PENULISAN MAKALAH

Oleh Putu Semaradana, S.Pd 1. Pengertian Makalah
Makalah adalah karya tulis ilmiah mengenai suatu topic tertentu yang tercakup dalam ruang lingkup pengetahuan. Makalah merupakan salah satu syarat untuk menyelesaikan studi. Suatu makalah memiliki karakteristik sebagai berikut. a. Merupakan hasil kajian literature atau laporan pelaksanaan suatu kegiatan lapangan yang sesuai dengan cakupan permasalahan dalam kegiaan belajar. b. Mendemonstrasikan pemahaman siswa tentang permasalahan teoritik yang dikaji atau kemampuan siswa dalam menerapkan suatu prosedur, prinsip, atau teori yang berhubungan dengan kegiatan belajar. c. Menunjukkan kemampuan pemahaman terhadap isi dari berbagai sumber yang digunakan. d. Mendemonstrasikan kemampuan meramu berbagai sumber informasi dalam satu kesatuan sintesis yang utuh. makalah biasa ini tidak perlu berargumentasi untuk mempertahankan pendapatnya. b. Makalah posisi (position paper), yaitu makalah yang dibut untuk menunjukkan posisi teoritiknya dalam suatu kajian. Untuk makalah jenis ini tidak saja menunjukkan penguasaan pengetahuan tertentu, tetapi juga dipersyaratkan untuk menunjukkan di pihak mana si penulis berdiri beserta alasannya yang didukung oleh teori-teori atau data yang relevan. Untuk dapat membuat makalah posisi, penulis tidak hanya dituntut untuk mempelajari berbagai sumber yang pandangannya berbeda-beda dan bahkan mungkin sangat bertentangan.

3. Sistematika Makalah
Baik makalah biasa maupun makalah posisi memiliki sistematika penulisan sebagai berikut. 1. Pendahuluan a. Latar Belakang Pada bagian ini, penulis menjelaskan latar belakang pemilihan tema atau penelitian yang akan dituangkan dalam makalah. Bagian ini harus menjawab pertanyaan “Mengapa penulis mengambil tema atau objek penelitian tersebut ?”. b. Rumusan Masalah Bagian ini mengemukakan permasalahpermasalahan yang telah ditentukan sehubungan tengan tema atau topic yang kana dibahas. c. Tujuan Bagian ini mengemukakan tujuantujuan yang akan dicapai meskipun secara garis besar.

2. Jenis Makalah
Makalah biasanya dibagi menjadi dua jenis yaitu, makalah biasa (common paper) dan makalah posisi (position paper) a. Makalah biasa (common paper), yaitu makalah yang dibuat untuk menunjukkan pemahaman terhadap permasalahan yang dibahas. Dalam makalah ini, secara deskriptif dikemukakan berbagai aliran atau pandangan tentang masalah yang dikaji. Penulis juga memberikan pendapat, berupa kritik atau saran, mengenai pendapat yang dikemukakan. Dengan demikian, dalam

Urutan penulisan daftar pustaka disusun berdasarkan abjad penulisan setelah nama penulis dibalik. Referensi : Kusmayadi. 1996. nama belakang ditulis di awal.S Gorys Keraf ditulis Keraf. Pembentukan Kata dalam Bahasa Indonesia. Dini Aida Fitria dan Eva Rahmawati.S Badudu ditulis Badudu. Landasan Teori Bagian ini berisi teori-teori atau dasar keilmuan yang akan mendukung makalah. Contoh : J. Nama penulis dalam daftar pustaka dituliskan secara terbalik. dan penerbit. nama yang penulisannya dibalikka hanya nama penulis yang pertama. Daftar Pustaka Bagian ini sebetulnya tidak termasuk pada sistematika makalah secara langsung. a. surat kabar. Dalam daftar pustaka. Ketentuan ini berlaku secara internasional. Gorys b. bergantung pada objek pembahasan makalah. Bagian Penutup Bagian penutup diisi dengan kesimpulan dan asaran. Jika ditulis oleh lebih dari tiga orang. Pembentukan Kata dalam Bahasa Indonesia. Contoh : Kridalaksana. judul buku (digaris bawahi atau dicetak miring). Jika sumber buku tersebut ditulis oleh dua atau tiga orang penulis. . Bagian Isi atau Pembahasan Pada bagian pembahasan. Dini Aida Fitria. Semua sumber yang digunakan harus dicantumkan dalam bagian daftar pustaka ini. Jarak antara baris pertama dengan baris berikutnya yang merupakan kelanjutannya adalah satu spasi. Baris pertama diketik mulai pukulan pertama dari batas tepi margin dan baris berikutnya diketik mulai pukulan kelima atau satu tab dalam komputer. Eva Rahmawati. Ada beberapa aturan penulisan daftar pustaka. Artinya. g. Akan tetapi. Daftar pustaka memuat sejumlah sumber rujukan yang digunakan. 2008. dikemukakan gagasan permasalahan yang hendak disampaikan. Pada bagian ini dikemukakan secara singkat masalahmaslaah penting dari pembahasan sebelumnya. Tetapi. Jakarta: Gramedia. atau tulisan dalam internet. Ismail.). Jakarta: Gramedia. Putu dkk. majalah. 5. Selain itu. penulis dituliskan semuanya. Contoh : Kridalaksana. Manfaat Manfaat penelitian dapat diuraikan secara umum dan khusus. f. Setelah penulisan nama diikuti denan penulisan tahun terbit. 2. d. Sumber rujukan tersebut bias berupa buku. bagian ini sangatlah penting dan sering terabaikan. 3. ada pula yang menyertakan rekomendasi.d. e. nama c. J. 1996. Harimurti. Be Smart Bahasa Indonesia. 4. Harimurti. tidak perlu menggunakan nomor urut. Selain saran. Ismail. jurnal. sedangkan jarak antara sumber satu dengan sumber lainnya adalah dua spasi. baru diikuti nama depannya dengan menggunakan tanda koma (. kota terbit. perhatikan pula tanda bacanya. sumber buku yang ditulis hanya nama penulis pertama dan diikuti dengan dan kawan-kawan (dkk) atau et all. Bandung: Grafindo Media Pratama. Contoh : Semaradana. Contoh : Kusmayadi. Point lain dapat ditambahkan dalam pendahuluan ini. Berikut penjelasan mengenai cara penulisan daftar pustaka.