Glikogenesis dan Glikogenolisis

Glikogenesis adalah proses sintesis glikogen yang berasal dari glukosa yang berlebih didalam darah dan disimpan di dalam hati dan jar otot Glikogen dalam hati juga dibentuk dari asam laktat Membutuhkan UDPG yg dibentuk dari reaksi uridinitrifosfat dengan glukosa-1-P Siklus pengubahan glukosa, asam laktat dan glikogen disebut dengan siklus cori
1

Proses Glikogenesis dan glikogenolisis 2 .

6-diP + ADP Fosfoenol pirivat + ADP piruvakinase asam piruvat + ATP 3 . Laktat. 2. 3. Amino) Proses glukoneogenesis terjadi terutama di hati Ada 3 tahap reaksi yang tidak reversibel: Gluk + ATP Heksokinase Gluk-6-P + ADP Fruk-6-P + ATP Fruktokinase Fruk-1. as. Glukoneogenesis adalah sintesa glukosa dari senyawa senyawa yang bukan karbohidrat (as.Glukoneogenesis    1.

Fosfoenol piruvat dibentuk dari as piruvat melalui pembentukkan as oksaloasetat yg membutuhkan piruvatkarboksilase dan fosfoenolpiruvat karboksilase as.6-diP dgn dihidrolisis oleh enzim fruk-1.• Tahap lain dalam glukoneogenesis 1. Fruk-6-P dibentuk dari Fruk-1.piruvat + ATP+GTP+H2O Fosfoenolpiruvat + ADP + GDP + P + 2H+ 2. 3.6-difosfatase Gluk dibentuk dari hidrolisis gluk-6-P oleh enzim gluk-6-fosfatase 4 .

Jika dibutuhkan Asam laktat akan diubah menjadi asam piruvat. 5 .   Pada waktu otot berkontraksi. jika yg dihasilkan melebihi kebutuhan akan direduksi menjadi asam laktat. Asam piruvat digunakan dalam siklus asam sitrat. terjadi proses glikolisis yang menghasilkan asam piruvat dan asam laktat.