PERANAN SISWA DALAM MENCIPTAKAN LINGKUNGAN SEKOLAH BERSIH

D I S U S U N

OLEH :
Nama NIS Kelas : RATNAENI : 5539 : IX.5

SMP NEGERI 2 GANGKING TAHUN PELAJARAN 2010-2011

Dan saya menyadari bahwa apa yang telah saya tulis dalam makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu. segala kritik dan saran dari Bapak/Ibu guru baik lisan maupun tulisan sangat saya harapkan demi penyempurnaan makalah ini. sehingga saya dapat menyusun makalah ini dengan baik yang berjudul “Peranan Siswa Dalam Menciptakan Lingkungan Sekolah Bersih” dan dapat terselesaikan dengan baik. April 2011 Penulis . Wassalam… Bulukumba. Salawat dan salam tak lupa kita kirimkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW.KATA PENGANTAR Puji syukur penulis panjatkan kita panjatkan kehadirat Allah SWT. Untuk itu saya ucapkan banyak terima kasih. yang telah memberikan kita kesehatan. Makalah ini merupakan dasar tugas ujian praktek yang diberikan oleh Bapak/Ibu guru kami.

........ KESIMPULAN ............................................ SARAN ................... BAB III .......... RUMUSAN MASALAH ............................................................................................................................................................................................................................................... BAB I ............ BAB II PEMBAHASAN ............................. E.............. C........... i ii 1 1 1 1 1 1 2 3 3 3 3 4 ............................................................... D...................... LATAR BELAKANG ........................................................ PENDAHULUAN ....DAFTAR ISI KATA PENGANTAR ........................................................................................................................................................................................... A............................................................. A.......... B... PENUTUP .......................................................................................... TUJUAN MASALAH .............................................................................. DAFTAR PUSTAKA ................................................................................................................... DAFTAR ISI ............... MANFAAT PENULISAN .............................................................................. B................

Latar Belakang Semua siswa diwajibkan untuk membuat sekolah tampak lebih bersih. Karena dengan cara itu sehingga kita dapat menciptakan lingkungan yang bersih dan indah. 4. bahkan mempunyai nilai ekonomis yang negatif karena dalam penanganannya memerlukan biaya yang cukup besar. 2.BAB I PENDAHULUAN 1. Rumusan Masalah Bagaimana pendapat bapak dan ibu guru tentang cara siswa menciptakan lingkungan yang bersih. . Tujuan Masalah Supaya dapat menciptakan lingkungan yang bersih dan indah dilihat oleh semua orang. Sampah pada dasarnya merupakan suatu bahan yang terbuat atau dibuang dari suatu sumber hasil aktuvitas manusia maupun proses alam yang tidak mempunyai niali ekonomis.. Manfaat Penulisan Supaya semua siswa dapat menyadari betapa pentingnya kebersihan lingkungan bagi diri kita sendiri. Dan pengolahan sampah di kota-kota besar kini sudah menjadi masalah yang mendesak untuk diselesaikan 3.

Penumpukan sampah tetap saja terjadi dan pencemaran pun selalu dapat dihindarkan. perlu dilakukan alternatif-alternatif pengolahan. mengapa hingga sekarang masih banyak sampah yang berserakan. bagaimana upaya guru untuk menangani masalah ini? Usaha guru selama ini adalah menyediakan berbagai tempat sampah di tiap-tiap kelas tertentu.BAB II PEMBAHASAN Kalau membicarakan sampah jangan dilihat dari sisi ekonomi saja. Untuk menangani permasalahan sampah secara menyeluruh. Apabila tidak ada penanganan yang baik tentu akan mengakibatkan terjadinya perubahan kesinambungan lingkungan yang merugikan atau tidak diharapkan dan dapat mencemari lingkungan baik tanah. Disanalah sampah akhirnya dibakar. maupun udara. Jika masalah sampah dipandang sebagai upaya yang mendesak untuk diselesaikan. lingkungan. Misalnya. Pembakaran sampah ternyata bukan merupakan alternatif yang sesuai. Persoalan sampah harus dilihat dari unsur yang lain. air. Kalau kepala sekolah telah serius menangani masalah sampah. Alternatif pengolahan sampah harus bisa menangani semua permasalahan pembuangan sampah . Kemudian sampah tersebut diangkut oleh siswa yang akan dibuang pada pembuangan terakhir. karena pembakaran tidak berkelanjutan akan menimbulkan masalah lingkungan.

. Saran-saran Lindungilah sekolah kita dari sampah yang berserakan karena ini adalah tanggung jawab para siswa masing-masing. Maka dari itu jagalah kebersihan lingkungan kita dengan baik. PENUTUP Kebersihan lingkungan sekolah patutnya ditingkatkan supaya menjadi sekolah yang nyaman. sehingga menjadi sekolah yang bebas dari sampah.BAB III KESIMPULAN Bahwa kita harus menyadari betapa pentingnya kebersihan bagi kita semua. bersih dan sehat. indah. Maka dari itu marilah kita bersama-sama menanggulangi kebersihan sekolah. Karena kebersihan adalah sebahagian dari iman.

Dendy (2003). Sekolah ya gak Masalah. Sugono. Jakarta: Pusat Bahasa. Jakarta: Gramedia. Randall (2003). Buku Praktis Bahasa Indonesia Jilid I. .DAFTAR PUSTAKA Mc Curchon.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful