Oleh Kelompok 3  Putri Wulandari  Raras Tri Anjarwati  Ratna Wulansari  Reni Nur Laila  Ribut Pungki Setyowati  Rifa`atul Mahmudah  Rika Safitri  Riyadhatul Hidayah  Sarirotul Husna  Siti Abidah : .

Morfologi dan Anatomi Hidung  Rongga hidung mempunyai tiga lapisan yang dipisahkan oleh tulang. Rongga atas berisi ujung-ujung cabang saraf cranial. yaitu saraf olfaktori (saraf pembau). .Hidung terlindung dari lapisan tulang rawan dan bagian rongga dalam mengandung sel-sel epitel yang berfungsi untuk menerima rangsang kimia. Bagian tersebut dilengkapi lendir dan rambut-rambut pembau.

yaitu pada lapisan lendir bagian atas.  Epitelium pembau mengandung 20 juta selsel olfaktori yang khusus dengan aksonakson yang tegak sebagai serabut-serabut saraf pembau. .  Bulu hidung di dalam kaviti hidung menapis debu dan mikroorganisma dari udara yang masuk dan lapisan mukus yang memerangkapnya. Indra pembau berupa kemoreseptor yang terdapat di permukaan dalam hidung.  Di akhir setiap sel pembau pada permukaan epitelium mengandung beberapa rambutrambut pembau yang bereaksi terhadap bahan kimia bau-bauan di udara.

.

 HIDUNG YANG TERSUMBAT DAN PILEK Hidung yang tersumbat atau pilek dapat terjadi karena salesma atau alergi. Banyak lendir dalam hidung menyebabkan infeksi telinga pada anak-anak atau gangguan sinus (peradangan gawat dan berlangsung lama pada rongga tulang yang berhubungan dengan rongga hidung) pada orang dewasa. .

Gejala yang mengiringi diantaranya mencret ringan.Gangguan pada Hidung  SALESMA(COLD) DAN INFLUENZA(FLU) Salesma dan infuenza merupakan infeksi pada alat pernapasan yang disebabkan oleh virus. pilek. Salesma dan influenza hampir selalu sembuh sendiri tanpa obat. tetracycline atau antibiotika lainnya. dan umumnya dapat menyebabkan batuk. Jangan gunakan penicillin. sakit leher dan kadang-kadang panas atau sakit pada persendian. terutama pada anak kecil. karena obat-obatan ini sama sekali tidak menyembuhkan dan dapat menimbulkan .

Kadang-kadang diikuti oleh panas. yang gawat dan biasanya terjadi dalam waktu menahun (kronis). muka akan terasa sakit. yaitu rongga-rongga dalam tulang yang berhubungan dengan rongga hidung. Hidung sering kali tersumbat oleh adanya nanan atau ingus yang kental. 3. GANGGUAN SINUS (SINUSITIS) Sinusitis merupakan peradangan sinus. Pada daerah ini jika Anda mengetuk tulang atau menundukkan kepala. Sakit pada muka di sekitar mata. * Tanda-tanda: 1. 2. .

 PERADANGAN HIDUNG KARENA ALERGI (RHINITIS ALLERGICA) Rhinitis Allergica disebabkan oleh adanya reaksi alergi pada hidung yang ditimbulkan oleh masuknya substansi asing ke dalam saluran tenggorokan. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful