P. 1
Bab II.2 Mesin Frais

Bab II.2 Mesin Frais

|Views: 73|Likes:
Published by dpadrian
Proses Produksi Mesin Frais
Proses Produksi Mesin Frais

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: dpadrian on Jun 07, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/25/2014

pdf

text

original

[Type text

]

KERJA FRAIS II.2.1. Tujuan 1. Tujuan dari penggunaan mesin freis bagi praktikan adalah : 2. Mengetahui prinsip kerja dari mesin freis 3. Mengetahui bagian-bagian dari mesin freis 4. Mampu mengoperasikan mesin freis dengan baik dan benar 5. Mampu menggunakan mesin freis kebutuhan. II.2.2. Dasar Teori Kerja Frais Mesin frais merupakan mesin yang mampu mengerjakan berbagai macam fungsi, baik untuk benda kerja yang bergelombang maupun untuk benda kerja yang datar. Mesin frais juga digunakan untuk pekerjaan yang membutuhkan ketelitian tinggi. Mesin frasi merupakan banyak. mesin perkakas, di mana proses pemotongan menggunakan pahat frais yang bermata untuk berbagai

Fungsi dari mesin frais : 1. Membuat bentuk datar 2. Membuat roda gigi 3. Membuat berbagai profil benda kerja 4. membuat segi banyak beraturan 5. menghaluskan permukaan benda kerja Pada dasarnya mesin frais mempunyai 3 gerakan meja yaitu : a. Gerakan longitudinal b. Gerakan vertical c. Gerakan menyilang Mesin frais dibedakan menjadi : 1. Mesin frais spindel a. mesin frais vertical Disebut mesin frais vertical karena kedudukan spindle potongnya vertical. Kepala silindernya dapat diputar yang memungkinkan penyetelan spindle dalam bidang vertical pada setiap sudut dari vertical sampai horizontal. Mesin ini memudahkan proses pengefraisan

[Type text]

pemotongan tepi. Mesin Frais Vertikal b. atau ke kiri. mesin frais horizontal Disebut mesin frais horizontal karena posisi spindle pemotongnya horizontal. Mesin Frais Horizontal c. Mesin Frais Universal Disebut mesin frais universal karena posisi spindel pemotong dari mesin frais jenis ini dapat diubah ke posisi naik turun maupun bergerak ke kanan Gambar. Gambar. Mesin frais ini berguna untuk perataan permukaan bagian atas dari suatu benda kerja.[Type text] bertingkat. [Type text] . Kegunaannya untuk perluasan lubang.

yaitu: a) Mesin Frais Meja Putar Yaitu mesin freeis yang meja kerjanya dapat diputar sehingga memungkinkan untuk membuat lingkaran. Mesin frais meja Adalah mesin frais yang banyak digunakan dalam proses permesinan untuk menghasilkan benda yang sama dalam jumlah yang banyak. Mesin Frais Universal d. Mesin frais Simplex Mesin frais Simplex ini mempunyai kepala spindel tunggal. Berdasarkan jenis landasan tetapnya mesin frais dibagi menjadi: a.[Type text] b. Beberapa mesin frais khusus. c) Mesin Frais Profil [Type text] . Mesin frais Triplex Mesin frais Triplex mempunyai kepala spindel tripel Gambar. c. b) Mesin Frais Duplikat Mesin frais ini mempunyai keunggulan khusus karena mampu mengerjakan benda kerja yang sama persis dengan aslinya tanpa harus melakukan pengukuran terlebih dahulu. Mesin frais Duplex Mesin frais Duplex mempunyai kepala spindel ganda. 2. Mesin Frais Lutut dan Tiang Posisi spindelnya adalah horizontal.

2. Gambar. Mesin Frais Ketam Mesin Frais Koter Setiap mesin frais bisa digunakan untuk memperbesar [Type text] . e) Mesin frais pantograph Disamping itu ada juga beberapa jenis mesin frais lain yaitu : a) menyayat. c) ketam/serut Mesin Frais Ketam / serut Khusus untuk benda kerja hasil proses pengerjaan II.3.[Type text] Mesin frais profil ini digunakan khusus pada pembuatan profil benda kerja. Profil yang dibuat oleh mesin ini misalnya profil ekor burung. Peralatan dan proses mesin freis Peralatan / perlengkapan dalam mesin frais adalah : a. d) Mesin Frais Planet Mesin ini gerakan makan yang khusus yang bagian makan untuk pengefraisan bagian dalam dan luar.. Pisau Frais (Cutter) Mesin Frais Penyayat Sesuai dengan namanya mesin ini difungsikan untuk d) lubang. b) Mesin Frais Produksi Mesin frais produksi ini berguna untuk proses permesinan benda-benda khusus.

 Pisau frais baja kecepatan tinggi: Khusus untuk pengerjaan benda kerja dengan kemampuan makan yang sangat cepat. Macam-Macam Pahat Frais Arbor Arbor merupakan tempat untuk memasang atau memegang pisau frais. Arbor Kepala lepas (Tail Stock) [Type text] . mempunyai tangkai lurus. bisa disebut juga poros frais. Desain umum dari pisau frais:  Pemotong Arbor. Pengelompokkan pisau frais menurut bahannya:  Pisau frais baja karbon tinggi: Khusus dirancang untuk pengefraisan benda kerja yang tingkat kekerasannya tinggi.[Type text] Adalah berupa besi / baja yang jenis materialnya lebih kuat daripada benda kerja.  Pisau frais paduan cor bukan besi  Pisau karbida c) Gambar. Pisau frais mempunyai berbagaimacam bentuk dan jenis .  Pemotong Muka. bagian/permukaan datar. untuk pengefraisan b) Gambar.  Pemotong Tangkai. mempunyai lubang dipusatnya untuk pemasang pada arbor.

Adapun macam-macam ragum yaitu : - Ragum Ragum Datar: Pelat: Ragum Ragum ini ini digunakan digunakan untuk untuk pekerjaan ringan. Macam kepala pembagi ada 4 yakni : - terdapat alur berbentuk T yang digunakan untuk menjepit benda kerja atau perkakas lainnya dengan bantuan baut jepit. Ragum Digunakan sebagai penjepit benda kerja. d) Kepala Pembagi Berfungsi untuk beberapa proses pengerjaan benda kerja seperti membuat roda-roda gigi. Meja putar dapat dikokohkan dengan baut penjepit.[Type text] Digunakan untuk memegang atau menjepit benda kerja pada senternya. segi banyak beraturan dan alur-alur poros dalam sekali pemakanan. - Kepala pembagi langsung Kepala pembagi sederhana Kepala pembagi sudut Kepala pembagi diferensial Meja Putar - pengerjaan berat. Kepala pembagi ini mempunyai bentuk dan macam yang berbeda-beda. Ragum Busur Ragum Universal: Ragum ini dapat digunakan untuk menjepit benda kerja dengan posisi vertikal maupun horisontal e) Untuk mesin frais vertikal yang mempunya kegunaan sebagai kepala pembagi. Di dalam meja putar ini [Type text] . karena ukuran dan bentuk benda kerja berbeda-beda maka disediakan juga bermacam-macam ragum. selain itu juag untuk mendapatkan kestabilan benda kerja saat dilakukan proses f) pengefraisan. Tail stock digunakan biasanya untuk benda kerja yang berbentuk bulat.

[Type text] Gambar. Ragum [Type text] .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->