Hubungan Manusia dan Lingkungan

OLEH: Ida Bagus Gede Ardyana Pemaron. S Teknologi Industri Pertanian 1111205020

Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana 2011

Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini adalah untuk menyelesaikan tentang karya ilmiah mengenai hubungan manusia dan lingkungan yang diberikan oleh Dosen Ilmu Sosial dan Budaya Dasar serta agar dapat memberikan suatu pemahaman bagi pembaca mengenai maksud dan peran manusia di dalam hubugannya dengan lingkungan.Ni Gusti Ayu Mutiani sebagai gru pembingbing pembuat makalah ini 2. Harapan penulis semoga karya tulis ini berguna dan bermanfaat bagi pembaca.I. Penulis mengucapkan terima kasih kepada beragai pihak yang telah membantu dalam penyusunan karya tulis ini diantaranya: 1.I.2011 ii .penulis sangat mengharapkan kritik dan saran agar karya ini menjadi sempurna.KATA PENGANTAR Puji syukur penulis panjatkan kehadapan Tuhan Yang Maha Esa atas berkat rahmatNyalah penulis dapat menyelesaikan kaya tulis yang berjudul Hubungan Manusia dan Lingkungan. Penulis Desember.A Nataliadewi yang telah membantu penulisan makalah ini 3.Dra.A Dewi Widnyani yang telah memantu penulis Penulis menyadari bahwa banyak kekurangan pada karya tulis ini.

1 1.….………………………….......………..1 Latar belakang………………………………...i KATA PENGANTAR…………………….........…….…....………………..........1 Simpulan……………………………………………….......2 Saran…………………………….....……..….....DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL………………………………..………….3 2.........6 3....…………………………….……………………………………………iii BAB I PENDAHULUAN………...……………….......1 1...........7 iii .............…....3 Tujuan………………………………………………………….4 Manfaat……………………………………………………......………………….2 Rumusan masalah.........2 BAB II PEMBAHASAN……………………...………………………………...................…………..........……….6 3.…4 BAB III PENUTUP…………………………………………………..1 Hubungan Manusia dan Lingkungan……......1 1.………………………..3 2...……………………1 1........................6 DAFTAR PUSTAKA.......................2 Dampak Hubungan Manusia dengan Lingkungan…….ii DAFTAR ISI………….........

2 Apa dampak dari hubungan tersebut dan peran manusia terhadap lingkungan 1. 1. dan mati. lingkungan. mengalami.2 Dapat mengetahui dampak serta peranan manusia terhadap lingkungan. serta berinteraksi dengan alam dan lingkungannya dalam suatu hubungan timba balik. kelahiran. 1.1 Bagaimana hubungan antara manusia dan lingkugannya ? 1.3Tujuan Berdasarkan masalah di atas .sumber alam.tujuan yang penulis dapatkan adalah: 1. perkembangan.3.3. peradaban .2.BAB I Pendahuluan 1.1Latar Belakang Membahas tentang manusia berarti membahas tentang kehidupan sosial dan budayanya. dan segala aspek ang menyangkut manusia dengan lingkungannya.2.Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang tunduk akan hukum alam. nilai-nilai. baik itu positif maupun negatif. Manusia merupakan makhluk sosial yang saling berhubungan dan keterkaitannya dengan lingkungan dan tempat tinggalnya. 1 .2Masalah Berdasarkan latar belakang di atas maka masalah yang terdapat dalam karya tulis ini adalah: 1.1 Dapat mendeskripsikan hubungan antara manusia dan lingkungannya.

2 .1Manfaat Teoritis Kita dapat memahami hubungan yng terjadi antara manusia dan lingkungannya. 1.4.1.4Manfaat 1.4.2Manfaat Praktis Secara praktis kita dapat mengetahui apa dampak yang terjadi dan peran manusia dalam hubungan tersebut.

2.1.1 Hubungan Manusia dan Lingkungan 2.HUBUNGAN MANUSIA DAN LINGKUNGAN ALAM Hubungan manusia dan lingkungan alamnya sangat erat. Lingkungan Alam adalah kondisi alamiah baik biotik maupun abiotik yang belum banyak dipengaruhi oleh tangan manusia yang memiliki pengaruh besar terhadap kehidupan manusia.2.1. yaitu individu menolak lingkungan. Semua komponen yang terkait antara manusia dan lingkungan ini adalah sebuah rangkaian yang tidak bisa terpisahkan satu dengan yang lainnya. manusia memunculkan tuntutan-tuntutan hidup dan menghasilkan karya manusia yg monumental. Kesinambungan antara manusia dan lingkungan alamnya akan tercapai jika adanya interaksi yang baik.1.BAB II Pembahasan 2. 3 . individu menerima lingkungan.DEFINISI Manusia dapat diartikan sebagai makhluk hidup yang dikaruniai dua kekayaan yaitu akal dan budi atau lazim disebut pikiran dan perasaan. seperti memanfaatkan sumber alam untuk pemenuhan kebutuhan hidup. Dengan kekayaan akal dan budi. membangun sistem pertanian dan industri serta mencoba membangun habitat alam agar menjadi habitat yang nyaman untuk dapat didiami. dan individu netral. Hubungan manusia atau sikap manusia/individu terhadap lingkungan dalam psikologi sosial terbagi dalam tiga bagian.

Merusak hutan bakau. c. Terjadinya tanah longsor.Peristiwa alam Contohnya : a. Penyebab kerusaka lingkungan dan alam oleh manusia: 1. 6. Pembuangan sampah di sembarang tempat. 3.Terjadinya banjir.Manusia bertindak sosial dengan cara memanfaatkan alam dan lingkungannya untuk menyempurnakan serta mensejahterakan hidupnya . 8. Perubahan alam dan lingkungan hidup manusia memiliki dua dampak yaitu dampak negatif dan positif. sebagai dampak langsung dari rusaknya hutan. 5.Letusan gunung berapi b.Terjadinya pencemaran (pencemaran udara. 7. 4.Gempa bumi c.Angin topan 2 Manusia. 4 . Pemanfaatan sumber daya alam secara berlebihan di luar batas. Penebangan hutan secara liar (penggundulan hutan). 2. tanah. 2. sebagai dampak buruknya drainase atau sistem pembuangan air. 9. Penimbunan rawa-rawa untuk pemukiman. Bangunan liar di daerah aliran sungai (DAS).1 Dampak yang terjadi di alam dilingkungan disebabkan oleh 2 faktor yaitu: 1 .2. air. Perburuan liar.2 Dampak Hubungan antara Manusia dengan Lingkungan dan Peran Manusia 2. dan suara) .

sedangkan manusia ada yang mampu terurai di alam secara alami ada yang tidak.2. 4. hal ini merupakan penyebab kotornya ekosistem 5 . 3.Manusia sebagai makhluk perampok Artinya manusia sebagai makhluk yang omnivora (pemakan segala) akan memakan makanan yang menjadi makanan makhluk hidup lain baik yang bersifat karnivora maupun makhluk herbivora.Manusia sebagai makhluk pengotor Kotoran hewan dan tumbuhan dapat hancur secara alami. sekarang setelah dijadikan manusia sebagai tanaman hias tidak akan bisa tumbuh subur jika tidak disiram dan dipupuk.2 Peran Manusia dalam Hubungannya dengan Lingkungan 1.Manusia sebagai makhluk yang paling dominan secara ekologi Artinya manusia mempunyai pengaruh yang besar terhadap lingkungan tempat hidupnya dan organisme lainnya.2. 5.Manusia sebagai makhluk pembuat alat Artinya manusia dalam melakukan aktifitasnya membutuhkan alat bantu untuk mempermudah kerja mereka. 2.Manusia sebagai makhluk penyebab evolusi Sebagai contoh tanaman anggrek yang sebelumnya dapat tumbuh liar tanpa perlu disiram dan dipupuk.

Hal ini memerlukan pembiasaandiri yang dapat membuat kita menyadari hubungan manusia dengan lingkungan. Kita sebagai manusia wajib menyadari bahwa kita saling terkait dengan lingkungan yangmengitari kita.2 .manusia sebagai makhluk perampok.2 Saran Disini penulis bisa memberikan saran agar manusia perlu mengambil kebijakan-kebijakan terhadap lingkungan sebagai usaha untuk memperoleh efiiensi pemanfaatan sumber alam dan lingkungan. dan manusia sebagai makhluk pengotor 3. manusia sebagai makhluk pembuat alat. baik itu berupa biotik mapun abiotik.BAB III Penutup 3. Hubungan manusia dan lingkungan alamnya sangat erat. Semua komponen yang terkait antara manusia dan lingkungan ini adalah sebuah rangkaian yang tidak bisa terpisahkan satu dengan yang lainnya. manusia sebagai makhluk penyebab evolusi. 3.1.1 Simpulan Berdasarkan pembahasan di atas dapat disimpulkan sebagai berikut 3. .Peran manusia dalam hubungannya dengan lingkungan adalah manusia sebagai makhluk yang paling dominan secara ekologi. 6 .Dampak kerusakan alam dan lingkungan tidak hanya disebabkan oleh alam namun juga kellaian manusia yang hanya mengepentingkan kepentingan mereka.1.Kemampuan kita untuk menyadari hal tersebut akan menentukan bagaimana hubungan kita sebagai manusia dan lingkungan kita.1.

com 7 .google.DAFTAR PUSTAKA http//:www.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful