RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan keAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi

Dasar Indikator : SMK Muara Indonesia : Prod.Administrasi perkantoran : XII/5 : 1 dan 2 : 6 x 45 menit : Memproses Perjalanan Bisnis : Mendeskripsikan Perjalanan Bisnis : 1.Perjalanan Bisnis dideskripsikan 2.Macam-macam perjalanan bisnis disebutkan

I.

Tujuan Pembelajaran Setelah pembelajaran peserta didik dapat :

1. Menjelaskan mengenai pengertian perjalanan bisnis 2. Menyebutkan macam-macam perjalanan bisnis II.
Materi Ajar

1. Pengertian Perjalanan Bisnis 2. Macam-macam perjalanan bisnis III.
Nilai-nilai PBKB dan Kewirausahaan

1. Disiplin 2. Religius 3. Tanggung jawab 4. Komunikatif 5. Kepemimpinan 6. Kerjasama IV.
Metode Pembelajaran

1. Diskusi 2. Tugas Kelompok V.
Kegiatan Pembelajaran Pertemuan 1 - 2

A. Kegiatan Pendahuluan A. Berdoa, mengabsen, dan peserta didik mempersiapkan penampilan diri, pakaian, rambut dan
kelengkapan seragam sekolah lainnya.

B. Peserta didik mendengarkan penjelasan topic dan manfaat kompetensi yang akan dipelajari
guna mengkondisikan dan memotivasi peserta didik untuk belajar,serta menjelaskan

Sri Endang R. VI. Alat. Media Pembelajaran  Papan Tulis/Whiteboard  Spidol  Laptop  LCD B.kerja keras.terutama untuk membentuk nillai-nilai gemar membaca. Mengadakan Pre-test kepada didik untuk mengetahui hal hal yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari D. Sumber Belajar  Memproses Perjalanan Bisnis.  Guru menyimpulkan materi yang telah dijelaskan C. Armico VII.komunikatif/bersahabat dan tanggung jawab. Sutrisno. Guru bertanya : “apa yang dimaksud dengan perjalanan bisnis ?” (review pembahasan sebelumnya) dan mengingatkan betapa pentingnya jujur dan tanggung jawab seorang yang melakukan perjalanan bisnis B. Bahan dan sumber belajar A.Perjalanan bisnis 2. C. Suyetty . KEGIATAN INTI  Peserta didik membaca modul memproses perjalanan bisnis (Eksplorasi dan Elaborasi)  Guru menjelaskan mengenai materi : 1.Macam-macam perjalanan bisnis (Elaborasi)  Mengkaji bersama sama hasil informasi yang diperoleh (Eksplorasi dan Elaborasi)  Tiap tiap kelompok mendiskusikan pengertian perjalanan bisnis dan macam-macam perjalanan bisnis (Eksplorasi)  Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi didepan kelas (Eksplorasi). Drs. Sri Mulyani.rasa ingin tahu. Penerbit Erlangga  Mengatur Perjalanan Dinas Pimpinan.pengetahuan yang didapat peserta didik dengan metode tersebut. Penilaian  Test Tertulis  Penugasan . KEGIATAN AKHIR  Guru dan peserta didik melakukan refleksi tentang proses kegiatan  Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang rencana kegiatan berikutnya yaitu presentasi kelompok lainnya.

Soal 1. Jelaskan pengertian perjalanan bisnis? 2. mengaudit persuhaan cabang dsb 3.macam perjalanan bisnis? 4. Jelaskan tata cara perjalan bisnis ? 5. Macam – macam perjalanan bisnis  Perjalanan dalam negeri yaitu luar kota dan luar provinsi  Perjalanan ke luar negeri 4. Perjalanan bisnis adalah suatu tugas yang diberikan oleh seseorang / pimpinan untuk mengadakan perjalanan untuk urusan pekerjaan. Buatkan contoh perjalanan bisnis? 3. travel bureau ( biro perjalanan). Test Formatif A. Persiapan perjalanan bisnis pimpinan meliputi :  Persiapan rencana perjalanan  Persiapan dokumen perjalanan  Persiapan transportasi dan akomodasi  Perjalanan daftar perjalanan bisnis(itinerary)  Persiapan pembiayaan perjalanan bisnis C. 2. Jelaskan persiapan perjalanan bisnis ? B. Soal Score Maksimal Keterangan . Contoh : seorang pimpinan yang pergi ke luar negeri untuk kantor seperti negosiasi bisnis dengan kolega kantor . 5. Ada tiga cara yang dapat dilakukan untuk mengurus dan mempersiapkan segala. Sebutkan macam. Agar perjalanan bisnis pimpinan berjalan lancer sesuai dengan yang diharapkan. sesuatu yang berkenaan dengan melakukan perjalanan bisnis. atau administrasi kantor/sekretaris. administrasi kantor/sekretaris harus selalu berkoordinasi dengan pimpinan ketikan mempersiapkan semua hal yang diperlukan dalam perjalanan bisnis.1. yaitu : melalui in house travelling department (devisi perjalanan). Kunci Jawaban : 1. Pedoman Penilaian No.

11 Juli 2012 Mengetahui. Jakarta. Kepala SMK Muara Indonesia Pelajaran Guru Mata Aryati W. Tugas praktek 1. Laporkan tugas kliping ini kepada guru . Prosedur pembuatan Paspor b.Pd Julvina. S. S.1 2 3 4 5 Total score 2 2 2 2 2 10 2.Pd Fithra . Kunjungilah kantor Imigrasi dan salah satu kedutaan besar / perwakilan Negara asing untuk melakukan observasi tentang a. Prosedur pembuatan visa Laporkan hasil observasi kepada guru 2. Bentuklah kelompok kerja dengan anggota sebanyak lima orang. Carilah bermacam-macam jenis tiket kendaraan dan susunlah dalam bentuk kliping.

Nilai-nilai PBKB dan Kewirausahaan  Disiplin . Tujuan Pembelajaran Setelah pembelajaran peserta didik dapat :  Menjelaskan dokumen perjalanan bisnis  Menyebutkan transportasi dan akomodasi perjalanan bisnis  Membuat daftar perjalanan bisnis  Menyebutkan pembiayaan perjalanan bisnis II.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan keAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : SMK Muara Indonesia : Prod.Dokumen perjalanan bisnis dipersiapkan 2. Pembiayaan perjalanan bisnis dipersiapkan I. Daftar perjalanan bisnis dijelaskan 4. Materi Ajar  dokumen perjalanan bisnis  transportasi dan akomodasi perjalanan bisnis  Membuat daftar perjalanan bisnis  Menyebutkan pembiayaan perjalanan bisnis III.Transportasi dan akomodasi perjalanan bisnis dipersiapkan 3.Administrasi perkantoran : XII/5 : 3 dan 4 : 6 x 45 menit : Memproses Perjalanan Bisnis : Mendeskripsikan Perjalanan Bisnis : 1.

 Peserta didik di setiap kelompok memperoleh tugas yang diatur oleh ketua kelompok dan melakukan pengkajian sesuai tugas kelompok dengan menggunakan buku referensi. Metode Pembelajaran  Diskusi  Tugas Kelompok V.  Mengadakan Pre-test kepada didik untuk mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari  Peserta didik memperhatikan penjelasan tentang strategi pembelajaran serta cara penilaian yang akan dilakukan terkait dengan kompetensi yang akan dipelajari. pakaian. dan peserta didik mempersiapkan penampilan diri. kemandirian. dengan pembagian kelompok     Kelompok 1 : Kelompok 2 : Kelompok 3 : Kelompok 4 : pentingnya pelayanan prima tujuan pelayanan prima unsur – unsur pelayanan prima konsep pelayanan prima  Setiap kelompok diberi tugas untuk menunjuk salah seorang untuk menjadi ketua kelompok. Kegiatan Inti  Mendiskusikan secara berkelompok diatur sebagai berikut: tentang pelayanan prima. yang berguna untuk membentuk nilai-nilai kepemimpinan. Kegiatan Pendahuluan  Berdoa. B. rambut dan kelengkapan seragam sekolah lainnya. komunikatif/bersahabat dan tanggung jawab. mengabsen. Religius  Tanggung jawab  Komunikatif  Kepemimpinan  Kerjasama IV. serta menjelaskan pengetahuan yang didapat peserta didik dengan metode tersebut. mengelola kegiatan diskusi.4 A. kerja keras. Saat .  Peserta didik menyimak prosedur/lingkup penilaian hasil belajar. terutama untuk membentuk nilai-nilai gemar membaca.  Peserta didik mendengarkan penjelasan topic dan manfaat kompetensi yang akan dipelajari guna mengkondisikan dan memotivasi peserta didik untuk belajar. rasda ingin tahu. Kegiatan Pembelajaran Pertemuan 3 .

berani mengungapkan pendapat.kerja keras. Kegiatan Akhir  Guru dan peserta didik melakukan refleksi tentang proses kegiatan  Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang rencana kegiatan berikutnya yaitu presentasi kelompok lainnya. mengabsen. Kegiatan inti  Peserta didik membaca modul memproses perjalanan bisnis (Eksplorasi dan Elaborasi) . saling menghargai.terutama untuk membentuk nillai nilai gemar membaca. Kegiatan Pendahuluan  Berdoa.  Guru memberi penguatan materi setiap kelompok diakhir diskusi. saat persiapan berlangsung guru menekankan kembali nilai-nilai yang perlu dibangun di setiap anggota kelompok  Guru menjelaskan cara melakukan presentasi dan menekankan nilai-nilai yang harus dibangun saat presentasi seperti menghargai masukan/pendapat orang lain. memfasilitasi dan membantu setiap kelompok dalam berdiskusi serta mengingatkan pentingnya kerjasama. bicara sopan. mendengar ide dan pendapat orang lain. Setiap kelompok membuat laporan hasil diskusi dan menyerahkannya C. toleransi antar anggota kelompok. Kelompok lain menyimak.rasa ingin tahu. rambut dan kelengkapan seragam sekolah lainnya. pakaian.  Mengadakan Pre-test kepada didik untuk mengetahui hal hal yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari  Guru bertanya : “apa yang dimaksud dengan perjalanan bisnis ?” (review pembahasan sebelumnya) dan mengingatkan betapa pentingnya jujur dan tanggung jawab seorang yang melakukan perjalanan bisnis C. berani mengemukakan pendapat  Peserta didik dalam setiap kelompok mempresentasikan tugas kelompok. antara lain perlunya menghargai pendapat orang lain. melakukan komunikasi dengan sopan.diskusi berlangsung guru membimbing.  Setiap kelompok mempersiapkan bahan/ hasil kerja kelompok untuk dipresentasikan.6 A.  Peserta didik mendengarkan penjelasan topic dan manfaat kompetensi yang akan dipelajari guna mengkondisikan dan memotivasi peserta didik untuk belajar.serta menjelaskan pengetahuan yang didapat peserta didik dengan metode tersebut. menanyakan atau menyanggah hasil presentasi kelompok lainnya dengan memperhatikan nilai-nilai yang harus diperhatikan saat melakukan presentasi dan komunikasi.komunikatif/bersahabat dan tanggung jawab. mendengar. Pertemuan 5 . dan peserta didik mempersiapkan penampilan diri.

Drs. Sebutkan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk membuat paspor? 3. Armico VII. Soal 1. VI. Sebutkan jenis-jenis pembiayaan dalam perjalanan bisnis ? .Perjalanan bisnis 2. Guru menjelaskan mengenai materi : 1.  Guru menyimpulkan materi yang telah dijelaskan C. Sutrisno. Sebutkan syarat-syarat untuk mendapatkan Visa ? 4. Sri Endang R.Macam-macam perjalanan bisnis (Elaborasi)  Mengkaji bersama sama hasil informasi yang diperoleh (Eksplorasi dan Elaborasi)  Tiap tiap kelompok mendiskusikan pengertian perjalanan bisnis dan macam-macam perjalanan bisnis (Eksplorasi)  Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi didepan kelas (Eksplorasi). Sri Mulyani. Kegiatan Akhir  Guru dan peserta didik melakukan refleksi tentang proses kegiatan  Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang rencana kegiatan berikutnya yaitu presentasi kelompok lainnya. Sumber Belajar  Memproses Perjalanan Bisnis. Penilaian  Test Tertulis  Penugasan 1. Jelaskan dokumen perjlanan bisnis ? 2. Sebutkan dan jelaskan apa saja yang diperhatikan dalam menyiapkan akomodasi perjalanan bisnis ? 5. Media Pembelajaran  Papan Tulis/Whiteboard  Spidol  Laptop  LCD B. Alat. Suyetty . Test Formatif A. Bahan dan sumber belajar A. Penerbit Erlangga  Mengatur Perjalanan Dinas Pimpinan.

2. Persiapan akomodasi biasanya berhubungan dengan tempat penginapan selama pimpinan melakukan pertemuan bisnis. Syarat-syarat untuk mendapatkan Visa :  Menunjukkan paspor yangmasih berlaku  Mempunyai tanda bukti perizinan memasuki suatu Negara berupa kertas yang ditempel atau di cap di paspor (exit permit)  Sudah mempunyai tiket pulang pergi ke Negara yang akan dikunjungi  Menbawa persiapan uang untuk menjamin keadaan selama diluar negeri  Memiliki surat garansi dan surat sponsor dari perusahaan  Mengisi application form dan membayar biaya yang telah ditentukan oleh kedutaan atau perwakilan Negara yang bersangkutan 4. Dokumen-dokumen yang diperlikan dalam membuat paspor :  Kartu tanda penduduk ( KTP )  Kartu Keluarga (KK)  Ijazah pendidikan terakhir  Surat keterangan (SK) pengangkatan pegawai  Surat keterangan catatan kepolisian(SKCK)  Akte kelahiran  Surat dari Instansi terkait 3.B. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam persiapan akomodasi yaitu :  Pemesanan kamar  Check in  Check out  Cara pembayaran 5. yaitu dokumen Internal dan dokumen ekstenal. Seorang administrasi kantor/sekretaris harus mengetahui hotel seperti apa yang diinginkan pimpinan dan mencari hotel tempat pimpinan akan menginap. Dokumen-dokumen perjalanan bisnis dikelompokkan menjaadi dua macam. Dokumen perjalanan bisnis adalah suatu bukti tertulis atau tercetak yang dapat memberikan keterangan bagi pimpinan ketika melakukan perjalanan bisnis.Umumnya perjalanan bisnis pimpinan memerlukan reservasi untuk hotel. Jenis-jenis pembiayaan perjalanan bisnis pimpinan:  Biaya dokumen perjalanan  Biaya transportasi  Biaya akomodasi . Jawaban 1.

C. 11 Juli 2012 Mengetahui. Kepala SMK Muara Indonesia Pelajaran Guru Mata Aryati W. Pedoman Penilaian No. S. S. Biaya acara/kontribusi penyelenggaraan acara  Biaya meals entertainment  Biaya konsumsi  Biaya lunsum/perdien. yaitu biaya pengantian selama diluar negeri. Soal 1 2 3 4 5 Total score Score Maksimal 2 2 2 2 2 10 Keterangan Jakarta.Pd Julvina.Pd Fithra .

Dokumen-dokumen perjalanan bisnis (Elaborasi) . Mengadakan Pre-test kepada didik untuk mengetahui hal hal yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari 4.terutama untuk membentuk nillai nilai gemar membaca. Berdoa. Kegiatan Pendahuluan 1. mengabsen. 2. Guru bertanya : “apa yang dimaksud dengan perjalanan bisnis ?” (review pembahasan sebelumnya) dan mengingatkan betapa pentingnya jujur dan tanggung jawab seorang yang melakukan perjalanan bisnis A. 3. pakaian.kerja keras. dan peserta didik mempersiapkan penampilan diri.serta menjelaskan pengetahuan yang didapat peserta didik dengan metode tersebut. KEGIATAN INTI  Peserta didik membaca modul memproses perjalanan bisnis (Eksplorasi dan Elaborasi)  Guru menjelaskan mengenai materi : 1.Perjalanan bisnis 2.komunikatif/bersahabat dan tanggung jawab.A. Peserta didik mendengarkan penjelasan topic dan manfaat kompetensi yang akan dipelajari guna mengkondisikan dan memotivasi peserta didik untuk belajar. rambut dan kelengkapan seragam sekolah lainnya.rasda ingin tahu.

 Guru menyimpulkan materi yang telah dijelaskan C. Mengkaji bersama sama hasil informasi yang diperoleh (Eksplorasi dan Elaborasi)  Tiap tiap kelompok mendiskusikan pengertian perjalanan bisnis dan dokumen-dokumen yang diperlukan (Eksplorasi)  Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi didepan kelas (Eksplorasi). . KEGIATAN AKHIR  Guru dan peserta didik melakukan refleksi tentang proses kegiatan  Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang rencana kegiatan berikutnya yaitu presentasi kelompok lainnya.