P. 1
gambar reproduksi wanita

gambar reproduksi wanita

|Views: 15,237|Likes:
Published by Seila Zhou

More info:

Published by: Seila Zhou on Jun 06, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/07/2015

pdf

text

original

Keterangan: 1.

Indung Telur : Kelenjar di kiri dan di kanan rahim yang terletak di rongga panggul dan berfungsi mengeluarkan sel telur sebulan sekali. 2. Umbai saluran telur : Bagian terluar dari saluran telur yang berfungsi menangkap sel telur yang dilepaskan indungtelur sehingga masuk ke dalam saluran telur. 3. Saluran telur : saluran dikiri dan dikanan rahim yang berfungsi untuk dilalui oleh sel telur dari indung telur menuju rahim dan bertemunya sel telur dan Sperma. 4. Selaput Lendir Rahim : selaput bagian dalam dinding rahim yang berfungsi sebagai tempat sel telur yang telah dibuahi akan tumbuh berkembang. 5. Rongga Rahim : Rongga yang terlindungi lapisan otot dan selaput lendir yang menampungpertumbuhan seltelur yang telah dibuahi sampai menjadi janin 6. Leher Rahim : Bagian terluar dari rahim yang menonjol pada ujung dalam liang senggama. 7. Liang senggama : Digunakan untuk melakukan hubungan suami istri, tempat keluarnya darah haid dan jalan lahirnya bayi kelak.

Sistem Reproduksi Wanita

Vagina adalah kanal yang mengarahkan dari luar tubuh menuju cervix , pintu menuju uterus. Uterus adalah organ berotot dimana telur yang telah difertilisasi, atau embrio, mengikat diri dan berkembang. Ia berada dalam ukuran dan bentuk sebuah pir serta dilapisi membran yang kaya akan gizi, endometrium . Tuba fallopian menjalar dari bagian atas uterus sampai ke bawah menuju ovarium, dua organ yang berukuran seperti kacang walnut yang mengandung telur-telur.

Alat - Alat Kebidanan

\

Ilmu Kebidanan
Dr.H Hatta Rasyidin Perdarahan pada kehamilan muda adalah perdarahan pervaginam pada kehamilan kurang dari 22 minggu. Penanganan umum perdarahan pada kehamilan muda : - Lakukan penilaian secara cepat mengenai keadaan umum pasien, termasuk tanda-tanda vital (nadi, tekanan darah, pernapasan, dan suhu). - Periksa tanda-tanda syok (pucat, berkerringat banyak, pingsan, tekanan sistolik kurang 90 mmHg, nadi lebih 112 kali per menit). - Jika dicurigai terjadi syok, segera mullai penanganan syok. Jika tidak terlihat tandatanda syok, tetap pikirkan kemungkinan tersebut saat penolong melakukan evaluasi mengenai kondisi wanita karena kondisinya dapat memburuk dengan cepat. Jika terjadi syok, sangat penting untuk memulai penanganan syok dengan segera. - Jika pasien dalam keadaan syok, pikirkaan kemungkinan kehamilan ektopik terganggu. - Pasang infus dengan jarum infus besar ((16 G atau lebih), berikan larutan garam fisiologik atau ringer laktat dengan tetesan cepat (500 cc dalam 2 jam pertama).

Diagnosis perdarahan pada kehamilan muda : 1. Pikirkan kemungkinan kehamilan ektopik pada wanita dengan anemia, penyakit radang panggul (pelvic inflammatory disease- PID), gejala abortus atau keluhan nyeri yang tidak biasa. Catatan : Jika dicurigai adanya kehamilan ektopik, lakukan pemeriksaan bimanual secara hati-hati karena kehamilan ektopik awal bisa sampai mudah pecah. 2. Pikirkan kemungkinan abortus pada wanita usia reproduktif yang mengalami terlambat haid (lebih 1 bulan sejak haid terakhir) dan mempunyai 1 atau lebih tanda berikut : perdarahan, kaku perut, pengeluaran sebagian produk konsepsi, serviks yang berdilatasi atau uterus yang lebih kecil dari seharusnya. 3. Jika abortus merupakan kemungkinan diagnosis, kenali dan segera tangani komplikasi yang ada. 1.Diagnosis abortus imminens : - Bercak perdarahan hingga perdarahan sedang. Perdarahan ringan membutuhkan waktu lebih 5 menit untuk membasahi pembalut atau kain bersih. - Serviks tertutup. - Uterus sesuai dengan usia kehamilan. - Gejala / tanda : kram perut bawah dan uterus lunak. 2. Diagnosis kehamilan ektopik terganggu : - Bercak perdarahan hingga perdarahan sedang. - Serviks tertutup. - Uterus sedikit membesar dari usia kehamilan normal - Gejala / tanda : limbung atau pingsan, nyeri perut bawah, nyeri goyang porsio, massa adneksa, dan cairan bebas intra abdomen. 3. Diagnosis abortus komplit : - Bercak perdarahan hingga perdarahan sedang. - Serviks tertutup atau terbuka. - Uterus lebih kecil dari usia kehamilan normal - Gejala / tanda : sedikit atau tanpa nyeri perut bawah, dan riwayat ekspulsi hasil konsepsi. 4.Diagnosis abortus insipiens : - Perdarahan sedang hingga masif (banyak). Perdarahan berat membutuhkan waktu kurang 5 menit untuk membasahi pembalut atau kain bersih. - Serviks terbuka. - Uterus sesuai usia kehamilan. - Gejala / tanda : kram / nyeri perut bawah, dan belum terjadi ekspulsi hasil konsepsi. 5. Diagnosis abortus inkomplit : - Perdarahan sedang hingga masif (banyak). - Serviks terbuka. - Uterus sesuai usia kehamilan. - Gejala / tanda : kram / nyeri perut bawah, dan ekspulsi sebagian hasil konsepsi. 6.Diagnosis abortus mola : - Perdarahan sedang hingga masif (banyak). - Serviks terbuka. - Uterus lunak dan lebih besar dari usia kehamilan - Gejala / tanda : mual / muntah, kram perut bawah, sindrom mirip pre eklampsia, tidak ada janin, dan keluar jaringan seperti anggur. Tanda dan gejala abortus antara lain nyeri abdomen bawah, nyeri lepas, uterus terasa lemas, perdarahan berlanjut, lemah, lesu, demam, sekret vagina berbau, sekret & pus dari serviks, dan nyeri goyang serviks. Komplikasinya adalah infeksi / sepsis. Penanganannya adalah mulai memberikan antibiotik sesegera mungkin sebelum melakukan aspirasi vakum manual. Antibiotiknya berupa ampisilin 2 gr IV tiap 6 jam ditambah gentamisin 5 mg/kgbb IV tiap 24 jam ditambah metronidazol 500 mg IV tiap 8 jam sampai ibu bebas demam 48 jam.

Tanda dan gejala lainnya adalah nyeri / kaku pada abdomen, nyeri lepas, distensi abdomen, abdomen terasa tegang & keras, nyeri bahu, mual-muntah, dan demam. Komplikasinya adalah perlukaan uterus, vagina atau usus. Penanganannya yaitu lakukan laparotomi untuk memperbaiki perlukaan dan lakukan aspirasi vakum manual secara berurutan. Mintalah bantuan lebih lanjut jika dibutuhkan.

Jenis-Jenis Abortus ___________________ Jenis-jenis abortus : 1. Abortus spontan 2. Abortus yang disengaja 3. Abortus tidak aman 4. Abortus septik Abortus spontan adalah penghentian kehamilan sebelum janin mencapai viabilitas (usia kehamilan 22 minggu). Tahapan abortus spontan meliputi : 1. Abortus imminens (kehamilan dapat berlanjut). 2. Abortus insipiens (kehamilan tidak akan berlanjut dan akan berkembang menjadi abortus inkomplit atau abortus komplit). 3. Abortus inkomplit (sebagian hasil konsepsi telah dikeluarkan). 4. Abortus komplit (seluruh hasil konsepsi telah dikeluarkan). Abortus yang disengaja adalah suatu proses dihentikannya kehamilan sebelum janin mencapai viabilitas. Abortus tidak aman adalah suatu prosedur yang dilakukan oleh orang yang tidak berpengalaman atau dalam lingkungan yang tidak memenuhi standar medis minimal atau keduanya. Abortus septik adalah abortus yang mengalami komplikasi berupa infeksi-sepsis dapat berasal dari infeksi jika organisme penyebab naik dari saluran kemih bawah setelah abortus spontan atau abortus tidak aman. Sepsis cenderung akan terjadi jika terdapat sisa hasil konsepsi atau terjadi penundaan dalam pengeluaran hasil konsepsi. Sepsis merupakan komplikasi yang sering terjadi pada abortus tidak aman dengan menggunakan peralatan. Penanganan ____________ Jika dicurigai suatu abortus tidak aman terjadi, periksalah adanya tanda-tanda infeksi atau adanya perlukaan uterus, vagina dan usus, lakukan irigasi vagina untuk mengeluarkan tumbuhtumbuhan, obat-obat lokal atau bahan lainnya. Penanganan abortus imminens : 1. Tidak perlu pengobatan khusus atau tirah baring total. 2. Jangan melakukan aktifitas fisik berlebihan atau hubungan seksual. 3. Jika perdarahan : - Berhenti : lakukan asuhan antenatal seperti biasa, lakukan penilaian jika perdarahan terjadi lagi. - Terus berlangsung : nilai kondisi janin (uji kehamilan atau USG). Lakukan konfirmasi kemungkinan adanya penyebab lain. Perdarahan berlanjut, khususnya jika ditemukan uterus yang lebih besar dari yang diharapkan, mungkin menunjukkan kehamilan ganda atau mola. 4. Tidak perlu terapi hormonal (estrogen atau progestin) atau tokolitik (misalnya salbutamol atau indometasin) karena obat-obat ini tidak dapat mencegah abortus. Penanganan abortus insipiens : 1. Jika usia kehamilan kurang 16 minggu, lakukan evaluasi uterus dengan aspirasi vakum manual. Jika evaluasi tidak dapat, segera lakukan : - Berikan ergometrin 0,2 mg intramuskuler (dapat diulang setelah 15 menit bila

Jika anemia berat berikan transfusi darah.Cukup efektif tetapi perlu ketaatan klien untuk minum pil secara teratur.Jika evakuasi belum dapat dilakukan segera. Observasi untuk melihat adanya perdarahan banyak. Jika perdarahan berhenti. 2.perlu) atau misoprostol 400 mcg per oral (dapat diulang sesudah 4 jam bila perlu).Segera lakukan persiapan untuk pengeluaran hasil konsepsi dari uterus. 4. . Jika perdarahan banyak atau terus berlangsung dan usia kehamilan kurang 16 minggu. 2. Pastikan untuk tetap memantau kondisi ibu setelah penanganan. 2.Dapat mencegah penyakit menular seksual.Berikan infus oksitosin 20 unit dalam 500 ml cairan intravena (garam fisiologik atau ringer laktat) dengan kecepatan 40 tetes per menit sampai terjadi ekspulsi hasil konsepsi. lakukan infus 20 unit oksitosin dalam 500 ml cairan intravena (garam fisiologik atau larutan ringer laktat) dengan kecepatan 40 tetes per menit untuk membantu ekspulsi hasil konsepsi. Penanganan abortus inkomplit : 1. beri ergometrin 0. 5. . 3. Tidak perlu evaluasi lagi. Evakuasi dengan kuret tajam sebaiknya hanya dilakukan jika aspirasi vakum manual tidak tersedia.Jika perlu berikan misoprostol 200 mcg per vaginam setiap 4 jam sampai terjadi ekspulsi hasil konsepsi (maksimal 800 mcg). Ibu menerima konseling dan bantuan secukupnya dalam memilih metode kontrasepsi yang paling sesuai. . 2.Tunggu ekspulsi spontan hasil konsepsi lalu evaluasi sisa-sisa hasil konsepsi.Evaluasi sisa hasil konsepsi yang tertinggal dalam uterus. Jika usia kehamilan lebih 16 minggu : . Pastikan untuk tetap memantau kondisi ibu setelah penanganan. . Jika perdarahan tidak seberapa banyak dan kehamilan kurang 16 minggu. . Apabila terdapat anemia sedang. Tidak terdapat komplikasi berat yang membutuhkan penanganan lebih lanjut. 4. . .2 mg intramuskuler atau misoprostol 400 mcg per oral. Konseling asuhan pasca keguguran dan pemantauan lanjut. . evaluasi sisa hasil konsepsi dengan : .Efektivitasnya tergantung dari tingkat kedisiplinan klien. berikan tablet sulfas ferrosus 600 mg per hari selama 2 minggu. 2. Metode kontrasepsi pasca abortus : 1. Pemantauan Pasca Abortus __________________________ Insidens abortus spontan kurang lebih 15% (1 dari 7 kehamilan) dari seluruh kehamilan. Pil kontrasepsi . Pastikan untuk tetap memantau kondisi ibu setelah penanganan. Jika kehamilan lebih 16 minggu : . . Penanganan abortus komplit : 1.Waktu aplikasinya segera. beri ergometrin 0.Waktu aplikasinya segera. 3.Aspirasi vakum manual merupakan metode evaluasi yang terpilih.Jika perlu. Syarat-syarat memulai metode kontrasepsi dalam waktu 7 hari pada kehamilan yang tidak diinginkan : 1. evaluasi dapat dilakukan secara digital atau dengan cunam ovum untuk mengeluarkan hasil konsepsi yang keluar melalui serviks. Kondom . 3.2 mg intramuskuler (diulang setelah 15 menit bila perlu) atau misoprostol 400 mcg per oral (dapat diulang setelah 4 jam bila perlu).

Konseling untuk pilihan hormon tunggal atau kombinasi. 5. Alat penting yang dapat digunakan untuk mendiagnosis kehamilan ektopik yang pecah adalah tes kehamilan dari serum yang dikombinasi dengan pemeriksaan USG. pembesaran uterus. 3. Tanda dan gejala kehamilan ektopik : 1. Jika hemoglobin kurang 7 gram/dl. segera rujuk ke fasilitas lebih lengkap dan lakukan penilaian awal. 8. Penanganan awal kehamilan ektopik : 1. . Jika klien pernah diimunisasi. berikan serum anti tetanus 1500 unit intramuskuler diikuti dengan tetanus toksoid 0. . 4. . 7. perlunakan serviks.Waktu aplikasinya segera. Jika tidak ada fasilitas. 6.Jika dicurigai adanya infeksi.Jika pasangan tersebut mempunyai 1 anak atau lebih dan ingin kontrasepsi jangka panjang. 2.Waktu aplikasinya segera. frekuensi buang air kecil meningkat. Hipovolemia. Alat kontrasepsi dalam rahim . Pucat. 3. 4. Abdomen akut dan nyeri pelvis. Tanda dan gejala kehamilan ektopik sangatlah bervariasi tergantung dari pecah tidaknya kehamilan tersebut.3. 4. . Nyeri pada abdomen dan pelvis.Sediakan metode alternatif (seperti kondom). Penatalaksanaan untuk penyakit menular seksual. . berikan booster tetanus toksoid 0. Distensi abdomen dengan shifting dullness merupakan petunjuk adanya darah bebas. 5.Waktu aplikasinya segera dan setelah kondisi pasien pulih kembali. Denyut nadi cepat dan lemah (110 kali per menit atau lebih). Jika diperoleh haril darah yang tidak membeku segera mulai penanganan. USG dapat membedakan antara kehamilan ektopik. Suntikan . Diagnosa banding lainnya adalah penyakit radang panggul akut & kronik. . mual. Penapisan kanker serviks. Implan . pembesaran payudara. 2. Jika riwayat imunisasi tidak jelas.5 ml setelah 4 minggu. Hipotensi. Nyeri lepas. Distensi abdomen. Diagnosis banding kehamilan ektopik yang tersering adalah abortus imminens. Segera lakukan uji silang darah dan laparatomi.Untuk pasangan yang ingin menghentikan fertilitas. perubahan warna pada vagina & serviks. Beberapa wanita mungkin membutuhkan : 1. tunda sampai anemia telah diperbaiki. Gejala kehamilan awal berupa flek atau perdarahan ireguler. Tanda dan gejala kehamilan ektopik terganggu : 1. kista ovarium (terpuntir atau ruptur) dan appendisitis akut. Tubektomi . 2.Tunda insersi jika hemoglobin kurang 7 gr/dl (anemia) atau jika dicurigai adanya infeksi. tunda prosedur sampai keadaan jelas. Jangan menunggu darah sebelum melakukan pembedahan. Tuba Fallopii merupakan tempat tersering terjadinya implantasi kehamilan ektopik (lebih 90%). Kehamilan Ektopik Terganggu ___________________________ Kehamilan ektopik adalah kehamilan dengan implantasi terjadi di luar rongga uterus.5 ml atau jika dinding vagina atau kanalis servikalis tampak luka terkontaminasi.Waktu aplikasinya segera. Kolaps dan kelelahan. abortus imminens dan kista ovarium terpuntir. . 2. 6.

konseling metode kontrasepsi dan penyediaan metode kontrasepsi. saat itu memungkinkan untuk memasukkan jarum melalui dinding abdomen dan darah dikumpulkan diset donor. . . 2. Darah dapat dikumpulkan sebelum pembedahan atau setelah abdomen dibuka : 1. lakukan evaluasi uterus : . Resiko perforasi dengan menggunakan kuret tajam cukup tinggi. eksplorasi kedua ovarium dan tuba Fallopii : . 2.Jika sumber vakum adalah tabung manual.3. Sebelum membolehkan ibu pulang. merupakan hal yang penting. . Update : 6 Maret 2006 Sumber : . bukalah abdomen : .Ambil darah ke dalam suatu tempat dan saringlah darah dengan menggunakan kasa untuk memisahkan bekuan darah. Ini dilakukan dengan mempertimbangkan konservasi kesuburan karena resiko kehamilan ektopik berikutnya cukup tinggi. Isi uterus cukup banyak tetapi penting untuk cepat dikosongkan. Sewaktu ibu berbaring di atas meja operasi sebelum operasi dan abdomen tampak tegang akibat terkumpulnya darah. . 3.Jika tidak tersedia kantong donor dengan antikoagulan. Ini merupakan terapi pilihan pada sebagian besar kasus.Pengosongan dengan aspirasi vakum manuaal lebih aman daripada kuretase tajam. Jadwalkan kunjungan berikutnya untuk pemantauan dalam waktu 4 minggu. Pada laparatomi. Jika tes kehamilan dengan urin tidak negatif setelah 8 minggu atau menjadi positif kembali dalam 2 tahun pertama. siapkan peralatan aspirasi vakum manual minimal 3 set agar dapat digunakan secara bergantian hingga pengosongan kavum uteri selesai.Bersihkan bagian atas dari kantong darah dengan cairan antiseptik dan bukalah dengan pisau steril. .Tuangkan darah wanita tersebut ke dalam kantong dan masukkan kembali melalui set penyaring dengan cara biasa.Kerusakan tuba yang kecil : lakukan salpingostomi (hasil konsepsi dikeluarkan dan tuba dipertahankan).. Cara lain. darah dapat terkontaminasi dengan air ketuban dan lain-lain sehingga sebaiknya tidak digunakan untuk autotransfusi). .Pasien dianjurkan untuk menggunakan konntrasepsi hormonal (apabila masih ingin anak) atau tubektomi apabila ingin menghentikan fertilitas. gunakkan blok paraservikal. rujuk ke pusat kesehatan tersier untuk pemantauan dan penanganan lebih lanjut. Jika terjadi perdarahan banyak dapat dilakukan autotransfusi apabila darah intraabdominal masih segar dan tidak terinfeksi atau terkontaminasi (pada akhir kehamilan. Perbaiki anemia dengan sulfas ferrous 600 mg/hr per oral selama 2 minggu.Lakukan pemantauan setiap 8 minggu selaama minimal 1 tahun pasca evakuasi dengan menggunakan tes kehamilan dengan urin karena adanya resiko timbulnya penyakit trofoblas yang menetap atau khoriokarsinoma. jika diinginkan. Penanganan selanjutnya kehamilan mola : . Mola Hidatidosa _______________ Kehamilan mola merupakan proliferasi abnormal dari vili khorialis. Penanganan selanjutnya : 1. .Kerusakan tuba yang berat : lakukan salpingektomi (hasil konsepsi dan tuba keduanya dikeluarkan). Mengingat meningkatnya resiko kehamilan ektopik selanjutnya.Jika dibutuhkan dilatasi serviks. Penanganan awal kehamilan mola : Jika diagnosa kehamilan mola telah ditegakkan. tambahkan sodium sitrat 10 ml untuk setiap 90 ml darah. lakukan konseling dan nasehat mengenai prognosis kesuburannya.

ibu hamil harus memperhitungkan nilai gizi makanan yang dikonsumsi. akan kelihatan celah yang sempit. ada dua lipatan yang lebih kecil dan peka yang disebut Labia minora (bibir kecil). Panjangnya sekitar 7 cm. Ini berbeda dengan kehamilan pada trimester pertama. 2003. Editor : Abdul Bari Saifuddin. Sebab. Tubuh dan Perawatannya Dr. dengan bagian leher yang sempit memanjang dari atap vagina. yang membawa air kencing dan tersimpan untuk dibuang ke luar. dan panambahan ilmu pengetahuan terus meningkat. gizi diperlukan bagi pengembangan otak dan jaringan saraf sang bayi. terutama setelah memasuki kehamilan trimester kedua. tetapi didalamnya. Bagian ini memiliki kemampuan untuk membesar dengan dapat melebar untuk memungkinkan kepala bayi lewat dalam proses melahirkan. John F. . Dilapisi dengan selaput lembut berwarna merah jambu. tuba yang berhubungan dengan kendung kemih. Biran Affandi. Ketebalannya berbeda dari hari ke hari. sehingga kebutuhan gizinya juga belum optimal. Pada periode ini. Sumber : Wanita Ciptaan Ajaib. Rahim dilapisi jaringan yang sangat khusu yang disebut Endometrium. Secara eksternal organ genital wanita keseluruhannya disebut Vulva. Semakin melebar ke bagian vagina. Pada dua bulan terakhir kehamilan. Sebuah saluran yag sempit menerobos ke leher rahim. masih banyak juga wanita yang masih lugu dalam hal ini.Buku Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan Maternal & Neonatal. Ini adalah organ yang amat peka. Ini semua diatur leh suatu baha kimia yang disebut Hormon. Cet. Pada saat ini pertumbuhan janin masih belum begitu pesat. Sebaiknya ibu hamil menghindari makanan berkalori tinggi seperti cokelat dan es krim. terdapat sebuah saluran masuk yang disebut lubang kemaluan bagian luar. dan bagian luarnya berhubungan dengan vagina disebuat Os eksternal dan bagian dalamnya disebuat Os internal. tetaplah berpegang pada pola makan dengan gizi seimbang. Vagina adalah nama yang diberikan kepada saluran genital wanita. Gulardi Hanifa Wiknjosastro. Di bawahnya ada vestibula yang berhubungan dengan lobang vagina. pertumbuhan janin berlangsung sangat cepat. Beberapa Gangguan Sistem. Knight NUTRISI PENTING MASA HAMIL Benarkah wanita hamil harus makan dengan porsi dua kali lebih banyak dari wanita biasa? Dari segi kualitas memang jawabannya adalah ya. Rahim atau uterus adalah suatu organ berbentuk buah pir. Tapi dari segi kuantitas jawabannya adalah tidak. kemungkinan bayi Anda yang lapar. Harus diingat pertambahan berat badan ideal selama masa kehamilan adalah berkisar antara 10-15 kg. yang paling nampak adalah Labia majora (bibir luar). Ini terdiri dari beberapa bagian. Inilah saluran dari ureta. dan dapat membuka ke atas dan ke dalam pada sudut 85 derajat pada saat seorang wanita berdiri tegak. Ia memainkan peran yang penting dan merupakan kunci di dalam hubungan seksual yang normal. Jangan asal makan karena lapar mata. I. ini disebut saluran servikal. Ini bersatu di tengah. semakin banyak tulisan yang bisa didapat. Ini menyatakan ke arah depan pada bagian atas Clitoris. dan bila seorang wanita dalam posisi berdiri. Jangan heran jika berat badan ibu pun turut naik pesat. Hal lain yang perlu diperhatikan. Ed. STRUKTUR VAGINA Banyak Wanita muda dewasa ini memiliki pengetahuan yang sangat baik tentang fungsi-fungsi kewanitaannya. Usahakanlah makan setiap 4 jam sekali. namun. atau Selaput dara yang dulu sempat menjadi sesuatu yang paling utama bila dikaitkan dengan keperawanan atau “kesucian”. meskipun nafsu makan meningkat. 5. Ini adalah leher sempit dari rahim atau kandungan. berfungsi untuk perasaan nikmat terhadap seks dan rangsangan. Vagina biasnya ditutupi oleh selaput yang disebut Hymen. baik bagi dirinya maupun janin yang ada dalam kandungannya Kebutuhan gizi akan terus meningkat. Djoko Waspodo. tergantung dari siklus haid. meskipun Anda tidak lapar. otak bayi berkembang sangat cepat. Tepat di bawah Clitoris. Jakarta : Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo. Sebab pada saat itu. Dalam mengkonsumsi makanan. Pada ujung bagian atas dari saluran vagina adalah cerviks (leher rahim).

es krim. Asam folat berguna untuk perkembangan sistem saraf dan sel darah. kacang-kacangan. Kekurangan asam folat dapat mengganggu pembentukan otak. protein sebagai sumber zat pembangun. vitamin dan mineral dapat diperoleh dari buah-buahan dan sayur-sayuran. D. . dan banyak terdapat pada sayuran berwarna hijau gelap seperti bayam. B2. . Camembert. Tambahan vitamin.Beberapa jenis keju lunak. Selain itu. kuning telur dan susu. Sumber kalsium yang lain adalah sayuran hijau dan kacang-kacangan. serta melindungi ibu hamil dari penyakit osteoporosis (keropos tulang). Salah satu makanan dengan kandungan gizi yang lengkap adalah susu. Vitamin D berguna untuk pertumbuhan dan pembentukan tulang bayi Anda. terutama pada 12 minggu pertama kehamilan. wortel dan tomat. National Research Council : Recommended Dietary Allowance 9th Ed. kacang-kacangan. karena kemungkinan membawa bibit penyakit atau parasit tertentu yang membahayakan janin. Jenis bibit penyakit / parasit yang membahayakan kandungan dan terbawa dalam makanan adalah: · Listeria Dapat menyebabkan keguguran. minyak sayur dan sayuran hijau. seperti vitamin A. umbi-umbian. ikan atau daging sapi yang diolah setengah matang. sayuran hijau. Blue Cheese serta keju lain yang dibuat dari susu kambing atau domba. seperti keju. seperti Brie. atau keracunan darah. Zat-zat gizi ini juga terdapat pada produk olahan susu. vitamin C. vitamin D. daging dan hati. kangkung. yoghurt. kacang-kacangan. Vitamin B kompleks berguna untuk menjaga sistem saraf. Nacional Academy Sciences. sampai cacat bawaan pada susunan saraf pusat maupun otak janin. maupun vitamin E diperlukan ibu hamil untuk meningkatkan kebugarannya. maka kekurangan kalsium akan diambil dari tulang ibunya. Susu mengandung kalsium bagi pertumbuhan tulang dan gigi janin.Selada. Zat besi yang dibutuhkan ibu hamil agar terhindar dari anemia (kurang darah). serta vitamin dan mineral sebagai zat pengatur. otot dan jantung agar berfungsi secara normal. Sebagai sumber tenaga yang menghasilkan kalori. dan vitamin C. . pisang. buah dan sayuran yang tidak dicuci bersih. daun pepaya). Washington DC. biji-bijian.Pada tabel berikut dapat dilihat komponen utama gizi dan kecukupan yang dianjurkan (RDA) dari Food Nutrition Board. bayi lahir mati. vitamin A. 1980: 3 Komposisi Utama Kebutuhan harian Wanita usia 19 . Vitamin B kompleks dijumpai pada serealia. telur dan produk susu. banyak terdapat pada sayuran hijau (seperti bayam. Vitamin E berguna bagi pembentukan sel darah merah yang sehat. Sementara protein sebagai sumber zat pembangun dapat diperoleh dari daging. kembang kol dan brokoli. B3. asam folat banyak terdapat pada jeruk. telur. Makanan yang Harus Dihindari Ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil. ragi. Makanlah lembaga biji-bijian terutama gandum. baik B kompleks. karbohidrat dapat diperoleh dari serealia. Bakteri listeria monocytogenes banyak terdapat pada : . Jika kebutuhan kalsium ibu hamil tidak tercukupi. terutama bila dimakan dalam keadaan mentah.produk unggas (termasuk telur). Kebutuhan asam folat selama hamil adalah 800 mcg per hari. daun singkong. Pada buah-buahan. Sumbernya terdapat pada minyak hati ikan. ikan. dan sebagai sumber zat pengatur.50 th Kebutuhan tambahan harian wanita semasa: Hamil Menyusui Protein (g) 44 +30 +20 Zat Besi (mg) 18 +30-60 +30-60 Kalsium (mg) 800 +400 +400 Makanan dengan gizi seimbang dapat diperoleh dari karbohidrat dan lemak sebagai sumber zat tenaga. susu juga mengandung banyak vitamin.

tetapi tiba-tiba tangannya terbuka.” Kate Blackwell (29). Foto-foto tersebut menunjukkan.menangis! Sampai saat ini. kita berasumsi rahim ibu itu gelap gulita.” Meski begitu. Racun yang dikeluarkannya dapat merusak usus dan ginjal. mengatakan. mengernyitkan dahi dan. Cara-cara tertentu untuk menetapkan jenis kelamin semata-mata hanya berdasarkan dongeng rakyat dan kerap kali mencerminkan stereotip seksual . menambahkan. “Memang. dan mencatatnya secara digital. juga akan membantu dokter mendapatkan peringatan dini bila bayi-bayi dalam kandungan itu abnormal.. Biaya pengambilan gambar janin ini. gambar-gambar luar biasa yang membuktikan bayi dapat tersenyum dalam kandungan ibunya. menguap. GAMBAR EKSKLUSIF : JANIN TERSENYUM & MENANGIS DALAM RAHIM IBU……. memilih jenis kelamin anak dalam kandungan merupakan topik yang mendapat perhatian besar dan sumber spekulasi. mengatakan. yang hamil 27 minggu. sebelum lahir pun bayi-bayi itu sering sekali tersenyum. Pengamatan yang dilakukan selama berjam-jam. dan susu yang tidak mengalami pasteurisasi.!!!! Berikut ini.· Bakteri E. sejumlah pertanyaan mengenai janin dalam kandungan. ahli kandungan lain. Ia masih tidak percaya bayi dapat tersenyum dalam rahim ibunya. Prof Stuart Campbell yang mempelopori teknik rekaman gambar ini. “Para ahli berpendapat. · Salmonella dan Toksoplasma Untuk menghindari infeksi bakteri jenis ini. sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi daging dan telur dalam bentuk mentah atau setengah matang. bayi tidak tersenyum sampai usia 6 minggu setelah lahir. bisa diselidiki. kira-kira. lengan. dan kami bisa melihat dia tersenyum. janin dalam rahim ibu. “ Ini sangat fantastik.sebagai contoh. Tetapi ahli kandungan terkenal asal Inggris. bayi yang belum lahir pun ternyata mampu mengejapkan matanya. serta anggota tubuh lainnya. akan menghasilkan gambar yang membuat orangtua seperti menonton video kehidupan bayinya. tak dapat tersenyum sampai beberapa minggu setelah lahir. bayi -bayi itu seperti tersenyum DAPATKAH SATU PASANGAN MEMILIH JENIS KELAMIN ANAK ????? Selama bertahun-tahun.?” “Mengapa janin mengedip-ngedipkan matanya? Padahal selama ini. dibuat menggunakan ultrasound 4D. seperti: langit-langit mulutnya terbelah. 275 poundsterling (kurang lebih 4 juta rupiah). memiliki pendapat berbeda. Padahal. sindrom down dan kelainan lain yang berkaitan dengan tungkai. Maggie Blott. Tangannya tadinya menutupi wajahnya. sang ibu makan makanan yang manis-manis supaya anaknya perempuan atau sang ayah melakukan senggama dengan memakai sepatu bot supaya punya anak . “Suamiku. bahkan bisa diambil ketika usia kandungan si ibu baru 12-20 minggu. yang mencatat gema/gaung yang berasal dari rahim ibu.” Foto-foto janin ini. pendapat tersebut tidaklah benar sepenuhnya. apakah janin dengan problem genetik memiliki pola gerak yang sama seperti janin normal?” “Apakah janin-janin itu tersenyum karena dia merasa bahagia? Atau menangis karena ada suasana atau kejadian yang menganggunya. Yvone Ntimoah (29) yang mengambil gambar bayi perempuannya –baru berusia 31 minggu– mengatakan. Foto-foto tadi.” Gambar-gambar ini. Coli Sering ditemukan pada daging yang diolah setengah matang. Paul. Prof Campbell. dan aku dapat menyaksikan setiap gerak-gerik bayi kami.. “Dengan munculnya gambar-gambar tadi.” “Misalnya. dokter dan orangtua percaya.

usahakan selalu ceria. mungkin lebih. Sering disebut penyakit. hindari terlambat makan. Banyak minum dan mengkonsumsi cairan. Walaupun demikian. makan makanan yang bergizi.laki-laki.dingin bergantian. kesal pada dirinya sendiri dan pasangannya. Sebuah pasangan yang ingin punya anak laki-laki dapat meningkatkan kemungkinan keberhasilan dengan tidak melakukan senggama beberapa hari sebelum ovulasi. seluruhnya direbus sampai kira2 10 menit mendidih.SINDROMA PRA HAIDSedikitnya 50 persen. Sesungguhnya. gejala tunggal ini sering dituduh sebagai penyebab keretakan pernikahan. “Laki-laki atau perempuan sama saja”! Kalau Anda bisa bersikap demikian. biasanya gejalagejala ini lebih dirasakan. Dalam dasawarsa yang terakhir ini. Sloaner. 6. John F. penggunaan cari ini mengurangi kemungkinan keseluruhan untuk bisa hamil. Keadaan mudah tersinggung. minum kaldu ayam : 1/2 kg ayam + 1/4 kg jahe (dimemarkan). MENSTIMULASI ANAK SEJAK DALAM KANDUNGAN Sejak mengetahui bahwa aku hamil maka aku mulai menmbeli dan membaca beberapa buku yang berhubungan erat dengan kehamilanku terutama pendidikan anakku sejak dalam . Shettles berdasarkan data inseminasi buatan. Beberapa Gangguan Sistem. wanita mengalami pada suatu tahap di periode ini perasaan yant tidak menyenangkan yang disebut Sindroma Pra-Haid (SPH). Beberapa buku dan artikel populer mengaku bisa memberikan cara yang dapat diandalkan dalam memilih jenis kelamin anak.Dengan adanya saling pegertian antara istri dan suami dalam menghadapi gejala-gejala ini.istirahat cukup. 4. ini dapat tetap sama atau bervariasi dari bulan ke bulan. Memakai saputangan handuk yang diletakkan diantara bra dan payudara. Kadarnya dapat bervariasi dari yang ringan sampai kepada yang dapat menimbulkan ketegangan hubungan pribadi bahkan ketidakharmonisan pernikahan. M. selebihnya terserah kepada karunia Tuhan. Lebih dekat masa haid datang. Maka penting sekali bagi setiap pasangan untuk menghargai kelamin apapun. Sayangnya. 4 batang lengkuas (dimemarkan). suatu penelitian yang sangat menarik perhatian menghubungkan pengaturan senggama yang tepat dengan jenis kelamin bayi. Knight BEBERAPA TIPS UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS ASI<!--–> 1. adalah gejala umum yang kompleks. Banyak wanita yang biasanya sebagai istri penyayang. penurut dan mengabdi.jaga kestabilan emosi. penggunaan douche. Jangan lupa mengkonsumsi susu. jadi ini sangat penting. 2. dan emosional. 1 buah jeruk nipis (ambil airnya). Cari ini berdasarkan hasil karya Dr. Sumber : Wanita Ciptaan Ajaib. nilai informasi bagi pasangan yang menginginkan anak laki-laki atau anak perempuan masih tetap terbatas. hal ini dilakukan setiap harinya minimal selama pemberian asi ekslusif.D. dan pasangan yang menginginkan anak perempuan harus berpantang senggama sempai tepat sesudah ovulasi. Sebagai kesimpulan. berpikiran positif dan menjaga Semangat Menyusui. dan oleh karenanya tidak mengherankan kalau pengukuhan ilmiah bagi teorinya belum bisa diberikan. Ini dapat beragam dari gejala yang samar-samar dengan rasa sakit yang ringan sampai kepada serangkaian gejala yang sangat tidak menyenangkan. 7. mengkonsumsi sayur daun katuk dan kacang-kacangan. 1 liter air . 5. serta saran tentang boleh atau tidaknya wanita mencapai orgasme. posisi tubuh dalam bersenggama. buku penuntun untuk calon ibu dan ayah Phillip D. dariapada suatu gangguan.garam secukupnya. Usahakan untuk selalu memakai baju berlengan. sekarang ini belum ada cara yang dapat diandalkan untuk menetapkan sebelumnya jenis kelamin anak. Pada umumnya ini adalah manifestasi dari produksi hormon progesteron pada bagian akhir dari siklus haid. 3. Setelah melahirkan gunakan kompres hangat.Sumber : Petunjuk Lengkap Kehamilan. menjadi lekas marah. diminum sebelum dan sesudah menyusui. Sejak kehamilan menginjak bulan ketujuh sebaiknya rajin mengompres payudara dengan air hangat setiap hari mandi pagi dan sore masing-masing 10 menit untuk satu payudara. dapat mengurangi dampak yang tidak diingikan dan kemampuan istri untuk menyadari hal ini juga merupakan hal yang penting dalam mencari jalan keluar yang baik. maupun orang lain disekitarnya.Sejumlah besar gejala dapat terjadi. Landrum Shettles dan mencakup petunjuk tentang pemilihan waktu senggama yang tepat. Tubuh dan Perawatannya Dr. tiba-tiba menjadi emosional dan pemarah. Meningkatkan kemungkinan punya anak laki-laki dari 50 sampai 65 persen mungkin berakibat perlunya waktu lima tahun untuk bisa tahun. Hasil karya Dr.

089-7.251 dengan nilai lower 0. Risiko kematian maternal. Dengan demikian maka disarankan bahwa untuk menekan kejadian anemia dengan berbagai dampaknya maka pengaturan jarak kelahiran sangat diperlukan melalui perencanaan kelahiran melalui keluarga berencana.343.6 % responden mengalami anemia. sedangkan variabel paritas.725. (J Med Nus.574-2. 95% CI. hasilnya setiap malam apabila papanya belum mengucapkan salam dia akam bergerak terus.7%). Sejak usia kehamilanku menginjak lima bulan aku mulai mendengarkan dia dengan musik klasik dan juga berusaha untuk mengajak anakku ngobrol. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus kelola dengan sampel ibu hamil dan bersalin sebanyak 128 responden yang diambil secara purposive sampling. Sedangkan jarak kelahiran bermakna terhadap kejadian anemia dengan OR 2.801. kami biasa menamakan permainan ini dengan nama “sepak bola” yaitu. 95% CI 1. DAN ANALISIS DATA 1.4%). 0. menunjukkan bahwa analisis Hubungan ANC dengan kejadian anemia yang paling banyak menderita anemia adalah responden dengan ANC < 4 kali dengan jumlah 53 (57. ANCdan adanya keluhan tidak bermakna. 95 % CI. jarak kelahiran. Hasil analisis bivariat ditemukan banhwa ANC tidak signifikan terhadap anemia. Hasil analisis uji statistik diperoleh nilai OR sebesar 1.0%) orang dan terendah pada responden dengan ANC ³ 4 kali sebanyak 18 orang (51. Kesimpulan variabel yang berhubungan adalah jarak kelahiran dan umur ibu hamil. begitu juga dengan umur ibu.0. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan faktor umur ibu. awalnya memang sulit tetapi lambat laun dia akan mengertyi bahwa dia sedang diajak bermain oleh mama dan papanya… Ibu Hamil dengan Anemia RINGKASAN Pada wanita hamil. tetapi bila sudah di ajak ngobrol dan mengucap salam gerakan dia dalam kandungan akan berkurang dan menjadi tenang sehingga saya bisa beristirahat. dan angka kematian perinatal meningkat. dengan merangsang dia untuk menendangkan kakinya dimana tangan suami atau tanganku diletakkan. berat badan bayi lahir rendah.354.251 (95%CI.1. 2004.393 .673-2. 95%CI.096. Pengolahan Data Sumber : Data Primer Tabel 1.574 dan upper 2. Uji statistik yang digunkan adalah analisis Odds Ratio. begitu juga paritas kurang dari satu dan lebih 4 tidak berefek terhadap anemia pada ibu hamil dengan OR 1. ANC. Dan apabila dia di perdengarka musik klasik dia pasti merespon dengan tendangan seolah dia mengerti bahwa ini adalah musik saya Aku dan suami juga biasa mengajak dia bermain sebelum tidur.729. anemia meningkatkan frekuensi komplikasi pada kehamilan dan persalinan. Tiap pagi dan malam menjelang tidur suamiku memngucapkan salam dan membacakan penggalan ayat suci Al-Quran untuk buah hatiku itu.790. demikian juga dengan keluhan dengan OR 1. 1.729).207. dengan ANC sebagian besar kurang dari 4 kali (72. angka prematuritas.35 tahun.146-4. dan logistik regresi. . paritas dan keluhan ibu hamil terhadap kejadian anemia di wilayah puskesmas Bantimurung. 25:71-75) PENGOLAHAN. OR.474-4.kandungan. sangat penting untuk diperhatikan melahirkan pada usia 20. dan variabel Umur dengan OR 2. Hasil penelitian yang diperoleh sekitar 83.0.

menunjukan analisis hubungan umur ibu dengan kejadian anemia dan responden yang paling banyak menderita anemia adalah responden dengan umur < 20 tahun dan >35 tahun sebanyak 20 (74.5%) orang yang menderita anemia. Analisis Keluhan dengan Kejadian Anemia di Wilayah Kerja Puskesmas Bantimurung Kabupaten Maros Tahun 2004 Tabel 2 menunjukkan analisis hubungan keluhan dengan kejadian anemia dan responden yang paling banyak menderita anemia adalah yang memiliki keluhan dengan jumlah 39 (59.474 dan upper 4.354 dengan nilai lower 0.089 dan upper 7.725. Hasil analisis uji statistik diperoleh nilai OR sebesar 1. Analisis Multivariat Tabel 6 : Analisis Regresi Logistik Antara Jarak Kelahiran dan Umur Penderita di Wilayah Kerja Puskesmas Bantimurung Kabupaten Maros Tahun 2004 Sumber : Data Primer .790.801 dengan nilai lower 1.393 dengan nilai lower 0. Keluhan dengan Anemia Tabel 2.1%) orang dan terendah pada responden dengan jarak kelahiran ³ 2 tahun sebanyak 30 (45. Hasil analisis uji statistik diperoleh nilai OR sebesar 1.5%)orang. 3. menunjukan analisis hubungan jarak kelahiran dengan kejadian anemia dan responden yang paling banyak menderita anemia adalah responden dengan jarak kelahiran < 2 tahun sebanyak 41 (66.1%) orang dan pada umur 20-35 tahun sebanyak 51 (50.5%) orang dan terendah pada responden yang paritas < 1/>4 dengan jumlah 10 (54.207.Jarak Kelahiran dengan Anemia Tabel 4. 5. menunjukkan analisis hubungan paritas dengan kejadian anemia dan responden yang paling banyak menderita anemia adalah pada paritas 2-3 dengan jumlah 61 (62. Hasil analiis uji statistik diperoleh nilai OR sebesar 2. Analisis Jarak Kelahiran dengan Kejadian Anemia di Wilayah Kerja Puskesmas Bantimurung Kabupaten Maros Tahun 2004 Sumber : Data Primer Tabel 4.Umur Ibu dengan Anemia Tabel 5.673 dan upper 2.2. Paritas dengan Anemia Tabel 3.6%)orang. 4.1%) orang dan terendah pada responden yang tidak memiliki keluhan dengan jumlah 32 51.096. Analisis umur ibu dengan Kejadian Anemia di Wilayah Kerja Puskesmas Bantimurung Kabupaten Maros Tahun 2004 Sumber : Data Primer Tabel 5. Hasil analiis uji statistik diperoleh nilai OR sebesar 2.146 dan upper 4. Analisis Paritas dengan Kejadian Anemia di Wilayah Kerja Puskesmas Bantimurung Kabupaten Maros Tahun 2004 Sumber : Data Primer Tabel 3.5%) orang.343 dengan nilai lower 1.

utamanya pada umur kehamilan 1 – 3 bulan pertama kebanyakan ibu hamil mengalami beberapa keluhan seperti pusing.096.474 dan nilai upper 4. sudah harus memenuhi kebutuhan nutrisi janin yang dikandung. Parietas Parietas adalah jumlah anak yang telah dilahirkan oleh seorang ibu baik lahir hidup maupun lahir mati. mentalnya belum matang sehingga mudah mengalami keguncangan yang mengakibatkan kurangnya perhatian terhadap pemenuhan kebutuhan zat – zat gizi selama kehamilannya. Keluhan selama hamil Kehamilan adalah peristiwa alami yang melibatkan perubahan fisik dan emosional dari seorang ibu. 3. . 1 kali pada trimester II dan 2 kali pada trimester III. Keadaan ini akan berlangsung sementara dan biasanya hilang dengan sendirinya pada kehamilan lebih dari 3 bulan. Siklus kehidupan perempuan dibagi dalam tahap 1) masa kecil dan masa anak-anak. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa reponden paling banyak menderita anemia pada jarak kehamilan < 2 tahun.790.673 dan nilai upper 2. Hasil analisis didapatkan bahwa umur ibu pada saat hamil sangat berpengaruh terhadap kajadian anemia. 4. PEMBAHASAN 1.393 dan nilai lower 0.729.207 Peran Gizi dalam Siklus Kehidupan Perempuan Gizi memiliki peran yang sangat penting bagi perempuan. Sedangkan pada usia > 35 tahun terkait dengan kemunduran dan penurunan daya tahan tubuh serta berbagai penyakit yang sering menimpa diusia ini. karena nilai 1 berada antara batas bawah dan batas atas dengan OR sebesar 2. menunjukkan analisis hubungan Regresi logistik antara jarak kelahiran dan umur penderita diwilayah kerja puskesmas Bantimurung. karena nilai 1 berada antara batas bawah dan batas atas dengan OR sebesar 1. Jarak kelahiran adalah waktu sejak ibu hamil sampai terjadinya kelahiran berikutnya. 5.2) masaremaja. Kehamilan diusia < 20 tahun dan diatas 35 tahun dapat menyebabkan anemia karena pada kehamilan diusia < 20 tahun secara biologis belum optimal emosinya cenderung labil.574 dan nilai upper 2.343 dengan nilai lower 1.089 dan nilai upper 7. Umur Umur seorang ibu berkaitan dengan alat – alat reproduksi wanita. mual. A N C dengan kejadian anemia. Gambar berikut ini menggambarkan sikluskehidupan perempuan secara fisiologis. Jarak Kelahiran. Hal ini dikarenakan kondisi ibu masih belum pulih dan pemenuhan kebutuhan zat – zat gizi belum optimal. Berdasarkan hasil analisis didapatkan bahwa tidak terdapat hubungan antara parites dengan kejadian anemia pada ibu hamil. Dengan pemeriksaan ANC kejadian anemia pada ibu dapat dideteksi sedini mungkin sehingga diharapkan ibu dapat merawat dirinya selama hamil dan mempersiapkan persalinannya. maka tidak terdapat hubungan antara faktor keluhan ibu selama hamil dengan kejadian anemia.146 dan nilai upper 4. oleh karena nilai 1 berada diantara batas bawah dan batas atas maka tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pemeriksaan ANC dengan kejadian anemia pada ibu hamil.801 dengan nilai lawer 1.3) masa reproduksi dan 4)masa akhir kehidupan. dengan OR sebesar 2. 2. Jarak kelahiran yang terlalu dekat dapat menyebabkan terjadinya anemia. 1 kali pada trimester satu. Hasil analisis hububgan ANC dengan kejadian anemia didapatkan OR sebesar 1.Karena selama hamil zat – zat gizi akan terbagi untuk ibu dan untuk janin yang dikandungnya.251 dengan nilai lower 0. Hasil uji memperlihatkan bahwa jarak kelahiran mempunyai risiko lebih besar terhadap kejadian anemia. Seorang ibu yang sering melahirkan mempunyai risiko mengalami anemia pada kehamilan berikutnya apabila tidak memperhatikan kebutuhan nutrisi.Tabel 6. Umur reproduksi yang sehat dan aman adalah umur 20 – 35 tahun.sejak masih berupa janin hingga usia lanjut. Dari hasil analisis hubungan keluhan selama hamil dengan kejadian anemia didapatkan nilai 1 berada antara batas bawah dan batas atas yaitu nilai lower 0. Dan menunjukkan bahwa dari dua variabel yang memiliki risiko kejadian anemia setelah dilakukan uji lebih lanjut diperoleh bahwa umur memilki pengaruh lebih besar terhadap kejadian anemia.725. kadang – kadang muntah. Antenatal care adalah pelayanan kesehatan bagi ibu hamil dan janinnya oleh tenaga professional meliputi pemeriksaan kehamilan sesuai dengan standar pelayanan yaitu minimal 4 kali pemeriksaan selama kehamilan.

Ia hanya mempunyai sedikit waktu di antara kehamilan-kehamilannya untuk mengembalikan kekuatannya dan setiap saat ia hanya mempunyai sedikit makanan yang cukup.Pada kehamilannya yang terakhir ia sudah kehabisan tenaga. Untuk jelasnya simak ilustrasi berikut ini : Ada seorang perempuan berusia 35 tahun . Sejak saat itu ia menderita Anemia.suatu kali ia mengalami perdarahan yang begitu banyak sehingga membuat setiap orang khawatir ia tidak dapat pulih kembali.Pen. Sesuai tradisi. Proses melahirkan bayinya sulit.1981) Itulah gambaran betapa perempuan i yang kurang gizi sejak kanak-kanak akan mengalami kerentanan biologis terutama pada saat masa reproduksi.suatu keadaan yang diperburuk dengan adanya cacing di dalam tubuhnya. ) yang sama dengan yang menolong saat kelahirannya dan yang membntu persalinan kakak perempuannya.ibunya mengalami malnutrisi dan bekerja terlalu keras . Seperti ibunya. (Sumber : UNFPA. Ia menggunakan bidan tradisiona( Dukun bayi.bentuk tulang-tulang pelvisnya tidak serasi dan ia lebih pendek daripadayangseharusnya.sebelumnya ia tidak pergi ke pusat kesehatan ketika hamil. . Banya faktor yang mempengaruhi terjadinya malnutrisi baik faktor sosial ekonomi(kemiskinan ) maupun sosial budaya.. Ia tidak bersekolah seperti saudara laki-lakinya. .tetapi ia bertahn hidup dan lebih dari itu. Ketika lahir. Pada kehamilan berikutnya ia menderita demam malaria da keguguran.mudah mengalami gangguan kesehatan.Wanitatersebut sangat kecil dan berat badannya sangat rendah saat lahir.Siklus Kehidupan Wanita Apabila perempuan kekurangan gizi masing-maing tahapan tersebut akan mengalami kerentanan biologis. Selama masa kanakkanak hanya mendapat sedikit makanan.bahkan sebelum ia berkembang sepenuhnya.Hammer.tetapi tetap tinggal di rumahbersama ibunya untuk membantu pekerjaan rumah tangga dan menjaga anak.1989.ia kemudian menikah dan mempunyai bayi pertamanya ketika ia berusia 14 tahun.bahkan lebih sedikit dibanding saudara laki-lakinya. Tempat tersebut sangat jauh dan sangat asing. Untuk jelasnya Gambarskema atau bagan berikut ini menggambarkan hubungan antara faktor sosial budaya dengan terjadinya malnutrisi pada perempuan. Bidan tersebut tidak terlatih dalam kebersihannya dan wanita itu menderita infeksi yang serius setelah melahirkan. Menginjak masa remaja .

2.sehingga asupan gizi menjadi berkurang. diperlukan gizi yang cukup untuk kebutuhan reproduksi( kehamilan.karena adanya anggapan bahwa laki-laki memperoleh jatah makan lebih banyak dari perempuan. sehingga dibutuhkan kecukupan haemoglobin agar tidak terjadi anemia gizi. Masa Reproduksi Pada masa ini perempuan sering melaksanakan peran ganda baik di l ingkungan keluarga. Masa Usia lanjut : Pada masa ini penyerapan makanan cenderung berkurang sehingga apabila gizi : sampai kekurangan gizi.Jadi peranan gizi pada perempuan pada masing-masing siklus kehidupan ialah : a.. c. Perilaku ini tidak benar. waktu luang Perempuan lebih sedikit dari laki-laki . Diet ketat ini biasanya dilakukan karena ingin langsing agar menarik..sehingga kekurangan gizi.. kecerdasan. di sebagaian masyarakat masih ada diskriminasi terhadap pemberian makanan untuk perempuan.seperti halnya kesulitan melahirkan dan berat badan lahir rendah. . d. Tingkatkan kemampuan ekonomi keluarga anda dengan menambah penghasilan . Di lain pihak.. b. Lebih-lebih kalau mereka termasuk keluarga miskin makin sulit untuk memperoleh makanan yang cukup gizi. Pada remaja perempuan pada masa ini terjadi perubahan-perubahan biologis dengan mengalami haid. Masa remaja : Padamasa remaja gizi cukup masih diperlukan untuk pertumbuhan.di samping harus melakukan fungsi utama reproduksi. Meningkatkan ketersediaan pangan dalam keluarga.akibatnya tingkat kecerdasan rendah dan perempuan akan sulit bersaing dalam pendidikan. Oleh karena itu. peranan makanan bergizi pada masa ini adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan juga memelihara kemampuan otak. Pada masa remaja ini sering terjadi remaja perempuan melakukan die yang agak ketat . Jika pertumbuhan otak tidak normal. Sayangnya.sehingga hal ini jelas menimbulkan beban berat. Pesan utama agar perempuan tidak kekurangang gizi: 1. Jadi.laktasi dan menstruasi ) dan kebutuhan energi untuk bekerja. Bila anda memiliki halaman luas manfaatkan . .meningkatkan daya tahan tubuh untuk mencegah penyakit Jika pertumbuhan kurang baik atau kerdil akibatnya terjadi penurunan kapasitaskerja dan meningkatnya resiko reproduksi yang berbahaya bagi wanita.sebagai akibat kekuarangan zat besi...sehingga diharapkan pararemaja harus memperhatikan gizinya. Jika dayatahan tubuhnya rendah akan mengakibatkan rentan terhadap berbagai penyakit. karena keterbatasan waktu tidak jarang perempuan jarang makan dan kelelahan mengurangi nafsu makan. Masa bayi dan anak-anak : Untuk pertumbuhan.perempuan usia lanjut akan rentan atau mudah kena penyakit.

jantung. AIDS hanya diderita oleh kalangan homoseksual.yang akan mengakibatkan penyakit Degeneratif seperti kanker. Penyakit seperti jantung.tekanan darah tinggi. AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) Penyakit yang mematikan ini ditemukan pertama kali pada tahun 1980. Selain mewaspadai GIZI KURANG.diabetes juga akan mempengaruhi dalam reproduksi terutama padasaat hamil dan merupakan salah satu faktor kehamilan resiko tinggi. Jangan melakukan diskriminasi terhadap perempuan sejak bayi hingga dewasa dalam pemenuhan kebutuhan pangan bergizi. Homoseksual Seseorang yang hanya tertarik (secara seksual) pada sesama jenis kelamin.untuk menanam tanaman pangan yang bergizi. Sediakan menu seimbang dalam kehidupan keluarga Anda sesuai Pedoman Umum Gizi Seimbang. sekarang siapa saja bisa terkena. tekanan darah tinggi. Kanan Kiri Oke! Cervix Disebut juga leher rahim atau bagian bawah rahim yang digunakan untuk mengeluarkan bayi saat ibu melahirkan. Disebabkan pertama kali oleh virus HIV (Human Immudoficiency Virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Yang biasanya dipotong pada saat cowok disunat. perikanan dan peternakan. Ketika pertama kali ditemukan. Yaitu selaput tipis yang terdapat dalam liang vagina. Sebab lain penggunaan jarum suntik bekas (itu sebabnya pengguna obat-obatan terlarang mempunyai risiko tinggi). Pada masa-masa tertentu sesuai siklus kehidupan perempuan justru harus mendapatkan perhatian utama untuk pertumbuhan. Ejakulasi Keluarnya cairan semen dari penis cowok karena rangsangan atau kenikmatan saat melakukan hubungan seksual. Hymen Disebut juga selaput dara. 5. yaitu seseorang yang tertarik pada jenis kelamin yang berbeda alias normal. Foreskin Bagian kulit yang menutupi kepala penis (glans). meningkatkan kesehatan dan untuk kebutuhan melaksanakan fungsi reproduksi. Erogenous Zones Bagian tubuh yang peka terhadap rangsangan seksual. Heteroseksual Kebalikan dari homoseksual. yaitu soal-soal yang menyangkut organ seksual dan reproduksi. Misalnya pria pada pria. Dalam bahasa Jawa nya disebut Kulup. jangan lupa mewaspadai GIZI LEBIH. cara ini juga menjadi cara yang banyak dilakukan untuk pertimbangan keselamatan sang ibu. Ginekolog (Gynaecologist) Adalah dokter dengan spesialis pada kesehatan dan fungsi-fungsi tubuh wanita. transfusi darah dan ibu penderita ke janinnya. 3. diabetes. Bentuk dan . Istilah anak mudanya. Bagi kaum perempuan sendiri harus memiliki kesadaran pentiingnya memelihara kesehatan dan mencukupi makanan yang memenuhi gizi seimbang. Bisa di mana saja karena setiap orang berbeda-beda kepekaannya. 4. Selain karena belum menginginkan memiliki anak. Istilah – istilah Aborsi Aborsi adalah pengguguran kandungan yang dilakukan wanita karena berbagai alasan. Biseksual Ini merupakan kelainan seksual di mana seseorang bisa tertarik pada cowok tapi juga pada cewek. Penyebab terbesar penularan AIDS adalah lewat hubungan seksual. Bagian ini pulalah yang rentan sekali dimasuki segala bibit penyakit termasuk penyakit kanker yang mematikan.

Incest Hubungan seksual ilegal yang dilakukan oleh keluarga dekat seperti ortu pada anaknya. Menarche Haid pertama. Ginekolog. Kontrasepsi Alat dan cara yang digunakan untuk mencegah pembuahan dan kehamilan. Hubungan seksual ini dilarang oleh agama maupun hukum karena bisa menyebabkan lahirnya bayi cacat fisik dan mental. kemandulan. namun dari segi psikologi kegiatan ini bisa menimbulkan perasaan tertekan dan bersalah. yang biasanya terjadi pada usia 11-13 tahun. Dari sudut agama termasuk yang dilarang alias dosa. Ovarium Organ reproduksi wanita yang berfungsi mengeluarkan sel telur (ovum) sebulan sekali (ovulasi).ketipisannya bermacam-macam tapi selalu ada lubang untuk keluarnya darah menstruasi. Bisa terjadi pada pria maupun wanita. Peristiwa ini terjadi sebulan sekali selama 3-7 hari. Sel telur yang dihasilkan oleh ovarium dapat dibuahi oleh sperma. PHS . Tidak setiap selaput dara robek saat hubungan seks terjadi. Haid ini menandakan kematangan alat reproduksi wanita sehingga bisa hamil. Bila tidak dibuahi sel-sel telur itu maka akan ikut keluar saat menstruasi. Lesbian Adalah kalangan wanita yang tertarik pada sesama wanita disebut juga female homosexual. atau gangguan syaraf seperti mitos yang beredar. Misalnya saja. Caranya bermacammacam dan tergantung dengan keinginan Anda. Pada remaja biasanya sirkulasinya belum teratur. Labio Minora banyak mengandung pembuluh darah dan syaraf yang letaknya di belakang labia mayora. Progesteron Hormon seks wanita yang dihasilkan saat wanita memasuki masa puber. kakeknenek pada cucunya atau antara kakak dan adik kandung. Biasanya berlangsung antara 21-35 hari. Namun selaput dara dapat juga robek karena kecelakaan atau kegiatan olahraga yang berat. Menstruasi Haid/datang bulan yang merupakan peristiwa lepasnya lapisan dinding rahim yang banyak mengandung pembuluh darah karena tidak adanya pembuahan. Penis Organ seks pria yang berfungsi sebagai alat hubungan seksual dan sebagai saluran untuk menyalurkan sperma dan air seni. ini tergantung dari elastisitas otot selaput dara yang dimiliki. Masturbasi Kegiatan menyentuh bagian tubuh dengan tujuan untuk merangsang diri sendiri. Robeknya selaput dara ini umumnya terjadi karena hubungan seksual. Walaupun dari segi kedokteran masturbasi dinyatakan tidak menimbulkan kebutaan. kondom. dokter kandungan Labia Mayora Bagian terluar dari mulut vagina yang ditumbuhi bulu-bulu halus. kegilaan.

Spyhilis dan masih banyak lagi. Testosteron Hormon seks cowok yang dihasilkan saat seorang cowok memasuki masa puber. Mudah-mudahan dengan informasi istilah di atas. Herpes. OVARIUM Anatomi manusia (wanita) . Diantara penyakit hubungan seksual ini adalah AIDS. Dari sinilah keluarnya darah menstruasi dan bayi kalau kelak melahirkan. Gonorrhea. Jumlahnya dua buah dan terdapat dalam scrotum. Rahim Terletak di rongga panggul wanita. Penyakit Hubungan Seksual. yang bisa bertemu dengan sel telur dan dapat terjadi pembuahan. Virgin Adalah orang yang belum pernah melakukan hubungan seksual sebelumnya alias masih perawan. Sperma Sel Mikroskopik yang dihasilkan di testikel cowok.Atau yang sering disebut juga. Testis Tempat diproduksinya sperma. Scrotum Berupa kantung yang berguna untuk melindungi testis (tempat diproduksinya sperma) dan mengatur suhu testis agar relatif tetap. Sperma diproduksi setiap hari dengan bantuan testosteron. Titik Erogenous Zone Wanita Vagina Organ seks wanita yang berbentuk saluran (silender) dan bersifat elastis. Bisa terjadi bila melakukan hubungan seks yang tidak aman. Rahim ini tempatnya tumbuh dan tinggal calon bayi (janin) waktu seorang ibu sedang mengandung. Semen Cairan yang dikeluarkan dari penis cowok yagn mengandung jutaan sperma. kita tidak sungkan lagi untuk berbicara tentang seks supaya nggak salah kaprah.

Pada kebanyakan mamalia. Rahim ditahan pada tempatnya oleh beberapa ligamen. Organ reproduksi dalam pada wanita Ovarium berfungsi mengeluarkan hormo steroid dan peptida seperti estrogen dan progesteron. Sebagian besar burung hanya memiliki satu ovarium yang dapat berfungsi dengan baik. Estrogen dan progesteron berperan dalam persiapan dinding rahim untuk implantasi telur yang telah dibuahi. mempunyai dua buah ovarium yang berfungsi memproduksi sel telur dan mengeluarkan hormon. termasuk manusia. Setelah sel telur diovulasikan. Kedua hormon ini penting dalam proses pubertas wanita dan ciri-ciri seks sekunder. ovum yang sudah matang akan dilepaskan dari sel folikel dan dikeluarkan dari ovarium. Rahim ditempatkan di pelvis dan dorsal (dan biasanya agak kranial) ke kandung kemih dan ventral ke rektum.Ovarium atau indung telur adalah kelenjar kelamin betina pada hewan dan manusia. disambung di kedua pihak dengan tabung Fallopian. Sel ovum siap untuk dibuahi oleh sel spermatozoa dari pria. kambing dan kuda mempunyai rahim bipartite atau "bertanduk". yang dianggap badan rahim. dilepaskan atau menyerap kembali. Rahim terdapat dalam berbagai bentuk dan ukuran di organisme yang berbeda. Pada masa pubertas. sel telur akan melakukan implantasi pada dinding uterus dan brkembang menjadi sebuah proses kehamilan. ukuran garis tengahnya adalah beberapa sentimeter. Selain itu juga berperan dalam memberikan sinyal kepada kelenjar hipotalamus dan pituitari dalam mengatur sikuls menstruasi. maka dapat terjadi kehamilan ektopik. Pada mamalia lain . Jika dibuahi oleh sperma di (tuba fallopi). membuka ke dalam vagina. Jika pembuahan tidak terjadi di tuba fallopi. bibir rahim. dan ular memiliki dua ovarium yang tersusun berbaris. dapat terjadi di tuba fallopi sendiri. Fungsi Di dalam setiap ovarium terjadi perkembangan sel telur (oogenesis). Salah satu ujungnya adalah serviks. maka akan masuk ke tuba fallopi dan bergerak pelan menuju rahim. Perkembangan janin pada kehamilan ektopik. dan ujung satunya yang lebih luas. Di luar kehamilan. Pada manusia adalah berbentuk buah pir. Rahim kebanyakan terdiri dari otot. perkembangan oogenesis dari oogonium menjadi oosit terjadi pada embrio dalam kandungan dan oosit tidak akan berkembang menjadi ovum sampai dimulainya masa pubertas. UTERUS Rahim atau uterus adalah organ reproduksi betina yang utama pada kebanyakan mamalia. di mana kehamilan tidak terjadi di rahim. Proses pelepasan dari ovarium disebut ovulasi. Pada makhluk vertebrata termasuk manusia. Pada manusia. Lepasnya lapisan endometrial pada manusia disebabkan oleh menstruasi (dikenal dengan istilah "datang bulan" seorang wanita) sepanjang tahun-tahun subur seorang wanita. jika tak ada kehamilan terjadi. endometrium membuat lapisan pada waktu-waktu tertentu yang. bahkan ovarium. yang apaabila berhasil bergabung akan membentuk zigot. Lapisan permanen jaringan itu yang paling dalam disebut endometrium. termasuk manusia. Di dalam proses ini sel telur akan disertai dengan suatu kelompok sel yang disebut sel folikel. Beberapa organisme seperti kelinci.

adalah dua buah saluran yang sangat halus yang menghubungkan ovarium mamalia betina dengan rahim. tampilan samping. yang dikenal juga sebagai oviduk. Fungsi dalam pembuahan Ketika sebuah ovum berkembang dalam sebuah ovarium.) TUBA FALLOPI Tuba Fallopi.mungkin ada siklus yang panjang selama enam bulan atau sesering beberapa hari saja. membuat ovum dapat berpindah dan memasuki Tuba Fallopi. Di kehamilan pun rahim manusia beratnya hanya sekitar sekilogram (2. ia diselubungi oleh sebuah lapisan yang dikenal dengan nama follikel ovarium. folikel dan dinding ovarium akan runtuh. dan berasal makanan dari pembuluh darah yang berkembang secara khusus untuk maksud ini.2 pon) Tuba fallopi Gambaran tampilan depan anatomi perempuan Uterus dan sekitarnya. rahim didorong sebagian ke dalam perut sampai perluasannya selama kehamilan. Daftar isi     1 Anatomi 2 Fungsi dalam pembuahan 3 Etimologi dan nomenclature 4 Gambar tambahan Anatomi Pada manusia. Dari sana perjalanan dilanjutkan ke arah . berkembang menjadi fetus dan gestates sampai kelahiran. Ovum yang dibuahi menjadi embrio. Pada saat ovum mengalami kematangan. Fungsi utama rahim menerima pembuahan ovum yang tertanam ke dalam endometrium. Karena rintangan anatomis seperti pelvis. Tuba Fallopi panjangnya berkisar antara 7 hingga 14 cm. (Tuba fallopi terlihat pada kanan atas dan kanan bawah.

Gambar tambahan Broad ligament of Sectional plan of the adult. Jika ovum dibuahi ketika berada di dalam Tuba Fallopi. monotrem. Anatomi reproduksi internal perempuan. yang merupakan pertanda terjadinya kehamilan.rahim. showing gravid uterus in the third and fourth month. ahli anatomi Italia. Vagina (dari bahasa Latin yang makna literalnya "pelindung" atau "selongsong") atau puki[1] adalah saluran berbentuk tabung yang menghubungkan uterus ke bagian luar tubuh pada mamalia dan marsupilia betina. of vagina. Potongan longitudinal dari Uterus and right broad ovarium sebuah embrio ligament. yang lebih dikenal dengan "kehamilan di luar kandungan". VAGINA Posisi vagina di rangkaian sistem reproduksi wanita. Perjalanan ini menghabiskan waktu berjam-jam atau bahkan berhari-hari. Terkadang embrio bukannya menempel pada rahim namun menempel pada Tuba Fallopi sehingga menghasilkan kehamilan ektopik. Gabriele Falloppio. dilihat dari belakang. epoöphoron. atau ke kloaka pada burung betina.4 cm. dilihat dari belakang. Rahim dan saluran uterine. Etimologi dan nomenclature Saluran/tuba ini dinamakan berdasarkan penemunya. maka ia akan menempel secara normal di dalam endometrium ketika mencapai rahim. dan beberapa jenis . dengan bantuan pergerakan dari cilia pada bagian dalam tuba/saluran ini.. G Arteri-arteri dari organorgan reproduksi Posterior half of uterus and upper part perempuan. kucing berukuran sepanjang 9.

Pada wanita siklus menstruasi rata-rata terjadi sekitar 28 hari. hal ini biasanya terjadi setiap bulan antara usia pubertas dan menopause. Periode ini penting dalam reproduksi. terkadang siklus terjadi setiap 21 hari hingga 30 hari . Serangga dan beberapa jenis invertebrata juga memiliki vagina.reptil. ^ Di Malaysia sering disebut dengan istilah faraj pula Menstruasi Siklus menstruasi Menstruasi atau haid adalah perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi. Selain manusia. sementara binatang-binatang menyusui lainnya. yang disebut sebagai siklus estrusi. Pada manusia. yang merupakan bagian akhir dari oviduct. Catatan kaki 1. walaupun hal ini berlaku umum tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang sama. periode ini hanya terjadi pada primata-primata besar.

Biasanya jangka waktu antara ovulasi dan menstruasi berikutnya tidaklah berbeda jauh. Meskipun ada yang mengusulkan untuk membuat catatan menstruasi selama setahun (menogram). Perhitungannya : 26-18 = 8 dan 32–11 = 21.Ovulasi hanya terjadi satu hari saja dalam satu siklus dan bila tidak terjadi kehamilan. 27 hari kemudian dibuat rata-ratanya. Jika siklus terpendek 26 hari dan siklus terpanjang 32 hari. perhitungan menjadi tidak akurat dan kemungkinan besar gagal. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus menstruasi dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Untuk yang siklus menstruasinya tidak teratur dapat menggunakan data siklus menstruasi selama 6 bulan (6 siklus). Masa subur berkaitan erat dengan menstruasi dan siklus menstruasi. Hitung masa subur! Selain perubahan fisik. dr. Caranya mudah yaitu dengan menuliskan pada buku diary atau dengan memberi tanda pada kalender menggunakan spidol berwarna. Perhitungan masa subur ini akan efektif bila siklus menstruasinya normal yaitu 21-35 hari. Jika rata-ratanya menghasilkan 28 hari yang berarti kondisi normal. lamanyanya siklus menstruasi bergantung pada variasi waktu sejak awal siklus sampai ovulasi. jadi masa suburnya adalah mulai hari ke-8 sampai ke 21 dari hari pertama menstruasi. masa subur ini dapat dihitung di atas kertas. Tandai hari pertama menstruasi yaitu hari pertama siklus dimana keluar bercak-bercak kecoklatan sampai kemerahan. maka masa suburnya akan terjadi pada 14 hari sebelum hari pertama menstruasi yang akan datang bulan berikutnya. Dalam menghitung masa subur diperlukan siklus menstruasi bulanan. Namun tidak ada salahnya jika mau mencoba. Anda sebaiknya membuat catatan mengenai siklus menstruasi secara teratur setiap bulannya. Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus menstruasi dikurangi 18. . 30 hari. Hari-hari selanjutnya diberi nomer namun tidak termasuk hari pertama menstruasi berikutnya. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur. 2 minggu kemudian diikuti oleh masa menstruasi. Jika anda memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur atau tidak normal. Boy Abidin menyebutkan bahwa dibutuhkan minimal pola menstruasi 3 bulan terakhir misal 28 hari. Sebagaimana digambarkan di bawah ini.

pendek. lurus. Pematangan folikel ini akan meningkatkan produksi esterogen. Merencanakan kehamilan Dengan mengetahui masa subur. kelenjar pituitari distimulasi untuk menghasilkan luteinizing hormone (LH) yang meningkat cepat yang kemudian akan menimbulkan ovulasi (pecahnya folikel yang matang dan mengeluarkan ovum) dalam 36 jam kemudian. susuk. dengan lendir serviks yang transparan dan elastis. Hasil kadar LH melalui darah lebih akurat karena mengukur secara kuantitatif dibandingkan melalui urin yang menggunakan metode kualitatif. kehamilan mungkin terjadi pada setiap waktu pada masa subur tetapi hubungan intim paling mungkin akan menghasilkan kehamilan pada hari-hari di mana terdapat lendir serviks dengan kesuburan tinggi. spiral. yang memproduksi progesteron. Tentunya akan mengakibatkan ketidaknyamanan. 2. Namun. kadang efek samping pemakaian kontrasepsi ini yang tidak . Hari puncak hari terakhir ketika lendir yang subur ada sering bersamaan dengan waktu ovulasi. Ani. Kenaikan kadar LH yang tinggi sesaat sebelum ovulasi dapat digunakan sebagai indikator untuk mengetahui masa sebelum ovulasi terjadi. jika anda tidak seberuntung Ani dan jika dalam 6 bulan setelah melakukan hubungan intim secara teratur dalam masa subur namun tidak terjadi kehamilan. Kelenjar pituitari pada dasar otak akan mengeluarkan FSH yang akan merangsang pematangan folikel di ovarium (indung telur). kondom. Pada fase sebelum ovulasi dikontrol oleh folicle stimulating hormone (FSH) dan estrogen. Di bawah pengaruh progesteron terjadi perubahan-perubahan yang menunjukkan masa tidak subur seperti hilangnya lendir. karena dibutuhkan pemeriksaan darah berkali-kali sampai diperoleh kadar LH yang tinggi. Setelah ovulasi. serviks tinggi. anda juga bisa berhasil hamil seperti Ani. yaitu dengan cara: 1. Setelah menikah selama 3 tahun. Pergeseran suhu menyakinkan bahwa ovulasi sedang terjadi. menilai kejadian dan waktu terjadinya ovulasi memprediksikan hari-hari subur yang maksimum mengoptimalkan waktu untuk melakukan hubungan intim untuk mendapatkan kehamilan membantu mengindentifikasi sebagian masalah infertilitas Pada pasangan yang normal. dan lain-lain. dan terbuka dan mengalirkan lendir yang subur. Jumlah lendir subur paling banyak terjadi pada satu atau dua hari sebelum hari puncak dan merupakan waktu dengan tingkat kesuburan yang tinggi. Bukan tidak mungkin. Ketika esterogen mencapai tingkat tertentu dalam darah. Kadar LH dapat dideteksi melalui darah dan urin. wanita cantik berusia 33 tahun ini mengaku telah berhasil memanfaatkan masa suburnya untuk bisa hamil. sebaiknya konsultasi ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Fase setelah ovulasi dikontrol oleh progesteron. Kadar LH dalam darah dapat diperiksa melalui tes laboratorium. Mencegah kehamilan Banyak alat kontrasepsi yang tersedia untuk mencegah kehamilan seperti IUD.LH. hormon penanda masa subur Siklus menstruasi dikendalikan oleh lingkaran siklus hormon seks wanita. 4. akhirnya Ani hamil dan pada bulan Januari 2006 lalu melahirkan seorang bayi perempuan. Namun. 3. Namun. sedangkan kadar LH dalam urin dapat diperiksa melalui alat tes kesuburan berupa strip. Untuk memudahkan. pil. terdapat sensasi basah atau licin pada vulva. lembek. anda berisiko akan disuntik dan diambil darahnya berkali-kali juga. siklus ini dibagi dalam 2 fase yaitu fase sebelum ovulasi dan fase setelah ovulasi. tentu akan bermanfaat bagi pasangan yang bermasalah dalam mendapatkan keturunan. Pada waktu tingkat kesuburan maksimum. LH menyebabkan pecahnya folikel yang kemudian folikel tersebut akan berkembang menjadi korpus luteum.

Pendekatan dengan kombinasi berbagai indikator. rasa nyeri sampai perdarahan. Jika ingin menunda kehamilan. umumnya kombinasi suhu dan lendir merupakan metode yang sangat efektif. Cara lain yang cukup digemari pasutri adalah sanggama terputus. bahkan bila dilakukan dengan benar dapat mencegah kehamilan hingga 98%. Tentu hal ini tergantung dari kebiasaan dan disesuaikan dengan kenyamanan pasutri MONITOR SIKLUS MENSTRUASI . Untuk yang ingin menghindari efek samping kontrasepsi. maka hindari berhubungan intim pada masa subur sang istri atau menggunakan pelindung seperti kondom. Meskipun sekarang sudah ada metode kontrasepsi yang minim efek samping. sakit kepala.disukai wanita. bisa mencoba cara alami dengan memanfaatkan masa subur. badan bertambah gemuk. Mulai dari wajah berjerawat.

ASI Makanan campuran yang ideal untuk bayi / anak dibawah usia 1 tahun mengandung 6 kelompok adalah sebagai berikut: 2.hari. Jenis ini diperlukan juga oleh bayi untuk memenuhi kebutuhan protein yang sangat penting untuk pertumbuhan. . kacang merah dll.6.kacangan ini meliputi kacang tanah. kacang kedelai. 2.Kanker Rahim : Cara membuat MP-ASI : Bahan .2.2 Jenis kacang-kacangan Kacang .6.1 Makanan Pokok Makanan pokok adalah makanan yang dikonsumsi dalam jumlah yang paling banyak dibandingkan jenis makanan lainnya dan mengandung zat tepung sebagai sumber tenaga untuk aktivitas sehari .2.bahan MP. kacang hijau.

6. Contoh : Dengan mengukus / merebus sampai lunak di cincang lalu dicampurkan ke bubur. tidak berbau daun. 2.5 Buah – buahan Pilih yang masak dan pastikan tidak masam. saat umur 8 bulan bisa langsung dimakan tanpa dihaluskan. . susu beserta hasil olahan seperti keju. makanan jadi lebih lunak dan mudah ditelan Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) Pengertian MP-ASI adalah makanan atau minuman yang mengandung gizi diberikan kepada bayi/anak untuk memenuhi kebutuhan gizinya. 2. Selain mengandung vitamin dan mineral.2.6.2.4 Sayuran berwarna Karena organ pencernaan bayi belum sempurna sebaiknya di pilih sayuran yang lunak. telur. Bahan pangan hewani yang baik untuk bayi antara lain daging sapi.6. MP-ASI diberikan mulai usia 4 bulan sampai 24 bulan. ikan segar.6 Lemak dan Minyak Lemak dan minyak diperlukan bayi karena mengandung energi yang tinggi dan memberikan rasa gurih. 2. Umur 6 bulan buah harus dihaluskan dan diambil sarinya saja. bergizi tinggi dan sangat baik sebagai campuran makanan bayi.6.2. 2.Agar bayi menyukai rasa kacang maka pemberian awal dapat dicampur dalam bubur kemudian secara bertahap pasti ditinggalkan. sebaiknya dipilih buah yang berwarna jingga seperti halnya sayuran.2.3 Bahan pangan hewan Hampir semua bahan makanan / pangan berasal dari hewani. tidak menimbulkan rasa merangsang. pisang pun mengandung karbohidrat. susu asam.

6x / hari .Bubur / roti . Cara Pemberian MP. bayam) .ASI pada bayi     Berikan secara hati-hati sedikit demi sedikit dari bentuk encer kemudian yang lebih kental secara berangsur . Pengenalan dan pemberian MPASI harus dilakukan secara bertahap baik bentuk maupun jumlahnya. mengandung vitamin dan mineral dalam jumlah yang cukup.Sayuran (wortel.ASI .12x / hari Kapan diminta 1 . Makanan yang dapat menimbulkan alergi diberikan paling terakhir dan harus dicoba sedikit demi sedikit misalnya telur.Memiliki nilai suplementasi yang baik.angsur.Nilai gizi dan kandungan proteinnya tinggi.Buah – buahan 3x / hari .Bubur : bubur Havernout/ bubur tepung beras merah . . cara pemberiannya kuningnya lebih dahulu setelah tidak ada reaksi alergi. Pada pemberian makanan jangan dipaksa. sesuai dengan kemampuan pencernaan bayi/anak.ASI Kapan diterima .ASI . sebaliknya diberikan pada waktu lapar Jenis Jenis MP-ASI Umur Bayi 0 .Buah-buahan . sedangkan ASI yang dihasilkan kurang memenuhi kebutuhan gizi.2x / hari Kira-kira 7 bulan . Makanan diperkenalkan satu persatu sampai bayi benar-benar dapat menerimanya.Sebaiknya dapat diproduksi dari bahan-bahan yang tersedia secara lokal. .Hati ayam / kacang . MP-ASI merupakan makanan peralihan dari ASI ke makanan keluarga. kebutuhan akan zat gizi semakin bertambah karena tumbuh kembang.Air tajin . . maka hari berikutnya putihnya.4 / 6 bulan Kira-kira 6 bulan Jenis makanan ASI .Dapat diterima dengan baik.Bubur lunak / sari buah Berapa kali sehari 10 .Semakin meningkat usia bayi/anak.Daging / kacang-kacangan/ ayam/ ikan Beras merah/ labu/jagung kentang/ Kira-kira 9 bulan Kapan diterima 4 .Minyak / santan / advokad .kacangan .Bersifat pada gizi Kandungan serat kasar / bahan lain sukar dicerna terlalu banyak justru akan mengganggu pencernaan bayi. .Beras merah / ubi . Persyaratan MP ASI Kriteria yang harus dimiliki oleh MP-ASI adalah sebagai berikut: . Pemberian MP-ASI yang cukup dalam hal kualitas dan kuantitas penting untuk pertumbuhan fisik dan perkembangan kecerdasan anak yang bertambah pesat pada periode ini.

melalui kegiatan ini pula diberikan informasi pengetahuan tentang Kesehatan Reproduksi. minuman keras. Bukankah remaja merupakan harapan bangsa yang pada gilirannya akan menerima estafet kepemimpinan bangsa dan negara. maka Program after shcool pada PIK KRR disosialisasikan pada remaja khususnya anak sekolah dan remaja. Hal ini perlu segera diberikan kepada remaja karena remaja tidak akan terlepas dari berbagai fenomena dan permasalahan pada remaja itu sendiri seperti : terlibat Narkoba. juga termasuk didalamnya berbagai informasi lain seperti perkembangan psikologi maupun pertumbuhan phisik. Program ini memberikan berbagai pelayanan pada remaja untuk membantu mereka agar memiliki status kesehatan reproduksi yang baik.Jeruk Kira-kira 12 bulan/ lebih Kesehatan reproduksi Remaja : Remaja adalah individu yang berada pada masa transisi antara masa kanak-kanak menuju ke masa dewasa.Makanan pada umumnya.sari buah tanpa gula . termasuk didalamnya pengetahuan tentang Pendewasaan Usia Kawin ( PUK ). Guna untuk memiliki dan menambah Pengetahuan Sikap dan Perilaku (PSP) yang positif bagi remaja terhadap proses kehidupan reproduksinya. pemerkosaan / pelecehan sex serta sex bebas sampai pada Kehamilan Tidak Diinginkan (KTD) yang semakin marak menjadi permasalahan serius bagi remaja. termasuk telur dengan kuningnya . Pelayanan Konseling dan Pendidikan Ketrampilan hidup yang sehat. salah satu diantaranya untuk remaja putri datangnya menstruasi dan mimpi basah bagi remaja putra dll.Kacang tanah ..ASI Kapan diterima . . namun ada beberapa definisi mengenai remaja itu sendiri.Minyak / santan/ advokat . Batasan usia biasanya dipakai dalam gambaran remaja.

melainkan karena disebabkan adanya dorongan seksual yang tidak terkontrol dan keinginan untuk mencoba-coba.Loncat-loncat setelah berhubungan seks tidak akan menyebabkan kehamilan. 11 Mitos Seks Yang Masih Dipercaya Remaja Remaja bicara seks? Ini bukan sesuatu yang baru lagi. jadi bukan informasi yang benar. Jadi. tidak selalu hubungan seks yang pertama kali itu keliahatan berdarah. 2. Rasa sayang kita dengan pacar bisa ditunjukkan dengan cara lain. selaput dara juga bisa robek karena melakukan olah raga tertentu seperti naik sepeda dan berkuda. berhubungan seks bukan cara untuk menunjukan kasih sayang pada saat masih pacaran. ini dia sebelas mitos diantara banyak mitos lainnya: 1. Semua itu kok bisa ya dipercaya oleh remaja kita? Berikut ini adalah sebagian mitos-mitos seksualitas yang banyak beredar di sekitar remaja kita hasil dari inventarisasi lembaga KISARA (Kita Sayang Remaja) dan mungkin juga menjadi pendapat kita selama ini. Jadi tugas kita semua buat meluruskannya sesuai fakta sesungguhnya. mitos itu adalah informasi yang keliru. 4. Bisik-bisik diantara remaja soal lutut yang kopong dan cara jalan yang bisa menggambarkan status keperawanan. malah ada juga perempuan yang sudah . Apabila komunikasi seksual terjalin dengan baik dan hubungan seksual dilakukan dalam keadaan siap dan disertai foreplay yang cukup bisa tidak memunculkan adanya perdarahan. Banyak sekali mitos-mitos yang masih dipercaya. atau kalaupun ada.Ada 3 Materi Utama ( Triad KRR ) yang diberikan adalah tentang Seksualitas. Faktanya. Tetapi sumber informasi seks yang benar memang masih belum banyak diketahui. 3. Ingat. HIV AID’S dan NAPZA semuanya itu bermuara terhadap kualitas remaja dan keturunannya nanti. yang bisa jadi membawa remaja makin jauh dari jangkauan informasi yang benar tentang seksualitas dan kesehatan reproduksi. robeknya selaput dara belum tentu karena hubungan seks. Oke.Berhubungan seks dengan pacar merupakan bukti cinta Faktanya. remaja masih kesulitan untuk mengaksesnya. tetap ada kemungkinan untuk terjadinya pembuahan atau kehamilan. Faktanya. Selaput dara merupakan selaput kulit yang tipis yang dapat meregang dan robek karena beberapa hal.Hubungan seks pertama kali selalu ditandai dengan keluarnya darah dari vagina. Selain karena melakukan hubungan seks. termasuk aktivitas seksual yang sudah dijalani oleh sebagian remaja. maka spermatozoa akan mencari sel telur yang telah matang untuk dibuahi. ketika spermatozoa sudah memasuki vagina. Sehingga yang banyak beredar adalah informasi-informasi yang tidak tepat tentan kesehatan reproduksi dan seksualitas remaja. Loncat-loncat tidak akan mengeluarkan spermatozoa. sudah sering kita dengar.Selaput dara yang robek berarti sudah pernah melakukan hubungan seksual atau tidak perawan lagi Faktanya tidak selalu demikian. Karena itu.

Sering masturbasi bisa membuat mandul Faktanya. Dorongan seksual perempuan sering disebut-sebut lebih kecil dari laki-laki kerena lingkungan menganggap perempuan yang mengekspresikan dorongan seksualnya adalah perempuan yang “nakal atau kurang baik” . seperti perasaan bersalah. Jadi hanya dari pemeriksaan khususlah yang memungkinkan diketahuinya selaput dara robek atau tidak serta kemungkinan penyebabnya. Dan ini sangat wajar dan seimbang baik pada laki-laki maupun perempuan. 8. berdosa dan kadarnya berbeda-beda bagi setiap orang. mendengar. Mitos-mitos tersebut ternyata memang sudah hidup subur di masyarakat. Kemandulan justru biasanya akibat dari IMS (infeksi menular seksual) atau penyakit lainnya seperti kanker atau karena sebab fisik lainnya misalnya kualitas sperma yang kurang baik. Kalau kita masih terpengaruhi .Dorongan seksual laki-laki lebih besar daripada perempuan.Perempuan yang berdada besar dorongan seksualnya besar. Pengaruh mitos-mitos tersebut masih sangat kuat. Justru pada perempuan. menstruasi adalah proses pendarahan yang disebabkan luruhnya dinding rahim sebagai akibat tidak adanya pembuahan. Mungkin setelah masturbasi. tidak ada hubungan langsung antara ukuran payudara dengan dorongan seksual seseorang. Hanya saja keperawanan kembali lagi bukan cuma fisik. Sekarang tergantung kepada diri remajanya masing-masing.Minuman bersoda akan dapat mempercepat selesainya menstruasi. 7. 11. Faktor yang mempengaruhi dorongan seksual antara lain kepribadian. dan pengalaman seksual. jadi bukan karena lututnya jadi kosong. keperawanan tidak bisa dilihat dari bentuk pinggul atau cara jalan. masturbasi tidak menyebabkan lutut menjadi kopong. dari sisi psikososial yang mengacu pada apakah seseorang perempuan sudah pernah melakukan hubungan seks atau belum. tetapi keperawanan bukan berarti segalanya di hari begini. Pengaruh masturbasi biasanya bersifat psikologis. Secara medis. karena masturbasi mengeluarkan banyak energi. Faktanya. Itulah yang membuat menjadi lemas. bagi yang memandang dari sisi fisik saja (ini berkaitan dengan selaput dara). Resiko fisik biasanya berupa kelelahan. Ini sebaiknya yang dijadikan acuan. biasanya timbul rasa lelah. karena mereka yang akan menjalaninya nanti. jika mencuci bagian dalam vagina terlalu sering akan mempertinggi resiko terkena keputihan karena sabun dapat mengurangi kadar keasaman permukaan vagina yang sebetulnya berfungsi untuk membunuh kuman-kuman normal yang ada. Sakit tidaknya atau lancar tidaknya menstruasi seseorang selain dipengaruhi oleh hormon juga dipengaruhi faktor psikis. bukan karena minum minuman bersoda. Faktanya tidak seperti itu.IMS dapat dicegah dengan mencuci alat kelamin. bahkan juga di antara para remaja yang justru lagi giat-giatnya mencari informasi tentang seks dan kesehatan reproduksi. Kedua. Dorongan seksual itu ditentukan oleh kepribadian. Spermatozoa tidak diproduksi dan tidak disimpan di dalam lutut. baik melalui lembaga formal seperti sekolah. secara medis masturbasi tidak menggangu kesehatan fisik selama dilakukan secara aman (tidak sampai menimbulkan luka atau lecet). Hal itu terjadi karena tidak lengkapnya informasi tentang kesehatan reproduksi yang bisa diakses oleh remaja. 10. atau merasakan suatu rangsangan seksual). 6. Apakah akan menelan mentah-mentah mitos tersebut ataukah akan mencermatinya lebih lanjut guna memastikan kebenarannya. pola sosialisasi. tapi hanya bisa diketahui melalui hasil pemeriksaan dokter. pola sosialisasi. sementara laki-laki tidak pernah dipermasalahkan.Keperawanan dapat ditebak dari cara berjalan dan bentuk pinggul Faktanya. Keperawanan kadang dipandang dari 2 sisi. dorongan seksual merupakan hal yang alamiah muncul pada setiap individu pada umumnya dimulai saat ia menginjak masa pubertas (karena mulai berfungsinya hormon seksual). melainkan di testis. keluarga atau masyarakat pada umumnya.Masturbasi bisa menyebabkan lutut kopong Faktanya. Faktanya. Banyak yang mempercayainya sehingga tidak jarang kita temui kasus-kasus yang berkaitan dengan kesehatan reproduksi bermula dari keyakinan dari mitos-mitos tersebut. 9. dan pengalaman seksual (melihat.menikah dan berhubungan seks berkali-kali tapi selaput daranya masih utuh dan tidak koyak karena selaput daranya elastis. Faktanya tidak ada sabun atau desinfektan apa pun yang dapat mencegah IMS. 5.

YPKP mengadakan Pelatihan perdana di empat wilayah (Jakarta. jangan goyah. Bidan senior (anggota IBI & dosen). silakanlah tetap yakin dengan kebenarannya. MA (Yayasan Pendidikan Kesehatan Perempuan) dengan melibatkan beberapa narasumber dari DEPKES RI.625 bidan tidak akan memperpanjang kontraknya. para lulusan bersedia terikat kontrak selama 7 tahun untuk kembali ke daerah asal mengabdikan ilmunya dan bersama masyarakat meningkatkan kualitas kesehatan ibu dan anak di desanya masing-masing.dengan mitos-mitos diatas. Malang. Malang dan Jambi). Sebagai tindak lanjut.625 desa akan kehilangan tenaga bidan.000 bidan pada tahun 2000. Sesuai dengan kesepakatan dengan YPKP. Panduan yang digunakan pada training ini adalah: (a) Buku saku untuk pendidik sebaya dan peserta. Bandung. Dan bagi yang sudah mengetahui fakta yang sebenarnya. Yayasan Pendidikan Kesehatan Perempuan (YPKP) adalah sebuah lembaga nirlaba yang bergerak di bidang pengembangan pendidikan kesehatan.Hingga akhir tahun 2007. serta memberikan beasiswa kepada 88 perempuan dari 11 Provinsi di Indonesia dengan kriteria berlatarbelakang keluarga tidak mampu dari daerah terpencil dan memiliki kekerabatan dengan dukun bayi untuk melanjutkan pendidikan D3 kebidanan pada empat Poltekkes tersebut. Malang dan Jambi) dengan topik ″ Bidan Sebagai Pendidik Sebaya Kesehatan Reproduksi Remaja”. khususnya kesehatan reproduksi perempuan. Artinya sebanyak 17. . 80 mahasiswi penerima beasiswa telah menyelesaikan pendidikannya. Ninuk Widyantoro (Yayasan Kesehatan Perempuan) & Herna Lestari. Bandung dan Jambi). IBI dan LSM Perempuan mencoba untuk mengimplementasikan pilot program uji coba integrasi gender dan hak-hak reproduksi ke dalam kurikulum D3 kebidanan di empat Poltekkes (Jakarta. Pemberdayaan Bidan Muda untuk Meningkatkan Situasi Kesehatan Seksualitas dan Kesehatan Reproduksi Remaja serta Melibatkan Peran Serta Laki-laki I. Guna meningkatkan kemampuan para bidan baru tersebut. serta Pegawai Puskesmas asal wilayah masing-masing alumni tersebut sebagai observer. (b) Buku panduan pendidik sebaya. Alumni bidan YPKP b. Program Bidan di Desa (BDD) berhasil meningkatkan jumlah bidan hingga mencapai 55. Bandung. Dalam program tersebut akan diadakan training setahun 2 kali yang akan diikuti oleh alumni tersebut dengan melibatkan bidan koordinator di wilayah kerja mereka saat ini. dan (c) Buku fasilitator (modul pelatihan). Pegawai Dinas Kesehatan. Pelatihan ini berlangsung 5 hari (jadwal terlampir) melibatkan: a. Pada pelatihan perdana ini sebagai fasilitator adalah Dra. Peduli masalah diatas. Bahkan cobalah ikut serta untuk menginformasikan fakta-fakta ini ke rekan-rekan remaja yang lainnya sehingga semakin banyak remaja yang mengerti dan makin bertanggung jawab dengan segala perilaku dan pilihannya. Lembaga Swadaya Masyarakat dan Dosen Jurusan Kebidanan 4 Poltekkes (Poltekkes Jakarta. YPKP bermitra dengan PUSDIKNAKES Depkes RI. diperkirakan sebanyak 17. yang rugi ya diri kita sendiri. Pelatihan Bidan sebagai Pendidik Sebaya Bidan memegang peranan yang sangat besar sebagai tenaga kesehatan terdepan di masyarakat. YPKP mengembangkan program ”Pemberdayaan Bidan Muda untuk Meningkatkan Situasi Kesehatan Seksualitas dan Kesehatan Reproduksi Remaja serta Melibatkan Peran Serta Laki-laki” yang akan diimplementasikan di wilayah asal masing-masing bidan baru tersebut. Namun pada tahun 2004.

Hal ini terlihat dari tingginya persentase responden yang tahu cara penularan. Mereka khawatir jika pengetahuan ditambah. perilaku mereka cukup “menyita” perhatian orang tua dan masyarakat pada umumnya. ada juga orang tua yang menganggap bahwa remaja akan tahu tentang seks dan kesehatan reproduksi dengan sendirinya tanpa perlu diberitahu oleh siapapun. mulai tertarik dengan lawan jenis. tercatat 174 kasus tambahan di DKI Jakarta. Hal yang sama ditemukan pada pengetahuan responden tentang alat kontrasepsi. dan lebih dari separuhnya minum paling sedikit seminggu sekali. dimana lebih dari 18 persen berhubungan seks dengan Pekerja Seks Komersial (PSK). Pada masa tersebut. Sementara itu hanya 4 persen responden yang pernah pacaran mengaku pernah berhubungan seks (laki-laki lebih banyak). Bentuk narkoba yang dikonsumsi terbanyak berbentuk daun (ganja). Walaupun rendah. baik di propinsi DKI Jakarta maupun lainnya. 3. masa pubertas.5 persen responden yang mengaku pernah meraba alat kelamin pacarnya. dan konselor terlatih untuk memberikan informasi tersebut kepada remaja. terdapat 12. yaitu antara 20-29 tahun. dan berpacaran. mereka mengalami berbagai macam proses terkait dengan kesehatan reproduksi. Selain itu. Survei yang memiliki responden sebanyak 2271 orang ini menghasilkan beberapa temuan terkait dengan perilaku beresiko terhadap kesehatan reproduksi remaja sbb: 1. Selain itu. ternyata ada 13 persen responden pernah berhubungan seks. Namun angka diatas lebih rendah dibanding angka nasional. Pengetahuan tentang HIV/AIDS mayoritas responden cukup baik. tertangkap adanya untuk berdiskusi seputar kesehatan reproduksi bersama anak-anaknya. Umumnya. seperti merokok. Sementara itu.3 persen siswa perempuan pernah berhubungan seks. minum minuman keras (miras). Auditorium Nyi Ageng Serang. dimana 88 diantaranya disebabkan oleh IDU. Melihat fakta diatas. serta stigma tabu akan topik-topik kesehatan reproduksi masih menjadi kendala remaja. di kelompok umur 15-19 tahun. yaitu 5 persen remaja laki-laki & kurang 1 persen remaja perempuan (SKRRI 2002-2003). Terkadang rasa malu atau takut. angka-angka perilaku beresiko remaja diatas masih terlihat cukup rendah. ternyata hanya 8 persen responden yang menggunakan alat kontrasepsi dan mayoritas adalah kondom. Pada triwulan Januari-Maret 2006 saja. dimana mayoritas responden perempuan tahu cara pakai pil. dan seks bebas. Terdapat 14 persen responden pernah minum miras. mimpi basah. 2. Dari hasil wawancara mendalam yang dilakukan pada orang tua anak remaja dalam survei yang sama ditemukan masih ada orang tua yang tidak mengerti topik kesehatan reproduksi seperti periode masa subur dan pengaruh perilaku beresiko pada kesehatan reproduksi. Angka ini lebih tinggi bila dibandingkan dengan studi BSS tahun 2002 dengan responden siswa SMU di Jakarta Pusat dimana 8. Pada saat berpacaran.9 persen siswa laki-laki & 5. pencegahan dan tempat tes HIV/AIDS. tetapi persentase di atas menunjukkan bahwa hanya sedikit sekali remaja yang menyadari pentingnya alat kontrasepsi tidak hanya sebagai alat pencegah kehamilan. Sebagian besar responden memakai narkoba pertama kali dengan alasan coba-coba dan dilakukan bersama teman. 4. 20 Juni 2006 DKI Jakarta merupakan propinsi dengan kasus HIV/AIDS tertinggi (kumulatif) sampai dengan bulan Maret 2006[1]. Mereka lebih memilih petugas kesehatan. remaja juga mulai intensif bersosialisasi dengan sesamanya. Lingkaran informasi dari peer group yang terbatas serta keengganan untuk mencari tahu akibat benturan normatif membuat remaja termasuk dalam kelompok penduduk yang potensial beresiko. sedangkan laki-laki lebih banyak yang tahu cara pakai kondom. Gap antara pengetahuan dan perilaku? Incidence perilaku beresiko di atas pada dasarnya merupakan cerminan dari gap antara pengetahuan dan perilaku. yaitu sebanyak 201 kasus AIDS. Pada usia sekitar 10 -24 tahun.Perilaku Kesehatan Remaja Jakarta . Berganti-ganti jarum suntik ketika menggunakan narkoba atau IDU (Injectable Drug Use) merupakan cara penularan yang umumnya dilakukan oleh kelompok umur tersebut. yaitu sebesar 3601 kasus. pemuka agama. Sekitar 7 persen responden pernah mencoba narkoba lebih dari satu kali. ngobat. dimana 37 persennya mencoba ketika mereka berumur antara 11-15 tahun. selain proporsinya yang cukup besar dari total jumlah penduduk nasional. Jakarta. sedangkan cairan (suntik) hanya 4 persen. tetapi juga pencegah penularan Penyakit Menular Seksual (PMS) dan HIV/AIDS. Ironisnya. dan mengetahui serta bahkan mencoba-coba perilaku beresiko. Pada masa ini. Pada saat seks pertama. berkelompok (peer group). Faktor yang mendukung putusnya rantai diatas adalah rendahnya kesempatan remaja dalam menggali lebih jauh informasi tentang kesehatan reproduksi. Diluar pacaran. penduduk usia remaja mempunyai posisi rentan dalam penularan HIV/AIDS. Masih ada remaja yang tidak menggunakan alat kontrasepsi pada saat berhubungan seks menunjukkan ”putusnya” rantai fungsi pengetahuan-sikap-perilaku dikalangan remaja. Namun bila dilihat. ada pula orang tua yang menolak untuk menjadi pemberi informasi dan teman diskusi anak tentang masalah kesehatan reproduksi. Survei Pemahaman Kesehatan Reproduksi dan Perkawinan Dini tahun 2005[2] yang memiliki responden remaja usia 15-24 tahun yang dilakukan di seluruh kecamatan di DKI Jakarta memberikan gambaran kritis tentang perilaku para remaja tersebut. Dari sisi orang tua juga nampaknya masih belum memiliki pengetahuan yang cukup tentang kesehatan reproduksi. remaja mengalami transisi dari masa anak-anak ke dewasa. keinginan remaja untuk coba-coba akan meningkat. Hal ini merupakan salah satu kelemahan metode survei dengan wawancara face to face. kasus tersebut banyak terjadi pada penduduk kelompok usia muda. Masih ada orang tua yang kurang setuju memberikan pendidikan seks dengan alasan remaja belum cukup umur untuk menerima informasi tersebut. dimana terdapat kemungkinan responden tidak .Temuan Survei Kesehatan Reproduksi Remaja DKI Jakarta 2005 *Disampaikan di Seminar Sehari HIV/AIDS dan Pengaruhnya terhadap Kesehatan Reproduksi. Penduduk usia remaja. kasus kumulatif di Indonesia mulai menunjukkan angka yang mengkhawatirkan. seperti menstruasi.

Hasil lainnya 80% pria berumur di atas 60 tahun tewas akibat kanker prostat bersamaan dengan penyakit lainnya. Leonid juga menyebut. para orang tua pun perlu menambah pengetahuan dan informasi secara lebih lanjut tentang kesehatan reproduksi. media massa. Untuk itu. Orang tua memegang peranan paling penting dalam memberikan dan ”meluruskan” informasi kepada remaja.com . Diskusi tentang kesehatan reproduksi dan dampak negatif perilaku beresiko perlu dilakukan secara dua arah. Hal ini perlu dimanfaatkan bagi remaja. responden tersebar di seluruh Jakarta dan survei dilakukan di rumah. Itu lanjutnya merupakan hasil penelitian para periset di Amerika Serikat selama 30 tahun. Pada negara-negara yang para perempuannya bebas mengenakan rok mini dan mengumbar aurat. film ”Detik Terakhir”). Kondisi ini sangat berbeda dengan masyarakat muslim di Asia timur. Gaya Wanita Juga Sebabkan Impotensi KapanLagi. satu dari tiga pria berumur di atas 30 tahun yang bermukim di Amerika Serikat dan Eropa memiliki potensi terserang gangguan kelenjar prostat. Buku Jakarta Undercover karangan Muamar Emka (tahun 2002) menunjukkan bahwa perilaku beresiko terjadi di tempat-tempat seperti pub. Jumlah pria yang menderita kanker prostat di wilayah ini memiliki tingkat yang sangat rendah.Impotensi termasuk salah satu penyakit yang menakutkan pria dan tidak disukai wanita. Ahli psikologi asal Rusia Leonid Kitaev Smyk mengungkapkan wanita juga penyokong terjadinya impotensi pada pria. orang tua juga dapat menanamkan nilai moral dan agama kepada remaja. dan tempat lain yang tidak diketahui khalayak umum. Informasi kesehatan reproduksi dan nilai moral-agama tersebut dapat dikemas dalam suasana yang terbuka tapi terarah Hati-hati. Selain itu. berdasarkan hasil penelitian Leonid berbanding lurus dengan tingkat impotensi pria. Gaya berpakaian dan penampilan seksi perempuan. Banyak pula tayangan sinema elektronik dan layer lebar yang memberikan ”warning” bagi remaja dan orang tua tentang dampak negatif perilaku beresiko (sinetron berte ma pernikahan dini dan HIV/AIDS. Dalam memberikan informasi dan berdiskusi. diskotik. orang tua dan masyarakat dengan sikap lebih terbuka terhadap informasi yang ada. dan lainnya.berani menyebutkan keadaan sesungguhnya. Sedangkan perilaku beresiko umumnya terisolasi di lokasi-lokasi seperti tempat hiburan malam. dan media lainnya seperti internet. lokalisasi. jumlah penderita impotensi lebih tinggi dibanding negara-negara yang melarang perempuan mengumbar betisnya. . Informasi tentang kesehatan reproduksi dan pengaruh negatif perilaku beresiko semakin berkembang dan terbuka. selain remaja sendiri. Informasi terbuka dan terbuka terhadap informasi Penyebaran informasi tentang kesehatan reproduksi telah cukup banyak dilakukan oleh instansi pemerintah terkait dan LSM melalui sekolah. Kolom atau acara konsultasi kesehatan reproduksi perempuan dan laki-laki di majalah dan televisi sudah tidak asing lagi terlihat.

Hartman (2004) menggolongkan tipe kepribadian dengan menggunakan warna Merah. sementara orang di India menggunakan warna biru untuk menunjukkan kesucian (Schiffman. pink berarti perempuan. wanita seringkali memberikan pukulan telak pada kesehatan reproduksi pria lewat betis. dan Shearer (1964) menemukan bahwa warna biru hijau lebih disukai oleh perempuan dibandingkan laki-laki. Misalnya saja Coca Cola yang identik dengan warna merah atau Baygon dengan warna hijaunya. dan biru berarti laki-laki. karena warna yang sama memiliki makna yang berbeda di kebudayaan yang berbeda. atau saat menentukan kapan kita harus menghentikan kendaraan kita di jalan raya. Guilford dan Smith kemudian berasumsi bahwa perempuan mungkin lebih sadar akan warna dan selera mereka terhadap warna lebih fleksibel. Para artis seperti Leonardo da Vinci dan Monet memerlukan waktu bertahun-tahun untuk mempelajari cahaya dan proses warna dalam kehidupan sehari-hari. hanya membuat satu pria yang akan terpuaskan. warna biru berarti hangat. Tanpa disadari. melanjutkan penelitian Eysenck. (http://colormatters. Di Swedia. Chevreul’s. Biru. banyak pria mengalami gejolak birahi namun sedikit yang bisa tersalurkan. Sementara ia dengan mudah menyaksikan aurat wanita yang terbuka. Di Belanda. dimana masing-masing warna mewakili suatu tipe kepribadian tertentu (Tipe Kepribadian Kode Warna dan Kreativitas. paha dan bagian tubuh sekitar dadanya.20. terutama untuk menarik perhatian pembeli dan juga sebagai identitas dari suatu produk. Dan mengakibatkan puluhan pria lainnya menanggung libido yang tak terpuaskan dan tersalurkan GENDER Warna dan Gender Warna mempengaruhi kehidupan kita dalam banyak cara. sementara perempuan justru menempatkan warna orange di tempat terakhir. peneliti senior dari Russian Research Institute of Culturology of The Russian Academy. 2004) Dari sisi psikologis. Sir Isaac Newton adalah ilmuwan pertama yang menemukan spektrum warna. menulis prinsip harmonisasi dan kontras warna. Putih. Beberapa penelitian telah dilakukan untuk melihat adanya perbedaan respon terhadap warna antara laki-laki dan perempuan. warna dianggap memiliki karakter dan sifat-sifat tertentu. Mereka berhasil menciptakan karya-karya yang memanipulasi warna sehingga menggelitik kita secara emosional ( http://www.com) Dari penelitian yang dilakukan oleh Guilford dan Smith (1959). Anima. dan Kuning. vol."Ini terjadi semenjak dimulainya revolusi seksual pada wanita di dunia berkembang melalui gaya berpakaian mereka. Ketika wanita menghadiri pesta mengenakan pakaian yang sangat sexy. putih. dan perempuan memilih sebaliknya. Misalnya. M As’ad Djalali. misalnya warna biru. 2004) Menjadi hal yang menarik ketika warna juga digunakan untuk membedakan identitas gender seseorang. Gaya berpakaian para wanita modern itu membangkitkan birahi yang tinggi. Birren (1952). ditemukan bahwa laki-laki lebih bisa menerima warna-warna akromatik (hitam. sedangkan di Iran. berpakaian mini dengan dada yang transparan. Pada tahun 1893. abu-abu) dibandingkan perempuan. Dalam dunia bisnis. Ketika di jalan.com ).George ( 1938 ) memaparkan bahwa warna biru untuk laki-laki jauh lebih menonjol daripada untuk perempuan.gatra. warna juga memainkan peranan yang cukup penting. Akibatnya. Penelitian sebelumnya dilakukan oleh Janstrow (1897) yang menemukan bahwa laki-laki lebih memilih warna biru daripada warna merah.'' ungkap Leonid Kitaev Smyk. dan perempuan lebih suka memberikan banyak warna daripada menebalkannya (dalam hal . Sementara itu. Warna menjadi variabel yang kritis dalam international-marketing. menemukan bahwa laki-laki lebih memilih warna orange (jingga) dibandingkan kuning. biru melambangkan kematian. Atau karena gaya berpakaiannya. biru menunjukkan sesuatu yang dingin. McInnis. seperti saat menentukan baju apa yang akan kita pakai. ilmuwan lain. Dorcus (1926) menemukan bahwa warna kuning memiliki nilai afeksi yang lebih tinggi untuk laki-laki dibandingkan perempuan dan St. pria tidak dapat memuaskan apa yang ia lihat.

krem. Warna merah lebih popular untuk perempuaan dan warna biru lebih popular untuk laki-laki.” Hal ini kemudian dijelaskan oleh majalah wanita. mengakui bahwa ia mengalami kesulitan untuk mencari baju atau pakaian lainnya dengan warna pink yang diperuntukkan bagi kaum laki-laki. Mereka juga menemukan 56% laki-laki dan 76% perempuan memilih warna yang lembut. Kendati demikian. kebiasaan mengenai pink itu untuk perempuan mulai merebak di Amerika. sementara warna biru lebih lembut dan cantik. putih. Misalnya pada Oriflame. Di deretan produk Biore dengan variasi warna (yang juga menunjukkan perbedaan aroma dan fungsi). Dalam penelitian yang serupa yang dilakukan oleh Plater (1967). Demikian juga pada produk Rexona yang melebarkan pangsa pasarnya dengan menembak konsumen laki-laki. pada tahun 1918. Katz terhadap 2000 siswa (Darmaprawira. berbeda dengan kemasan produk untuk perempuan. Sedangkan di counter laki-laki. merah. laki-laki yang menyukai warna pink. Akan tetapi. Seorang teman. cocok untuk anak perempuan. meskipun ia menyukainya. Warna kemasan yang dipakai adalah hitam dan abu-abu. bahwa warna pink terlihat lebih nyata dan lebih kuat sehingga lebih cocok digunakan untuk anak laki-laki. Produk-produk dikeluarkan dengan warna tertentu sesuai dengan segmentasi pasar berdasarkan jenis kelamin. sementara produk untuk konsumen perempuan dikemas dengan warna-warna yang lebih beragam. celana. a man’s cologne should not be packaged in a pink tube with letters in script…” (Psychology and work Today hal 498. biru. Perubahan mulai terjadi pada tahun 1940 an. hitam. kemeja) berwarna pink untuk laki-laki. and for boy. beberapa produsen dengan latar belakang indie-label. penulisnya mengatakan. sejarah ternyata memaparkan fakta lain. Dari mulai T-shirt. Produk fashion juga sama halnya. Ketika memasuki counter pakaian untuk perempuan. Biore For Men dikemas dengan warna biru tua. 2002) menunjukkan bahwa warna yang disukai oleh kebanyakan siswa adalah warna biru. dan sebagainya. dan yang menjadi sasarannya adalah remaja atu eksmud dengan aliran fashionista. didesain dengan warna tertentu sehingga terlihat ada perbedaan mana produk untuk laki-laki dan mana produk untuk perempuan. abu-abu. Saya mengamati beberapa tahun belakangan ini. berani melakukan inovasi mengeluarkan produk pakaian (T-shirt. dalam hal ini laki-laki. merah.E. yang juga menjadi dasar bagi para produsen dalam memilih warna kemasan produk mereka. “ If you like the color note on the little one’s garments. (http://colormatters. The Sunday Sential. S. But at other times the various colored accessories for a girl are supposed to be pink. sebuah harian di Amerika memberikan saran untuk para ibu.” Tahun 1950. stereotype masyarakat terhadap warna tertentu masih menjadi patokan beberapa orang. sepatu. Alasannya adalah biasanya karena ditertawakan oleh teman atau bahkan oleh dosen. Sama halnya dengan produk Biore. ungu. Pada tahun 1914.hispeed. if you are a follower of convention. produk-produk didominasi oleh warnawarna yang terkesan lembut seperti pink.com) Suatu hasil penelitian yang dilakukan oleh F. tas. the package must reinforce the product’s image or personality as established by its advertising campaign. segala kekakuan mengenai konsep laki-laki dan perempuan seolah semakin mencair. kuning. For example. kuning. Duane P Schultz dalam Psychology and Work Today mengatakan : “Overall. Hal ini tak lepas dari perhatian para produsen. 51% laki-laki dan 45% perempuan memilih warna yang terang.mewarnai). dan akhirnya menjalar ke berbagai negara hingga sekarang (http://histclo. polo. Breed dan S. putih dan pink. biru untuk laki-laki dan pink untuk perempuan. Pada bab “Clothes at the Christening” dalam buku Etiquette-The Blue Book of Sosial Usage. biru tua. produk parfum dan kosmetik untuk konsumen laki-laki dikemas dengan warna hitam. dan kemudian produsen-produsen kelas kakap juga latah. Hal ini sebenarnya menunjukkan efek dari budaya patriarki yang di satu sisi . hijau. topi. Hal ini diakui oleh teman laki-laki saya yang kadang merasa tidak nyaman jika memakai baju warna pink.com) Di iklim yang serba terbuka seperti sekarang ini. ditemukan bahwa laki-laki memiliki kecenderungan yang lebih besar untuk memilih warna-warna kromatis yang lebih kuat dibandingkan dengan perempuan. blue. Konvensi mengenai warna dan jenis kelamin ini hampir sama di kebanyakan negara. putih. “At the christening everything the baby wears is white. 1994) Pernyataan ini tentu didasari suatu asumsi bahwa laki-laki tidak pantas dengan sesuatu yang berwarna pink. use pink for the boy and blue for the girl. Ladies Home Journal. sehingga ia merasa tidak sopan memakai baju pink saat kuliah. biru muda. Saya mengamati hal ini dengan melakukan observasi di pusat perbelanjaan. untuk memilih dan memakai pakaian dengan warna tertentu. lebih banyak ditemui warna hitam.

kedua kegiatan tersebut adalah kegiatan bermusik. Laki-laki dituntut untuk bersikap dan bertingkah laku sesuai dengan apa yang diharapkan oleh masyarakat tentang konsep kemaskulinan. Begitu masuk semuanya lelaki. Berkali-kali saya ke sana perempuan mungkin hanyalah 10-15 persen.banyak merugikan perempuan. Tapi kenapa masih ada keberpihakan gender dalam bermusik. Tetapi kebanyakan adalah perempuan. yang lelaki hanya 25 persen. maksimum. nyaman di pop rock maupun klasik melihat dua hal ini di kedua sisi jalan. bias gender pun masih terjadi. dianggap tidak pantas digunakan oleh laki-laki karena hal tersebut dianggap akan mengurangi sisi kemaskulinannya Berseni di Bawah Bayang Gender 13 March 2008 Apakah Anda bias gender? Pertanyaan yang cukup aneh untuk dikemukakan pada blog yang banyak bergerutu tentang musik ini. . sementara di sisi lain juga tidak selamanya berefek positif bagi laki-laki. bukan? Tapi kenyataan memang pahit. melainkan mengapa dunia menelurkan pandangan miring ini. Sekolah musik di mana saya belajar dipenuhi orang berbagai usia. Waktu pun belum jauh berlalu dari saat itu. Keduanya mampu menggeluti musik. Warna pink yang identik dengan kelembutan dan feminin. Di lain pihak. Ada saja mereka yang cross-theroad seperti saya. Pertanyaan ini menyeruak ketika seorang teman dari fakultas psikologi menanyakan apa job description seorang dirigen dan mempertanyakan berdasarkan daftar tadi mengapa perempuan jarang menjadi dirigen. Yang pasti dapat dipertanyakan bukanlah mengapa masih ada pandangan miring seperti ini di dunia musik. Dinyatakan bahwa secara kemampuan kedua jenis kelamin ini mampu menjalankan tugas-tugas tersebut dengan baik. ketika saya bermain ke studio band di dekat rumah teman. Dari satu angkatan. Saya pun mengalaminya sendiri. Apa Anda bias gender ketika berpikir tentang bermusik? Apakah Anda berpikir apabila Anda menemui seorang perempuan anak band yang bermain drum trash metal? Apakah Anda berpikir dua kali ketika seorang pria aktif berpaduan suara? Apakah Anda terperangah ketika melihat seorang perempuan maju ke podium memimpin sebuah orkes? Atau seorang lelaki memainkan harpa? Atau mungkin mengapa saya menemukan banyak guru musik perempuan tetapi sedikit komposer-komposer perempuan? Nyatanya dalam bidang musik yang sering disebut universal. termasuk dalam memilih warna. Aneh sekali. Sampai dengan 30 tahun yang lalu masih ada orkes besar dunia yang hanya mempekerjakan lelaki.

Ciri-ciri tersebut sebenarnya bisa dipertukarkan. tapi sekarang di tempat yang sama. gender dapat diartikan sebagai suatu konstruksi sosial atas seks. Artinya ada laki-laki yang lembut dan lebih berperasaan. Dan janganlah terkejut mendapati kenyataan yang ada di dunia ini. Seks merupakan pensifatan atau pembagian dua jenis kelamin manusia yang ditentukan secara biologis yang melekat pada jenis kelamin tertentu. Demikian juga ada perempuan yang kuat. laki-laki yang menjadi kepala suku. laki-laki itu kuat. rahim. karena setiap orang bisa berpikir apa yang mereka suka tentangnya. Tapi musik adalah salah satu konsep yang membuat kita berpikir bahwa pengkategorian seperti itu sama sekali tidak diperlukan Mungkin inilah sebabnya musik dianggap ajaib. Lewat musik. Artinya. Gender: Sebuah Pengantar Sebenarnya apa yang dimaksud dengan gender? Gender dapat didefinisikan sebagai keadaan dimana individu yang lahir secara biologis sebagai laki-laki dan perempuan yang kemudian memperoleh pencirian sosial sebagai laki-laki dan perempuan melalui atribut-atribut maskulinitas dan feminitas yang sering didukung oleh nilai-nilai atau sistem dan simbol di masyarakat yang bersangkutan.Seperti yang sering saya sebut. ke dalam kenyataan. Lebih singkatnya. bagi mereka yang bermimpi dan bagi mereka yang tidak peduli. Sedangkan perempuan itu lembut. memproduksi sperma. Sedangkan perempuan memiliki vagina. memproduksi sel telur. pemusik. Ya. karena mengena bagi manusia yang terkotakkotak sampai manusia yang merasa liberal. Misalnya. Jadi selama manusia bias gender. rasional. bagi ia yang mengerti dan tidak. di suatu tempat. Ia mendobrak batas. Mungkin musik terlalu inklusif? Ya. Akhirnya bukan musik yang kita pertanyakan. segala hal yang dapat . dan keibuan. rasional. dan organisasinya kita bisa mengintip ke dalam dunia. perkasa. musik telah menjadi bagian integral kehidupan. Musik bertumbuh bersama dengan kehidupan manusia dan peradaban itu sendiri. lebih berperasaan. menjadi peran dan perilaku sosial. tetapi dari musik kita bercermin. Alat-alat biologis tersebut tidak dapat dipertukarkan sehingga sering dikatakan sebagai kodrat atau ketentuan dari Tuhan (nature) Sedangkan konsep gender merupakan suatu sifat yang melekat pada kaum laki-laki maupun perempuan yang dikonstruksikan secara sosial maupun kultural. seperti laki-laki memiliki penis. Nada pun mengalir di antara nadi-nadi mereka. Perubahan ini dapat terjadi dari waktu ke waktu dan bisa berbeda di masing-masing tempat. karena memang manusia hanya bisa memandang suatu hal melalui pengkategorian. musik adalah produk dari dunia tersebut. dan ya. perempuan bisa menjadi kepala suku. dunia masih terkotak-kotak akan perbedaan gender. musik pun juga akan terus bias gender. dan perkasa. Sementara di tempat lain justru sebaliknya. scrotum. Pengkotakan akan tetap ada. sebagaimanapun ekstrateresterialnya musik. Jaman dulu. Contohnya jelas terlihat. Istilah gender seringkali tumpang tindih dengan seks (jenis kelamin). padahal dua kata itu merujuk pada bentuk yang berbeda.

seperti laki-laki yang harus berpikir rasional atau perempuan yang harus berperilaku lemah lembut. POLA SOSIALISASI GENDER Pada awalnya. memasak. merawat anak dan berkewajiban untuk melayani suami. dan memberi segala sesuatu keperluan hidup berumah tangga sesuai dengan kemampuannya (pasal 34 ayat 1) sedangkan kewajiban istri adalah mengatur urusan rumah tangga sebaik-baiknya (pasal 34 ayat 2) Dengan pembagian peran tersebut.1 tahun 1974. komunitas ke komunitas yang lain. dalam hal ini UU Perkawinan No. merasa. Laki-laki dituntut untuk berperilaku maskulin.dipertukarkan antara sifat perempuan dan laki-laki. dikenal dengan gender. lengkap dengan atribut femininnya dan akhirnya bekerja di sektor-sektor yang dianggap feminin. Misalnya peran lakilaki ditempatkan sebagai pemimpin dan pencari nafkah karena dikaitkan dengan anggapan bahwa laki-laki adalah makhluk yang lebih rasional. berpikir. termasuk cara menilai diri sendiri (Djojonegoro. Dalam pasal 31 (3) UUP menetapkan bahwa peran suami adalah sebagai kepala keluarga dan istri sebagai ibu rumah tangga. dan berbuat dalam arti luas. sebagaimana telah diobservasi pada bayi. 1995). PEMBAGIAN PERAN MENURUT JENIS KELAMIN Gender telah membagi laki-laki dan perempuan ke dalam perannya masing-masing. Peran perilaku perempuan dan laki-laki.1990). mencuci baju. mungkin menjadi dasar dari terbentuknya skema gender pada anak-anak. atau pakaian. bahkan sejak usia mereka 2 tahun. Suami wajib melindungi istrinya. Beberapa benda diasosiasikan dengan stereotype. sehingga ada pengetahuan mengenai “yang ini untuk laki-laki” dan . Pengaruh pendidikan dan perlakuan dalam keluarga dan lingkungan dimanifestasikan pada cara berpikir. Pada dasarnya anak diajari sejak awal masa kanak-kanak untuk melihat. berkata. yang biasanya diperkuat oleh keluarga dan masyarakat luas pada saat jenis kelamin si anak diketahui (Fuhrmann. peralatan rumah. Perempuan juga demikian. berarti peran perempuan yang resmi diakui adalah peran domestik yaitu peran mengatur urusan rumah tangga seperti membersihkan rumah. dan pada akhirnya didorong untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang maskulin. lebih kuat serta identik dengan sifat-sifat superior lainnya—dibandingkan dengan perempuan. lengkap dengan segala atribut maskulin. dan bertindak sesuai dengan standar yang ditentukan stereotype untuk kelompok jenis lainnya (Hurlock. gender dibentuk secara konsepsi. yang bisa berubah dari waktu ke waktu serta berbeda dari suatu kelas ke kelas yang lain. seperti mainan. Pembakuan peran gender adalah ketika peran gender tersebut di legitimasi oleh negara melalui aturan perundang-undangan yang ada. 1992). mereka dituntut untuk berperilaku feminin. Beberapa contoh pembagian peran menurut jenis kelamin: PERAN GENDER DAN PEMBAKUAN PERAN GENDER Peran gender adalah peran laki-laki dan perempuan yang dirumuskan oleh masyarakat berdasarkan polarisasi stereotipe seksual maskulinitas-feminitas.

kemudian negara menanggapinya dengan membuat kebijakan baru (atau tidak membuat kebijakan). dibentuk. 1981 dalam Gender Stereotyping in Infancy: International Journal of Behavior Development) Gender adalah komponen kritis dari kepribadian seseorang. Negara dalam hal ini adalah peraturan-peraturan atau kebijakan-kebijakan (baik itu adanya kebijakan yang tidak berpihak pada perempuan ataupun tidak adanya kebijakan yang berpihak pada perempuan) dalam hal politik yang mempengaruhi segi-segi yang lainnya seperti sosial dan ekonomi. wajib tampil rasional. Budaya ini juga diperkuat oleh ajaran-ajaran agama yang diinterpretasikan secara bias gender. Sejarah perbedaan gender (gender differences) antara manusia jenis laki-laki dan perempuan terjadi melalui proses yang sangat panjang (beberapa pihak mengklaim bahwa semuanya diawali dari jaman prasejarah dimana pembagian kerja antara lakilaki dan perempuan sudah terlihat seperti laki-laki berburu dan perempuan mengasuh anak di dalam gua). dan lainlain). Masyarakat yang menganut ideologi patriarki juga akan mempengaruhi cara pandang seorang individu. Sikap individu akan mempengaruhi pola interaksi keluarga selanjutnya. Individu dalam hal ini berupa cara pandang dan cara bersikap seseorang. Sejak lahir. Sementara dari sisi global. termasuk agama yang mempengaruhi individu secara mendasar. mau tidak mau nilai-nilai patriarki yang ada dalam dirinya akan menentukan macam kebijakan yang ia buat. yaitu salah satunya dengan menggunakan Ecological Framework. juga kemudian ketika individu tersebut mampu berpengaruh secara global. Namun kita perlu mengkaji secara lebih universal. yaitu perilaku maskulin dan feminine (Steinberg. Laki-laki juga. kita tidak bisa hanya melihat hal tersebut dari satu aspek saja. disosialisasikan ke masyarakat. Kebijakankebijakan internasional tersebut kemudian disosialisasikan ke negara-negara yang ada di bawahnya. ataupun perubahan-perubahan yang membawa dampak secara global. Untuk memahami bagaimana nilai-nilai gender disosialisasikan. 1981. masuk ke keluarga. anak laki-laki dan perempuan telah disosialisasikan untuk berperilaku sesuai dengan jenis kelaminnya. cara berinteraksi. dibebani oleh imperatif-imperatif patriarki seperti: wajib mencari nafkah. misalnya budaya. disosialisasikan. dan akhirnya mempengaruhi individu. POLA KETIMPANGAN GENDER . 2002). Pengetahuan semacam ini akan menjadi komponen kognitif dalam skema gender (Bem. Ketika individu tersebut memiliki kewenangan untuk membuat suatu kebijakan (atau tidak membuat suatu kebijakan) di tataran negara. diperkuat. Bagaimana individu akan memperlakukan anak laki-laki dan perempuan. Martin & Halverson. Budaya patriarki sebenarnya tidak hanya merugikan perempuan. tidak boleh tergantung pada orang lain. Kehidupan keluarga dan masyarakat meliputi adat istiadat. dan wajib menekan sisi femininnya (tidak boleh menangis. cara memperlakukan orang lain. yang akhirnya menganggap gender tersebut merupakan kodrat dari Tuhan. Keluar dari masalah domestik. Kemudian nilai-nilai yang ada dalam keluarga akan dibawa ketika bersosialisasi dengan masyarakat. Konstruksi gender ini diperkuat oleh budaya patriarki yang ada di masyarakat.“yang ini untuk perempuan”. Setiap aspek saling mempengaruhi secara timbal balik. bahkan dikonstruksi secara sosial atau kultural melalui ajaran keagamaan maupun negara. secara tidak disadari. menyangkut kebijakankebijakan organisasi internasional.

menyindir Kekerasan seksual adalah kekerasan yang menyangkut pemaksaan pelampiasan seksual. Adanya anggapan bahwa pekerjaan domestik (pekerjaan rumah tangga seperti mencuci. pihak laki-laki dianggap memiliki kuasa terhadap perempuan. kekerasan ini terjadi jika perusahaan tidak memberikan cuti haid atau cuti hamil pada pekerja perempuan. 3. mengganggu kejiwaan seorang sehingga mengakibatkan perasaan tertekan. seksual. mengepel. menggesek-gesekkan alat kelamin). Sebenarnya yang menjadi masalah adalah ketika stereotype tersebut menimbulkan dampak yang merugikan. sehingga ketika perempuan itu diperkosa. membentak. Kekerasan dalam bentuk ini biasanya kurang disadari oleh korban dan sulit dicari buktinya.     Kekerasan fisik adalah bentuk kekerasan yang dapat mengakibatkan sakit atau luka secara fisik. Beberapa bentuk pelecehan berbasis gender ini adalah:  Menyampaikan lelucon jorok secara vulgar pada seseorang dengan cara yang dirasakan sangat mengganggu . Contohnya: memaki.Perbedaan gender (gender differences) menjadi masalah karena melahirkan satu sistem yaitu ketidakadilan gender (gender inequalities). banyak terjadi dalam rumah tangga ketika seorang istri tidak dicukupi secara ekonomi tapi dia tidak mendapatkan hak untuk mencari pendapatan sendiri. dan beberapa bentuk pelecehan ini sering dianggap sebagai sesuatu yang relatif. perilaku melecehkan secara seksual (meraba payudara. stereotype. perempuan yang lebih banyak menjadi korban dibandingkan dengan laki-laki. Dalam kasus kekerasan terhadap perempuan. Dalam hal ini. dan sebagainya) adalah pekerjaan yang rendah dan bahkan tidak dianggap sebagai suatu perkerjaan mengakibatkan perempuan tidak dihargai atas apa yang telah mereka lakukan. Perempuan terpinggirkan dalam mendapatkan kesempatan untuk bekerja dan mengembangkan dirinya. dalam hal ini perempuan. Contohnya menampar. Kekerasan ini dapat terjadi secara verbal maupun non verbal. menendang Kekerasan psikologis adalah bentuk kekerasan yang mengakibatkan luka secara mental. 2. Pelecehan-pelecehan yang terselubung ini sering tidak disadari bahkan oleh si perempuannya sendiri. menganggap segala bentuk pelecehan adalah manifestasi dari kekerasan. Stereotype banyak diberikan untuk kelompok-kelompok tertentu seperti suku bangsa tertentu. memukul. Double burden ini banyak dialami oleh perempuan miskin. Stereotype. Ketidakadilan gender ini terwujud dalam berbagai bentuk yaitu subordination. Marginalisisi adalah proses pemiskinan. Dalam dunia kerja. namun tak jarang juga dialami oleh perempuan yang berada di kelas sosial yang lebih tinggi. Beberapa pihak. bentuk-bentuk kekerasan ini juga meliputi bentuk-bentuk perilaku yang merusak organ reproduksi perempuan (seperti sunat perempuan). Beberapa analisis mengemukakan bahwa permarginalisasian perempuan didukung oleh revolusi hijau yang menyingkirkan perempuan dari lahan agraris karena pola pertanian modern yang dianggap maskulin. mereka dituntut untuk dapat membantu ekonomi keluarga juga. stereotype bahwa perempuan yang keluar malam adalah perempuan nakal. marginalization. terutama di bidang ekonomi. Kekerasan seperti ini dianggap sebagai kekerasan berbasis gender (gender based violence). perempuan tidak pantas menjadi pemimpin. anak laki-laki mendapatkan kesempatan yang lebih besar untuk mendapatkan pendidikan tinggi atau dalam kehidupan berpolitik. Subordination. double burden. Hal ini karena adanya anggapan bahwa perempuan tidak dapat memimpin dan kodratnya adalah di wilayah domestik. Kekerasan ekonomi. maupun ekonomi. di lain pihak. Lakilaki dianggap tidak bertanggungjawab untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan domestik. psikologis. Violence. 5. 1996) 1. Kekerasan terjadi ketika ada pihak yang memiliki kuasa atas pihak lain. mengata-ngatai. termasuk jenis kelamin tertentu. dan violence (Faqih. Sterotype berarti pelabelan terhadap kelompok tertentu. 4. secara fisik. Yaitu menempatkan perempuan pada tempat yang tidak penting. mengasuh anak. Contohnya adalah dalam keluarga. Misalnya. Marginalization. Selain perkosaan (yang juga dapat terjadi perkosaan suami terhadap istri. agama tertentu. masyarakat menganggapnya sebagai kesalahan perempuan. atau etnis tertentu. ketika istri merasa terpaksa harus melayani suaminya). Double Burden. dan ekstrimnya adalah prostitusi (seperti penjualan perempuan) dan eksploitasi perempuan. Double burden ini terjadi karena tidak adanya pembagian kerja domestik antara laki-laki dan perempuan. memiliki wewenang untuk melakukan apapun terhadap perempuan. dengan bekerja diluar.

dikenal pendekatan Women in Development (WID-Perempuan dalam pembangunan). terutama kaum feminis yang melihat WID tidak berhasil menjawab persoalan. Banyak kalangan. yaitu Women and Development (WAD-Perempuan dan Pembangunan). Masih terlihat . Hal ini berkaitan dengan didominasinya agenda WID oleh kelompok kulit putih dari kelas menengah sehingga kurang bisa melihat permasalahan perempuan di Dunia Ketiga.9 Tahun 2000 menetapkan Pengarusutamaan Gender dalam kebijakan kelembagaan dan program dalam salah satu strategi pembangunan (gender mainstream) Aktivitas-aktivitas yang memperjuangkan adanya kesetaraaan gender di Indonesia memang belum bisa dikatakan matang. baik lakilaki dan perempuan. yang diasosiasikan dengan development. dan politik untuk memahami subordinasi perempuan dalam masyarakat.    Membuat malu seseorang dengan perkataan yang dianggap tidak pantas Mengintograsi seseorang mengenai kehidupan seksualnya Meminta imbalan berupa hubungan seksual Menyentuh atau menyenggol bagian tubuh tanpa ada ijin dari yang bersangkutan SEDIKIT SEJARAH PENDEKATAN BERBASIS GENDER Pembangunan. Pendekatan ini muncul sebagai bentuk keprihatinan atas persoalan-persoalan yang dihadapi perempuan Dunia Ketiga dan berasumsi bahwa keterbelakangan perempuan adalah karena perempuan tidak dilibatkan dalam pembangunan sehingga dibuat agenda utama yang melibatkan perempuan dalam proses pembangunan. Dukungan daari semua pihak sangat diharapkan. Sementara ratifikasi konvensi CEDAW menjadi Undang-undang No 7/1984 adalah respon Pemerintah Indonesia. dan mengacu pada UU tersebut. Pada kurun tahun 1960 sampai 1970an. GAD menganggap bahwa negara seharusnya berpaartisipasi dalam menunjang emansipasi perempuan. ekonomi. Dalam wacana gender. Bagaimanapun. misalnya kritik mengenai pembangunan yang tidak ramah lingkungan. Di tingkat internasional. WAD melihat bahwa tidak hanya perempuan yang tertindas. kritik mengenai pembangunan adalah berkenaan dengan posisi perempuan dalam pembangunan. terkait dengan masalah budaya dan juga kelas sosial. adalah segala kegiatan perubahan yang direncanakan dan dilaksanakan oleh negara dan berimplikasi pada seluruh kehidupan masyarakat. Pendekatan WAD berasumsi bahwa posisi perempuan akan meningkat jika struktur politik ekonomi internasional lebih merata. namun juga laki-laki kelas bawah. Pemerintah Indonesia melalui Instruksi Presiden No. GAD mengakui pentingnya analisa kelas tapi juga menekankan bahwa ideologi patriarki yang menindas perempuan adaa dalam kelas dan antar kelas. GAD ini direspon melalui Convention on the Elimination All of Forms Discrimination Against Women (CEDAW-Konvensi Internasional tentang Penghapusan segala bentuk Diskriminasi terhadap Perepuan). karena WID dianggap sebagai perpanjangan tangan kaum developmentalis untuk mempengaruhi Dunia Ketiga. Padahal permasalahan perempuan tidak sesederhana itu. termasuk dari perempuan yang sadar akan hak-haknya. Pendekatan lain yang mucul pada tahun 1980an adalah Gender and Development (GADGender dan Pembangunan) yang berangkat dari sebuah cara pandang yang melihat secara totalitas organisasi sosial. sehingga segala rencana pembangunan masih terkesan bias gender dan tidak menguntungkan perempuan. pembangunan yang direncanakan disusun oleh orang-orang yang hidup dalam budaya patriarki yang kental. Pendekatan selanjutnya berangkat dari gerakan neo-marxis. Kritik terhadap pembangunan terus diajukan oleh banyak pihak. sehingga akhirnya WAD kurang melihat perlunya menganalisaa persoalan perempuan secara terpisah dengan laki-laki. GAD juga memberikan ruang bagi laki-laki yang memiliki kepedulian untuk bergerak bersama-sama perempuan dalam memperjuangkan nasib perempuan. Beberapa pendekatan yang melihat bahwa adanya ketimpangan gender dalam pembangunan telah mengusik banyak pihak untuk membuat suatu perencanaan pembangunan yang lebih berpihak pada perempuan secara global.

dan segala perbedaan antara laki-laki dan perempuan (biologis) sebaiknya dapat disikapi secara lebih bijaksana .program pembangunan yang melibatkan perempuan. Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa gerakan kesetaraan gender bukan sebuah gerakan untuk menolak kodrat perempuan dan bukan berarti perempuan akhirnya menjadi jenis kelamin spesial. Kementrian Pemberdayaan Perempuan (yang menjadi trend di hampir semua Dunia Ketiga) diharapkan mampu berjuang lebih banyak demi kesejajaaran perempuan. Kesetaraan gender berarti laki-laki dan perempuan memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam kehidupan bermasyarakat. berbangsa. tapi akhirnya perempuan hanya sebagai objek. dan bernegara.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->