HEWAN REPTIL Reptil (binatang melata) adalah sebuah kelompok hewan vertebrata yang berdarah dingin dan memiliki

sisik yang menutupi tubuhnya. Reptilia adalah tetrapoda (hewan dengan empat tungkai) dan menelurkan telur yang embrionya diselubungi oleh membran amniotik. Sekarang ini mereka menghidupi setiap benua kecuali Antartika, dan saat ini mereka dikelompokkan sebagai:
   

Ordo Crocodilia (buaya, garhial, caiman, dan alligator): 23 spesies Ordo Sphenodontia (tuatara Selandia Baru): 2 spesies Ordo Squamata (kadal, ular dan amphisbaenia ("worm-lizards")): sekitar 7.900 spesies Ordo Testudinata (kura-kura, penyu, dan terrapin): sekitar 300 spesies

Mayoritas reptil adalah ovipar (bertelur) meski beberapa spesies Squamata bersifat vivipar (melahirkan). Reptil vivipar memberi makan janin mereka menggunakan sejenis plasenta yang mirip dengan mamalia. Ukuran reptil bervariasi, dari yang berukuran hingga 1,6 cm (tokek kecil, Sphaerodactylus ariasae) hingga berukuran 6 m dan mencapai berat 1 ton (buaya air asin, Crocodylus porosus). Cabang ilmu pengetahuan alam yang mempelajari reptil adalah herpetologi. Reptile adalah kelompok vertebrata menarik dengan salah satu sejarah terpanjang dari setiap makhluk hidup di Bumi. Pertama kali muncul lebih dari 300 juta tahun yang lalu, reptil diyakini telah turun dari amfibi dan selama evolusi mereka, telah menghasilkan banyak keturunan yang unik, yang paling terkenal adalah dinosaurus. Hari ini, reptil menghuni setiap benua kecuali Antartika dan mencakup sekitar 8.700 jenis, terpecah menjadi: * Crocodilia - buaya, gharials, dan buaya Caiman * Sphenodontia - tuataras dari Selandia Baru * Squamata - kadal, ular dan amphisbaenids ('kadal cacing') * Testudines - kura-kura, katak dan penyu Semua reptil berdarah dingin, dengan kulit ditutupi oleh sisik pengganti rambut atau bulu, dan sebagian besar bertelur walaupun ada spesies tertentu yang melahirkan. Reptil adalah salah satu makhluk yang paling dekat dengan mitos lebih, takhayul dan legenda daripada hewan lain. Berikut ini adalah 10 fakta nyata tentang reptil yang mungkin tidak Anda ketahui. Jenis-jenis binatang reptile : 1. Kura-Kura Kata 'Turtles sama artinya dengan 'slow' atau 'lazy'. mereka telah lama diejek dalam sastra dan cerita rakyat karena kelambatan mereka. Tetapi apakah Anda tahu bahwa reptil tercepat di dunia sebenarnya kura-kura? Ya, kura-kura mungkin lambat di darat tetapi di air, mereka efisien dan cepat. penyu belimbing Pasifik dapat berenang dengan kecepatan sampai dengan 35km/hr membuatnya sebagai reptil yang bergerak

Ular Derik Ular derik secara luas dikenal mematikan. Bunglon Satu hal lagi yang unik tentang bunglon . empat kali lebih banyak orang mati oleh lebah tawon daripada gigitan ular! 5. tetapi juga sesuai dengan cahaya. reptil tercepat adalah iguana ekor berduri-Kosta Rika. suhu dan bahkan suasana hati-nya! 4. Cobra Asia membunuh lebih banyak orang. 3. yang telah diketahui kecepatannya hingga 33km/hr. yang menyebabkan jantungnya berhenti berdetak. selain itu.mereka adalah satu-satunya binatang yang dapat menggerakan dan memfokuskan mata mereka secara terpisah. pembekuan sebenarnya strategi untuk bertahan dalam musim dingin yang panjang. namun apakah Anda tahu bahwa mereka masih bisa menggigit setelah mereka mati? Penelitian yang dilakukan oleh Akademi Ilmu Pengetahuan California di San Francisco telah menunjukkan bahwa ular derik masih mampu menggigit hingga satu jam setelah telah dipenggal atau ditembak. meskipun Mamba hitam secara luas dianggap ular paling beracun . lidah ini terlempar keluar dari mulut dengan kecepatan sangat tinggi dan menjerat mangsanya menggunakan ujung lidahnya yang lengket. pembekuan berarti kematian tertentu. Di darat. 2. dengan ilmuwan meyakini bahwa refleks yang mungkin dipicu oleh sensor inframerah masih aktif di ular. paru-paru berhenti bernapas dan ginjal berhenti bekerja. organ katak dikelilingi dengan air dingin. Ular Ular yang bertanggung jawab atas kematian manusia bukanlah raja kobra tetapi carpet viper yang hidup di wilayah dari Afrika Barat ke India. mata mereka berputar ke arah yang berbeda dan memberi mereka kemampuan untuk melihat dalam dua arah yang berbeda dan fokus pada objek terpisah secara bersamaan. Katak memasuki keadaan 'mati suri' dan tinggal selama berbulanbulan sampai musim semi datang. tapi untuk katak kayu Amerika Utara. Namun pada kenyataannya. Ular Ular adalah salah satu makhluk paling ditakuti di muka bumi dan banyak orang percaya bahwa mereka bertanggung jawab atas kematian orang banyak. Saat suhu menurun. Lanjut tentang bunglon. 4. 6. Bunglon Bunglon akan mengubah warna tubuh mereka tidak hanya untuk kamuflase dan untuk berbaur dengan latar belakang. bunglon juga satu-satunya binatang yang dapat memanjangkan lidahnya sampai 3 kali lebih panjang dari tubuhnya untuk menangkap makanan.tercepat di dunia. membuatnya menjadi ular yang lebih mematikan. 7. Katak Kayu Bagi kebanyakan hewan. di Amerika Serikat. Katak Emas .

ular bukan hewan yang paling berbisa di dunia. 8. Memiliki ekor yang kuat dan memiliki racun yang mematikan.pada kenyataannya. menyergap mangsanya dengan menggunakan cakarnya yang tajam dan kuat. tampaknya tepat untuk nama komodo dengan ukuran besar serta tampak seperti monster ganas yang siap menerkam mangsanya. Setiap gigitan komodo bisa mengakibatkan infeksi yang fatal. tetapi bisa milik katak panah emas beracun yang cukup untuk membunuh 20 manusia. membantu mereka untuk menggiling dan mencerna makanan mereka (seperti rempela burung) dan juga bertindak sebagai pemberat suatu untuk membantu mereka menyelam lebih dalam.Bertentangan dengan kepercayaan orang. 5 hewan reptil Terbesar di dunia 1. Komodo ini juga disebut sebagai hewan pemburu mematikan yang memiliki panjang hingga 3 meter (10 kaki). Istilah Dragon. Selain itu. air liur Komodo Dragon ini mengandung bakteri yang bernama virulent strains. Hewan ini biasanya berburu di sore hari. Buaya Jika Anda melihat buaya menelan. buaya sering menelan batu-batu besar yang tetap tinggal di perut mereka. Tuatara . itu tidak ada apa-apanya. 2. Komodo Dragon Komodo Drago Hewan ini dijuluki sebagai the king of lizard.

Kabarnya. sayangnya hewan tersebut seringkali salah mengira bahwa apa yang dikonsumsinya ternyata tas plastik yang kemungkinan dibuang sembarang oleh manusia di perairan. Leatherback Sea Turtle Leatherback Sea Turtle Jenis Penyu raksasa ini memiliki ukuran panjang lebih dari 2 meter (7 kaki) dengan rentang sirip hampir 3 meter (8 kaki). sedangkan rusuknya seperti yang dimiliki pada burung. Tuatara hidup di pulau lepas pantai. hewan ini memiliki tiga kelopak mata di setiap matanya serta mata ketiga yang disebut parietal eye. Selain itu. Akibatnya. wilayah Selandia Baru. sekira 250 juta tahun lalu. Penyu ini memakan jenis ubur-ubur. 3. Tuatara memiliki kaki dan struktur otak yang sangat mirip dengan hewan amfibi. namun hewan ini merupakan kerabat terdekat dari reptil dan ular yang pernah hidup di era Mesozoic.200 meter (4000 kaki). Banyaknya jaringan lemak membuat jenis penyu ini hangat ketika menyelam di lautan hingga kedalaman 1. Kemungkinan mata ketiga ini berfungsi untuk mendeteksi siklus siang dan malam. tulang punggung hewan ini menyerupai ikan. banyak dari jenis penyu ini .Jenis iguana ini memang tidak memiliki ukuran besar .

kemudian menelannya secara utuh. kabarnya ular python ini mampu menempuh perjalanan laut dari kepulauan Indo . Reticulated Python merupakan hewan aggressive constrictors yang melemaskan mangsanya dengan melilit tubuh. Reticulated Python Reticulated Python Jenis ular python besar ini adalah hewan melata yang mampu berenang dengan lincah di perairan. Saltwater Crocodile (Crocodilians) .yang meninggal lantaran menelan tas plastik tersebut. Hewan ini tercatat memiliki panjang 6.Australia. 4. menjadikannya sedikit lebih panjang dari buaya air asin. Bahkan.95 meter (22.8 kaki). 5.

eksistensi buaya ini telah ada atau lebih tua dari dinosaurus. merupakan reptil terbesar di dunia. cari ? Amfibi Rentang fosil: Akhir Devonian . Bahkan. Amfibia Dari Wikipedia bahasa Indonesia. ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Langsung ke: navigasi.Saltwater Crocodile Saltwater Crocodile atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan buaya air asin. ada mood tertentu yang bisa membawa makhluk hidup buas ini untuk menyerang manusia. Area populasi buaya ini hidup di wilayah Australia. Selain itu. sehingga buaya air asin mampu memberi informasi sekilas mengenai nenek moyang hewan raksasa yang pernah hidup di zaman prasejarah.Sekarang Katak kaki sekop barat. Spea hammondii Klasifikasi ilmiah . Konon. Tumbuh dengan panjang lebih dari 6 meter (20 kaki). Buaya ini memiliki gigi raksasa yang diklaim dapat menghancurkan tengkorak sapi di rahang reptil tersebut. buaya air asin juga berkembangbiak mulai dari Asia Tenggara hingga Australia. diketahui buaya jenis ini juga bisa hidup di laut seperti yang pernah ditemukan di laut Jepang. Dari namanya.

larvanya yang dinamai berudu hidup di air atau tempat basah tersebut dan bernapas dengan insang. Amfibia mempunyai ciri-ciri:        tubuh diselubungi kulit yang berlendir merupakan hewan berdarah dingin (poikiloterm) mempunyai jantung yang terdiri dari tiga ruangan yaitu dua serambi dan satu bilik mempunyai dua pasang kaki dan pada setiap kakinya terdapat selaput renang yang terdapat di antara jari-jari kakinya dan kakinya berfungsi untuk melompat dan berenang matanya mempunyai selaput tambahan yang disebut membrana niktitans yang sangat berfungsi waktu menyelam pernapasan pada saat masih kecebong berupa insang. berudu kemudian berubah bentuk (bermetamorfosa) menjadi hewan dewasa. Ketika menetas. atau menyimpan telurnya di tempat yang lembap dan basah.punah Subkelas Lepospondyli . Amfibia bertelur di air. yang umumnya hidup di daratan atau di tempat-tempat yang lebih kering dan bernapas dengan paru-paru. yakni di air dan di daratan.Kerajaan: Filum: Upafilum: Animalia Chordata Vertebrata Superkelas: Tetrapoda Kelas: Amfibia Linnaeus. setelah dewasa alat pernapasannya berupa paru-paru dan kulit dan hidungnya mempunyai katup yang mencegah air masuk ke dalam rongga mulut ketika menyelam berkembang biak dengan cara melepaskan telurnya dan dibuahi oleh yang jantan di luar tubuh induknya (pembuahan eksternal).punah Subkelas Lissamphibia Ordo Anura Ordo Caudata Ordo Gymnophiona Amfibia atau amfibi (Amphibia). Untuk lebih jelas ciri-ciri amfibi lihat tebel berikut: . 1758 Subclasses and Orders Ordo Temnospondyli . Setelah beberapa lama. umumnya didefinisikan sebagai hewan bertulang belakang (vertebrata) yang hidup di dua alam.

adalah salamander. Amfibia dari daerah bermusim empat ini bertubuh serupa kadal. Habitat Suhu tubuh Peredaran darahnya air dan darat tidak tetap. serta bangsa kodok dan katak (Anura). namun berkulit licin tanpa sisik . setelah dewasa alat Alat pernapasannya berupa paru-paru dan kulit dan hidung amfibi mempunyai pernapasan katup yang mencegah air masuk ke dalam rongga mulut ketika menyelam. berubah-ubah mengikuti suhu lingkungannya (berdarah dingin/poikiloterm) tertutup Alat Mata dan matanya mempunyai selaput tambahan yang disebut membrana penglihatan niktitans yang sangat berfungsi waktu menyelam Berkembang dengan cara melepaskan telurnya dan dibuahi oleh yang jantan di luar tubuh biak induknya (pembuahan eksternal) Jantung terdiri dari tiga ruangan yaitu dua serambi dan satu bilik Contoh amfibia yang terdapat di Indonesia adalah bangsa sesilia (Caecilia). yang tidak terdapat secara alami di Indonesia. Sesilia adalah semacam amfibia tidak berkaki yang badannya serupa cacing besar atau belut. Alat gerak pernapasan pada saat masih kecebong berupa insang. Satu lagi bangsa amfibia.Penutup tubuh kulit yang berlendir dua pasang kaki dan pada setiap kakinya terdapat selaput renang yang terdapat di antara jari-jari kakinya dan kakinya berfungsi untuk melompat dan berenang.

Budgett"s Frog (Lepidobatrachus laevis) Amfibi ini disebut juga Escuerzo atau Katak Mulut-Lebar. Katak ini agresif dan telah diketahui bahwa hewan ini akan menggigit jika merasa terancam oleh manusia atau predator. Nikaragua. dan Bolivia. dataran belukar kering. Mexican Burrowing Toad (Rhinophrynus dorsalis) Hewan langka ini merupakan satu2nya spesies dengan lebih dari evolusi independen selama 190 juta tahun. di bawah ini ada 10 jenis hewan amphibi yang unik dan aneh penasaran ? 1.10 Jenis Hewan Amphibi Yang Unik 0 0 0 30 = Tahukan Hewan Amphibi Ituloh hewan yang bisa hidup di dua alam contohnya kodok kalau yang belum tahu. Pernah digigit katak? 2. nih katak kayanya bisa bahasa spanyol nih . dan hidup di savana kering. Hewan ini berasal dari Argentina. Honduras. El Savador. Katak ini hidup di selatan Texas sampai Meksiko. Guatemala. dan lingkungan berair tawar. dan Costa Rica. Merupakan spesies katak yang tergolong langka karena kehilangan habitatnya. dan merupakan spesies amfibi yang paling evolutionarily distinct. Paraguay.

Suara hewan ini mirip dengan suara seekor ayam. Alberta. Barred Tiger Salamander (Ambystoma mavortium) Hewan unik ini merupakan spesies salamander yang ditemukan di baratdaya Kanada di British Columbia. dan menghabiskan sebagian besar hidupnya di bawah tanah. di selatan sampai barat Amerika Serikat hingga Texas. Purple Frog (Nasikabatrachus sahyadrensis) Hewan ini merupakan satu dari hewan paling aneh di bumi. dan Meksiko utara.3. Ia dikenal juga sebagai Pignose Frog dan berasal dari Western Ghats di India. Saskatchewan. 4. hanya untuk kawin jadi kalo ga kawin ya berendem aja lah . Ia hanya naik ke permukaan selama 2 minggu. Hewan ini ditemukan hanya pada tahun 2003. dan Manitoba. Kulitnya sangat lembap dan dapat tumbuh hingga 35 cm.

5. dan negara lainnya. .. 6. Hewan ini nocturnal namun masih dapat aktif pada siang hari di perairan berlumut atau berumpur laut. Ia karnivora. Common Mudpuppy (Necturus maculosus) Hewan ini merupakan endemik di timur laut Amerika Serikat dan beberapa wilayah di Kanada. Jepang. Harganya pasti mahal ni gan. dan memiliki kemampuan untuk meregenerasi sebagian besar anggota tubuhnya. namun ia kadang ditemukan pada kedalaman hingga 90 kaki dan dapat hidup selama 20 tahun. Australia. serangga. telur ikan. Spesies yang tidak lazim ini berasal dari Meksiko. Hewan ini lebih suka air dangkal dengan banyak tempat untuk sembunyi. Mereka biasanya dipelihara di AS. memakan ikan. Axolotl (Ambystoma mexicanum) Hewan ini gagal dalam bermetamorfosis dan tetap tinggal di air dan tumbuh di sana sampai dewasa. Inggris.. dan moluska.

7. 8. Ia ditemukan di bagian utara di wilayah Amerika Selatan. dan dapat tumbuh sampai berukuran 16. Suriname Horned Frog (Ceratophrys cornuta) Hewan ini disebut juga sebagai Katak Bertanduk Amazon.5-28 cm. Neuse River waterdog (Necturus lewisi) Hewan ini ditemukan di sungai di North Carolina. Kecebong2 dari spesies ini saling menyerang sesaat setelah mereka menetas. dan dapat tumbuh hingga sepanjang 20 cm. .

Olm (Proteus anguinus) Hewan buta ini berasal dari Eropa Selatan dan disebut juga sebagai Proteus.9. Mereka hidup di perairan yang mengalir di bawah tanah yang melalui wilayah kapur. Bentuknya lucu atau menjijikkan ya? . Mereka juga kadang dipanggil "human fish" oleh penduduk lokal karena warna kulitnya yang mirip dengan warna kulit ras Kaukasia. dan memiliki indera penciuman dan pendengaran yang sangat tajam. Hewan ini dapat beradaptasi dengan lingkungan yang gelap total.

. Texas Blind Salamander (Eurycea rathbuni) Hewan ini juga buta. dan hidup di Texaz.10. Ia dapat tumbuh hingga 13 cm.