P. 1
DAMPAK GEMPA BUMI

DAMPAK GEMPA BUMI

|Views: 215|Likes:
Published by Tariq Hasan Fadhil

More info:

Published by: Tariq Hasan Fadhil on Jun 06, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/25/2015

pdf

text

original

DAMPAK GEMPA BUMI

Kelompok 5 : M. Mujahidin M.Furqon Prasetyo Tariq Hasan F ( 18 ) ( 19 ) ( 33 )

Dampak - Dampak Gempa Bumi
Gempa bumi adalah getaran kulit bumi yang bisa disebabkan karena beberapa hal, di antaranya kegiatan magma (aktivitas gunung berapi), terjadinya tanah turun, maupun karena gerakan lempeng di dasar samudra. Manusia dapat mengukur berapa intensitas gempa, namun manusia sama sekali tidak dapat memprediksikan kapan terjadinya gempa. Oleh karena itu, bahaya yang ditimbulkan oleh gempa lebih dahsyat dibandingkan dengan letusan gunung berapi. Proses kedatangannyapun sampai saat belum ada satu alat yang bisa memprediksi dengan akurat. Namun pada dasarnya selain akibat negative yang ditimbulkan oleh gempa bumi, ada juga dampak positif yang bemanfaat untuk proses kelangsungan hidup makhluk di atas bumi. Oleh karena itu saya berusaha menguraikan sedikit dampak positif maupun dampak negative sebagai akibat dari gempa bumi. A) Dampak Negatif 1) Berbagai bangunan roboh. Peristiwa gempa bumi yang banyak terjadi di berbagai tempat di dunia terutama di Indonesia sangat memberikan dampak bagi masyarakat maupun keadaan alam yang ada. Hal utama yang bisa terjadi saat gempa bumi adalah banyaknya bangunan yang roboh, ini membuat kebanyakan orang menjadi panik bahkan ada yang harus kehilangan anggota keluarganya yang tertimbun runtuhan bangunan. Dalam hal ini akan mempengaruhi psikologis seseorang yang harus kehilangan keluarganya.

2) Tanah di permukaan bumi merekah, jalan menjadi putus. Dampak yang satu ini akan sangat mempengaruhi dalam sektor perhubungan dan berbagai upaya memberi bantuan serta penyelamatan untuk para korban gempa. Hal ini juga akan berdampak pada kelestarian flora dan fauna di sekitar daerah terjadinya gempa karena banyak pepohonan yang tumbang dan hewanhewan yang panik banyak yang terjatuh dalam belahan tanah yang ada. 3) Tanah longsor akibat guncangan. Tanah longor lebih berdampak pada rusaknya daerah gempa yang bisa mengancam keberadaan manusia maupun flora dan fauna yang ada di sekitarnya. Dengan adanya longsor banyak korban yang meninggal tertimbun tanah longsoran tersebut, pohon tumbang dan banyak hewan yang mati. Ini dapat membuat keadaan sosial di tempat tersebut akan berubah, yang dulunya keluarganya masih utuh kini harus ada yang hilang. Yang dulunya hewan ternak banyak kini tinggal sedikit dan yang dulunya masih banyak pepohonan kini tinggal sedikit karena yang tersisa hanya hamparan tanah saja. 4) Terjadi banjir, akibat rusaknya tanggul. Dengan terjadinya banjir, maka berbagai aspek akan mengalami gangguan bahkan kerusakan. Seperti terendamnya rumah warga, hanyutnya hewan ternak dan yang lebih mengkhawatirkan lagi banjir dapat menimbulkan berbagai penyakit. 5) Gempa yang terjadi di dasar laut dapat menyebabkan tsunami (gelombang pasang). Inilah dampak yang paling membahayakan dari gempa bumi, karena tsunami dapat merusak semua sektor dan unsur yang ada.

B) Dampak Positif 1. Gempa tektonik dapat digunakan untuk mengetahui jenis mineral yang ada di bumi 2. Gempa tektonik dapat digunakan untuk mengetahui struktur lapisan kulit bumi 3. Gempa dapat digunakan untuk menentukan jenis konstruksi bangunan 4. Para ahli dapat membuat struktur perut bumi, karena hanya gelombang gempa yang dapat menerobos lubang perut bumi dengan cara menelurusuri jalur datangnya gempa. 5. Para ahli bisa mengetahui letak sumber minyak bumi. 6. Tektonisme akan membentuk relief bumi yang baru 7. Tektonisme dapat mengangkat mineral tambang ke permukaan bumi. 8. Vulkanisme dapat menghasilkan mineral-mineral baru yang berguna buat kelangsungan hidup makhluk di bumi. 9. Vulkanisme dapat menghasilkan bahan bangunan seperti batu, pasir dan sebagainya. 10. Vulkanisme dapat menghasilkan tanah vulkanis yang subur yang sangat berguna untuk berbagai macam tanaman. 11. Vulkanisme dapat menghasilkan sumber panas bumi (geothermal) Seisme dapat digunakan untuk mendeteksi keberadaan barang tambang tertentu.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->