LAPORAN PESANTREN KILAT 2012 RAMADHAN 1433

Oleh : Nama : Desy Trisna W Kelas : XI.AP.2 No. : 06

SMK BAKTI I SURAKARTA 2012

SIKAP PRIBADI SEORANG MUSLIM Pembicara : Bapak Mustakim Sikap pribadi seorang muslim. yaitu : 1. Orang yang benar/jujur dan dusta membawa orang kepada dosa. yang artinya “Dan hendaknya ada diantara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan. Dan seseorang memaksakan dirinya berkata benar. diantaranya : Bila berbicara dusta Bila berjanji diingkari Bila dipercaya khianat Sabda/hadits Nabi Muhammad SAW. Bukhori dan Muslim) 2. sedangkan dosa membawa ke neraka dan seseorang suka berdusta. (HR. sehingga dicatat dihadapan Allah pendusta. yang artinya “Sesungguhnya kebenaran (kejujuran) itu membawa kepada kebaikan dan kebaikan membawa ke surga”. Amal Ma’ruf Nahi Munkar Mengajak/memerintahkan untuk berbuat baik Ahli mungkar  jelek/dengki QS. ayat 119 yang artinya : “Wahai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah dan hendaklah kamu berseama orang-orang yang benar/jujur. Jujur dan amanah (dapat dipercaya)     Jujur (sidiq) Amanah (dapat dipercaya) Fatonah (cerdas) Tabliq (menyampaikan) Surat At-Taubah. Sifat-sifat munafik. sehingga tercatat di hadapan Allah (Sodiq). menyuruh kepada yang . ayat 104. Ali Imron.

makruf dan mencegah dari yang mungkar. . mereka itulah orang-orang yang beruntung. Kebenaran Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan. waspada Kalau menurut artinya. takwa adalah mengerjakan/mengamalkan. firman Allah : Artinya : “Wahai orang-orang yang beriman mengapa kamu mengatakan apaapa yang tidak kamu buat amat besar. berarti hati-hati. Takwa menurut bahasa. 3. mentaati perintah Allah dan menjauhi larangannya. Contoh : kebaikan Agar suruhan/ajakan berbuat baik itu diikuti. ditaati maka orang yang mengajak harus melakukan sendiri berbuat baik seperti dalam Al-Qur’an.

54 ayat 31 dan 32) Ciri-ciri orang yang beriman kepada Allah : 1. Ar-Rohman No. 2 ayat 30) 3. At-Tin No. Al-Imron No. 95. Kolifah firartir / pemimpin di bumi (QS. 23 ayat 1-9 . Al-Baqarah No. QS. Lebih tinggi derajatnya (QS. Al-Anfal No. 8 ayat 2-4 2. QS.MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK ALLAH YANG TERTINGGI Pembicara : Ibu Heru SEtyawati Kelebihan manusia dari makhluk yang lain : 1. Al-Mukmin No. 3 ayat 133 3. Manusia sangat diperhatikan Allah (QS. QS. ayat 4 dan 5) 2.

Rukun Iman ada 6. yaitu : Iman kepada Allah SWT Iman kepada Malaikat Iman kepada Kitab-kitab dan Rosul Iman kepada Hari Kiamat Iman kepada Qada dan Qodar Iman sebagai pelipur lara dan penyejuk hati bagi orang-orang yang bertauhid (mengesakan Tuhan (Allah). jauhilah perbuatan maksiat. Bila dibacakan ayat-ayat Allah bertambahlah imannya Bertawakal kepada Allah Istiqomah dalam mendirikan shalat Senantiasa mampu menafkahkan sebagian rezkinya. “Tegakkan sholat dengan khusus dan tenangkan hatimu saat sholat”. Sebagai kesenangan hidup bagi orang-orang yang ahli ibadah. Lima tanda-tanda orang yang mendapat cahaya hati dari Allah : Hatinya bersih dari sifat iri dan dengki Senantiasa memiliki sifat lapang dada (sabar) Tujuan hidupnya hanya untuk kepentingan akhirat. Senantiasa menyiapkan amal sholeh sebelum meninggal. Ada lima tanda-tanda orang yang beriman. . yuaitu : Apabila disebutkan nama Allah maka bergetarlah hatinya. Kita tidak boleh berbuat dosa dan maksiat karena dapat menyebabkan sumber malapetaka dalam kehidupan kita.KEIMANAN DAN IBADAH Pembicara : Bapak Tugi Iman adalah percaya/yakin yang terucap dengan lisan diyakini dengan hati dan diamalkan dengan perbuatan.

merupakan suatu pondasi Sholat Puasa Zakat Naik hati bagi yang mampu. Orang harus mau membagikan rejekinya kepada orang lain. 10 Agustus 2012 Surat Al-Baqarah ayat : 1.APA YANG DIKATAKAN SEBAGAI SHOLAT Pembicara Hari/Tgl. Dasar dalam sholat : “Hai hambaku. asar. maghrib dan isya. dengan mendirikan sholat ini anda akan terhindar dari perilaku yang tidak baik. : Ikhsan : Jum’at. Orang harus percaya kepada barang ghoib 2. . Sholat ada 5 : subuh. Berbakti kepada kedua orang tua 3. dirikanlah sholat. Contoh perbuatan yang tidak baik : Berbicara tidak mendengarkan Anda menanyakan sesuatu tidak diperhatikan Sholat adalah merupakan perbuatan yang dilakukan oleh semua orang yang diawali dengan bacaan Takbir dan diakhiri dengan bacaan salam. Menegakkan kebenaran dari Allah SWT Sebab sholat harus dilakukan : Perintah Allah. hadits Rasulullah Rukun Islam ada 5 : Syahadat. Jawab Rasoul ada 3 yaitu : 1. Orang harus mau mendirikan shalat 3. Sholat 2. dzuhur.

berarti mereka telah memelihara harta dan jiwanya. 4. 5. Kafir adalah orang yang tak mau menjalankan perintah Allah. kecuali ada alasan yang tepat menurut Islam” . Menjalankan puasa di bulan Ramadhan d. Rasulullah berkata dalam hadist : “Segala inti pokok segala perkara atau tiangnya/penopangnya adalah shalat. Amal-amalan yang pertama kali yang akan dihisap dalam hari kiamat adalah shalat. Menjalankan sholat c. Menunaikan ibadah haji “Barang siapa yang berpuasa 10 hari pertama akan diberi rahmat kepada Allah” “Barang siapa yang berpuasa 10 hari kedua akan diberi barokah kepada Allah” “Barang siapa yang berpuasa 10 hari ketiga. Sholat merupakan pembeda antara muslim dan kafir Muslim adalah orang yang memeluk agama Allah dan yang menjauhi larangan-larangan Allah. beserta diriku. 3. Rasulullah berkata bahwa Islam dibangun atas 5 perkara : a. Allah akan mengampuni hambanya” “Puasa sebulan penuh diampuni dosa-dosanya” 2. Melakukan zakat e. Rasulullah bersabda “Aku diperintahkan untuk memerangi manusia sampai mengucapkan “Lailahailallah” Apabila mereka sudah melakukan itu. Membaca syahadat b. Shalat merupakan penyangga dana dan harta seseorang. Kedudukan Sholat dalam Islam Shalat merupakan tiang agama. Kedudukan sholat dalam Islam Shalat adalah kewajiban yang paling utama yang kita lakukan setelah 2 kalimat syahadat.Dasar hukum menjalan sholat : 1.

Allah berfirman dalam Kitab Al-Qur’an : “Ini tidak ada keraguan adanya” Akan mendapat ampunan yang besar kepada Allah Sholat  meminta pertolongan kepada Allah.Keutamaan mengerjakan sholat 5 waktu : Sholat memiliki keutamaan-keutamaan berupa ampunan dan berbagai keturunan yang lain yang disediakan oleh Allah kepada hambanya (yang mau menjalankan perintahNya) Apabila sunah-sunah shalat dikerjakan lebih utama lagi mengerjakan shalat sunah. Keutamaannya : 1. Pelaku shalat dinilai sebagai muslim yang beriman dan fata. Selamat dari api neraka dan masuk ke dalam surga 3. Mendapatkan cinta dan ridho Allah SWT 2. Pewaris surga firdaus dan kekal didalamnya. .

4. dasar Surat Al-Maarij (20). surat Al-Baqarah (162) 6. Surat Al-Baqarah (155) 5. Manusia itu suka menuruti prasangka Surat Yunus (36) 15. Jaga dan pelihara keimanan kita. Rajin berjamaah. Tetap berada dalam ketentuan dalam situasi apapun. hal ini dituliskan dalam Surat An-Nisa (28). Surat Al-Habit (17) Solusinya ada 4 : 1. Manusia adalah malukuk lemah. Manusia itu mempunyai sifat lalai dasar Surat At-Takasur (1) 4. Surat Al-Isra. Manusia itu suka berandai-andai. . 2. QS. Manusia itu mudah bersedih hati. Al-Imron 153 3. Manusia itu penakut/mudah khawatir. Surat Al-Imfita (6) 3. QS. Manusia itu suka mengkufuri nikmat. Manusia itu kikir. (100) 12. Al-Baqarah 2. Manusia itu dzolim dan bodoh dasar surat Al-Azla (72) 14. Al-Musilat (2) dan QS. Manusia itu suka berlebih-lebihan. Surat Al-Isra’ 11 7.15 SIFAT MANUSIA YANG TERCANTUM DALAM AL-QUR’AN Pembicara: Ibu Trimaningsih 1. Surat An-Nahl (4) 8. Manusia itu pelupa. Manusia suka membantah. Al-Isroq (23) 11. Manusia gampang terpedaya. Surat Yunus (12) 9. Tetap berpegang teguh kepada tali agama dan petunjuk-petunjuk dari Allah. Manusia suka berkeluh kesah. Surat Amadiah (6) 13. surat Ajwar (8) 10. Manusia itu tergesar-gesa.

Bukhori).HUKUMNYA MEMBACA AL-QUR’AN Pembicara : Ibu Rina  Al-Qur’an adalah kitab suci yang diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad SAW. 30). artinya “Dan mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah kepada Allah dengan memurnikan ketaatan kepadaNya dalam menjalankan agama dengan lurus dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat dan yang demikian itulah agama yang lurus (QS. Al-Furqon. Al-Qur’an adalah sebagai sumber hukum bagi kaum muslimin dan sebagai pedoman hidup. mereka membaca ayat-ayat Allah pada beberapa waktu malam hari.  Jangan meninggalkan membaca Al-Qur’an. sedang mereka juga bersujud/shalat. artinya “Diantara ahli kitab itu ada golongan yang berlaku lurus/yang telah masuk Islam. Firman Allah yang artinya “Sesungguhnya orangorang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebagian dari rezeki yang kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan. Ali Imran (113) karena membaca Al-Qur’an merupakan suatu ibadah. Al-Bayah (5). firman Allah. maka wajiblah ikhlas tanpa dicampuri niat apapun. Firman Allah. 35 ayat 29 Al-Fathir)  Al-Qur’an adalah ilmu yang paling mulia karena orang yang belajar AlQur’an dan mengajarkannya kepada orang lain.  Keutamaan membaca Al-Qur’an di malam hari seperti firman Allah. mereka itu mengharap perniagaan yang tidak akan merugi (QS. Sabda Nabi Muhammad “Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya (HR. . mendapatkan kemuliaan dan kebaikan daripada belajar ilmu yang lainnya. artinya “Dan berkata Rasul “Ya Tuhanku sesungguhnya kaumku menjadikan Al-Qur’an ini sesuatu yang tidak diajarkan/diacuhkan” (QS. (QS.

2. Tidak memikirkannya dan memahaminya. Tidak beriman denganNya serta mendustakanNya 3. Apabila Al-Qur’an dibacakan. Tidak mengamalkannya. padahal yang dimaksud disini adalah sangat umum seperti yang dijelaskan Ibnu Kafir dalam tafsirnya tentang ayat ini sebagai berikut : 1. 5. lalu yang hadir menimbulkan suara gaduh dan hiruk pikuk serta tidak mendengarkannya. Berpaling dariNya kepada yang lain seperti syair. 4. . tidak menjunjung perintahnya serta tidak menjauhi larangannya. Maksud meninggalkan Al-Qur’an ini adalah tidak hanya membacanya saja. nyanyian dan sejenisnya.

senantiasa berdzikir. Mukmainah Bisiyaa  (membiasakan diri menahan nafsu dengan berpuasa) 6. Muasaroh bisolihin  berkumpul/berkomunikasi bersama-sama orang-orang sholeh. 8. keterangan dan kadar tinggi rendahnya iman. ingatlah hanya dengan mengingat Allahlah hati menjadi tentram.8 PERKARA PENCERAH HATI Pembicara : Ibu Hidjah 1. Istiqomah Bikiyamiltayil  disiplin untuk shalat malam/salat tahajud 4. 2. Bikrullah rikuliha fikulliha  (ingat kepada Allah SWT dalam situasi dan kondisi apapun). sert ahidup dan tidaknya hati seseorang terletak pada kepeduliannya meringankan beban orang lain. 5. Alhamdulillah 2. Jadi hati yang bersih menjadi landasan penggerek seluruh tubuh ke arah sikap. Delapan amalan yang dapat menghidupkan hati orang yang beriman. Manusia diciptakan dari Saripati tanah. kemudian ucapannya juga terpuji. At’Ta’d (28) Artinya : “Yaitu orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Tarti ibadah  tertib dalam menjalankan ibadah shalat 5 waktu 7. Mulazima Bitilawatil qur’an  (membiasakan diri membaca Al-Qur’an) 3. Ikhlas fi’sodhaqoh till walinfaa  ukuran. Muhabah lilla majlis ilmi  mencintai ilmu merupakan modal dasar hidup bagi orang beriman menuju mudahnya jalan ke surga. . Astasolaqi wassalami firosulillah Firman Allah  QS. dari segumpal darah (hati). yaitu : 1. Wasyukurilah 3.

Kesehatanmu sebelum datang sakitmu 3. Kesempatanmu. sebelum masa tuamu 5. Al-Asr 1 – 3 Perhatikan 5 perkara sebelum datang 5 perkara : 1.MERENUNGKAN TENTANG WAKTU Pembicara : Ibu Muny QS. . sebelum sempitmu 4. Hidupmu sebelum matimu 2. sebelum masa miskinmu. Masa kayamu. Masa remajamu.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful