P. 1
IMD Dan ASI Eksklusif

IMD Dan ASI Eksklusif

|Views: 16|Likes:
Published by megaagungraskosa
imd
imd

More info:

Categories:Types, Reviews
Published by: megaagungraskosa on Jun 05, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/11/2014

pdf

text

original

ASI EKSKLUSIF

Dokter Muda Stase Pediatri RSIJ Cempaka Putih

Air Susu Ibu (ASI) adalah minuman alamiah utama untuk semua bayi cukup bulan yang diperuntukan selama usia bulan-bulan pertama kehidupan bayi.

ASI dianggap sebagai nutrisi terbaik bagi bayi. ASI selalu mudah tersedia pada suhu yang sesuai diinginkan bayi dan tidak memerlukan banyak waktu untuk persiapannya. Substansi ASI segar dan bebas dari kontaminasi bakteri yang berbahaya sehingga mengurangi peluang gangguan pencernaan

ASI ekslusif
• pemberian ASI saja kepada bayi tanpa diberi makana atau minuman lain sejak dari lahir sampai usia 6 bulan , kecuali pemberian obat dan vitamin. (DepKes (2003)

air teh madu. pisang) ASI diberikan tanpa perlu dibatasi waktu dan frekuensinya .Asi eksklusif meliputi hal-hal • • • • Setelah bayi lahir segera diberi asi ½ -1jam Tidak memberikan makanan dan minuman (seperti air kelapa tajin.

Berbagai komponen yang terkandung dalam ASI antara lain : • Enzim untuk membantu pencernaan • Protein.Kandungan ASI ASI merupakan cairan nutrisi yang unik. karbohidrat dan lemak untuk pertumbuhan otak yang optimal • Imunoglobulin • Leukosit . spesifik dan kompleks serta komponen pemacu pertumbuhan.

Air Susu Matur Merupakan cairan yang berwarna putih kekuningan. antibody (kekebalan tubuh) Air Susu Masa Peralihan Merupakan ASI peralihan dari kolostrum menjadi ASI matur. mengandung semua nutrisi. Terjadi pada hari ke 4 – 10. berwarna kekuning – kuningan. Banyak mengandung protein. berisi karbohidrat dan lemak dan volume Asi meningkat. Terjadi pada hari ke 10 – seterusnya .Jenis-jenis ASI Kolostrum Merupakan cairan yang pertama kali keluar.

Mencerdaskan bayi .

Meningkatkan ketahanan tubuh bayi dari penyakit .

Mencegah obesitas pada bayi .

Manfaat bagi bayi        Komposisi sesuai kebutuhan Kalori dari ASI memenuhi kebutuhan bayi sampai 6 bulan ASI mengandung zat pelindung Perkembangan psikomotorik lebih cepat Menunjang perkembangan kognitif Menunjang perkembangan penglihatan Dasar untuk perkembangan emosi yang hangat .

Manfaat ASI untuk ibu? .

dapat langsung diberikan sesuai keinginan bayi .Tidak repot.

Meningkatkan ikatan batin antara ibu dan bayi .

Sebagai kontrasepsi alami .

Membantu menurunkan berat badan ibu .

Manfaat Bagi Ibu       Mencegah perdarahan postpartum & mempercepat involusi uterus Mencegah anemia defisiensi zat besi Mempercepat ibu kembali ke berat sebelum hamil Menunda kesuburan Menimbulkan perasaan dibutuhkan Mengurangi kemungkinan kanker payudara dan ovarium .

Manfaat ASI untuk keluarga? .

Manfaat bagi keluarga    Mudah pemberian Mengurangi biaya rumah tangga Mengurangi biaya pengobatan .

Menghemat pengeluaran rumah tangga .

Ibu harus nyaman .

Perlekatan yang baik .

Kondisi ini akan membuat anda menyusui dengan lebih mudah dan menyenangkan.Posisi Menyusui • Pastikan nyaman dan rileks serta bayi dalam posisi yang benar. Hal ini akan memberi anda topangan yang bagus ke punggung anda. • Usahakan menyusui dengan duduk di kursi. .

Posisi Menyusui Merupakan posisi normal atau posisi menggendong bayi yang sering dilakukan oleh ibu menyusui pada umumnya. yaitu kedua tangan ibu menggendong bayi Posisi Cradle untuk menyusu .

Pada posisi ini telapak tangan ibu menyangga kepala bayi bagian bawah setinggi telinga bayi atau rendah. Payudara yang digunakan untuk menyusui sama dengan tangan yang memegang bayi.Posisi Bawah Lengan (American Football ) Posisi ini biasanya dilakukan pada bayi kembar atau jika ibu mengalami kesulitan melekatkan bayi melintang di depan tubuhnya. Lalu kaki .

. Posisi ini berguna untuk bayi yang sangat kecil. bayi sakit atau lahir dengan kelainan fisik.Posisi Transisi / Menopang ( Cross Cradle) Dilakukan dengan lengan yang berlawanan dengan peyudara. lalu telapak tangan ibu menyangga kepala bayi bagian bawah setinggi telinga bayi atau lebih rendah. Dimana lengan bawah ibu menyangga tubuh bayi.

Posisi tidur ini pun dapat dilakukan dengan lengan menopang kepala ibu atau bayi dapat di topang dengan lengan bawah dan bila ASI berlebihan maka proses menyusui dapat dilakukan dengan .Posisi Tidur Berguna untuk ibu yang ingin berbaring. atau setelah melahirkan dengan caesar.

Ibu bekerja .

.

Inisiasi Menyusui Dini (IMD) proses bayi menyusu segera setelah dilahirkan. dimana bayi dibiarkan mencari puting susu ibunya sendiri .

5. 4. diukur. bayi secepatnya dikeringkan Bayi ditengkurapkan didada atau perut ibu Bayi dibiarkan mencari sendiri puting ibu Setelah bayi menyusu awal.Tahap –tahap dalam inisiasi menyusui Dini 1. ditimbang. Dalam proses melahirkan disarankan mengurangi / tidak menggunakan bahan kimiawi Petugas membantu jalannya persalinan Setelah lahir. bayi dicap. 3. 6. diberi vitamin K dan tetes mata . 2.

Manfaat IMD untuk ibu • ↑ hubungan khusus antara ibu dan bayi • Merangsang otot rahim • Memperbesar peluang ibu untuk melanjutkan kegiatan menyusui selama masa bayi • Mengurangi stres ibu setelah melahirkan .

Manfaat IMD untuk Anak • • • • Mempertahankan suhu bayi tetap Hangat Menenangkan bayi serta mengatur pernapasan dan detak jantung Bayi akan telatih motoriknya saat menyusu Memperoleh kolostrum yang sangat bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh • Mencegah terlewatnya puncak reflek menghisap pada bayi yang terjadi 20-30 menit setelah lahir .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->