Fungsi Kompresor & Jenis Alat Konstruksi

Saat ini sudah banyak orang yang menggunakan kompresor untuk membantu mereka dalam melakukan perkerjaannya. Jika dulu kompresor hanya digunakan pada mereka yang bekerja di bagian otomotif, saat ini kompresor banyak digunakan oleh mereka yang bekerja di berbagai bidang, baik itu otomotif, konstruksi, maupun pada rumah tangga. Pada industri otomotif, kompresor merupakan sebuah perangkat yang sangat penting. Kompresor ini digunakan untuk mempermudah dalam melakukan beragam aktivitas. Salah satu kegunaan kompresor adalah untuk melakukan pengecatan. Hasil akhir yang diperoleh jika melakukan pengecatan dengan bantuan kompresor jauh lebih baik jika tidak menggunakannya. Selain untuk pengecatan, kompresor juga digunakan untuk mengisi maupun menambah tekanan udara pada ban kendaraan bermotor. Kompresor juga digunakan oleh kalangan rumah tangga. Mereka yang menggunakan kompresor ini bisa kaum pria maupun kaum wanita. dalam rumah tangga kompresor dapat digunakan untuk membersihkan sudut-sudut ruangan maupun peralatan rumah tangga, atau furnitur. selain itu kompresor juga dapat digunakan untuk melakukan pemasangan wallpaper, maupun perangkat lainnya. Penggunaan kompresor pada bidang konstruksi juga semakin ramai belakangan ini. Kompresor ini digunakan untuk mempermudah pekerja konstruksi dalam melaksanakan tugasnya. Pekerjaan yang dilakukan dengan bantuan kompresor berdasarkan alat yang digunakan diantaranya adalah sebagai berikut: Blow-gun Alat ini biasa digunakan untuk membersihkan debu dan kotoran yang terdapat pada daerah yang tidak terjangkau oleh tangan. Pembersihan pada daerah tersebut dilakukan dengan cara meniupkan udara bertekanan tinggi yang terdapat pada kompresor. Udara ini diarahkan ke daerah tersebut dengan menggunakan blow-gun. Jenis blow-gunyang digunakan bermacammacam, ada yang panjang, namun ada juga yang pendek. Pada blow-gun ini terdapat bagian yang mampu menahan udara supaya tidak keluar pada saat blow-gun tidak sedang digunakan. Nail gun Nail gun biasa digunakan untuk memasang paku pada dinding. Dengan menggunakan nail gun, maka pekerjaan akan menjadi lebih mudah. Tenaga yang dikeluarkan juga lebih sedikit. Namun perlu diperhatikan, bahwa menggunakan nail gun juga mengandung resiko yang cukup signifikan. Apabila kita tidak berhati-hati, tekanan yang dihasilkan oleh nail gun dapat mengakibatkan cidera. Hal ini karena tekanan yang diterima oleh nail gun cukup besar. Air Stapler

Air sander menggunakan tenaga angin yang diberi tekanan untuk menjalankannya. Dengan caulking gun. Air sander banyak digunakan di bidang otomotif maupun bidang konstruksi. ringan. Seperti halnya nail gun. Air sander adalah sebuah alat yang digunakan untuk memudahkan kita dalam meratakan permukaan yang akan dicat. pengecatan dengan menggunakan spray gun juga akan lebih cepat selesai. karat dan cat lama akan terangkat dengan mudah.Air stapler biasanya digunakan untuk menempelkan wallpaper pada dinding rumah. dan cepat. Sandblaster Sandblaster banyak digunakan untuk membersihkan permukaan yang akan dicat. Caulking Gun Caulking gun merupakan alat yang membantu kita dalam mempermudah pekerjaan sehari-hari. Dengan sandblaster. Spray Gun Mengecat adalah pekerjaan yang memerlukan ketelitian dan keterampilan khusus. pemakaian sandblaster dapat digabungkan dengan sabun dan air untuk mempermudah proses pembersihan. Bidang yang paling sering menggunakan spray gun adalah bidang otomotif. Pada penerapannya. air stapler juga mendapatkan tenaga pendorong yang sangat kuat oleh kompresor. Hal ini untuk menghasilkan cat yang paling baik bagi kendaraan. Hal ini untuk menghindari terjadinya cidera yang dapat menimpa kita. maka kita harus benar-benar berhati-hati dalam menggunakannya. Hasil akhir dalam pengecatan dengan menggunakan spray gun lebih sempurna jika dibandingkan dengan pengecatan biasa. Selain itu. Udara bertekanan tinggi yang disalurkan dari kompresor ke spray gun membuat hasil pengecatan lebih rata.namun perlu diperhatikan bahwa jika mengguakan air stapler. atau biasa dikenal dengan nama amplas. Saat ini sudah banyak orang yang melakukan pengecatan dengan spray gun. Orang sering menggunakan kuas maupun rol untuk melakukan pengecatan. serta untuk perawatan kebun. pekerjaan mengamplas akan menjadi lebih mudah. maka kita harus memastikan permukaan dinding benar-benar rata. pekerjaan untuk melekatkan suatu bagian pada bagian lain lebih cepat dan . Hal ini untuk menghindari terjadinya cidera yang diakibatkan oleh besarnya tekanan yang diterima oleh air sander tersebut. Dengan air sander. mengingat besarnya tekanan yang diterima oleh air sander. debu. Hal ini tentunya akan mempermudah cara kerja pengecatan. Tekanan yang cukup besar ini dapat mengakibatkan cidera yang cukup fatal bila kita tidak berhati-hati dalam menggunakannya. Air Sander Yang dimaksud dengan sander adalah alat untuk meratakan permukaan bidang datar. Selain bidang otomotif. Sandblaster ini banyak digunakan pada bidang otomotif dan konstruksi. spray gun saat ini juga digunakan pada bidang konstruksi.

Namun saat ini sudah terdapat alat bor yang digerakkan dengan menggunakan tenaga tekanan angin. .lebih mudah. adalah alat untuk membuat lubang pada permukaan suatu benda. Biasanya drill menggunakan tenaga listrik. Air drill dapat digunakan untuk mengebor semua jenis permukaan. Air ratchet Wrench Alat ini digunakan untuk mengencangkan baut dengan cepat. Air Drill Drill atau yang lebih dikenal dengan bor. Alat tersebut disebut dengan nama air drill. layaknya bor listrik. proses pengencangan baut akan lebih mudah. dan tidak menghabiskan banyak tenaga. Air ratcher wrench dapat diaplikasikan untuk mengerjakan berbagai macam tugas. Dengan bantuan alat ini. Keunggulan dari caulking gun ini adalah mampu digunakan pada semua jenis permukaan. Keunggulan utamanya adalah resiko kecelakaan yang mungkin terjadi dapat diminimalisir. Air drill ini memiliki keunggulan yang lebih baik dibandingkan dengan alat pengebor listrik.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful