PENDAHULUAN

Untuk pertumbuhan dan proses kehidupan< makhul hisup memerlukan kurang lebih 40 macam unsur kimia. Unsur-unsur Hidrogen, karbon, dan oksigen merupakan unsur pokok pembentukan karbohidrat melalui proses fotosintesis dengan energi matahari sebagai sumber energi. Unsur-unsur Nitrogen, Fosfor, Kalium, Kalsium belerang merupakan unsur yang sangat diperlukan oleh tumbuhan dan hewan.Agar kebutuhan akan unsur-unsur untuk kehidupan tidak tergangu, maka perlu adanya perputaran bahan kimia (unsur-unsur) ini yang telah diatur oleh alam sendiri. Daur bahan kimia dalam bentuk gs dn daur bahan kimia dalam bentuk endapan. 1. Daur bahan kimia dalam bentuk gas Unsur-unsur yang proses perputaran melslui atmosfer, selalu melalui bentuk gas antara lain unsur-unsur karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen dan belerang. 2. Daur bahan kimia dalam bentuk endapan Daur unsur-unsur ini tidak melalui atmosfer dan tersimpan dalam tanah, siklusnya melalui tanah dan organisme. Unsur-unsur yang termasuk dalam kelompok ini adalah logam-logam dan fosfor.

1. SIKLUS FOSFOR
Fosfor merupakan elemen yang sangat penting didalam kehidupan dan berada dalam bentuk fosfolipida, asam nukleat, dan ATP( Adenosin trifosfat). Kehadirannya tidak sebesar karbon dan nitrogen, tetapi sangat menentukan sebagai faktor –pembatas didalam nutrien. Fosfor akan didapatkan di dalam tanah dengan kadar 400-1200 mg/kg, dan kurang dari 5% didapatkan dalam bentuk Fosfat-anorganik, khususnya dengan Ca dan Fe. Di dalam jaringan tumbuhan, elemen Fosfor didapatkan dalam bentuk fitin, fosfolipida, asam nukleat, koenzim, dan sebagainya.

Dngan demikian lama kelamaan senyawa fosfat akan berkurang. unsur fosfor yang terdapat dalam atmosfir adalah partikel-partikel fosfor padat.Daur Bahan Kimia Dalam Bentuk Endapan: Daur unsur Fosfor dalam lingkungan hidup relatif lebih sederhana bila dibandingkan dengan daur bahan kimia lainnya tetapi mempunyai peranan sangat penting sebagai pembawa energi dalam bentuk ATP. Dalam lingkungan hidup tidak diketemukan unsur Fosfor dalam bentuk gas. kemudian mengendap pada dasar laut atau dasar danau. Siklus Fosfor di alam dapat digambarkan secara singkat (gambar 1. dan dari pemupukan dengan pupuk fosfat.1. tanah menjadi kurang subur.) Batu karang fosfat dalam tanah terkikis karena pengaruh cuaca menjadi senyawa-senyawa fosfat yang terlarut dalam air tanah dan dapat digunakan / diambil oleh tumbuh-tumbuhan untuk hidupnya / pertumbuhannya. . tulang burung Guano. Penambahan senyawa fosfat berasal dari tulang-tulang ikan yang mati. Penguraian senyawa Organik (tumbuh-tumbuhan dan hewan yang mati) menghasilkan senyawa-senyawa fosfat yang dapat menyuburkan tanah untuk pertanian. Sebagaian seyawa-senyawa fosfat yang terlarut dalam air tanah terbawah aliran air sungai menuju ke laut atau ke danau. Daur unsur Fosfor adalah daur bahan kimia yang menghasilkan endapan seperti halnya daur kalsium yang akan dibahas berikut ini.

tumbuhan Hewan Industri pupuk Batu karang fosfat Tulang. ikan dan burung .DAUR FOSFOR Tumbuhan.tulang ikan Burung Guano Cuaca Endapan Fosfat pada dasar laut dan danau Senyawa Fosfat terlarut dalam air tanah Binatang laut.

1 .GAMBAR. SIKLUS FOSFOR 1.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful