Bahan Baku Kandungan zat Gizi Krupuk Kulit Sapi (Rambak) Mentah studi kelayakan bisnis − II . Sumber Bahan Baku Sumber bahan baku yang digunakan adalah kulit mentah yang diambil dari pengepul-pengepul di wilayah Yogyakarta dan Magetan. Di Yogyakarta sendiri ada banyak kulit yang dihasilkan oleh Rumah Pemotongan Hewan (RPH). sehingga syarat diseleksi. Jenis Bahan Baku Jenis bahan baku yang digunakan adalah Kulit Sapi dengan Kualitas I yang dikelola secara dianggap higienis sejak dari peternakan. 3. Krupuk rambak berbahaya apabila bahan yang digunakan sebagai bahan pokok utama dari produk ini adalah kulit sapi yang sudah pembuatan krupuk ini berasal dari limbah pembuatan tas dan sepatu kulit. Syarat yang diperlukan adalah kulit yang berkualitas dan sudah tidak mengandung bahan pengawet (orientasi kesehatan).BAHAN BAKU DAN BAHAN PENOLONG 1. Jumlah Bahan Baku Jumlah Bahan baku yang diperlukan adalah : Kulit Mentah Bumbu Minyak Goreng Bahan bakar Kapur : : : : 100 lembar : 50 Kg 20 kg 4.

84% 0.Krom dan Arsenik Prosentase 82.91% 3.3 % 0 0 0 5.04% 0.8 g – 5. 5 Jenis Alat Pisau potong Tong Kompor Gas Pisau Kerok Ember Jumla h 5 3 2 5 5 Harga studi kelayakan bisnis − II . Pemilihan bahan baku Mekanisme pemilihan bahan baku adalah dengan sortir manual dan alat timbangan. Penyiapan alat produksi 3.Kandungan Gizi Protein Lemak Mineral Natrium glutamat ( MSG atau NaG bebas) Zat pewarna Hidrogen Peroksida (H2O2) Timbal. 2. Transportasi Alat transportasi yang digunakan adalah Mobil Pick Up dan Motor Tosa. Alat Produksi No 1. 4. 2. 3. PROSES PRODUKSI 1.

Pertama – tama kulit kerbau yang berupa lembaran besar dicuci sampai bersih 2. berikutnya 8. diambil sebelum kering benar . Kulit kemudian direbus dalam drum dengan air sebanyak ¾ apabila 40 cm ) 5. Setelah direbus kulit – kulit tersebut dipisahkan antara yang sudah matang dan yang masih belum matang ( kulit yang sudah yang mentah direbus kembali ) matang yang lunak dan – daging kulitnya tipis bisa langsung 10 lembar ( 1 lembar + 30 x 6. Sebelum kering benar . setelah itu kulit diiris melintang dan ditata di atas anyaman bambu untuk dijemur 7. kulit dikerok dengan menggunakan pisau untuk membuang bulu–bulu yang ada pada permukaan kulit terluar 4. kulit yang sudah matang dicuci untuk menghilangkan daging yang masih menempel pada kulit dan kemudian dianginanginkan . Setelah itu kulit kerbau dibakar di atas api dengan tujuan untuk merontokan bulu –bulu hingga gosong . irisan kulit diambil lagi untuk dipotong lagi sesuai ukurannya ( ada yang besar dan kecil ). Selesai dipotong kulit dijemur lagi di atas gribig (anyaman bambu yang lebih rapat ) apabila cuaca ramah waktu karena untuk memudahkan dalam pemotongan studi kelayakan bisnis − II .6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 Pisau Iris Seng Penjemur Wajan Cem ceman Wajan Penggoreng Serok Penyaring Tempat penampung gorengan Spiner Vacum Siller Panci Timbangan 5 3 1 1 3 3 1 1 1 150000 500000 500000 50000 50000 3500000 6000000 5000000 4. Proses produksi 1. kulit kemudian dipotong – potong dengan ukuran 30 – 40 cm 3.

tetapi apabila waktu lebih lama cuaca mendung memerlukan 9. Apabila telah kering benar.penjemuran + 5 hari . Kapasitas produksi 6. Alumunium foil Labelling : Cetak Logo Content 5. Setelah + 5 hari kulit – kulit tersebut diberi bumbu dan untuk ukuran bumbunya seperti yang sudah dicantumkan kering yang pada sudah penjelasan sebelumnya . Rambak kemudian dijemur lagi sampai benar – benar kering 11. bumbu – bumbu tersebut ditumbuk menjadi satu . Skeduling studi kelayakan bisnis − II . kemudian diolah dengan kulit dipotong sesuai ukuran 10. Plastik 2. Krupuk rambak siap dipasarkan. rambak diangkat dan setelah itu rambak besar 12. atau dapat juga krupuk rambak digoreng dulu sampai benar – benar mengembang lalu baru dipasarkan dikemas dan kemudian digoreng dengan minyak ½ panas menggunakan wajan setengah PACKAGING Jenis Packing : 1.

Handling 9.7. studi kelayakan bisnis − II . Pengelolaan Limbah Limbah dibuang ke saluran pembuangan limbah untuk dinetralisir supaya bisa dibuang ke sungai. Pengendalian proses 8.

LAYOUT Lokasi usaha ada di Perumahan Trimulyo. 2 orang pemotong – syarat kualifikasi skill dan kejujuran – gaji UMR (1. Pembersihan PENGEMASAN PENGERINGAN SDM 1. Bantul Lokasi dekat dengan lokasi buang limbah Bangunannya adalah bangunan permanen rumah Layout GUDANG BAHAN MENTAH PENGGORENGAN GUDANG RAMBAK JADI R.000) studi kelayakan bisnis − II .065. Sindet.

000) 3.2. 2 orang pengemas – kualifikasi SMU/SMK – UMR + 20% – pelatihan studi kelayakan bisnis − II .065. 2 orang penggoreng – syarat kualifikasi skill dan kejujuran – gaji UMR (1. 2 orang pemasar – kualifikasi SMU/SMK – UMR & Bonus marketingpelatihan 4.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful