TUGAS MASALAH KOMUNIKASI TERPEUTIK DENGAN PASIEN Tugas ini disusun guna memenuhi tugas matakuliah Komunikasi Terapeutik

Dosen Pengampu: Olivia Henry , S.Sos

Disusun oleh : Dani Safdinan

PRODI DIII KEPERAWATAN SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN MUHAMMADIYAH GOMBONG 2012

Sehingga sekarang ilmu komunikasi berkembang pesat . tidak terkecuali perawat . dengan atasan . sesame teman. yang tugas sehari – harinya selalu berhubungan dengan orang lain . Entah itu pasien. . tanpa mengutamakan perhatian danpenggunaan praktis dan pengetahuan tersebut atau partisipasi professional dalam program – program yang bertujuan memperbaiki derajat kesehatan melalui pemahaman yang lebih besar tentang hubungan timbale balik mrlalui perubahan tingkah laku sehat kea rah yang diyakini akan meningkatkan kesehatan yang lebih baik. dokter. dan sebagainya. Maka komunikasi sangatlah penting sebagai sarana yang efektif dalam memudahkan perawat melaksanakan peran dan fungsinya dengan baik. Salah satu kajian ilmu keperawatn yang merupakan hubungan timbal balik antara tingkah laku manusia masa lalu dan masa sekarang denga derajat kesehatan dan penyakit. Latar Belakang Dalam kehidupan sehari – hari kita tidak bias lepas dari kegiatan komunikasi .PENDAHULUAN A. Kenyataannya memang komunikasi secara mutlak merupakan bagian integral dari kehidupan kita .

Pendapat saya .perawat Tri menyesuaikan dengan latar belakang pasien agar tidak terjadi kesenjangan sosial . Untuk latar belakang pasien yang berbeda satu sama lainnya.sering terjadi salah persepsi antara perawat dan pasien. 2. Masalah komunikasi yang dihadapi 1. Nama Perawat Alamat Jabatan : Tri Nurdianto.PEMBAHASAN MASALAH DALAM KOMUNIKASI DENGAN PASIEN 1. Seringkali perawat Tri menemukan dan berhadapan dengan berbagai macam pasien yang mempunyai karakter berbeda .Banyumas : Perawat Pelaksana PUSKESMAS Sumpiuh II A. B. 3. Komunikasi yang digunakan pada orang yang berbeda latar belakang baik dari segi ekonomi maupun segi pendidikan. Cara berkomunikasi dengan orang desa dan orang kota berbeda. AMK : Kuntili RT1/1 Sumpiuh . C. Cara penyelesaian 1. Perawat Tri menjelaskan dengan rinci agar tidak terjadi salah persepsi 2.

maupun karakter yang berbeda . Nama Perawat Alamat Jabatan : Adi Purnomo . Cara Penyelesaian 1. B. Dalam menghadapi pasien yang rewel dan ngeyel . perawat Adi . 2. seringkali perawat Adi menemukan paien yang rewel dan ngeyel. AMK : Sumpiuh RT 06 / II Sumpiuh .Banyumas : Perawat Pelaksana PUSKESMAS II Sumpiuh A. 2. Masalah yang di alami oleh perawat Tri memang secara umum ditemukan oleh perawat – perawat lain di dunia kerja.1. 3. Menurut saya. Proses komunikasi kurang sampai ketika perawat Adi menemukan pasien lansia atau mengalami cacat fisik . Perawat Adi dalam berinteraksi dengan pasien atau saat menangani pasien lebih baik mementingkan tindakan dari pada komunikasi secara terapeutik dengan pasien. perawat Tri harus memahami si pasien dari segi latar belakang.dikarenakan proses komunikasi dengan pasien tidak dapat berlangsung dengan baik bila perawat tidak memahami kondisi atau apa yang diinginkan pasien. Masalah komunikasi yang dihadapi 1. Dalam melaksanakan pemberian therapi obat kepada pasien.

Agar informasi yang disampaikan dapat diterima oleh pasien. lengkap dengan tutur kata lembut dan sopan. 2. Dalam mengatasi pasien yang cacat fisik seperti tuna rungu. 2.menjelaskan secara jelas dan rinci agar diantara perawat dan pasien tidak terjadi salah paham . Pendapat saya 1. Perawat Adi juga memberi motivasi kepada pasien agar pasien mau diberikan therapi obat. Untuk pasien yang rewel dan ngeyel. Pada kasus pasien lansia atau pasien yang mengalami cacat fisik seperti tuna rungu perawat Adi menggunakan bahasa isyarat. bahasa isyarat pun tak cukup. C.atau di bantu oleh pihak keluarga . supaya pesan dapat disampaikan oleh perawat dan dimengerti oleh si pasien perawat perlu menyampaikan informasi tentang diagnosa penyakit dengan jelas.maka perawat lebih baik mengikutsertakan dengan pihak keluarga agar pesan dapat disampaikan dan dimengeti oleh pasien. .

3. B. Cara penyelesaian 1. . 2. Nama Perawat Alamat Jabatan : Dwi Sulistyowati . Seringkali perawat Dwi mendapatkan pasien yang komplain dengan pengobatan yang diberikan . Pendapat saya 1.Cilacap : Perawat pelaksana Balai Pengobatan PKU MUHAMMADIYAH KEMRANJEN A. Apabila pasien komplain dengan pengobatan yang diberikan. AMK : Mujur RT 06/ III Kroya . Perawat Dwi menjelaskan prosedur dan therapy obat kepada pasien yang komplain 2. Tugas seorang perawat adalah salah satunya yaitu memenuhi kebutuhan pasien dan mengurangi masalah yang dirsakan oleh si pasien . Masalah komunikasi yang dihadapi 1.jangan memarahi pasien karena bagaimanapun tugas perawat adalah memenuhi kebutuhan pasien . Terkadang perawat Dwi sedikit bingung dengan bahasa yang akan digunakan karena setiap pasien berbeda baik dari sisi umur dan lainlain. Peran ini akan berjalan efektif dan berhasil bila apa yang disampaikan oleh perawat dapat dimengerti dan diterima oleh pasien. C.

3. Perawat menjelaskan kepada pasien dengan baik . Berkomunikasi kepada pasien kadang tidak bias mengendalikan emosional. AMK : Weton wetan RT01 / 0I Puring Kebumen : Perawat pelaksana bangsal Salma RS.sehingga berakibat menjadi salah paham antara perawat dengan pasien maupun keluarga pasien. Agar proses penyampaian informasi dari perawat ke pasien dapat tepat sasaran. Pasien kurang mendapat pengetahuan tentang dunia kesehatan. Nama Perawat Alamat Jabatan : Irfan Romadhon. B. terkadang perawat mengalami kendala waktu untuk menjelaskan kepada pasien. Dalam member asuhan keperawatan atau berinteraksi dengan pasien . 3. 2. 2. Dalam berkomunikasi kepada pasien . jelas .4. perawat juga harus mengerti kondisi pasien atau tepat situasi agar pasien tidak merasa terganggu. Masalah komunikasi yang dihadapi 1. Cara penyelesaian 1.PKU MUHAMMADIYAH GOMBONG A. dan mudah di pahami agar antara perawat dan pasien tidak saling miss komunikasi. perawat juga memberikan kesempatan kepada pasien untuk bertanya .

C.pihak keluarga sering bertanya. Peran perawat dalam proses asuhan keperawatan terhadap pasien tidak hanya semata – mata bertujuan untuk kesembuhan si pasien.seringnya proses informasi dari perawat kepada pasien kurang tersampaikan karena factor waktu. AMK : Kalijaya RT01/01 Alian Kebumen : Perawat Pelaksana Bangsal Salma RS. 2. Masalah komunikasi yang dihadapi 1. Dalam menjelaskan diagnosa medis kepada pasien. Nama Perawat Alamat Jabatan : Naning Oktaviani.PKU MUHAMMADIYAH GOMBONG A. 5. .namun di sisi lain perawat juga harus memberi edukasi atau pendidikan kesehatan kepada pasien. Pendapat saya 1. Jadi peran perawat sangat menentukan kesembuhan pasien.tentang hal yang belum jelas . Pada malam hari dimana mayoritas pasien sedang istirahat.

Sering menjumpai pasien yang menginginkan cepat pulang. 2. Menjelaskan diagnosa medis kepada pasien dan pihak keluarga agar diantara mereka dapat memahami apa yang disampaikan perawat. perawat harus menggunakan bahasa yang sopan dan dapat dimengerti.perawat harus mengatur waktu kunjung kepada pasien agar pasien tidak merasa terganggu saat istirahat. B. perawat juga harus mengatur waktu kunjung pada pasien misalnya dengan melakukan persetujuan terlebih dahulu dengan pasien . Pendapat saya 1. . Dalam mlaksanakan asuhan keperawatan kepada pasien. 2.sedangkan kondisi kesehatannya belum pulih. C. Dalam pemenuhan kebutuhan pasien. Cara Penyelesaian 1.3. Agar informasi dari perawat ke pasien dapat dipahami dan dimengerti.

Perawat harus mampu menjalankan segala tahapan komunikasi terapeutik yang meliputi tahap awal . Hubungan yang baik ini akan lebih baik lagi bila perawat dapat meningkatkan pengetahuannya dalam komunikasi khususnya komunikasi terapeutik yang sesuai dengan tuntutan profesi keperawatan. khususnya di bidang keperawatan . terutama dalam memenuhi kebutuhan pasien dan member asuhan keperawatan . Perawat lebih dituntut untuk mengutamakn pelayanan kesehatan kepada psien . lanjutan dan terminasi .PENUTUP Pada kenyataanya perawat disamping kodratnya sebagai makhluk individu dan makhluk sosial. . diapun juga sebagai makhluk profesi yang memerlukan tenaga skill di bidangnya .