P. 1
Rumus

Rumus

|Views: 30|Likes:
Published by Chairul Ichsan

More info:

Published by: Chairul Ichsan on Jun 06, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/16/2013

pdf

text

original

Rumus-Rumus Fisika Lengkap/Gerak

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
< Rumus-Rumus Fisika Lengkap

Daftar isi
[sembunyikan]

1 Gerak lurus beraturan

o 

1.1 Kecepatan rata-rata

2 Gerak lurus berubah beraturan

o o o 

2.1 Gerak vertikal ke atas 2.2 Gerak jatuh bebas 2.3 Gerak vertikal ke bawah

3 Gerak melingkar

o o 

3.1 Perpindahan sudut, kecepatan sudut, dan percepatan sudut 3.2 Percepatan sentripetal

4 Gerak parabola

Gerak lurus beraturan [sunting]

Sistem koordinat kutub dua dimensi

Gerak Lurus Beraturan (GLB) adalah suatu gerak lurus yang mempunyai kecepatan konstan. Maka nilai percepatannya adalah a = 0. Gerakan GLB berbentuk linear dan nilai kecepatannya adalah hasil bagi jarak dengan waktu yang ditempuh. Rumus:

. . Percepatannya bernilai konstan/tetap. Rumus GLBB ada 3. rumusnya adalah 2. yaitu:    Dengan ketentuan: . Kecepatan rata-rata [sunting] Rumus: Gerak lurus berubah beraturan [sunting] Gerak lurus berubah beraturan adalah gerak yang lintasannya berupa garis lurus dengan kecepatannya yang berubah beraturan.Dengan ketentuan:    = Jarak yang ditempuh (km. sekon) Catatan: 1. Untuk mencari waktu tempuh. m/s) = Waktu tempuh (jam. Untuk mencari kecepatan. rumusnya adalah . m) = Kecepatan (km/jam. Untuk mencari jarak yang ditempuh. rumusnya adalah 3.

tegak lurus terhadap bidang horizontal ke atas dengan kecepatan awal tertentu. . benda dipengaruhi oleh percepatan gravitasi bumi (g) dan arah kecepatan/gerak benda searah. Arah gerak benda dan arah percepatan gravitasi berlawanan. merupakan gerak lurus berubah beraturan dipercepat.    = Kecepatan awal (m/s) = Kecepatan akhir (m/s) = Percepatan (m/s2) = Jarak yang ditempuh (m) Gerak vertikal ke atas [sunting] Benda dilemparkan secara vertikal. Peluru akan mencapai titik tertinggi apabila Vt sama dengan nol. Selama bergerak ke bawah. gerak lurus berubah beraturan diperlambat. Keterangan:       Kecepatan awal= Vo Kecepatan benda di suatu ketinggian tertentu= Vt Percepatan /Gravitasi bumi: g Tinggi maksimum: h Waktu benda mencapai titik tertinggi: t maks Waktu ketika benda kembali ke tanah: t Gerak jatuh bebas [sunting] Benda dikatakan jatuh bebas apabila benda:   Memiliki ketinggian tertentu (h) dari atas tanah. Benda tersebut dijatuhkan tegak lurus bidang horizontal tanpa kecepatan awal.

Keterangan:      Vo = kecepatan awal Vt = kecepatan pada ketinggian tertentu dari tanah g = gravitasi bumi h = jarak yang telah ditempuh secara vertikal t = waktu Gerak melingkar [sunting] Gerak dengan lintasan berupa lingkaran.Keterangan:     v = kecepatan di permukaan tanah g = gravitasi bumi h = tinggi dari permukaan tanah t = lama benda sampai di tanah Gerak vertikal ke bawah [sunting] Benda dilemparkan tegak lurus bidang horizontal arahnya ke bawah. Arah percepatan gravitasi dan arah gerak benda searah. . merupakan gerak lurus berubah beraturan dipercepat.

kecepatan sudut. dan percepatan sudut [sunting] Perpindahan sudut adalah posisi sudut benda yang bergerak secara melingkar dalam selang waktu tertentu. Besar Perpindahan sudut. Besar perpindahan linear adalah perpindahan sudut dalam 1 putaran penuh adalah radian atau 360°. atau keliling lingkaran. maka benda dikatakan melakukan Benda melalukan 1 putaran penuh. diketahui benda bergerak sejauh ω° selama perpindahan sudut. .Dari diagram di atas. Keterangan:    = perpindahan sudut (rad) = kecepatan sudut (rad/s) t = waktu (sekon) ): perpindahan sudut per selang waktu. sekon. Kecepatan sudut rata-rata ( Percepatan sudut rata-rata ( ): perubahan kecepatan sudut per selang waktu.

melainkan hanya untuk mempertahankan benda agar tetap bergerak melingkar. gesekan diabaikan. Keterangan:   r : jari-jari benda/lingkaran As: percepatan sentripetal (rad/s2) Gerak parabola [sunting] Gerak parabola adalah gerak yang membentuk sudut tertentu terhadap bidang horizontal. Pada titik A (t = ta): .: Percepatan sudut (rad/s2) Percepatan sentripetal [sunting] Arah percepatan sentripetal selalu menuju ke pusat lingkaran. Pada titik awal. dan gaya yang bekerja hanya gaya berat/percepatan gravitasi. Percepatan sentripetal tidak menambah kecepatan. Pada gerak parabola.

Letak/posisi di A: Titik tertinggi yang bisa dicapai (B): Waktu untuk sampai di titik tertinggi (B) (tb): Jarak mendatar/horizontal dari titik awal sampai titik B (Xb): Jarak vertikal dari titik awal ke titik B (Yb): Waktu untuk sampai di titik C: Jarak dari awal bola bergerak sampai titik C: .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->