10 macam penyakit

Penyakit Gagal Jantung Penyakit Gagal Jantung yang dalam istilah medisnya disebut dengan "Heart Failure atau Cardiac Failure", merupakan suatu keadaan darurat medis dimana jumlah darah yang dipompa oleh jantung seseorang setiap menitnya {curah jantung (cardiac output)} tidak mampu memenuhi kebutuhan normal metabolisme tubuh. Dampak dari gagal jantung secara cepat berpengaruh terhadap kekurangan penyediaan darah, sehingga menyebabkan kematian sel akibat kekurangan oksigen yand dibawa dalam darah itu sendiri. Kurangnya suplay oksigen ke otak (Cerebral Hypoxia), menyebabkan seseorang kehilangan kesadaran dan berhenti bernafas dengan tiba-tiba yang berujung pada kematian.

Penyakit Kaki Gajah (Filariasis atau Elephantiasis)

Penyakit Kaki Gajah (Filariasis atau Elephantiasis) adalah golongan penyakit menular yang disebabkan oleh cacing Filaria yang ditularkan melalui berbagai jenis nyamuk. Setelah tergigit nyamuk, parasit (larva) akan menjalar dan ketika sampai pada jaringan sistem lympa maka berkembanglah menjadi penyakit tersebut. Penyakit ini bersifat menahun (kronis) dan bila tidak mendapatkan pengobatan, dapat menimbulkan cacat menetap berupa pembesaran kaki, lengan dan alat kelamin baik perempuan maupun laki-laki. Penyakit Kaki Gajah bukanlah penyakit yang mematikan, namun demikian bagi penderita mungkin menjadi sesuatu yang dirasakan memalukan bahkan dapat mengganggu aktifitas sehari-hari.

atau fulminan. Penyakit Jantung Rematik (PJR) Penyakit Jantung Rematik (PJR) atau dalam bahasa medisnya Rheumatic Heart Disease (RHD) adalah suatu kondisi dimana terjadi kerusakan pada katup jantung yang bisa berupa penyempitan atau kebocoran. dan dapat terjadi setelah infeksi Streptococcus beta hemolyticus group A pada saluran pernafasan bagian atas. Pada awalnya Organ ini dianggap sebagai organ tambahan yang tidak mempunyai fungsi. burung. maka lebih dulu harus difahami apa yang dimaksud dengan usus buntu.Penyakit Gondongan (Mumps atau Parotitis) Penyakit Gondongan (Mumps atau Parotitis) adalah suatu penyakit menular dimana sesorang terinfeksi oleh virus (Paramyxovirus) yang menyerang kelenjar ludah (kelenjar parotis) di antara telinga dan rahang sehingga menyebabkan pembengkakan pada leher bagian atas atau pipi bagian bawah. kronik. Usus ini besarnya kira-kira sejari kelingking. terutama katup mitral (stenosis katup mitral) sebagai akibat adanya gejala sisa dari Demam Rematik (DR). dan beberapa jenis reptil. Penyakit gondongan tersebar di seluruh dunia dan dapat timbul secara endemic atau epidemik. Penyakit Radang Usus Buntu (Appendicitis) Sebelum dibahas lebih jauh mengenai radang usus buntu yang dalam bahasa medisnya disebut Appendicitis. kadang cepat lelah. Demam reumatik akut ditandai oleh demam berkepanjangan. payudara dan organ lain. terhubung pada usus besar yang letaknya berada di perut bagian kanan bawah. infeksi ini bisa menyerang testis (buah zakar). Demam rematik merupakan suatu penyakit sistemik yang dapat bersifat akut. Usus buntu dalam bahasa latin disebut sebagai Appendix vermiformis. tetapi saat ini diketahui bahwa fungsi apendiks adalah sebagai organ imunologik dan secara aktif berperan dalam sekresi immunoglobulin (suatu kekebalan tubuh) dimana memiliki/berisi kelemahan limfoid. Organ ini ditemukan pada manusia. jantung berdebar keras. sistem saraf pusat. pankreas. subakut. Gangguan ini cenderung menyerang anak-anak yang berumur 2-12 tahun. Puncak insiden demam rematik terdapat pada . prostat. Pada orang dewasa. sesuai dengan namanya bahwa ini merupakan benar-benar saluran usus yang ujungnya buntu. Usus buntu. mamalia.

khususnya turunannya yaitu Salmonella Typhi terutama menyerang bagian saluran pencernaan. Menurut keterangan dr. HPV dapat menyerang semua perempuan disetiap waktu tanpa melihat umur ataupun gaya hidup. suatu daerah pada organ reproduksi wanita yang merupakan pintu masuk ke arah rahim yang terletak antara rahim (uterus) dengan liang senggama (vagina). Di Indonesia. anak-anak dan dewasa. mulai dari usia balita. Penyakit Demam Tifoid Penyakit Demam Tifoid (bahasa Inggris: Typhoid fever) yang biasa juga disebut typhus atau types dalam bahasa Indonesianya. terkadang virus ini berujung pada terjadinya penyakit kanker. Namun demikian.000 orang terkena penyakit tifus atau demam tifoid sepanjang tahun. Banyak wanita yang dengan daya tahan tubuh yang baik mampu melawan infeksi HPV dengan sendirinya. Demam tifoid adalah penyakit infeksi akut yang selalu ada di masyarakat (endemik) di Indonesia. peningkatan kasus saat ini terjadi pada usia dibawah 5 tahun.kelompok usia 5-15 tahun. Demam ini terutama muncul di musim kemarau dan konon anak perempuan lebih sering terserang. SpA. Penyakit Kanker Paru-paru . Penyakit kanker servik ini disebabkan oleh beberapa jenis virus yang disebut Human Papilloma Virus (HPV). Arlin Algerina. dari RS Internasional Bintaro.100. diperkirakan antara 800 . merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella enterica. Virus ini menyebar melalui kontak sexual. penyakit ini jarang dijumpai pada anak dibawah usia 4 tahun dan penduduk di atas 50 tahun. Penyakit Kanker Leher Rahim (Serviks) Penyakit kanker leher rahim yang istilah kesehatannya adalah kanker servik (Cervical Cancer) merupakan kanker yang terjadi pada servik uterus.

Jika terlambat maka sangat mungkin penderita segera menemui ajalnya (kematian). baik bagi pria maupun wanita. Jika dibiarkan pertumbuhan yang abnormal ini dapat menyebar ke organ lain. Begitu pula di Indonesia. . Departemen Kesehatan RI dan Yayasan Penyakit Jantung mengemukakan bahwa sekarang ini di Indonesia penyakit jantung menempati urutan pertama sebagai penyebab kematian. Penyakit Serangan Jantung Serangan jantung adalah suatu kondisi kesehatan yang sangat emergency untuk di tangani. Di Negara maju terutama di Amerika. Dibandingkan dengan jenis penyakit kanker lainnya. menjaga keseimbangan cairan dan zat kimia tubuh seperti sodium dan kalium didalam darah atau produksi urine. penyakit kanker paru-paru dewasa ini cenderung lebih cepat meningkat perkembangannya. Penyakit Gagal Ginjal Penyakit Gagal Ginjal adalah suatu penyakit dimana fungsi organ ginjal mengalami penurunan hingga akhirnya tidak lagi mampu bekerja sama sekali dalam hal penyaringan pembuangan elektrolit tubuh.Penyakit Kanker Paru-paru tergolong dalam penyakit kanker yang mematikan. atau otak. kanker usus. Penyakit kanker paru-paru adalah sebuah bentuk perkembangan sell yang sangat cepat (abnormal) didalam jaringan paru yang disebabkan oleh perubahan bentuk jaringan sell atau ekspansi dari sell itu sendiri. hati. dan kanker payudara. baik yang dekat dengan paru maupun yang jauh misalnya tulang. Penyakit jantung adalah penyebab kematian nomer satu dimana serangan jantung dialami lebih dari 1.5 juta penduduk disana. seperti kanker prostat.

Penyakit Asma (Asthma) . Hormon insulin berfungsi menurunkan kadar gula dalam darah. lemak. Lainnya adalah Plasmodium ovale dan Plasmodium malariae. Asia dan Afrika. Penyakit Diabetes Mellitus (DM) Penyakit Diabetes Mellitus (DM) yang juga dikenal sebagai penyakit kencing manis atau penyakit gula darah adalah golongan penyakit kronis yang ditandai dengan peningkatan kadar gula dalam darah sebagai akibat adanya gangguan sistem metabolisme dalam tubuh. Ada empat type plasmodium parasit yang dapat meng-infeksi manusia. sehingga mengakibatkan perdarahanperdarahan. Protozoa parasit jenis ini banyak sekali tersebar di wilayah tropik. dan protein menjadi energi yang diperlukan tubuh manusia. misalnya di Amerika. Penyakit Malaria Penyakit Malaria adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh protozoa parasit yang merupakan golongan Plasmodium. yang mana menyebabkan gangguan pada pembuluh darah kapiler dan pada sistem pembekuan darah.Penyakit gagal ginjal ini dapat menyerang siapa saja yang menderita penyakit serius atau terluka dimana hal itu berdampak langsung pada ginjal itu sendiri. Insulin adalah salah satu hormon yang diproduksi oleh pankreas yang bertanggung jawab untuk mengontrol jumlah/kadar gula dalam darah dan insulin dibutuhkan untuk merubah (memproses) karbohidrat. dimana organ pankreas tidak mampu memproduksi hormon insulin sesuai kebutuhan tubuh. namun yang seringkali ditemui pada kasus penyakit malaria adalah Plasmodium falciparum and Plasmodium vivax. terlebih pada kaum lanjut usia. Penyakit gagal ginjal lebih sering dialamai mereka yang berusia dewasa. dimana proses penularannya melalui gigitan nyamuk Anopheles. Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) {bahasa medisnya disebut Dengue Hemorrhagic Fever (DHF)} adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus.

berat badan. tingkat aktifitas normal dan kesehatan secara umum adalah 120/80 mmHG. kurang tidur atau kurang istirahat (lelah dengan aktivitas berlebihan) serta haid dengan perdarahan berlebihan (abnormal) maka tekanan darah akan mencapai ambang rendah (hipotensi) 90/60 mmHg.Penyakit Asma (Asthma) adalah suatu penyakit kronik (menahun) yang menyerang saluran pernafasan (bronchiale) pada paru dimana terdapat peradangan (inflamasi) dinding rongga bronchiale sehingga mengakibatkan penyempitan saluran nafas yang akhirnya seseorang mengalami sesak nafas. Penyakit Kanker Kulit . terutama yang tingkat polusi udaranya tinggi baik dari asap kendaraan maupun debu padang pasir. Dalam aktivitas sehari-hari. tingkat aktifitas normal dan kesehatan secara umum adalah 120/80 mmHG. Penyakit Darah Rendah (Hipotensi) Penyakit darah rendah atau Hipotensi (Hypotension) adalah suatu keadaan dimana tekanan darah seseorang turun dibawah angka normal. Nilai normal tekanan darah seseorang dengan ukuran tinggi badan. Penyakit Darah Tinggi (Hipertensi) Penyakit darah tinggi atau Hipertensi (Hypertension) adalah suatu keadaan di mana seseorang mengalami peningkatan tekanan darah di atas normal yang ditunjukkan oleh angka systolic (bagian atas) dan angka bawah (diastolic) pada pemeriksaan tensi darah menggunakan alat pengukur tekanan darah baik yang berupa cuff air raksa (sphygmomanometer) ataupun alat digital lainnya. Apabila kondisi itu terus berlanjut. tekanan darah normalnya adalah dengan nilai angka kisaran stabil. sehingga hal itu dirasakan biasa saja dalam aktivitas kesehariannya. didukung dengan beberapa faktor yang memungkinkan memicu menurunnya tekanan darah yang signifikan seperti keringat dan berkemih banyak namun kurang minum. Namun demikian. yaitu mencapai nilai rendah 90/60 mmHg. beberapa orang mungkin memiliki nilai tekanan darah (tensi) berkisar 110/90 mmHg atau bahkan 100/80 mmHg akan tetapi mereka tidak/belum atau jarang menampakkan beberapa keluhan berarti. Penyakit Asma paling banyak ditemukan di negara maju. Telah dijelaskan pada artikel sebelumnya (Penyakit darah tinggi) bahwa nilai normal tekanan darah seseorang dengan ukuran tinggi badan. berat badan.

mereka orang-orang kulit putih yang lebih banyak menderita jenis kanker kulit ini. namun demikian kanker kulit perlu dipahami karena selain menyebabkan kecacatan (merusak penampilan) juga pada stadium lanjut dapat berakibat fatal bagi penderita.  . Berdasarkan beberapa penelitian. Australia dan Inggris. Di Indonesia penderita kanker kulit terbilang sangat sedikit dibandingkan ke-3 negara tersebut. Hal tersebut diprediksikan sebagai akibat seringnya mereka terkena (banyak terpajan) cahaya matahari.Penyakit kanker kulit dewasa ini cenderung mengalami peningkatan jumlahnya terutama di kawasan Amerika.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful