KISI-KISI SOAL ULANGAN UMUM SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2011/2012 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

KELAS VII SMP KABUPATEN WONOGIRI No Soal Menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan Disajikan penggalan wawancara, siswa dapat menentukan informasi yang sesuai dengan 1 seseorang, tokoh/narasumber yang disampaikan dalam penggalan wawancara. wawancara. Disajikan penggalan wawancara , siswa dapat menentukan simpulan yang tepat. 2 Menceritakan tokoh idola dengan mengemukakan Disajikan cuplikan cerita tentang tokoh idola, siswa dapat menentukan keunggulan tokoh 3 identitas dan keunggulan tokoh, serta alasan idola. mengidolakannya dengan pilihan kata yang sesuai. Disajikan cuplikan cerita tentang tokoh idola, siswa dapat mengemukakan identitas 4 tokoh. Disajikan cuplikan cerita tentang tokoh idola, siswa dapat menjawab pertanyaan yang 5 sesuai dengan cerita tentang tokoh idola. Disajikan cuplikan cerita tentang tokoh idola, siswa dapat membuat pertanyaan yang 6 sesuai dengan cerita tentang tokoh idola. Menemukan informasi secara cepat dari tabel/diagram Disajikan tabel, siswa dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan tabel. 7 yang dibaca dengan membaca memindai. Berdasarkan tabel (soal no.7), siswa dapat membuat pertanyaan yang sesuai dengan 8 tabel. Disajikan diagram, siswa dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan diagram 9 Berdasarkan diagram (soal no. 9), siswa dapat menentukan simpulan berdasarkan 10 diagaram. Menanggapi cara pembacaan puisi. Disajikan kutipan puisi, siswa dapat menentukan suasana yang terdapat dalam kutipan 11 puisi. Disajikan penggalan puisi, siswa dapat menentukan penjedaan yang tepat. 12 Disajikan penggalan puisi, siswa dapat menentukan rima dalam puisi. 13 Disajikan penggalan puisi, siswa dapat menentukan citraan dalam puisi. 14 Bertelepon dengan kalimat yang efektif dan bahasa yang Disajikan penggalan dialog dalam bertelepon yang rumpang, siwa dapat menentukan 15 santun. kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang. Disajikan kalimat tidak efektif untuk bertelepon, siswa dapat mengubahnya menjadi 16 kalimat yang efektif. Kompetensi Dasar Indikator Jenis Soal PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Disajikan penggalan cerita anak. Disajikan penggalan puisi. Disajikan penggalan puisi. Disajikan sebuah paragraf. siswa dapat melengkapi puisi dengan kata volume suara. 37). Disajikan penggalan cerita anak. dengan Disajikan ilustrasi. Disajikan penggalan puisi yang bermajas personifikasi. siswa dapat melengkapi bagian memo yang rumpang. siswa dapat menentukan isi dari wawancara tersebut. siswa dapat menulis pesan singkat yang tepat berdasarkan ilustrasi. Disajikan penggalan cerita anak. dengan tepat. Disajikan penggalan puisi yang rumpang. Disajikan teks wawancara. siswa dapat menentukan baris puisi yang bermajas personifikasi. puisi. Disajikan sebuah paragraf. Menemukan gagasan utama dalam teks. siswa dapat menentukan amanat cerita. Disajikan sebuah paragraf. Berdasarkan penggalan cerpen (soal no. menjelaskan hubungan antara Disajikan penggalan cerpen. siswa dapat menentukan amanat cerpen dengan tepat. langsung Disajikan teks wawancara yang rumpang. siswa dapat menentukan tema cerita. siswa dapat menentukan makna salah satu kata dalam puisi. siswa dapat menentukan amanat puisi. siswa dapat menentukan nada yang benar untuk membaca puisi tersebut. Mengubah teks wawancara menjadi narasi dengan Disajikan penggalan teks wawancara. Disajikan penggalan cerita anak. siswa dapat menentukan letak kalimat utama paragraf. Disajikan penggalan puisi. menggunakan kalimat efektif dan bahasa yang santun. siswa dapat menentukan tema puisi Disajikan penggalan puisi. siswa dapat menentukan bagian memo Membaca indah puisi dengan menggunakan irama. anak (asli atau terjemahan). Disajikan penggalan cerpen . siswa dapat menentukan latar cerita. Menulis pesan singkat sesuai dengan isi. siswa dapat mengubah salah satu kalimat langsung memperhatikan cara penulisan kalimat langsung dan tak pada wawancara menjadi kalimat tidak langsung. siswa dapat menunjukkan bukti latar waktu dan tempat pada cerpen. Disajikan memo resmi yang rumpang. mimik. siswa dapat menentukan gagasan utama paragraf. siswa dapat melengkapi bagian yang rumpang. siswa dapat menentukan watak tokoh. siswa dapat menentukan kalimat utama paragraf. Menyimpulkan pikiran. Disajikan memo. 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG .17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 Menemukan realitas kehidupan anak dalam buku cerita Disajikan penggalan cerita anak. siswa dapat menetukan latar waktu dan tempat pada cerpen latar suatiu cerpen dengan realitas sosial. kinesik yang sesuai dengan isi yang tepat. siswa dapat menentukan realitas kehidupan yang terdapat pada cerita.

siswa dapat mengubah tabel dalam bentuk narasi. Disajikan penggalan teks wawancara . Disajikan penggalan cerpen. siswa dapat menentukan puisi yang sesuai dengan ilustrasi. Mengubah tabel/diagram dalam bentuk narasi. Dra. 21 April 2012 Penyusun. Disajikan penggalan puisi dengan pilihan kata/diksi yang salah. siswa dapat menentukan diksi yang tepat untuk menggantikannya. watak tokoh. siswa dapat m. Menanggapi cara pembacaan puisi. siswa dapat menulis puisi sesuai ilustrasi dengan pilihan kata dan dialami. siswa dapat menentukan tokoh cerita. siswa dapat menentukan keistimewaan tokoh. pernah dialami. Menulis kreatif puisi tentang peristiwa yang pernah Disajikan ilustrasi. Menulis kreatif puisi berkenaan dengan peristiwa yang Disajikan sebuah ilustrasi. siswa dapat memberikan penanda jeda pada puisi tersebut dengan tepat. Menemukan realitas kehidupan anak dalam buku cerita Disajikan penggalan cerita. 40 41 42 43 44 45 1 2 3 4 5 PG PG PG PG PG Uraian Uraian Uraian Uraian Uraian Pracimantoro. Disajikan sebuah puisi. Mengubah teks wawancara menjadi narasi. siswa dapat menetukan hal yang dapat diteladani dari tokoh biografi yang dibaca dengan membaca intensif.enentukan tema cerpen. Lilik Rusmiyatun NIP 19680515 199512 2 004 . waktu dan tempat. Mengungkapkan hal-hal yang dapat diteladani dari buku Disajikan biografi tokoh. Berdasarkan biografi tokoh. siswa dapat menetukan watak tokoh dalam cerpen. Disajikan sebuah tabel. siswa dapat mengubahnya dalam bentuk narasi. rima yang menarik. latar anak (asli atau terjemahan).40 41 42 43 44 45 1 2 3 4 5 Disajikan penggalan cerpen.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.