P. 1
PENDEKATAN PROMOSI KESEHATAN2.docx

PENDEKATAN PROMOSI KESEHATAN2.docx

|Views: 65|Likes:

More info:

Published by: Echha Punnahimaa Ziip on Jun 07, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/19/2013

pdf

text

original

PENDEKATAN PROMOSI KESEHATAN STRATEGI BERDASARKAN OTTAWA CHARTER

Disusun untuk Memenuhi Tugas Kelompok Mata Kuliah Promosi Kesehatan

Disusun Oleh Kelompok 2 Kelas 1 A:

1. Desiyanti Mustari 2. Devia Restu H 3. Dewi Sartika 4. Eka Miftakhul J 5. Eli Sulistiowati 6. Elisabeth Yati N

NIM.1214315401007 NIM.1214315401008 NIM.1214315401009 NIM.1214315401010 NIM.1214315401011 NIM.1214315401012

STIKES MAHARANI MALANG
PRODI DIII KEBIDANAN 2012

i

03 November 2012 Penulis ii . Malang. Kemudian sholawat beriring salam marilah sama-sama kita sanjungkan kepangkuan alam Nabi Muhammad SAW dan segenap keluarga beserta para sahabat sekalian.Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi perkembangan pendidikan dimasa yang akan datang.KATA PENGANTAR Syukur Alhamdulillah kami ucapkan kehadirat Alloh SWT. karena itu kami sangat mengharapkan kritikan dan saran dari pembaca demi kesempurnaannya. Terima kasih kami ucapkan kepada dosen pembimbing kami dan kepada semua pihak yang telah membantu sehingga terselesainya makalah ini. Kami harapkan makalah yang kami susun ini dapat bermanfaat bagi kami sendiri dan bagi mahasiswa/mahasiswi lainnya yang membaca makalah ini. yang telah memberi rahmat dan karunia-Nya kepada kami sehingga dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “PENDEKATAN PROMOSI KESEHATAN STRATEGI BERDASARKAN OTTAWA CHARTER”. Kami menyadari bahwa makalah ini jauh dari kesempurnaan. sehingga dapat menambah wawasan kita semua.

............................................................. 1.... Daftar Pustaka .................................................. Bab III Penutup .......................................2 Upaya Pemasaran Produk dan jasa ..............................................................................................................................................................2 Rumusan Masalah ................. 2........ Bab II Pembahasan .... Kata Pengantar.................. 3.........................................................................................................................................................................................3 Tujuan ...................................................DAFTAR ISI Halaman Judul ................................. Daftar Isi .................................1 Kesimpulan ........................................................................................................ Bab I Pendahuluan ............. 1... 1 ...................................... 3..... 1.......................................................................................................................................................1 Rumusan Strategi Berdasarkan Ottawa Charter ....................................................... 1.....................................................2 Saran .....................................................................................................................................................................................................................................4 Manfaat .... 2.......................................1 Latar Belakang..............................................................................................................................................................

Proses pemberdayaan tersebut dilakukan sesuai sosial budaya setempat. Proses pembelajaran masyarakat dibarengi dengan upaya mempengaruhi lingkungan. Jadi. memperlancar atau mempercepat pencapaian tujuan promosi kesehatan. Strategi promosi kesehatan adalah cara atau langkah yang diperlukan untuk mencapai. Bagaimana upaya pemasaran produk dan jasa berdasarkan ottawa charter ? 1. artinya proses pemberdayaan tersebut dilakukan melalui kelompok-kelompok potensial di masyarakat. Apa saja rumusan strategi promosi kesehatan berdasarkan ottwa charter ? 2. Promosi kesehatan sebagai uapaya pemberdayaan masyarakat dilakukan dari. 1. Dimensi perubahan perilaku yang kondusif mencakup perubahan perilaku. dengan membangkitkan kesadaran akan potensi yang dimiliki serta menciptakan iklim untuk berkembang dalam memelihara dan meningkatkan kesehatan.BAB I PENDAHULUAN 1.3 Tujuan Untuk mengetahui bagaimana strategi promosi kesehatan berdasarkan ottawa charter 2 . promosi kesehatan mencakup 3 pengertian berupa peningkatan. pembinaan perilaku dan pengembangan perilaku dari yang baik menjadi lebih baik.2 Rumusan Masalah 1. oleh. bahkan semua komponen masyarakat. baik lingkungan fisik maupun lingkungan non fisik. permasalahan dan potensi setempat. menawarkan/ memasarkan dan pendidikan. untuk dan bersama masyarakat . Agar promosi kesehatan kepada masyarakat berjalan sempurna maka dibutuhkan strategi promosi kesehatan. Salah satu upaya promosi kesehatan adalah dengan pendekatan pemberdayaan masyarakat dengan strategi promosi kesehatan Ottawa Charter. artinya sesuai dengan keadaan.1 Latar Belakang Promosi kesehatan adalah upaya pemberdayaan masyarakat agar mau dan mampu serta mandiri dalam melindungi kesehatan diri dan lingkungannya. termasuk kebijakan dan peraturan perundangan.

4 Manfat 1. Dapat mengetahui dan memahami rumusan-rumusan strategi promosi kesehatan berdasarkan ottawa charter 2.1. Dapat mengetahui dan memahami upaya pemasaran produk dan jasa berdasarkan ottawa charter 3 .

PKK.  Ketrampilan individu ( Personal Skill ) Dalam mewujudkan kesehatan masyarakat secara keseluruhan. gerakan masyarakat. Hal ini sesuai yang tertuang dalam Pasal 9 . Contoh : melalui penyuluhan secra individu atau kelompok seperti di Posyandu.  Gerakan masyarakat ( Community action ). pelatihan guru UKS. Adanya pelatihan kader kesehatan. teranyata bukanlah semata-mata menjadi tanggung jawab tenaga kesehatan. yang berbunyi : 4 . kebijakan berwawasan kesehatan. masyarakat perlu dibekali dengan pengetahuan dan ketrampilan. Masyarakat justru yang berkewajiban dan berperan dalam mewujudkan derajat kesehatan yang optimal. serta lingkungan yang mendukung. tetapi juga milik masyarakat.1 Rumusan Strategi Promosi Kesehatan Berdasarkan Ottawa Charter Ottawa Cahrter dicetuskan dalam Konferensi Internasional Promosi Kesehatan di Ottawa. yaitu berdasarkan kemampuan individu. Kewajiban dalam upaya meningkatkan kesehatan sebagai usaha untuk mewujudkan derajat setinggitingginya. 36 tahun 2009 Tentang kesehatan. Sebagai dasar untuk terapil tentunya individu dan masyarakat perlu dibekali dengan berbagai pengetahuan mengenai kesehatan. dll. ketrampilan individu sangatlah diharapkan dalam mewujudkan keadaan masyarakat yang sehat. Selain itu masyarakat perlu diberdayakan agar mampu berperilaku hidup sehat. selain itu masyarakata juga perlu dilatih mengenai cara-cara dan pola-pola hidup sehat. ketrampilan individu mutlak diperlukan. Adanya gerakan ini dimaksudkan untuk menunjukan bahwa kesehatan tidak hanya milik pemerintah. Kanada pada tahun 1986 yang menghasilakan lima rumusan strategi promosi kesehatan. Untuk dapat menciptakan gerakan kearah hidup sehat. pelatihan dokter kecil. UU N0.BAB II PEMBAHASAN 2. maka akan memberikan cerminan bahwa dalam kelompok dan masyarakat tersebut semuanya dalam keadaan yang sehat. Dengan harapan semakin banyak individu yang terampil akan pelihara diri dalam bidang kesehatan. reorientasi pelayanan kesehatan.

gerakan jumat bersih. harus diperhatikan kemungkinan dampak radiasi yang akan ditimbulkan. Lingkungan disini diartikan dalam pengertian luas.“Setiap orang berkewajiban ikut mewujudkan. adanya gerakan 3 M dalam program pemberantasn DBD. dalam proses pelayanan dan pembangunan kesehatan harus menyadari bahwa perannya sangatlah penting.  Kebijakan berwawasan kesehatan ( Healthy public policy ) Dalam proses pembangunan adakalanya aspek kesehetan sering diabaikan. 5 . perlu diketahuai di negeri tetangga malaysia ada gerakan jalan seribu langkah (hal ini bisa kita contoh). non biotik). Baik lingkungan fisik (biotik. serta kemungkinan-kemungkinan lain yang bisa berdampak pada kesehatan. Bagi pihak pemberi pelayanan diharapkan tidak hanya sekedar memberikan pelayanan kesehatan saja. Sebagai contoh . tidak hanya sebagai subyek. dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya”. poskestren.  Reorientasi pelayanan kesehatan ( Reorient health service ). Kegiatan ini ditujukan kepada para pengambil kebijakan ( policy makers) atau pembuat keputusan (decision makers) baik di institusi pemerintah maupun swasta. oleh karena itu adanya kebijakan yang berwawasan kesehatan. Aspek lingkungan juga perlu diperhatikan. Dan sebaliknya bagi masyarakat. Saka bhakti Husada. Contoh . UKGMD. tanggung jawab pelayanan kesehatan kadang hanya untuk pemberi pelayanan (health provider ). diharapkan bisa mengedepankan proses pembangunan dengan tetap memperhatikan aspek-aspek kesehatan. Contoh : semakin banyaknya upaya-upaya kesehatan yang bersumber daya masyarakat (UKBM). mempertahankan. adanya perencanaan pembangunan PLTN di daerah jepara. bahkan untuk mengukurnya disana sudah dijual alat semacam speedometer. tetapi pelayanan kesehatan juga merupakan tanggung jawab bersama antara pemberi pelayanan kesehatan ( health provider ) dan pihak yang mendapatkan pelayanan. Adanya kesalahan persepsi mengenai pelayanan kesehatan. para penagmbil kebijakan dan pembuat keputusan harus benar-benar bisa memperhitungkan untung ruginya. Sehingga peran serta masyarakat dalam pembangunan kesehatan sangatlah diharapkan. seperti posyandu. tetapi sebagai obyek. dll. dan lingkungan non fisik.  Lingkungan yang mendukung ( Supportive environment ). tetapi juga bisa membangkitkan peran serta aktif masyarakat untuk berperan dalam pembangunan kesehatan.

Contoh : perlunya jalur hijau di daerah perkotaan. spanduk. dll. 2. film layar lebar media massa : surat kabar.  Perkembangan pendidikan kesehatan 1975-an : disebut Penyuluhan kesehatan 1995 . Mobilisasi sosial. umbul-umbul. billboard. Perlunya perlindungan diri pada kelompok terpapar pencemaran udara . majalah. petugas polantas. Maka dilancarkan upaya pendidikan kesehatan yang dipadukan upaya pembangunan kesehatan dan pengorganisasian kesehatan. melalui:    media elektronik : TV. pemasaran sosial. yang akhir-akhir ini sering diabaikan pemanfaatannya oleh oknum-oknum tertentu. brosur bahkan tulisan ilmiah/ tulisan populer tatap muka langsung atau door to door Upaya pemasaran produk dan jasa tersebut dirasakan kurang efektif apabila tidak dilakukan upaya perubahan prilaku hidup sehari-hari masyarakat.Diharapkan tercipta lingkungan yang kondusip yang dapat mendukung terwujudnya masyarakat yang sehat. 6 .Informasi dan Edukasi).radio.sekarang : disebut Promosi kesehatan Revisi Istilah Promosi Kesehatan di Bangkok bermakna : KIE( Komunikasi. ada berbagai macam upaya pemasaran produk dan jasa yang telah dilakukan. poster.2 Upaya Pemasaran Produk Dan Jasa Dalam strategi promosi kesehatan berdasarkan Ottawa Charter. dsb. telepon seluler. Pemberdayaan masyarakat. seperti penggunaan masker pada penjaga loket jalan tol.internet. leaflet.

1 Kesimpulan 1.media massa : surat kabar. film layar lebar .media elektronik : TV. 7 . telepon seluler. billboard. majalah. Konferensi Internasional Promosi Kesehatan di Ottawa-Canada (1986) menghasilkan piagam Ottawa Charter yang rumusan strateginya dikelompokkan menjadi 5 butir. dengan membangkitkan kesadaran akan potensi yang dimiliki serta menciptakan iklim untuk berkembang dalam memelihara dan meningkatkan kesehatan. 2.2 Saran Selayaknya pada setiap makalah pasti ada kekurangan semoga dengan semua kekurangan dan kelebihan makalah ini bisa menambah wawasan kita semua tentang promosi kesehatan berdasarkan Ottawa Charter. spanduk. melalui: .radio. leaflet. umbul-umbul. poster.yaitu: a) Kebijakan Berwawasan Kesehatan (Health Public Policy) b) Lingkungan Yang Mendukung (Supportive environtment) c) Reorientasi Pelayanan Kesehatan (Reorient Health Services) d) Keterampilan Individu (Personal Skill) e) Gerakan Masyarakat(Community Action) 3. Promosi kesehatan adalah upaya pemberdayaan masyarakat agar mau dan mampu serta mandiri dalam melindungi kesehatan diri dan lingkungannya.internet. brosur bahkan tulisan ilmiah/ tulisan populer .tatap muka langsung door to door 3. Upaya pemasaran produk dan jasa yang telah dilakukan.BAB III PENUTUP 3.

2007.html strategi-promosi-kesehatan.html promosi-kesehatan. Promosi Kesehatan.html strategi-ottawa. Jakarta : Pusat Promosi Kesehatan Depkes RI ottawa charter/Isi Ottawa Charter _ dentalsemarang.html 8 .DAFTAR PUSTAKA Depkes RI.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->