LEMBAGA LEGISLATIF

MAJELIS PERMUSYAWARATAN RAKYAT (MPR)

Kedudukan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) merupakan lembaga permusyawaratan rakyat yang berkedudukan sebagai lembaga Negara.

Susunan dan Keanggotaan

Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) terdiri dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang dipilih melalui Pemilihan Umum Masa jabatan anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) adalah 5 (lima) tahun dan berakhir bersamaan pada saat anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) yang baru mengucapkan sumpah/janji.

.Pimpinan  Pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) terdiri dari ketua dan tiga wakil ketua yang mencerminkan unsur Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang dipilih dari dan oleh anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dalam sidang paripurna Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

Memutuskan untuk memberhentikan presiden dan wakil presiden. Melantik presiden dan wakil presiden. Melantik wakil presiden menjadi presiden apabila presiden berhalangan tetap.Tugas dan Wewenang     Mengubah dan menetapkan UndangUndang Dasar. .

 .  Memilih presiden dan wakil presiden apabila keduanya berhalangan tetap dari peraih suara terbanyak pertama dan kedua dalam pemilihan presiden sebelumnya sampai habis masa jabatannya.Memilih wakil presiden dari dua calon yang diajukan presiden apabila terjadi kekosongan jabatan wakil presiden.  Menetapkan peraturan Tata Tertib dan kode etik Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

.DEWAN PERWAKILAN RAKYAT (DPR)  Kedudukan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) merupakan Lembaga Perwakilan Rakyat yang berkedudukan sebagai lembaga negara.

. Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) berjumlah 550 orang Masa jabatan anggota DPR adalah 5 (lima) tahun dan berakhir bersamaan pada saat anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang baru mengucapkan sumpah/janji.Susunan dan Keanggotaan    Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) terdiri dari anggota partai politik peserta pemilu yang dipilih berdasarkan hasil pemilu.

dan  Pengawasan  .Fungsi Legislasi  Anggaran.

.Pimpinan  Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) terdiri atas seorang ketua dan tiga wakil ketua yang mencerminkan yang dipilih dari dan oleh anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dalam sidang paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Tugas dan Wewenang    Bersama Presiden membentuk/membuat undang-undang Membahas dan memberi persetujuan Peraturan Pemerintah pengganti Undangundang Menerima dan membahas usulan Rancangan Undang-Undang (RUU) yang diajukan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang berkaitan dengan bidang tertentu dan mengikutsertakannya dalam pembahasan. .

pendidikan dan agama.  .  Menetapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) bersama Presiden dengan memperhatikan pertimbangan Dewan Perwakilan Daerah (DPD).Memperhatikan pertimbangan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) atas Rancangan Undang-Undang (RUU) Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Rancangan Undang-Undang (RUU) yang berkaitan dengan pajak.

 Memberikan persetujuan calon hakim agung yang diusulkan oleh komisi judicial untuk ditetapkan menjadi Hakim Agung oleh Presiden.  Memberikan persetujuan kepada presiden atas pengangkatan dan pemberhentian anggota komisi judicial.  .Membahas dan menindaklanjuti hasil pemeriksaan atas pertanggungjawaban keuangan Negara yang disampaikan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Memilih tiga orang calon anggota hakim konstitusi dan mengajukannya kepada presiden untuk ditetapkan  Memberikan pertimbangan kepada presiden untuk mengangkat duta. menerima penempatan negara lain. dan memberikan pertimbangan dalam dalam memberikan amnesti dan abolisi  .

membuat perdamaian dan perjanjian dengan Negara lain. . Memberikan persetujuan kepada presiden untuk menyatakan perang. serta membuat perjanjian internasional lainnya yang menimbulkan akibat yang luas dan mendasar bagi kehidupan rakyat yang terkait dengan beban keuangan Negara dan/atau pembentukan undangundang.

 . menghimpun. menampung dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat. dan  Melaksanakan tugas dan wewenang lainnya yang ditentukan Undang-undang.Menyerap.

Hak DPR Interpelasi  Angket  Menyatakan pendapat  .

Keuangan dan administrasi. Mengajukan pertanyaan. Memilih dan dipilih. Menyampaikan usul dan pendapat. Membela diri. Imunitas.Hak anggota DPR         Mengajukan rancangan Undang-undang. . Protokoler.

DEWAN PERWAKILAN DAERAH (DPD)  Kedudukan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) merupakan lembaga perwakilan daerah yang berkedudukan sebagai lembaga negara. .

Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dari setiap propinsi sebanyak 4 (empat) orang. .Susunan dan Keanggotaan   Dewan Perwakilan Daerah (DPD) terdiri atas wakil-wakil daerah propinsi yang dipilih melalui pemilu.

Pengawasan atas pelaksanaan undangundang tertentu. ikut dalam pembahasan dan memberikan pertimbangan yang berkaitan dengan bidang-bidang legislatif.Fungsi   Mengajukan usul. .

DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH PROPINSI DAN KABUPATEN/KOTA  Kedudukan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) merupakan Lembaga Perwakilan Rakyat Daerah yang berkedudukan sebagai lembaga pemerintah daerah .

. Jumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Propinsi ditetapkan sekurang-kurangnya 35 dan sebanyak-banyaknya 100 orang.Susunan dan Keanggotaan   Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) terdiri dari anggota partai politik peserta pemilu yang dipilih berdasarkan hasil pemilu.

 .  Masa jabatan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) adalah 5 (lima) tahun dan berakhir bersamaan pada saat anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) yang baru mengucapkan sumpah/janji.Jumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten/kota ditetapkan sekurang-kurangnya 20 dan sebanyak-banyaknya 45 orang.

Fungsi Legislasi  Anggaran. dan  Pengawasan  .

Menetapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) bersama Gurbernur/Bupati/Walikota.Tugas dan Wewenang   Membentuk peraturan daerah yag dibahas dengan Gubernur/Bupati/Walikota untuk mendapat persetuju-an bersama. .

Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). keputusan Gubernur/Bupati/Walikota. Melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan Perda dan peraturan Perundang-undangan lainnya. kebijakan pemerintah daerah dalam melaksanakan program pembangunan daerah dan kerjasama internasional/ daerah. .

 Mengusulkan pengangkatan dan pemberhentian Bupati/Wakil Bupati atau Walikota/ Wakil Walikota kepada Mendagri melalui Gubernur (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah /DPRD Kabupaten/Kota).Mengusulkan pengangkatan dan pemberhentian Gubernur/Wakil Gubernur kepada Presiden melalui Mendagri (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah / DPRD Propinsi).  Memberikan pendapat dan pertimbangan kepada pemerintah daerah terhadap rencana perjanjian internasional yang menyangkut kepentingan daerah.  .

 .Memberikan pendapat dan pertimbangan kepada pemerintah daerah terhadap rencana perjanjian internasional yang menyangkut kepentingan daerah.  Meminta laporan pertanggungjawaban Gubernur/ Bupati/Walikota dalam pelaksanaan tugas desen-tralisasi.

Menyerap. dan  Melaksanakan tugas dan wewenang lainnya yang ditentukan Undangundang dan peraturan lainnya. menampung dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat. menghimpun.  .

Hak DPRD Interpelasi  Angket  Menyatakan pendapat  .

Mengajukan pertanyaan. Memilih dan dipilih. Membela diri. Imunitas. Keuangan dan administrasi. Protokoler. Menyampaikan usul dan pendapat.Hak anggota DPRD         Mengajukan rancangan Undang-undang. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful