1. DATA INTEGER Kode Program Dan Penjelasannya.

// Menempatkan class kedalam paket pemrograman package Pemrograman; // Membuat class umum dengan nama Data_Integer public class Data_Integer { // Untuk mengeksekusi suatu program public static void main(String[] args) { // Membuat variabel Panjang dengan nilai 20 menggunakan tipe data integer int Panjang=20; // Membuat variabel Lebar dengan nilai 15 menggunakan tipe data integer int Lebar=15; // Membuat variabel Hasil yang menampung nilai perkalian antara variabel Panjang dan Hasil menggunakan tipe data integer (Rumus untuk mencari luas persegi) int Hasil=Panjang * Lebar; // Mencetak >>>>Menghitung Luas Tanah<<<< System.out.println(">>>>Menghitung Luas Tanah<<<<"); // Mencetak Panjang dan nilai yang ditampung variabel Panjang System.out.println("Panjang= "+Panjang + " Cm");

out.println("Lebar= " +Lebar + " Cm"). // Akhir dari program yang akan dieksekusi } // Penutup dari suatu class } Hasil: run: >>>>Menghitung Luas Tanah<<<< Panjang= 20 Cm Lebar= 15 Cm Rumus (Luas=Pangjang x Lebar) L= 20 Cm x 15 Cm L= 300 Cm . // Mencetak L= dan nilai yang ditampung oleh variabel Panjang dan x dan nilai yang ditampung oleh variabel Lebar System.println("L= "+Panjang+" Cm x "+Lebar+" Cm").out.println("Rumus (Luas=Pangjang x Lebar)").println("L= "+Hasil+" Cm").// Mencetak Lebar dan nilai yang ditampung variabel Lebar System. // Mencetak L= dan nilai yang ditampung oleh variabel Hasil System. // Mencetak Luas=Panjang x Lebar System.out.out.

5.0. DATA DOUBLE Kode Program Dan Penjelasannya. // Membuat variabel Hasil yang menampung nilai dari hasil penjumlahan nilai Kuis.BUILD SUCCESSFUL (total time: 16 seconds) 2. // Menempatkan class kedalam paket pemrograman package Pemrograman. // Membuat class umum dengan nama Data_Double public class Data_Double { // Untuk mengeksekusi suatu program public static void main(String[] args) { // Membuat variabel Kuis dengan nilai 8.Mid. // Membuat variabel Final dengan nilai 9.3.3 menggunakan tipe data double double Mid=8.0 menggunakan tipe data double double Final=9.Final kemudian dibagi dengan 3 menggunakan tipe data integer (Rumus untuk mencari nilai rata-rata) .5 menggunakan tipe data double double Kuis=8. // Membuat variabel Mid dengan nilai 8.

out. // Mencetak Nilai Rata Rata= dan nilai yang ditampung variabel Hasil System.5 Nilai Mid= 8. // Mencetak Nilai Mid= dan nilai yang ditampung variabel Mid System. // Mencetak Nilai Kuis= dan nilai yang ditampung variabel Kuis System.println("Nilai Rata Rata= " +Hasil).double Hasil=(Kuis + Mid + Final)/3. // Akhir dari program yang akan dieksekusi } // Penutup dari suatu class } Hasil: run: >>>>Menghitung Nilai Rata-Rata<<<< Nilai Kuis= 8.println(">>>>Menghitung Nilai Rata-Rata<<<<"). // Mencetak >>>>Menghitung Luas Tanah<<<< System.println("Nilai Kuis= "+Kuis).3 Nilai Final= 9.println("Nilai Final= " +Final).0 .out.out.println("Nilai Mid= " +Mid).out. // Mencetak Nilai Final= dan nilai yang ditampung variabel Final System.out.

DATA BOOLEAN Kode Program Dan Penjelasannya. double Berat=50. double b= Tinggi/Berat.02).6 BUILD SUCCESSFUL (total time: 3 seconds) 3. // Membuat variabel Tinggi dengan nilai 160 menggunakan tipe data double double Tinggi=160.Nilai Rata Rata= 8. double a=Berat * 3 + (Berat*0. . // Membuat variabel a dan variabel b yang menampung nilai dari rumus untuk mengetahui tubuh ideal. // Menempatkan class kedalam paket pemrograman package Pemrograman. // Membuat class umum dengan nama Data_Boolean public class Data_Boolean { // Untuk mengeksekusi suatu program public static void main(String[] args) { // Membuat variabel Berat dengan nilai 50 menggunakan tipe data double.

println("Waduhhh Tubuh Anda Tidak Termasuk Tipe Ideal"). // Mencetak >>>>Mengetahui Tubuh Ideal<<<< System.2 ).2 boolean Hasilideal=(Tinggi >= a) && (b <=3.println("Berat= "+Berat). } // Mencetak Waduhhh Tubuh Anda Tidak Termasuk Tipe Ideal jika Hasilideal Bernilai FALSE else { System. // Mencetak Berat= dan nilai yang ditampung variabel Berat System.println("Tinggi= "+Tinggi).// Memberi nilai TRUE pada Hasilideal jika nilai Tinggi lebih besar atau sama dengan nilai a dan nilai b lebih kecil atau sama dengan 3.println(">>>>Mengetahui Tubuh Ideal<<<<").println("Selamat Tubuh Anda Termasuk Tipe Ideal").out.out. } // Akhir dari program yang akan dieksekusi . // Mencetak Tubuh Anda Termasuk Tipe Ideal jika Hasilideal bernilai TRUE if (Hasilideal==true) { System.out. // Mencetak Tinggi= dan nilai yang ditampung variabel Tinggi System.out.out.

} // Penutup dari suatu class } Hasil: run: >>>>Mengetahui Tubuh Ideal<<<< Berat= 50.0 Tinggi= 160.0 Selamat Tubuh Anda Termasuk Tipe Ideal BUILD SUCCESSFUL (total time: 2 seconds) 4. OPERATOR ARITMATIKA Kode Program Dan Penjelasannya. // Membuat class umum dengan nama Op_Aritmatika public class Op_Aritmatika { // Untuk mengeksekusi suatu program public static void main(String[] args) { . // Menempatkan class kedalam paket pemrograman package Pemrograman.

. // Mencetak Suhu dalam celcius = dan nilai dari variabel Celcius System.println("Suhu dalam celcius= "+Celcius). // Membuat variabel Kelvin dengan nilai dari hasil penjumlahan nilai variabel Celcius dan 273.15.println("Suhu dalam kelvin= "+Kelvin).out. // Membuat variabel Fahrenheit dengan nilai dari hasil perkalian nilai variabel Celcius dengan 1. double Celcius=100.8.out.2 ).15 menggunakan tipe data double double Kelvin=Celcius+273. // Mencetak Suhu dalam reamur = dan nilai dari variabel Reamur System.out.8 kemudian ditambah 32 menggunakan tipe data double double Reamur=Celcius * 0.// Membuat variabel Celcius dengan nilai 100 menggunakan tipe data double.out. // Membuat variabel Reamur dengan nilai dari hasil perkalian nilai variabel Celcius dengan 0. // Mencetak Suhu dalam kelvin = dan nilai dari variabel Kelvin System.println("Suhu dalam fahrenheit= "+Fahrenheit).8 menggunakan tipe data double boolean Hasilideal=(Tinggi >= a) && (b <=3.println("Suhu dalam reamur= "+Reamur). // Mencetak Suhu dalam fahrenheit = dan nilai dari variabel Fahrenheit System.

0 BUILD SUCCESSFUL (total time: 3 seconds) .15 Suhu dalam fahrenheit= 212.0 Suhu dalam kelvin= 373.0 Suhu dalam reamur= 80.// Akhir dari program yang akan dieksekusi } // Penutup dari suatu class } Hasil: run: Suhu dalam celcius= 100.