TUGAS IPS BAB II

KELOMPOK VI KELAS : VII D
1. 2. 3. 4. 5. MEGA FITRIANA NURUL FATIMAH PUJI ASTUTIK IQBAL ALBASYIR WAHYU TRI P

DEPARTEMEN PENDIDIKAN SMP NEGERI 1 WIDODAREN Tahun Ajaran 2010-2011

Kholifah Ali Bin Abi Thalib. Islam datang setelah Hindu dan Budha masuk ke Indonesia terlebih dahulu. C.cina merupakan satu-satunya jalur perdagangan asia yang sangat ramai. B. Hubungan dalam bidang politik terjalin setelah kerajaan islam berdiri di Indonesia pada abad ke-13 M yaitu saat berdirinya kerajaan Samudra Pasai di aceh. Kholifah Ustman Bin Affan. Proses Masuk Dan Perkembangannya Pengaruh Islam Di Indonesia Jalur perdagangan internasional timur tengah .  Mula-mula para pedagang berdatangan ke pusat-pusat perdagangan  Kemudian mulai ada yang bertempat tinggal. Hidup dalam ketakutan karena dimana-mana akan ditemui kekerasan dan kekejaman. Kholifah Umar Bin Khatab. baik sementara atau menetap. dan hubungan politik dengan pusat-pusat islam di asia selatan maupun pusat-pusat islam lainnya. Peranan Dagang Menurut Snouck Hurgronje orang-orang islam yang datang pertama dan menyebarkan agama islam di Indonesia tidak langsung dari Negara Arab melainkan melalui orang-orang Gujarat (India). Kerajaan samudra pasai pun telah menjalin hubungan dagang dan politik dengan Cina. hubungan sosial. Penyebaran pengasih islam yang bersal dari jazirah arab ke asia dan benua lainnya. kekacauan. Kholifah artinya pengganti Khulafaur Rosyidin adalah empat kholifah pertama. India. yang lazim disebut dengan zaman jahiliyah. Indonesia telah mengadakan hubungan ekonomi.malaka . Kairo. Kordoba sudah terjadi sebelum abad ke-15. perkembangan islam di Bagdad. Suatu hal yang kemudian menjadi ciri-ciri kekhalifahan selanjutnya khulafaur Rosyidin yaitu Kholifah Abu Bakar. dalam usia 63 tahun. Peranan Dagang Dan Ulama Dalam Perkembangan Islam Di Indonesia 1. dan Asia Barat. dan ketidak pastian.India .BAB II PERKEMBANGAN MASA ISLAM DI INDONESIA A. Di tengah-tengah kegelapan itu islam muncul yang di sebarkan oleh Muhammad SAW. ketidak teraturan. Awal Penyebaran Islam Awal pertumbuhan agama islam di Saudi Arabia dalam suasana kegelapan. Mulai usia 40 tahun sampai dengan wafatnya tahun 632 M. .

sebuah forum musyawarah para wali yang jumlahnya sembilan orang. baik rakyat atau anak bangsawan  Sebelum pernikahan calon istrinya di islamkan dulu dengan mengucap dua kalimat syahadat. menggantikan Maulana Malik Ibrahim yang wafat tahun 1419M. Sunan Drajat Sunan Drajat adalah putra dari Sunan Ampel. Wali Songo yang sangat terkenal bagi masyarakat Indonesia adalah sebagai berikut: a. Maulana Malik Ibrahim Beliau keturunan Arab.  Lambat laun berkembang perkampungan masyarakat dan kerajaan islam. sunan ampel juga ikut mendirikan masjid agung demak pada tahun 1479 dan merupakan salah seorang perencana berdirinya kerajaan islam demak. lahir di Surabaya dengan nama kecil Raden Qosim. Penyebaran islam secara halus tidak menentang adat-istiadat penduduk asli yang masih memeluk agama Budha. selain menguasai ilmu-ilmu agama secara mendalam dan sempurna Maulana Malik Ibrahim juga ahli dalam bidang Tata Negara. beliau melakukan dakwah di pulau jawa bagian timur. sebenarnya tidak lepas dari perjuangan para ulama yang terkenal dengan sebutan Wali Songo. Peranan Ulama’ Salah satu cara agar pemahaman tentang islam mudah di teriama oleh masyarakat melalui gambaran-gambaran. pangkur. meninggal tahun 1419 dan di makamkan di Gersik. . c. berasal dari Turki datang ke jawa timur tahun 1379. Sunan Ampel Sunan ampel berasal dari Jeulpa Aceh dengan nama kecil Raden Ahmad Ali Rahmatullah atau lebih di kenal dengan Raden Rahmat. b. Beliau mendirikan pesantren di ampel denta Surabaya. beliau pencipta gending. Sunan Ampel di makam kan di ampel Surabaya. 2. Lambat laun tempat tinggal mereka berkembang menjadi perkampungan muslim dari negeri asing disebut PEKOJAN. jika ada yang uzur selalu ada penggantinya sehingga jumlahnya tetap sembilan.  Status sosial yang tinggi memudahkan mereka mengawini masyarakat pribumi. dan penyebar islam yang berjiwa sosial dan dermawan Sunan Drajat di makam kan di lamongan. Beliau datang ke jawa tahun 1421 M.

di makamkan di tuban. Sunan Kalijogo di makamkan di kadilangu dekat demak. h. beliau lahir di tuban jawa timur. Adipati Tuban . Sunan Gunung Jati Syrif Hidayatullah atau lebih popular dengan sebutan Sunan Gunung Jati. pencipta gending Maskumambang dan gending Mijil. Beliau pencipta gending durma. Sunan Kudus Nama kecil Sunan Kudus adalah Sayyid Ja’far Shodiq. Beliau demak. sebagai Putra Tumenggung Sahur Wilatikta. Sunan Muria Sunan Muria adalah Putra Sunan Kali Jogo dengan nama kecil Raden Umar Said. Faletehan. Sunan Giri menciptakan gending Asmorondono dan gending Pucung beliau pencipta permainan anak-anak yang berjiwa islam. beliau diangkat sebagai panglima perang kerajaan demak dan di tugaskan di jawa barat. dan Filosof yang berjiwa besar. Beliau menyiarkan agam islam melalui cerita wayang. beliau mendirikan seorang pujangga pandai mengarang. Beliau wafat dan dimakamkan di puncak gunung muria. Sunan Bonang wafat tahun 1525. Pernah jadi senopati kerajaan islam . Beliau ikut mendirikan masjid demak dan ikut membantu berdirinya kerajan islam demak. Pejuang. beliau seorang Wali . seperti Ilir-ilir . berasal dari Palestina . Muhammad Nurudin. adalah putra Syekh Maulana Ishak yang mendirikan pesantren di Giri. dan Makhdum Rakhmatullah. beliau menyebarkan agama islam tidak hanya di jawa tetapi juga pulau-pulau sekitar jawa timur bahkan sampai maluku. Jamuran dan Cublak-cublak Suweng. beliau lebih di kena sebagai Sunan Giri menyebarkan pesantren di giri. Beliau menciptakan gending Kinanti untuk kepentingan dakwah. f. Makhdum Jati. Syakh Nurullah. Mubaligh. Sunan Kalijogo Nama kecilnya Raden Mas Syahid. beliau menyebarkan agama islam di pesisir jawa tengah. beliau lebih dikenal sebagai Sunan Giri. beliau mempunyai nama yang sangat banyak antara lain: Fatahillah. berasal dari Palestina datang ke pulau jawa pada tahun 1436 M. i. e. Sunan Bonang Sunan Bonang adalah putra Sunan Ampel lahir di Surabaya tahun 1465 dengan nama kecil Raden Makdum.d. Sunan Giri Syekh Maulana Ainul Yakin dengan nama kecilnya Raden Paku. g.

Pelayaranya ke Negara-negara di kawasan Asia Tenggara dan Asia Timur. Perkembangan Masyarakat. Kebudayaan . D. Upacara-upacara islam sangat sederhana 3. dan Gresik serta berita Ma Huan tahun 1416 yang menceritakan orang-orang muslim yang bertempat tinggal di Gresik.Kesultanan Banten dan Kesultanan Cirebon. Selat Malaka sudah mulai ramai di lalui pedagangpedagang muslim. Islam tidak mengenal kasta. ketika . Sunan Gunung Jati wafat dan di makamkan di Gunung Jati Cirebon. Hal ini dapat di ketahui dari penemuan puluhan nisan kubur di Troloyo. situasi politik di daerah kekuasaan Majapahit cenderung tenang dan semua Raja bawahan patuh dan mengakui kedaulatan Majapahit. Ketika majapahit masih dipimpin oleh Hayam Wuruk dan Gajah Mada. b) Di Pulau Jawa Di ketahui batu nisan kubur Fatimah Bini Maimun di Lerang Resik yang berangkat tahun 475H (1082 M). namun pada abad Ke-9 M ketika para petani China selatan mengadakan pemberontakan terhadap kekuasaan pemerintahan Hi Tsung (878-778 M). Penyebaran islam di sesuaikan kondisi sosial budaya masyarakat 5. 1. Jatuhnya Sriwijaya dan Majapahit memperlancar penyebaan islam Penyebaran islam di Indonesia tidak dalam kurun waktu yang sama. Proses islamisasi di jawa timur sudah terjadi semenjak kejayaan Majapahit . Situasi dan kondisi politik dan pemerintahan a) Di Sumatera Pada saat Kerajaan Sriwijaya mencapai puncak kejayaannya pada abad Ke-7 sampai Ke-9 M. semua orang dinilai sama kedudukannya 4. Kerajaan dan daerah yang berpengaruh dengan islam mempunyai situasi politik dan pemerintahan kondisi masyarakat dan sosial budaya yang berbeda-beda. dimana orang-orang muslim terlibat di dalamnya dan minta perlindungan ke Kedah ternyata Kedah melindungi orang-orang muslim. Syarat-syarat masuk islam sangat mudah 2. Dan Pemerintahan Pada Masa Islam Di Indonesia Di sebabkan oleh beberapa faktor adanya pengaruh islam dan penyebarannya di Indonesia baik golongan bangsawan atau golongan umum yaitu: 1. Kedatangan orang-orang islam ke Asia Tenggara dan Asia Timur. Hal ini membuktikan bahwa di pusat Majapahit maupun di pesisir . terutama di pelabuhan telah terjadi proses islamisai dan terbentuknya masyarakat muslim waktu itu. Trowulan.

Hitu. . Bacan. dan Maluku . Maluku Kedatangan islam di daerah Maluku lewat jalur perdagangan yang terbentang pusat lalu lintas pelayaran internasional di Malaka. dan Raja bawahan mulai melepaskan diri. Situasi. Kebudayaan. Pasuruan tunduk pada isam tahun 1546. ketika di Sorong Demak dipimpin Trenggana. Makyan. Sulawesi Di sulawesi Raja yang masuk islam adalah: • • • Raja Gowa dan Tallo resmi masuk islam Pada 22 September 1605 Raja Gowa resmi masuk Pada 10 Mei 1610 Raja Bone masuk islam Pada 23 November 1611 2. hal ini yang menyebabkan daerah Banda. dan di minta bantuan ke demak untuk perdamaian proses islamisasi di Kalimantan timur 1575.  Perkembangan Masyarakat. Masing-masing kerajaan dan daerah mendapat pengurus islam mempunyai situasi politik dan pemerintahan. Jawa. Dan Pemerintahan Pada Masa Islam Di Indonesia Penyebaran islam di Indonesia di setiap daerah tidak sama. yaitu Gajah Mada 1364 dan Hayam Wuruk pada 1389 . Haruku. Kondisi Politik Dan Pemerintahan : 1. terdapat masyarakat muslim. Maluku jatuh di bawah kekuasaan politik ekonomi Kompeni Belanda. ini merupakan peluang bagi penyebaan agama islam. situasi politik berubah total Majapahit semakin lemah. Akibat persaingan dalam perdagangan. Meskipun kerajaan Hindu yang besar di Kediri sudah tumbang pada tahun 1526 kerajaan-kerjaan kecil di Pasuruan dan Panarukan dengan pesatnya belum masuk islam. Pajajaran baru jatuh ke tangan muslim tahun 1579/1580 karena serangan dari Kerjaan Banten. Kalimantan Di Kalimantan selatan pengaruh islam masuk ketika ada perebutan kekuasaan keluarga kerajaan.kedua itu wafat. 3. perkembangan kondisi masyarakat sosial budaya yang berbedabeda.

misalnya :    Sriwijaya dan Melayu di Sumatra Majapahit dan Pajajaran di Jawa Nagara Dahai dan Kutai di Kalimantan Di Maluku ada kelompok yang belum islam juga tidak Hindu di Banda masih menganut Berhala. Di Kalimantan percaya pada Pra-Hindu dan Islam. Di beberapa daerah meskipun budaya asing dan agama masuk ke Indonesia hanya sedikit yang dipakai bentuk asli tetap dipakai ketika islam masuk di Indonesia masing-masing menggunakan bahasa daerah sendiri-sendiri seperti :      Di jawa memakai bahasa Jawa Kuno Di Sumatra memakai Bahasa Melayu Batak. Nias. Kuba.  Struktur Ekonomi Dan Sosial Budaya Struktur ekonomi sosial budaya cenderung statis di banding dengan yang bertempat tinggal di pesisir. Situasi Dan Kondisi Sosial Budaya Pada masa kedatangan islam Indonesia terdapat beragam suku bangsa dan organisasi pemerintahan. Minangkabau memakai Bahasa Melayu Di Kalimantan Melayu Banjar Dayak Di Sulawesi Bugis Makassar Sampai abad Ke-20 daerah yang pengaruh dan tidak pengaruh islam di Indonesia sebagai berikut : • • • • • Di Sumatra Wilayah seluruhnya kecuali batak di Sumatra Barat Di Jawa seluruh wilayah Di Kalimantan seluruh Kalimantan kecuali di Pedalaman Di Sulawesi seluruh Sulawesi kecuali Sulawesi Utara Di Bali dan NTB pengaruh islam ada namun yang kuat Hindu . Pada awal penyebaran islam di Indonesia masih banyak kerajaan Hindu Budha.

Bantam. Nias. Perkembangan Kerajaan-Kerajaan Islam Di Indonesia 1. Silebar. Ali Mughayat Syah (1514-1528). Arab. sejak Iskandar Muda wafat Aceh mengalami kemunduran akhirnya runtuh. Gujarat. Jahar. Tahun 1350 Samudra Pasai diserang oleh Majapahit yang iri karena Samudra Pasai dekat dengan Kesultanan Aceh karena penyerangan ini Samudra Pasai menjadi lemah akhirnya dikuasai Kerajaan Aceh. Merupakan kerajaan islam pertama di Indonesia. tahun 1625 Pulau Sumatera seperti India. Kerajaan Samudra Pasai Terletak di Muara Sungai Penguasaan di Timur Laut Aceh. Kerajaan Aceh mengalami kejayaan dipimpin oleh Sultan Iskandar Muda tahun (16071636) Aceh berusaha merebut kembali daerah-daerah yang telah direbut Portugis bahkan Aceh dapat menaklukan Deli. rajanya Sultan Malik Al Sholeh. Pariaman. . Semula aceh merupakan daerah taklukan Kerajaan Pedir. China. 2. Perak. Kerajaan Aceh Terletak diujung utara Pulau Sumatra. Kedah. Samudra pasai cepat berkembang karena letaknya yang strategis hingga terjadi hubungan dagang dengan India. Pahang. Pura. akhirnya samudra pasai menjadi kerajaan yang makmur dan luas. jatuhnya Malaka dan Pasai ke tangan Portugis mengakibatkan pedagang di Selat Malaka pindah kepelabuhan Aceh akhirnya Aceh menjadi pesat dan melepaskan diri dari Kerajaan Pedir dan mendirikan Kerajaan Aceh dengan Raja S. Liku.

namun yang terkenal adalah nisan makam sultan malik al shalih berangka tahun 1297 dari kerajaan samudra pasai. karena kitblat bagi orang Indonesia ada disebelah barat. Batu Nisan Nisan terbuat dari batu didirikan diatas makam bertulis sebagai tanda makam seorang yang sudah meninggal dunia. 2. maupun hiasan-hiasan yang merupakan bagian yang tak terpisahkan dari bangunan tersebut. baik bentuk bangunannya. Masjid berukuran besar sehingga mampu menampung orang sholat berjama’ah terutama pada sholat jum’at. Masjid peninggalan sejarah yang bercorak islam antara lain masjid demak. Juga untuk pertemuan juga untuk pertemuan kenegaraan antara sultan dengan pejabat kesultanan untuk membahas masalah-masalah kenegaraan. 3. seni arsitekturnya. Peninggalan-peninggalan bercorak islam di Indonesia Peninggalan sejarah yang bercorak islam di berbagai daerah di Indonesia hamper tidak ada perbedaan. Hal ini mengakibatkan peninggalan islam di Indonesia banyak dipengaruhi oleh kebudayaan hindu dan budha. Bangunan masjid dan langgar atau surau di Indonesia hamper sama yaitu bangunan berbentuk persegi. nisan juga memuat keterangan-keterangan atau identitas dan biodata seseorang yang dimakamkan disitu. Semua bangunan masjid peninggalan sejarah islam yang ada di Indonesia kena pengaruh kebudayaan hindu dan budha. maupun idul adha. masjid sendang duwur tuban dll. Masjid biasanya menghadap ke timur. justru yang ada persamaan yang secara umum memang terjadi seperti itu. Masjid Masjid adalah tempat orang islam melakukan ibadah sholat. Masuknya pengaruh islam di Indonesia terjadi setelah masyarakat Indonesia memeluk agama hindu dan budha. Keraton keraton adalah tempat tinggal sultan beserta keluarganya.F. Bangunan keratin di Indonesia cenderung bercorak hiondu budha karena pengaruh hindi budha lebih dulu masuk dan berkembang serta dianut oleh masyarakat sebelum masuknya islam. Peninggalan sejarah yang bercorak islam antara lain sebagai berikut : 1. Bentuk nisan peninggalan islam sangat beragam. sholat pada hari raya idul fitri. . dengan tambahan serambi dibagian depan maupun kiri dan kanannya.

babad. grebek besar dan grebek maulud (perayaan sekaten yang dilakukan di surakarta. saat itu ribuan orang jawa masuk islam dengan mengucapkan syahadattein. Hikayah adalah cerita tau dongeng dengan bermacam-macam lakon. 5. Sekaten diperkenalkan oleh raden patah di demak pada abad ke 16. Seni Pertunjukan Seni pertunjukan peninggalan islam antara lain. debus juga merupakan seni pertunjukan yang bercorak islam. Seni Sastra Perkembangan islam di Indonesia juga berpengaruh terhadap karya-karya sastra yang bernafaskan islam oleh ahli tasawuf dan ulama islam. berdasarkan corak dan isinya kesusateraan masa islam dapat dibedakan menjadi 3. juga pada nisan kubur yang bercorak islam. b. Babad adalah cerita sejarah yang lebih bersifat dongeng. Peninggalan islam berupa kaligrafi banyak terdapat pada dinding masjid. 6. yogyakarta. yaiku hikayat. a.4. Kaligrafi Kaligrafi adalah seni tulisan arab yang berfungsi sebagai hiasan. sejarah melayu dan gurindam 12. memuat cerita luar biasa yang tidak masuk akal. debus adalah tarian mengerikan dengan memasukkan benda tajam ke dalam tubuh penari tetapi tidak menimbulkan luka. Sumber Buku IPS BSE SMP Kelas VII . demak. menara. karya sastra yang dihasilkan pada masa islam antara lain babad tanah jawi. babad cirebon. dan suluk. sering bertitik tolak dari cerita sejarah. banten dan cirebon serta aceh).