Proyeksi Amerika & Proyeksi Eropa

11 08 2012

Dalam membaca gambar teknik seringkali kita kebingungan akan perbedaan proyeksi amerika dan proyeksi eropa. Di bawah ini saya akan jelaskan perbedaan diantara keduanya. 1. Proyeksi Amerika Proyeksi amerika disebut juga proyeksi sudut ketiga atau proyeksi kwadran III, , perbedaan istilah ini tergantung dari masing-masing pengarang yang menjadi refernsi. Proyekasi Amerika merupakan proyeksi yang letak bidangnya sama dengan arah pandangannya. Coba perhatikan gambar dibawah ini.

Proyeksi amerika merupakan proyeksi yang mudah dipahami, karena tata letaknya sama dengan arah pandang kita, dan proyeksi inilah yang saya pakai di setiap gambar yang saya buat. 1. Proyeksi Eropa Proyeksi eropa disebut juga proyeksi sudut pertama atau proyeksi kkwadran I. Proyeksi Eropa merupakan proyeksi yang letaknya terbalik dengan arah pandangnya. Coba kita perhatikan

kembali gambar dibawah ini. Pada gambar diatas tata letak proyeksi terbalik dengan arah pandang kita. membaca gambar dengan proyeksi eropa tidak begitu sulit. Berikut adalah simbol untuk masing-masing proyeksi. untuk mengetahui gambar yang disajiakan apakah proyeksi amerika atau proyeksi eropa ditandai oleh sebuah simbol yang ditaruh di etiket gambar. dengan model yang sama kita proyeksikan gambar tersebut kedalam proyeksi eropa. tapi bila kita sudah memahami proyeksi amerika. . karena kita hanya menukar posisi saja…. :) Biasanya dalam sebuah gambar teknik.

.

Peralatan Gambar yang digunakan untuk menggambar mesin diantaranya : • • • • • • • • • • Meja gambar Kertas gambar Pensil mekanik 0. rangkaian dan petunjuk yang bertujuan untuk memberikan instruksi dan informasi yang dinyatakan dalam bentuk gagasan atau lukisan teknik.3 & 0. dan lain lain. Sebagai bahasa universal khususnya di bidang keteknikan.0.Menyampaikan cara berfikir 4.Penyampai informasi 2.5 Kalkulator . Maka pengertian dari menggambar mesin adalah bentuk ungkapan dari suatu gagasan atau pemikiran mengenai suatu bagian dari suatu konstruksi mesin dan petunjuk yang bertujuan untuk memberikan instruksi dan informasi yang dinyatakan dalam bentuk lukisan teknik. diagram. 30 cm) Penggaris segitiga (45°& 30°x60°) Mal Jangka & busur derajat Rapido 0.1 .Menyimpan Memori dan keterangan 3. Fungsi Menggambar Mesin Fungsi menggambar mesin diantaranya : 1. proses.3 & 0. konstruksi.MENGGAMBAR MESIN 19 Mar Pengertian Menggambar Mesin Sebelumnya kita sudah mengetahui bahwa gambar teknik merupakan suatu bentuk ungkapan dari suatu gagasan atau pemikiran mengenai suatu sistem.5 Penghapus Penggaris (min. cara kerja.

yaitu garis pendek-pendek dengan jarak antara 3. jenis-jenis garis dibagi menjadi 3 bentuk : 1. Garis bergores. dengan masing-masing kegunaannya. yaitu garis gores panjang dengan garis gores pendek diantaranya Selain bentuk. digunakan beberapa jenis garis yang digunakan sesuai dengan maksud dan tujuannya. Berdasarkan tebalnya.Gambar : Alat-Alat Gambar Jenis – Jenis Garis Gambar Dalam penggambaran teknik. garis dibagi menjadi dua jenis. yaitu garis kontinu 2. Pada dasarnya. Garis nyata. yaitu garis tebal dan garis tipis. harus diperhatikan juga ketebalan garis yang digunakan. . Garis gores. Di bawah ini adalah contoh dari penggunaan variasi garis dan tabel keterangannya Dibawah ini beberapa jenis jenis garis pada gambar mesin .

.

Jika hal ini dilaksanakan secara taat asas. yang menyatakan garis–garis tersembunyi. bagian yang menutupi dibuang.Aplikasi Garis pada Gambar Mesin Potongan Tidak jarang ditemui benda-benda dengan rongga–rongga didalamnya. maka akan dihasilkan sebuah gambar yang rumit sekali dan susah dimengerti. Potongan Penuh . Bayangkan saja jika sebuah lemari roda gigi harus digambar secara lengkap! Untuk mendapatkan gambaran dari bagian–bagian yang tersembunyi ini. Untuk menggambarkan bagian–bagian ini dipergunakan garis gores. atau disingkat dengan potongan. Gambar demikian disebut gambar potongan. Berikut jenis jenis dari potongan gambar : 1.

Potongan Setengah .2.

3. Potongan Setempat 4. Potongan Meloncat .

Macam-Macam Proyeksi • • ANSI -> Proyeksi sudut pertama (Proyeksi Eropa) ISO -> Proyeksi sudut ketiga (Proyeksi Amerika) Contoh gambar Proyeksi Eropa .

Contoh gambar Proyeksi Amerika Contoh gambar Proyeksi Orthogonal .

Menunjukkan panjang dan lebar benda 2. Menggunakan pandangan kiri apabila garis yang tersembunyi lebih sedikit . Menunjukkan panjang dan lebar benda • Tampak Samping 1.Macam-macam Pandangan pada gambar mesin ada 3. yaitu : • Tampak Depan 1. Menunjukkan panjang dan tinggi benda • Tampak Atas 1. Pandangan maya paling sedikit 3. Menunjukkan syarat dan karakteristik terbanyak 2.