P. 1
Klorida

Klorida

|Views: 57|Likes:

More info:

Published by: Henggar Wahyu Siswanti on Jun 06, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/03/2013

pdf

text

original

Klorida adalah ion yang terbentuk sewaktu unsur klor mendapatkan satu elektron untuk membentuk suatu anion

(ion bermuatan negatif Cl ). Klor atau Klorin berasal dari bahasa

Yunani yaitu Chloros, berarti "hijau pucat", adalah unsur kimia dengan nomor atom 17 dan simbol Cl. Klor adalah salah satu halogen.

Di alam, klor biasanya ditemukan hanya dalam keadaan bersenyawa, terutama dengan natrium sebagai garam (NaCl), karnalit dan silfit tetapi klorida juga banyak terkandung dalam air tanah. Kata klorida dapat pula merujuk pada senyawa kimia yang satu atau lebih atom klornya memiliki ikatan kovalen dalam molekul. Ini berarti klorida dapat berupa senyawa anorganik maupun organik. Contoh paling sederhana dari suatu klorida anorganik adalah asam klorida (HCl), sedangkan contoh sederhana senyawa organik (suatu organoklorida) adalah klorometana (CH3Cl), atau sering disebut metil klorida. Sifat Sifat fisika Massa Atom 35.5 Wujud Zat Gas Warna Hijau Kekuningan Titik Beku -101C Titik Didih -35C Kerapatn 3.21 x 10-3 Kelarutan 20 g/ml dalam air Afinitas elektron -349 kj/mol Keelektronegati 3,0 fan Jari-jari ion 1.67 Å Energi Ikatan X242 kj/mol X Dalam bentuk padatan, contohnya NaCl dan MgCl2, dan selain dari pada itu berentuk cair NaCl dan MgCl2 memiliki Td dan Tl tinggi dianding senyawa klor yang lain, karena ikatan ioniknya sangat kuat, sehingga diperlukan panas (energi) yang kuat untuk memecah daya tarik ioniknya yang sangat kuat. NaCl dan MgCl2 dapat menghantarkan listrik dengan baik disebabkan oleh gerakan ion-ionnya, senyawa lainnya tidak dapat menghantarkan listrik dengan baik Sifat Kimia

Klorida dapat membantu menjaga fungsi jantung agar tetap normal. Kegunaan 1. ClO3. aluminium klorida (AlCl3). tahan lama. pelarut. tak larut dalam air Beracun Dapat bereaksi dengan logam ketika dipanaskan Campuran klorin dan hidrogen dapat menimbulkan ledakan Ocl-. magnesium klorida (MgCl2). sedangkan CuCl. dan mudah dirangkai. ClO2. AgCl. plastik. SbOCl. fosfor(III) klorida atau fosfor triklorida (PCl3). yang diperlukan untuk pencernaan protein yang tepat. makanan. Di dalam tubuh klorida adalah salah satu mineral yang paling penting dalam darah. antseptik. dan kalsium yang dapat membantu menjaga jumlah cairan di dalam dan luar sel agar seimbang. asam klorida (HCl). produk olahan minyak bumi. magnesium klorida (MgCl2). asam klorida (HCl). PVC bisa dibuat lebih elastis dan fleksibel. Persenyawaan dari korida ini terdiri dari natrium klorida (NaCl). silikon tetraklorida (SiCl4). pemutihan kertas. Fosfor(V) klorida atau fosfor pentaklorida (PCl5).Bersifat korosif mudah larut dalam air seperti Hg2Cl2. dan proses tekstil. aluminium klorida (AlCl3). zat pewarna. PVC sendiri adalah polimer termoplastik yang diproduksi dengan cara polimerisasi monomer vinil klorida (CH2=CHCl) 6. desinfektan. Cl2O merupakan senyawaan oksdidatif Persenyawaan Persenyawaan dari korida ini terdiri dari natrium klorida (NaCl). tetapi mudah larut dalam air mendidih). fosfor(III) klorida atau fosfor triklorida (PCl3). klorida dalam bentuk Polivinil klorida biasa disingkat PVC berguna sebagai bahan bangunan yang relatif murah. Bahaya . tekanan darah. dan pH cairan tubuh. bersama dengan natrium. Sebagai garam dapur (NaCl) 2. disulfur diklorida (S2Cl2) serta masih banyak senyawa-senyawa dari anion klorida ini lainnya. BiOCl. disulfur diklorida (S2Cl2) serta masih banyak senyawa-senyawa dari anion klorida ini lainnya. tekstil. Fosfor(V) klorida atau fosfor pentaklorida (PCl5). insektisida. 5. cat. PbCl2 (yang ini larut sangat sedikit dalam air dingin. obat-obatan. Kebanyakan klor diproduksi untuk digunakan dalam pembuatan senyawa klorin untuk sanitasi. 4. 3. dan meningkatkan kapasitas darah untuk membawa karbon dioksida ke paru-paru untuk ekskresi. kalium. Di bidang Industri digunakan secara besar-besaran pada proses pembuatan kertas. dan banyak produk lainnya. serta dapat membantu mempertahankan volume darah yang tepat. Kalium klorida penting untuk produksi asam klorida dalam lambung. dan Hg2OCl2. silikon tetraklorida (SiCl4).

klorin (Cl2) yang berasal dari kilang minyak.+ Pb2+ → PbCl2 ↓ 4 Pb asetat pekat . tepi daun nampak seperti hangus. dan dikocok dengan larutan Natrium Arsenit : ↓ kuning perak arsenit 1 H2SO4 Melepas gas hydrogen klorida Cl. 3. baik dalam bentuk cair maupun gas. Begitu juga bila bereaksi dengan gas-gas hydrokarbon (metan. nekrosis antar tulang daun. kelebihan natrium korida atau garam di dalam tubuh yang dapat menimbulkan berbagai permasalahan seperti hipertensi. klor dapat mengiritasi sistem pernafasan. menyebabkan daun terlihat keputihan. menyebabkan kegemukan 2. termasuk karbon. Pembuangan limbah yang mengandung klorida ke perairan. Baunya dapat dideteksi pada konsentrasi sekecil 3.+ Ag+ → AgCl ↓ AgCl ↓ + 2NH3 → [Ag(NH3)2]+ + Cl2Cl.+ 2H2O Cl. Gas buang dari pembakaran senyawa organoklorin juga dapat mengganggu habitat kehidupan di lingkungan tersebut. Bentuk gasnya mengiritasi lapisan lendir dan bentuk cairnya bisa membakar kulit.→ Mn2+ + Cl2 ↑ + 2SO42. mengubah kertas lakmus biru menjadi merah Campuran dipanaskam Endapan disaring. 4. dan logam. sehingga dapat menimbulkan ledakan. terjadinya 5. pembengkakan pada kaki ibu hamil.1. terhadap senyawa nitrogen dan senyawa yang non-logam seperti phospor.+ H2SO4 → HCl ↑ + HSO4- 2 3 MnO2 dan H2SO4 pekat AgNO3 + Air/HNO3 encer + NH4OH encer/KCN/tios ulfat Melepas Cl2 berwarna kuning kehijauan Endapan putih AgCl Tidak larut Larut Endapan putih PbCl2 MnO2 + 2 H2SO4 + 2 Cl. gas klorin dapat bereaksi keras dengan bahan yang mudah terbakar maupun bahan kimia lain. berpotensi mencemari perairan.5 ppm dan pada konsentrasi 1000 ppm berakibat fatal setelah terhisap dalam-dalam. Selain itu senyawa klorida juga dapat menyebabkan masalah lingkungan yang bersifat global seperti CFCs yang terurai di atmosfer melepaskan klorin yang dapat merusak lapisan ozon. baunya yang merangsang dan asap putih yang dihasilkan b. asetilen. dalam bentuk gas. boron dan silikon. etan). Identifikasi N Reagen o Hasil Reaksi Keterangan Dapat diketahui melalui: a. dicuci dengan air suling.

Kaporit adalah padatan putih yang siap didekomposisi didalam air untuk kemudian melepaskan oksigen dan klorin. oleh karena itu hipoklorit sering disebut klorat (I).5%. digunakan sebagai desinfektan dan kaporit. 2 H + (aq) + ClO . Di Industri. Kaporit biasanya digunakan untuk menjernihkan air. Bahaya Hipoklorit • Hipoklorit adalah racun bagi ikan. Dan efeknya hanya berlangsung singkat. Natrium Hipoklorit (NaClO) dapat mengoksidasi zat warna. Senyawa ini dibuat dengan reaksi air dengan gas klorin (reaksinya reversibel). Sifat Fisika dan Sifat Kimia Sifat fisika Struktur Berat Molekul Bentuk Luas permukaan Cl—O51.06 Å Sifat Kimia • Merupakan oksidator kuat • • Hipoklorit menghasilkan gas klor bila dicampur dengan asam encer. Hipoklorit tidak stabil sehubungan dengan reaksi disproporsionasi Hipoklorit dapat dibuat dengan cara melarutkan gas Klor (Cl2) dengan NaOH.(aq) + Cl . tetapi dapat dinetralisir dengan cepat oleh bahan organic.(aq) Cl 2 (g) + H 2 O (l) Merupakan oksoanion klorin yang paling stabil Persenyawaan dan kegunaannya Senyawa-senyawa hipoklorit ummnya berfungsi sebagai pemutih dan desinfektan. ion klorida diproduksi dengan mengelektrolisis larutan NaCl dingin. Senyawa hipoklorit kebanyakan terdapat dalam larutan. Pemutih yang berbentuk padat mengandung Ca(OCl)2 dan yang berbentuk larutan mengandung NaOCl yang umumnya sebanyak 0. dengan biloks Cl adalah +1. sehingga digunakan sebagai zat pengelantang untuk kain dan kertas • Ca(OCl)2 : bersifat stabil. Kalsium hipoklorit memiliki aroma klorin yang sangat kuat.452 Padat 23. .Hipoklorit Memiliki rumus kimia ClO-. • NaOCl sebagai pemutih pakaian. • asam hipoklorit (HClO) adalah senyawa yang sering ditemukan. seperti asam hipoklorit (HClO).senayawa ini tidak terdapat dilingkungan secara bebas.

hindari kontak langsung dengan kulit. bau. Pembuatan hipoklorit yang konsentrat (pekat) dapat mengiritasi mata.→ Cl2 ↑ buih (melepas + H2O gas klor) Hitam kebiruan Coklat Endapan hitam Endapan coklat OCl.+ ClOCl. dan pakaian dan menghirup debu atau uapnya. • • Identifikasi N Reagen o Hasil Perlakuan lainnya Keterangan Warna gas hijau kekuningan.• Hipoklorit adalah agen pengoksidasi kuat. karena itu tidak boleh dicampur dengan asam.+ H2O → I2 + 2OH.+ 2I. mata. Hipoklorit dapat membebaskan gas klor pada pH rendah. tenggorokan dan kulit.+ 4H+ 2 3 4 5 KI dan Kanji Pb asetat/Pb NO3 Co(NO3)2 Merkuriu m Dikocok dan diasamkan dengan asam sulfat klorinasi . hidung.+ H+ → HOCl kuning. memutihkan kertas lakmus basah 1 HCl encer Larutran menjadi OCl.+ 5H2O → 2Co(OH)3 ↓ + Cl. dan beberapa senyawanya dapat menyebabkan kebakaran atau ledakan atau menghasilkan luka bakar yang cukup parah.+ Pb2+ + H2O → PbO2 ↓ + 2H+ + Cl2Co2+ + OCl. Oleh sebab itu. timbul HOCl + H+ + Cl.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->