P. 1
latar belakang.ppt

latar belakang.ppt

|Views: 18|Likes:
Published by Bayu Gemilang
bvb
bvb

More info:

Published by: Bayu Gemilang on Jun 07, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/03/2013

pdf

text

original

Tingkat Urgensi Pemberian Vaksin Hepatitis B pada Mahasiswa Kepaniteraan Klinik di Fakultas Kedokteran UNAND

Bayu Gemilang 1010312007

1991). 1991). Infeksi VHB sangat berbahaya karena dapat menyebabkan penyakit hati menahun.Latar Belakang Di seluruh dunia diperkirakan ada lebih 200 juta orang sebagai karier VHB dan 2 miliar penduduk mempunyai bukti terinfeksi dengan VHB secara serologik. .70% HbsAg positif pada staf pengajarnya (Atmosukarto. sirosis dan karsinoma hepatoselular (Suwandi. Mahasiswa kedokteran merupakan salah satu populasi yang berisiko tinggi tertular VHB Suatu penelitian yang melibatkan 107 mahasiswa dan 108 dokter gigi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia di Jakarta telah menyimpulkan adanya HbsAg positif pada 1.86% mahasiswanya dan 3.

Rumusan Masalah Bagaimanakah gambaran sikap dan tindakan pencegahan tentang penyakit hepatitis B pada mahasiswa yang sedang menjalani kepaniteraan klinik di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Tahun 2012-2013? Bagaimanakah jalur penyebaran VHB yang bisa terjadi pada mahasiswa kepaniteraan klinik FK UNAND 2012-2013? Bagaimanakah gambaran urgensi pemberian vaksin hepatitis B pada mahasiswa yang sedang menjalani kepaniteraan klinik di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Tahun 2012-2013? .

Tujuan Umum Untuk mengetahui gambaran sikap dan tindakan pencegahan tentang penyakit hepatitis B pada mahasiswa yang sedang menjalani kepaniteraan klinik di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Tahun 20122013 .

Tujuan Khusus Untuk mengetahui jalur penyebaran virus Hepatitis B yang sering pada mahasiswa kedokteran Untuk mengetahui gambaran urgensi pemberian vaksin hepatitis B pada mahasiswa yang sedang menjalani kepaniteraan klinik di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Tahun 2012-2013 .

Manfaat Penelitian Sebagai bahan informasi bagi FK UNAND dalam rangka menurunkan angka kejadian terinfeksi oleh VHB di kalangan mahasiswanya yang sedang menjalani kepaniteraan klinik. Untuk menambah kepustakaan Fakultas Kedokteran dalam bidang karya tulis ilmiah. Sebagai masukan bagi FK UNAND agar dapat mengambil langkahlangkah atau kebijaksanaan mengenai vaksinasi hepatitis B sebelum mahasiswa menjalani kepaniteraan klinik. .

Terima Kasih Mohon Bimbingannya :) .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->