Term of Refference (TOR) SEMINAR NASIONAL

KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN LEMBAGA KEPRESIDENAN MAHASISWA REPUBLIK MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM MALANG A. GAMBARAN UMUM Seminar Nasional merupakan salah satu program Kementerian Pemberdayaan Perempuan Lembaga Kepresidenan Mahasiswa REMA UNISMA. Secara teknis SEMNAS di laksanakan dalam waktu satu hari dengan agenda acara yang dikemas dan di orientasikan kepada 3 aspek yaitu Kognitif, Afektif dan Psikomotorik dengan memadukan berbagai macam materi terkait. Hak Dasar, Peran Perempuan, Demokrasi, dan Menempatkan Hak-Hak Perempuan Dalam Negara Demokrasi yang secara fungsi nantinya diharapkan dapat menjadi REMA UNISMA dalam menjalankan roda-roda Organisasi. B. NAMA DAN TEMA KEGIATAN Nama : Kegiatan ini disebut Seminar Nasional Tema : Perempuan dan Posisi “Eksklusif”nya dalam Bingkai Negara Demokrasi Dan Konstitusi C. LANDASAN KEGIATAN 1. Undang - Undang Dasar 1945 2. UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional 3. Kepmen No. 155/U/1998 tentang Pedoman umum organisasi kemahasiswaan diperguruan Tinggi. 4. Peraturan Pemerintah No.30 tahun 1990 Tentang Tujuan Pendidikan Nasional. 5. Tri Dharma Perguruan Tinggi 6. Program Kerja Kementrian Pemberdayaan Perempuan

MATERI 1) Hak-Hak Dasar Perempuan Sebagai Warga Negara RI oleh Ketua LSM Griya Baca (Novita Anggraeni S. Merefleksikan kembali dan melanjutkan pola gerakan perempuan 3.D.E. WAKTU DAN TEMPAT Waktu : Hari Jum’at/16 Maret 2012 Tempat : Hall Usman Mansur I. PESERTA Peserta kegiatan ini diperkirakan berjumlah ± 200 mahasiswa dari berbagai delegasi. Presiden Pusat Studi Jepang Untuk Kemajuan Indonesia DR HC Anni Iwasaki 4. Delegasi Lembaga Gubernuran Mahasiswa (LGM) di lingkungan UNISMA dan Delegasi dari berbagai Universitas di seluruh Indonesia.M. TUJUAN KEGIATAN 1. S.. Memperdalam wacana tentang perempuan dan dunia politik 2. Guru Besar Fakultas Ekonomi Prof Hj. METODE Metode yang digunakan adalah : 1. NARA SUMBER 1. Pokok Bahasan • • • Pengertian Hak-hak Perempuan Kenyataan Perempuan sebagai Warga Negara Perempuan adalah soko guru bangsa .Pd) a. Partisipatoris (Tanya jawab dan Dialogis) F.E 3.Pd 2. yaitu. Khofifah Indar Parawansa H. Mengembangkan potensi diri E. Nurhajati. G. Pimpinan LSM Griya Baca Novita Anggraeni S. Ketua Umum Pimpinan Pusat Muslimat NU Dra.

Pemandu • • : Partisipatoris (tanya jawab dan Dialogis) : 20 Menit : Moderator e. Metode c. Target Materi . Nurhajati. Pokok Bahasan • • Potret perempuan di Era Transisi Demokrasi Kedudukan perempuan dalam Konstitusi RI : Partisipatoris (tanya jawab dan Dialogis) : 20 Menit b. Waktu d. Metode c.b. Target Materi Peserta memahami dan menginternalisasi cara pandang REMA UNISMA dalam melihat kenyataan akan kondisi hak dan perempuan saat ini Peserta mulai terdorong untuk mampu memposisikan diri berada dalam sebuah medan gerak menemukan hak-hak dasar perempuan sebagai warga negara 2) Peran Perempuan dalam Pembangunan oleh Mantan Direktur Pasca Sarjana UNISMA (Prof Hj. S.M. Target Materi Peserta mengetahui tokoh-tokoh perempuan pelopor pembangunan Peserta mulai terdorong untuk mengikuti pola dan semangat perjuangan para perempuan terdahulu 3) Dinamika Perjuangan Perempuan Di Era Transisi Demokrasi dalam Konteks Konstitusi RI oleh Presiden Pusat Studi Jepang Untuk Kemajuan Indonesia (Anni Iwasaki) a. Metode c. Pokok Bahasan • • Pengertian Peran Serta Perempuan dalam Pembangunan Keberhasilan tokoh perempuan dalam pembangunan : Partisipatoris (tanya jawab dan Dialogis) : 20 Menit : Moderator b.E) a. Pemandu : Moderator e. Pemandu • • e. Waktu d.. Waktu d.E.

Thank For All 085731482664 / 081332312366 . CONTACT PERSON Endang Pratiwi K. PENUTUP Demikian TOR (Term Of Refference) Seminar Nasional Kementerian Pemberdayaan Perempuan Lembaga Kepresidenan Mahasiswa REMA Unisma ini kami buat. Pemandu : Moderator e. Khofifah Indar Parawansa) a. Metode c. Target Materi • • Peserta mengetahui strategi pendidikan politik perempuan di Indonesia Peserta bisa menempatkan hak-hak perempuan dan memberikan peluang kepada perempuan untuk berkembang J. Pokok Bahasan • • Strategi Pendidikan Politik Perempuan di Indonesia Penempatan hak-hak perempuan di negara demokrasi dan sesuai dengan hukum yang ada b. dukungan dan kerjasama dari seluruh pihak menjadi kebutuhan mutlak untuk mennyukseskan acara tersebut dan semoga acara ini menjadi ruang representatif bagi penyebaran virus Pergerakan Perempuan.• • Peserta memahami kedudukan perempuan di era transisi demokrasi Peserta memahami sejarah perjuangan perempuan dalam memperjuangkan hak-haknya dalam bidang konstitusi 4) Pendidikan Politik Perempuan dan Hak-Haknya Dalam Negara Demokrasi dan Hukum oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat Muslimat NU (Dra. Waktu : Partisipatoris (tanya jawab dan Dialogis) : 20 Menit d.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful