Fungsi Utama Terminal 1.

Pertukaran moda Biasanya perjalanan udara merupakan perjalanan campuran berbagai moda, mencakup perjalanan akses darat dan dilanjutkan dengan perjalanan udara. Tidak banyak perjalanan udara yang dilakukan secara langsung dari asal ke tujuan. Dalam rangka pertukaran moda tersebut, penumpang melakukan pergerakan di terminal pada kawasan sikulasi penumpang. 2. Pemrosesan Terminal adalah tempat yang sesuai untuk proses yang menyangkut perjalanan udara. Termasuk pengurusan tiket, pendaftaran penumpang dan bagasi, dari penumpang dan mempertemukan kembali. Fungsi ini memerlukan kawasan pemrosesan penumpang. 3. Operator Bandar Udara Biasanya akses penumpang ke bandar udara secara terus menerus, datang dan pergi, dalam grup-grup yang kecil dengan bus, mobil dan taxi. Karena itu fungsi terminal pada keberangkatan sebagai reservoir yang mengumpulkan penumpang secara kontinyu. Pada kedatangan polanya terbalik untuk memenuhi fungsi ini terminal harus memiliki kawasan ruang penampungan penumpang. Jadi fungsi utama terminal adalah untuk memperoleh ruang sirkulasi, pemrosesan dan penampungan. Tujuan Penggunaan Terminal Perancangan terminal yang memenuhi syarat harus dapat memuaskan keinginan kebutuhan mereka yang akan menggunakannya. Ada 3 (tiga) kelas pemakai:
  

Penumpang dan pengantar penjemput Perusahaan penerbangan Operator bandar udara

Kebanyakan perancangan terminal mengutamakan penumpang. Volume penumpang jauh lebih besar dibandingkan jumlah staf perusahaan penerbangan dan staf bandar udara. Alasan lain, penumpang adalah sumber pendapatan utama bandar udara, selain perusahaan penerbangan sendiri. Tujuan perancangan terminal dengan sendirinya meliputi:
 

Memaksimumkan kebutuhan akomodasi penumpang. Pelayanan yang baik pada perusahaan penerbangan. Di beberapa bandar udara perusahaan penerbangan juga merupakan sumber dan awal dalam investasi kapital. Dalam hal ini perusahaan-perusahaan tersebut akan sangat berperan dalam menentukan perancangan terminal.

pengunjung dan operator bandar udara. 1). taxi dan moda darat lain. Pemrosesan a. yaitu pada saat penumpang menunggu dikawasan penampungan serta pada saat penumpang bandar udara berada pada periode antara berbagai kegiatan pemrosesan. Pendaratan (check-in) bagasi pada sisi kerb. 2). Pengambilan bagasi. Gerbang pemeriksaan bila diperlukan. b. b. Sebagian besar waktu penumpang di bandar dihabiskan diluar kawasan pemrosesan. Kawasan pengecekan keamanan (security). Kawasan Penampungan (holding) a. Pendaftaran penumpang. Dengan pertimbangan bahwa kawasan ini menghasilkan pendapatan yang cukup berarti. walaupun dalam kondisi sibuk. Fasilitas yang diperlukan:         Pertiketan perusahaan penerbangan. 3). Kawasan untuk formalitas bagi pemrosesan penumpang. Fasilitas yang diperlukan meliputi akses termasuk antar muka (interface) dengan sisi darat. Harus memudahkan arus transfer penumpang dari moda akses yang tersedia ke dan dari dan melalui terminal sendiri dan sebaliknya. Jalan Masuk (Access Interface) a. Pendaftaran bagasi atau pilihan tempat duduk. maka perlu diperhatikan . Bea cukai (custom) untuk masuk dan keluar. Kawasan bongkar muat untuk bus. kawasan pemrosesan penumpang. penumpang dan antar muka sisi udara. Kontrol imigrasi. Pelayanan ulang alik dari dan ke tempat parkir terminal-terminal lain. Fasilitas yang diperlukan:     Naik turun penumpang dan bagasi pada sisi kerb (curbside). Perancangan terminal harus mendukung lingkungan yang memadai bagi para personil bandar udara. Fasilitas yang Diperlukan di Terminal Perancangan terminal seyogyanya memungkinkan tingkat pelayanan yang maksimum untuk penumpang. kawasan perusahaan penerbangan dan penumpang. Bagi operator bandar udara. penyeimbangan antara fasilitas untuk staf dan kawasan operasional.

penyimpanan. perawatan pemeliharaan. Antar muka sisi udara dirancang untuk keamanan dan kemudahan untuk naik pesawat udara (bording). b. Umumnya diperlukan fasilitas:     Kantor perusahaan Tempat penyimpanan gerobak barang dan kursi roda dan lain-lain Kantor manajemen bandar udara dan kantor untuk satuan keamanan Kantor pemerintah dan kawasan pendukung utnuk petugas bea cukai. kontrol lalu lintas udara. kantor pos. 5). yang seharusnya mudah dicari dan diikuti dan mudah untuk dinegosiasi. tangga. restoran. bounded storage dan fasilitas istirahat personel. Sistem pemberitahuan umum.   . valet service. Sirkulasi Internal Penumpang bergerak secara fisik melaluli sitem terminal menggunakan sistem sirkulasi internal. telepon umum. perancangan harus juga memperhatikan akan kebutuhan perusahaan penerbangan bandar udara. nurseries. salon kecantikan dan juga dapat mengakomodasi penumpang cacat (handicapped passanger). Perusahaan penerbangan dan aktifitas pendukung 6). bank dan penukaran uang valuta asing. Fasilitas yang diperlukan:  Ruang tunggu penumpang: umum. asuransi. bar. kesehatan. sewa mobil.penyediaan tingkat pelayanan yang baik di kawasan ini. tempat potong rambut. mesin-mesin otomatis untuk pelayanan. informasi penerbangan. imigrasi. toko bebas pajak. novellis.    4). Walaupun terminal perusahaan penerbangan dirancang terutama untuk penumpang perusahaan penerbangan yang sebagian besar tidak biasa (familiar) dengan sekitarnya. jalan penghubung dan taxiway. Sirkulasi internal dipenuhi dengan koridor. keberangkatan dan ruang tunggu disekitar gerbang-gerbang (gate lounge) Kawasan pelayanan penumpang: kamar cuci. rambu tanda petunjuk. Kantor personel pemeliharaan dan kawasan pendukung. jembatan-belalai dan mobil lounges. Konsensi. dan personel yang bekerja dikawasan terminal. informasi pertolongan pertama. pemesan hotel. penyimpanan barang (storage). Antar muka sisi udara memerlukan fasilitas menaikkan penumpang seperti jetway. Lobi pengunjung dan anjungan termasuk fasilitas VIP.

dengan mempertimbangkan penggunaan bandar udara yang paling efektif. menitipkan bagasinya.Di terminal. Kelayakan http://www. bangunan terminal tunggal melayani semua fungsi sebuah terminaldan concourse.Bandara kecil memiliki sebuah terminalsementara bandara besar memiliki beberapa terminal dan/atau concourse. Keluwesan dan ketanggapan terhadap pertambahan dan perubahan teknologi 4. Langkah-langkah tersebut meliputi penyusunan. rencana skematis dan pengembangan rancangan. penumpang membeli tiket.Beberapa bandara . Kemunduran orientasi dan pemrosesan penumpang 7. Dalam tahap-tahap penyusunan dan pengembangan konsep suatu proyek perancangan terminal. keterpaduannya dengan jalan masuk darat dan kesesuaiannya dengan tata guna tanah lahan yang sudah ada. Kemampuan untuk menangani permintaan yang diharapkan 2. Fasilitas-fasilitas terminal dikembangkan selaras dengan rencana pengembangan fasilitasfasilitas sisi udara. tergantung konfigurasi bandara. sebutan "terminal" dan "concourse" kadang-kadang digunakan berganti-ganti. Karena di dalam perencanaan terminal harus dilakukan secara terpadu. Kesesuaian dengan rencana induk bandar udara keseluruhan 5. kemampuannya untuk perluasan fisik dan keluasan operasional. Tetapi. Di bandara kecil. Kesesuaian dengan tipe pesawat yang diharapkan 3. Kesesuaian dengan tata-guna lahan didalam dan disekitar bandar udara 6.com/transportasi/797-fungsi-tujuan-fasilitas-dan-konseppengembangan-areal-terminal-bandara Terminal Bandar Udara Suatu terminal bandar udaramerupakan sebuah bangunan dibandar udaradimana penumpang berpindah antara transportasi darat dan fasilitas yang membolehkan mereka menaikidan meninggalkanpesawat. digunakan kriteria evaluasi berikut untuk mempertimbangkan alternatif-alternatif yang ada: 1.mafiosodeciviliano. Direncanakan disekitar bandara proses perencanaan dengan tegas mempelajari aspek fisik dan operasional sistem. Analisis rute-rute manuver pesawat dan pertentangan yang mungkin terjadi 8. Bangunan yang menyediakan akses ke pesawat (melaluigerbang)disebut 'concourse .Konsep Pengembangan Area Terminal Lokasi terminal amat ditentukan oleh proses perencanaan terminal. pengembangan konsep. dandiperiksa pihak keamanan. Penundaan 9.

Bandar udara besar lainnya memiliki terminal ganda dimana masing-masing telah termasuk fungsi sebuahconcourse (sepertiBandar Udara Internasional Dallas/Fort Worth). Kebanyakan bandara internasional besar memiliki pier. jembatan layang. imigrasi. Salah satu ujungnya terhubung dengan area tiket danpengklaiman bagasi. yang dirancang dengan gayaKebangkitan Puebloyang dipopulerkan oleharsitekJohnGaw Meem.besar memiliki terminal yang terhubung dengan banyak concoursemelalui jalan setapak. Perencanaanterminal disesuaikan dengan Rencana Induk Bandara (Master Plan) menurut tingkat (stage) dantahapan (phase). penjualansouvenir. Terminal Building Bagian dariaeroderom difungsikan untuk memenuhi berbagai keperluan penumpang dan barang. fleksibility. Terminal Udara Terminal udaramerupakan penghubunga antara sisi udara dengan sisi darat. mulai dari tempat pelaporan ticket. atau terowongan bawah tanah (sepertiBandar UdaraInternasional Denver. Beberapa bandara besar memiliki lebih dari satu terminal.Suatu terminal satelit . contohnya terminal diSunport Internasional AlbuquerquediNewMexico. komunikasi.Ciri pokok kegiatan di gedung terminal adalah transisionil dan operasional.Bandar UdaraInternasional BangkokdanBandar Udara Internasional Miami. bahan yang dipakai dan pelaksanaan konstruksi bertahap supaya dapat budaya daerah sekitarnya. perekayasaan (design and Engineering) dan konstruksinya harus memperhatikanexpansibility. dan bahkan banyak bandara besar memiliki"gerbang bus" untuk melayani pesawat di terminal utama. penjualan ticket.Bandar Udara InternasionalFrankfurt. informasi. sedangkan yang kedua berhubungandengan dengan usaha jangka menengah masalah penyesuaian kapasitas dengan perkiraan perkembangan permintaan. termasukBandar UdaraInternasional O'HareChicago. Pier memberikan kapasitas pesawat yang tinggi dan bentuknya yang sederhana. masing-masingdengan satu concourse atau lebih (sepertiBandar Udara La GuardiaNew York).Bandar Udara Amsterdam Schiphol. ruang tunggu. Yang pertama meliputi jangka panjang.Terminal bandar udara awalnya terbuka langsung menujulandasan: penumpang dapat berjalan atau menumpang bus menuju pesawatnya. Dengan pola(lay-out). dan sebagainya.Sebuah rancangan pier menggunakan bangunan panjang dan sempit dengan pesawatyang diparkir di kedua sisi. cafetaria.Bandar Udara London Heathrow. tetapisering menghasilkan jarak yang jauh dari counter pendaftaran ke gerbang (lebih dari setengahmil diBandar Udara Internasional Kansai).

Bandar Udara InternasionalSan Franciscomenggunaakan bentuk piersemisirkuler hibrid (Terminal 3) dan sebuah pier untuk sisanya.Bandar Udara Internasional KualaLumpurmemiliki sebuah terminal satelit berpotongan yang digunakan untuk penerbanganinternasional. sehingga pesawat dapat parkir di sekitar jangkauannya. Contoh Terminal Bandar UdaraBandar Udara Internasional Changi Singapura .merupakan sebuah bangunan yang dihubungkan dari bangunan bandara lain. danBandar Udara Internasional HartsfieldJackson Atlantamemiliki terminal satelitlinear yang terhubung dengan lalu lintas bawah tanah pusat.Bandar UdaraInternasional OrlandodanBandar Udara Internasional Pittsburghmemili kiterminal satelitganda. dimana penumpang dibawadari gerbang menuju pesawatnya dengan kendaraan besar yang menempel ke terminal dan pesawat.Bandar Udara Internasional Denver. tetapi hebatnya mengurangi waktu perjalanan antara pendaftaran dan pesawat.Terminal 3Bandar Udara Internasional BeijingCapital. Bentuk ini mengakibatkan perjalanan panjang untuk menghubungkan penumpang. Ini juga pertama kalinya diBandar Udara Internasional Los Angeles. tetapi telah dirubahmenjadipier. Bandara pertama yangmenggunakan terminal satelit adalahBandar Udara London Gatwick. Bandar udara yang dirancang dengan model ini adalahBandar UdaraInternasional Charles deGaulle(Terminal 2). Fasilitas ini menggunakansebuah terowongan pejalan kaki bawah tanah untuk menghubungkansatelit dengan terminalutama.Bandar Udara Internasional Mumbai(Terminal 2).Bandar Udara Internasional Washington DullesdanBandar Udara InternasionalMirabeltelah menggunakannya. Bandara pertama yang menggunakan sebuahpemindah oranguntuk menghubungkan terminal utama dengan satelit adalahBandar Udara Internasional Tampa. dengan pesawat yangdiparkir di satu sisi dan kendaraan di sisi lainnya.Bandar Udara Internasional Charles de GauleParis (Terminal 1) danBandar Udara London Gatwick(Terminal Selatan) memiliki terminal satelit sirkuler.000 m²ketika dibuka pada tahun 2008.Bentuk terminal yang jarang ditemui adalah lounge mobile .Bandar Udara Internasional Dallas/Fort Worth.Bandar Udara Internasional IncheonSeoul.Republik Rakyat Cinaakan menjadi terminal tunggal terbesar dengan luas 900.Bandar Udara Internasional Cincinnati/NorhternKentucky. yangmasih beroperasi. Bangunan tersebut akan menangani 100 juta penumpang.Tampilan hibrid juga masih ada.Beberapa bandara menggunakan sebuah terminal semisirkuler .Hong Kongmemiliki terminal tunggal terbesar di dunia (570.Beijing. danBandar Udara Chitose BaruSapporo.000 m²) diBandar Udara Internasional Hong Kong.

Meskipun bangunan terminal sudah terhitung cukup tua. Bandara ini berhasil mengalahkan saingan ketatnya.SilkAir. jumlah penumpangdiChangi sebanyak 30.Pada tahun2004. .Valuair. Baru-baru ini saja.78 juta ton. dari tahun 2001-2005. danTiger Airways. yang memenangkan penghargaan tersebut sebanyak 5 kali berturut-turut.4 juta orang dan kargo yang dilayani sebesar 1. Bandara ini dikelola olehOtoritas Penerbangan Sipil Singapura(CAAS). Bandara Changi juga merupakan pangkalanSingapore Airlines. Hingga saat iniBandara Changimemiliki dua terminal dan yang ketiga direncanakan dibuka pada2008.Bandara Internasional Hong Kong. Bandara ini terletak di daerahChangidi bagian ujung timur pulau Singapura danmerupakan salah satu fasilitas penerbangan terbaik diAsiadan dunia.adalahbandarainternasional yang melayaniSingapura. Bandara Internasional Changi Singapura memenangkan penghargaan Airport of the Year 2006 olehSkytrax. dimana saat itu Bandara Changi Singapura hanya berhasilmenjadi runner-up. bandara Changi Singapura tetap dirawat baik.

http://www.com/doc/75864000/Terminal-Bandar-Udara .scribd.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful