P. 1
Mekanisme Yang Terjadi Dalam Kontraksi Otot Adalah

Mekanisme Yang Terjadi Dalam Kontraksi Otot Adalah

|Views: 40|Likes:
Published by Monika Shecilia

More info:

Published by: Monika Shecilia on Jun 10, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/28/2013

pdf

text

original

1. Mekanisme yang terjadi dalam kontraksi otot adalah.. a.

Memanjangnya ukuran otot akibat geseran molekul aktin dan miosin yang memerlukan energi dari pemecahan ATP b. Memanjangnya ukuran otot akibat geseran miofibril yang memerlukan energi dari metabolisme aerobic glukosa c. Mengendurnya ukuran otot akibat geseran miofibril yang memerlukan ion kalsium dan fosfat anorganik d. Menggesernya filamen-filamen yang lebih tebal ke filament yang lebih tipis dan diperlukan energi dari pemecahan asam piruvat e. Memendeknya ukuran otot akibat zona Z menjadi lebih panjang dan zona H menjadi lebih pendek yang prosesnya memerlukan energy dari pemecahan ATP 2. Tabel dibawah ini adalah daftar kodon dengan asam aminonya Kodon Asam amino SAU Serin SSA Prolin GGA Glutamine GUG Valin GSS Alanin Apabila urutan basa DNA yang akan melakukan transkripsi adalah SAS SST SGG GGT GTA , maka urutan asam amino yang akan dibentuk adalah .. a. b. c. d. e. Serin - Valin - Glutamin - Alanin - Prolin Valin - Alanin - Glutamin - Serin - Prolin Glutamin – Alanin – Valin – Serin – Prolin Valin – Glutamin – Alanin – Serin – Prolin Valin – Glutamin – Alanin – Prolin – Serin

3. Organ- organ yang dikendalikan syaraf simpatik adalah.. a. Menstimulasi sekresi kelenjar pencernaan b. Memperbesar denyut jantung c. Memperbesar pembuluh darah d. Memperkecil bronkus e. Memperkecil pupil 4. Jaringan yang bertanggung jawab dalam memberikan dan mempertahankan bentuk tubuh adalah.. a. Jaringan ikat, embrionik, jaringan tulang rawan, darah b. Jaringan ikat, darah, otot, saraf c. Osteosit, osteoblas, otot, saraf

a. Parenkim c. osteosit. a. Meristem b. Kolateral terbuka c. Kolenkim d.. Kolenkim mengalami penebalan dinding sel b. Plasmodesmata d. perbedaan keduanya adalah . Jaringan ikat. Noktah c. jaringan penguat terdiri dari kolenkim dan sklerenkim. Dinding sel merupakan organel pelindung pada sel tumbuhan yang mengalami beberapa kali penebalan. Berdasarkan letak xylem dan floem. Sklerenkim mempunyai kloroplas c. Kolateral tertutup d. Kambium 9. Bentuk sklerenkim memanjang e.. Difusi e. Osmosis 6. jaringan ikat longgar.d. Jaringan dasar pada tumbuhan berupa .. Fiksasi CO2 c. saraf 5. Sklereid merupakan sklerenkim yang terdapat pada korteks d. Bikolateral 7. Pada tumbuhan. otot polos . tipe jaringan pengangkut pada tumbuhan monokotil umumnya adalah. Sklerenkim e. Siklus reaksi gelap dalam pembentukan glukosa dan RuBP b. a. siklik dan non siklik d. osteoblas e. Kolateral b. Konsentris e. Siklus yang menggunakan NADPH . lemak. Protoplasma b. Penebalan sklerenkim oleh lignin 8. agar zat makanan tetap terdistribusi keseluruh bagian tubuh tumbuhan. maka harus melalui.. Siklus calvin merupakan siklus … a. Siklus yang mengalami dua rute transport electron. Jaringan ikat padat. a.

Epidermis. kandungan asam pada tanah tinggi. Rosaceae d. Ordo Gnetum gnemon (melinjo) adalah… a. Ekosistem estuaria d. Ekosistem padang rumput e. Rosa 13. trikoma. Naiknya populasi predator e. Parenkim. merupakan ciri dari a. Ekosistem hutan hujan 14. Mesofil daun terdiri atas. bunga karang. berada di dataran rendah.. Ekosistem rawa gambut b. parenkim spons e. spons. palisade c. Arecales e. Ketidakseimbangan ekosistem d. Pembludakan konsumen c.. stoma b. a. Ordo dari Caesalpinia pulcherrima (kembang merak) adalah. Parenkim spons 11.e. a. Menurunnya mangsa . Dalam suatu rantai makanan. stoma.. Arecales c. a. bunga karang. Mytaceae c. Siklus yang menggunakan ATP 10. Myrtales b.. Palisade. Epidermis. palisade. stoma d. Spadiciflora 12. Ekosistem hutan bakau c. Pembludakan produsen b. Ekosistem yang mempunyai unsure hara terendah. Gnetaceae b. Rosales e. Gnetales d. bila salah satu populasi punah atau menurun drastis maka akan terjadi.

belalang coklat atau paceklik terjadi karena. Hubungan yang terjadi antara tanaman padi dan alang.. Perubahan bentuk paruh burung finch Darwin terjadi karena. Gelatin pada adanya mutasi gen 19. Cara reproduksi c. Adaptasi lingkungan b. a. Parasitisme d. Rusaknya hutan c. Naiknya populasi padi d. Jamur parasit pada tumbuhan tingkat tinggi dapat menyerap nutrisi dari daun melalui. tapi kedua nya mempunyai perbedaan yaitu. Komposisi dinding sel b. a.. Tidak memiliki membrane inti e. a. Mutasi gen d. Komensalisme 16.. Kerusakan tanaman padi b...alang adalah. Adaptasi makanan c. Serangan hama wereng. tipe interaksi antara kacang tanah dan pohon rambutan tesebut adalah. a. a. Bakteri dan ganggang biru termasuk dalam golongan monera. Karena musimnya e. Alat gerak d. Tanaman kacang yang berkecambah dibawah pohon rambutan memperoleh perlindungan dan kelembaban yang cukup untuk perkecambahan dan membentuk anakan. Parasitisme d. Amensalisme 18. a.. Predasi e. Hifa . Mutualisme c.15. Komensalisme e. Mutualisme b. Kombinasi gen 17. Dinding sel 20. Komensalisme c. Evolusi e. Amensalisme b.

Polimeri c. Penurunan kadar glukosa dalam darah c. AAA + XXY e. Homozigot e. 4 d.. Jika kelenjar tiroid kurang aktif. a.. kemungkinan yang akan terjadi adalah. 6 e. e. AA + XXY d. Kromosom: autosom dan genosom Y. kecuali. Sentrosom e. RNA c.. a. AA + XX 23. maka rumus kromosom yang tidak mungkin pada lalat buah (Drosophilla melanogaster) adalah… a. Rhizoid Misellium Spora Basidium 21. AA + XY c. Butir-butir lemak b. DNA. benang benang kromatin d. Heterozigot d. maka genotip AaBb akan membentuk … macam gamet a. Gen yang mengalami mutasi umumnya letal. Bagian-bagian dibawah ini terdapat di luar inti. c. a. A + XX b. Intermediet 25. Peningkatan tekanan darah . keadaan yang memungkinkan gen ini tetap hidup adalah. Penurunan kecepatan metabolism b. 2 c.b. Mitokondria 22. Apabila terdapat gen A dan B dalam satu kromosom dan terjadi tautan. 8 24. Kriptomeri b. 1 b. d.

. Memiliki nisia tertentu e. Kesamaan kebutuhan cahaya c. a. mempunyai sepasang sayap.. Hidup secara heterotrof c. Sama sama merugikan manusia 29. a. Kesamaan kebutuhan makanan b. Akibat dari peningkatan sekresi adrenalin adalah. Terjadi penurunan denyut jantung e. Glukosa dalam darah meningkat b. Hexapoda 28. Seorang mahasiswa mengamati seekor hewan dengan tanda-tanda : tubuh memanjang berbuku-buku. Siswa tersebut berkesimpulan bahwa hewan itu tergolong … a. Mengontrol populasi yang dimangsa dengan memakannya 30. Terjadi peningkatan suplai darah ke usus halus c. a. dan kakinya 3 pasang. a. Insekta d. Penurunan kecepatan pernafasan 26. Memiliki 6 kaki d. Lalat dan nyamuk tergolong dipteral karena . Kesamaan kebutuhan ruangan d. Perbedaan nisia .. Predator dapat berfungsi sebagai penjaga ekosistem dengan cara. dada dan badan belakang. Bereproduksi secara tepat b. Terjadi penurunan kecepatan pernafasan 27. Metamorphosis sempurna e. Perbedaan siklus reproduksi e. Memiliki 2 sayap b. Myriapoda b. Crustacea c. ada kepala. Berikut merupakan pemicu terjadinya kompetisi antar spesies. kecuali. Memiliki 4 sayap c.. Terjadi penurunan keringat d. Hidup secara autotrof d.d. Peningkatan glukosa dalam urine e. Arachnoida e.

Dari sel-sel melalui plasmodesmata b.. Menunda pengguguran daun. Digunakan untuk bergerak d.. Digunakan untuk lari c. Yang menembus sitoplasma dan vakuola d. Ribosom b. Organel berupa saluran halus dalam sitoplasma yang berbatasan dengan system membrane dan erat kaitannya dengan system angkutan pada sintesis protein adalah. Energy yang ada pada tubuh hewan yang dapat diambil oleh predator adalah energy yang. Badan golgi e. a. Dikeluarkan dalam bentuk kotoran 32. Dikeluarkan dalam bentuk panas tubuh e. dapat dipastikan jaringan yang lebih dahulu berwarna merah adalah.. Plasmodesmata d. Reticulum endoplasma c. Epidermis b. dan auksin berfungsi untuk. Didalam berkas pengangkutan 34. a. Yang melalui ruang ruang antar sel e. Memperkecil dominasi apical b. a. giberelin. Transportasi apoplas pada tumbuhan adalah transportasi air. Membantu mengatur pembelahan di daerah meristem c. Floem 35.. Xylem e. a. Didalam berkas pembuluh kayu c. a. Sklerenkim d.. Pada percobaan perendaman pangkal batang yang telah dipotongg dalam larutan eosin.31. Mengatur pembentukan bunga dan buah e. Merangsang pembelahan sel dan pemanjangan sel pada saat pertumbuhan tanaman 33. Lisosom . Disimpan dalam tubuh b. Parenkim c. Kerjasama antara sitokinin. bunga dan buah d.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->