P. 1
TUGAS KEPERAWATAN KOMUNITAS

TUGAS KEPERAWATAN KOMUNITAS

|Views: 3|Likes:
Published by Aan Saja

More info:

Published by: Aan Saja on Jun 07, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/14/2014

pdf

text

original

TUGAS KEPERAWATAN KOMUNITAS KONSEP DAN PRINSIP PELAYANAN PRIMA DI BIDANG KESEHATAN KOMUNITAS

Oleh : Kelompok IV Dori Pria Zonta Lidya Febriani Putri Meiliza Fitri Mulya Sari Rini Angraini Wendri

PRODI S1 KEPERAWATAN STIKes MERCUBAKTIJAYA PADANG 2013

Semoga dengan selesainya makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan teman-teman. Terima Kasih. Makalah ini disusun agar pembaca dapat memperluas ilmu tentang Keperawatan Komunitas khususnya pada “Konsep Dan Prinsip Pelayanan Prima Di Bidang Kesehatan Komunitas “ yang kami sajikan berdasarkan peninjauan dan pengamatan dari berbagai sumber. Padang. Februari 2013 Penulis . Makalah ini disusun dengan berbagai rintangan baik itu dari diri penyusun maupun yang datang dari luar. Tidak lupa pula kami ucapkan terima kasih kepada dosen mata kuliah Keperawatan Komunitas dan teman-teman yang telah memberikan dukungan dalam menyelasaikan makalah ini. oleh sebab itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun. karena dengan rahmat dan karunia-Nya kami masih diberi kesempatan untuk menyelesaikan makalah ini. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari ALLAH SWT akhirnya makalah ini dapat terselesaikan. Kami menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak kekurangan.KATA PENGANTAR Segala puji dan syukur kami ucapkan atas kehadirat Allah SWT. Tanpa pertolongan-Nya maka kami tidak akan sanggup menyelesaikannya dengan baik.

efektif serta dapat dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. Seperti yang tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. . nyaman dan berorientasi pada kepuasan konsumen semakin mendesak dimana diperlukan kinerja pelayanan yang tinggi. Program akan dapat diuntungkan dan dapat dukungan jika dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat yang terus meningkat. Dengan demikian kita hendaknya memiliki sistem yang dapat mempertahankan dukungan pelanggan. Reformasi dibidang kesehatan dilaksanakan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dan menjadikannya lebih efisien. kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang optimal”. pelayanan bidang kesehatan juga perlu mempertahankan loyalitas konsumen / pelanggannya yang telah ada. Dengan meningkatnya tingkat pendidikan dan keadaan sosial dalam masyarakat maka. Pelayanan prima adalah faktor kunci dalam keberhasilan pencapaian tujuan program kesehatan. kita perlu meningkatkan jumlah dukungan pelanggan program yang kita miliki.BAB I PENDAHULUAN A. Untuk melaksanakan hal ini. Health costumer care secara harfiah berarti pelayanan kesehatan yang sangat baik atau pelayanan kesehatan terbaik. meningkat pula kesadaran akan arti hidup sehat dan keadaaan tersebut menyebabkan tuntutan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang bermutu. Latar Belakang Bentuk pelayanan publik yang dilaksanakan oleh pemerintah adalah pemenuhan kebutuhan kesehatan masyarakat. maka program biasa dapat melakukan upaya-upaya terobosan untuk dapat bertahan dalam persaingan. khususnya dalam bidang pelayanan masyarakat. Dalam hal untuk mendapatkan simpati baru. Jika program pelayanan masyarakat ingin dapat tumbuh dan berkembang. Pelayanan prima di bidang kesehatan ( Health Excellent Service ). Seperti halnya mendapatkan dukungan pelanggan yang baru. 951/Menkes/SK/VI/2000 yaitu bahwa “tujuan pembangunan kesehatan adalah untuk meningkatkan kesadaran.

Mengetahui konsep dari pelayanan prima. Tujuan Khusus 1. 2. Tujuan Umum Untuk mengetahui konsep dan prinsip pelayanan prima di bidang kesehatan komunitas. Mengetahui prinsip dari pelayanan perima .B. C.

Banyak aspek yang perlu dijadikan bahan permikiran dan bahan pertimbangan agar dapat mewujudkan kepuasan pelanggan pelayanan kesehatan dan bukan hanya sekedar memberikan janji pelayanan yang terbaik. Untuk itu dibutuhkan rasa percaya diri untuk menyesuaikan dan mempertimbangkan kepercayaan dan menjaga rahasia pelanggan yang ada pada kita. 2. Pelayanan yg sesuai dengan SPM. Konsep Pelayanan Prima Di Bidang Kesehatan 1. Hal ini memerlukan sedikit layanan ekstra dengan harapan pelayanan yang akan diperoleh adalah pelayanan terbaik. Defenisi Pelayanan prima bidang kesehatan ( Health costumer care ) berarti upaya memelihara dan mempertahankan para pelanggan pelayanan kesehatan dan terus melakukan upaya menambah pelanggan baru.BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. Pelayanan yg melebihi persyaratan SPM. Pelayanan prima bidang kesehatan ( Health costumer care ) yang baik dibutuhkan kesiapan semua anggota pelaksana program tanpa kecuali. . untuk dapat melaksanakan tugas dan bekerjasama bersama orang lain. Pelayanan yg dianggap terbaik oleh lembaga pemerintah yg belum memiliki SPM. Pelayanan prima dibidang kesehatan ( Health costumer care ) bukan hanya sekedar memberikan susuatu layanan tehnis kesehatan saja tetapi juga layanan informasi pelayanan kesehatan. c. Standart Pelayanan Prima (SPM) Standar pelayanan prima dibedakan menjadi 3 level : a. Lembaga ini memiliki kewajiban segera menyusun SPM. Bagi lembaga pemerintah yg telah memiliki SPM. b. apakah mereka yang berhubungan langsung atau tidak langsung dengan para pelanggannya. tetapi ternyata dalam praktek pelayanannya tidak baik.

S : Sense of responsibility is a realization that what one does and says is important / seseorang harus memiliki rasa tanggung jawab terhadap pekerjaan dan perkataannya terhadap orang lain.mencintai pekerjaan. Respect for other people / menghargai dan mengormati orang lain. A : Accurate in everything done is of permanent importance / harus memiliki keakuratan ketepatan. Ciri-Ciri Pelayanan Prima PERSONALITY. L : Loyality to both management ang collegues make good teamwork / harus setia kepada manajemen dan kolega / rekan kerja I : Intelligence use of comman sense at all time / harus menggunakan akal sehat dalam pelayanan dari waktu ke waktu. T : Tact saying and doing the thing at the right time / harus meiliki kepribadian.3. Artinya: P E R : : : Pleasantness / Kenyamanan Eagerness to help others / hasrat untuk membantu masyarakat. dan / ketelitian dalam segala hal. N : Neatness indicatet Pride in self and job / memiliki kerapian dan bangga dengan pekerjaannya sendiri. berbicara bijaksana dan melakukan pekerjaan dengan benar. Y : Yearning to be good service cleck and love of the work is essential / harus mempunyai keinginan menjadi pelayan yang baik serta . O : Orderly mind is essensial for methodical and accurate work / memiliki jalan pemikiran yang terarah dan terorganisasi untuk melakukan pekerjaan dengan metode baik dan tingkat ketepatan yang tinggi. .

dikembangkan berdasarkan tiga prinsip yaitu: 1. Mewujudkan kebutuhan pelanggan e. Mengamati dan menghargai kepada para pelanggannya. Prinsip Pelayanan Prima Di Bidang Kesehatan Pelayanan prima bidang kesehatan. b. b. Mendengar dan memahami secara sungguh-sungguh kebutuhan para pelanggan. Hal-hal yang perlu diperhatikan yang berkaitan dengan konsep pelayanan prima bidang kesehatan. Menegaskan kembali kebutuhan pelayanan d. Action ( Tindakan) Pelayanan prima berdasarkan action ( tindakan ) meliputi lima prinsip : a. Menyatakan terima kasih dengan harapan pelanggan masih mau kembali setia untuk memanfaatkan pelayanan. . Mencatat kebutuhan pelayanan c. 3. Melayani pelanggan dengan berfikir positip sehat dan logis c. Apabila dikaitkan dengan tujuan pemerintah dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat maka pelayanan prima kesehatan adalah pelayanan kesehatan yang terbaik kepada masyarakat. yaitu : a. Attitude ( sikap ) yang benar Pelayanan prima berdasarkan konsep attituide ( sikap ) meliputi tiga prinsip berikut: a. c. Mencatat setiap pesan para pelanggan.B. Attention ( perhatian ) yang tidak terbagi Pelayanan prima berdasarkan attention ( perhatian ) meliputi tiga prinsip : a. Mencurahkan perhatian penuh kepada para pelanggan. Melayani pelanggan berdasarkan penampilan yang sopan dan serasi. Melayani pelanggan dengan sikap selalu menghargai 2. b.

. yaitu adalah pelayanan yang memiliki standar. maka pelayanan prima upaya mencari terobosan sehingga berarti pelayanan yang diberikan dapat melebihi standar. Untuk instansi yang sudah mempunyai standar pelayanan kesehatan maka pelayanan prima . c. Pelayanan prima kesehatan didasarkan pada struktur pelayanan terbaik. Usaha selanjutnya adalah menyusun standar pelayanan prima. Apabila pelayanan selama ini sudah sesuai dengan standar. Untuk instansi yang belum mempunyai standar pelayanan maka pelayanan prima adalah pelayanan yang terbaik dari instansi yang bersangkutan. e. d.b.

Saran Penulisan tugas ini jauh dari kesempurnaan. tetapi ternyata dalam praktek pelayanannya tidak baik. Kesimpulan Pelayanan prima bidang kesehatan ( Health costumer care ) berarti upaya memelihara dan mempertahankan para pelanggan pelayanan kesehatan dan terus melakukan upaya menambah pelanggan baru. Attitude ( sikap ) yang benar 2. Pelayanan prima bidang kesehatan. kritik dan saran dari pembaca maupun dosen pembimbing sangat membantu untuk kesempurnaan tugas selanjutnya. Banyak aspek yang perlu dijadikan bahan permikiran dan bahan pertimbangan agar dapat mewujudkan kepuasan pelanggan pelayanan kesehatan dan bukan hanya sekedar memberikan janji pelayanan yang terbaik. dikembangkan berdasarkan tiga prinsip yaitu: 1. . Action ( Tindakan) B.BAB III PENUTUP A. Attention ( perhatian ) yang tidak terbagi 3.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->