NAMA NIM PRODI TUGAS

: MARIA ERNAWATI : 2011270446 : PGSD : ILMU ALAMIAH DASAR

SEMESTER : II/D FAKULTAS : KIP

PEMBAGIAN ILMU PENGETAHUAN
1. Ilmu Pengetahuan Alam Yakni ilmu yang membahas tentang alam semesta , jagat raya dan seluruh isinya . Tentang penciptaan nya dan teori-teori pengetahuan yang bersifat ilmiah . Yang terbagi atas : Fisika , Kimia , dan Biologi . 2. Ilmu Pengetahuan Sosial Yakni ilmu pengetahuan yang membahas hubungan antara manusia sebagai mahluk sosial . Bagaiman huhubungan antar balik manusia dengan manusia lainnya atau mahluk lain. Yang terbagi atas : Psikologi , Pendidikan , Antropologi , Etnologi, Sejarah, Ekonomi , dan Sosiologi. 3. Ilmu Pengetahuan Bumi Dan Antariksa Yakni ilmu yang membahas tentang bumi dan isinya serta antariksa yaitu ruang angkasa dan benda-benda langit yang ada di dalamnya . Yang terbagi atas : Geologi dan Astronomi.

galaksi dan medium antarbintang. Bahan padat dapat diklasifikasikan berdasarkan keteraturan susunan atom-atom atau ion-ion penyusunnya. "alamiah". termasuk sifat fisik (luminositas. molekul. bintang. dan komposisi kimia) dari objek astronomi seperti planet. molekul. dan optik adalah bidang ilmu yang mempelajari interaksi zat-zat dan cahaya-zat dalam skala atom tunggal atau struktur berisi beberapa atom.  Akustik Akustik dapat mengacu kepada beberapa hal berikut:  Akustik (ilmu).  Astrofisika Astrofisika adalah cabang astronomi yang berhubungan dengan fisika jagad raya.  Fisika bahan padat Zat padat merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang dipelajari dalam fisika. Biofisika berkembang sangat pesat sejak awal tahun 1980 dengan makin mapannya aneka teori fisika yang telah ada. cabang fisika yang mempelajari suara  Akustik musik. dan juga interaksinya. cabang dari akustik yang mempelajari fisika dari musik  Musik akustik. . suhu. dan kesamaan skala energi yang bersangkutan. Kosmologi adalah teori astrofisika pada skala terbesar. dan optic Fisika atomik. musik yang hanya menggunakan instrumen akustik  Astrodinamika adalah tentang dinamika gerak roket atau wahana antariksa. Hal ini ialah apa yang disebut dengan teori komputasi. dan φύςισ (fýsis). Fisikawan kadangkala menyingkat bidang ini sebagai fisika AMO.BIDANG-BIDANG KEILMUAN A.  Biofisika Biofisika merupakan salah satu cabang ilmu fisika yang mengkaji aplikasi aneka perangkat dan hukum fisika untuk menjelaskan aneka fenomena hayati atau biologi. ILMU ALAM 1. "alam") adalah sains atau ilmu tentang alam dalam makna yang terluas. kepadatan.  Fisika atom. Ketiga bidang ini dikelompokkan menjadi satu karena hubungan mereka. Fisika mempelajari gejala alam yang tidak hidup atau materi dalam lingkup ruang dan waktu.  Fisika komputasi Komputasi sebetulnya bisa diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Fisika Fisika (bahasa Yunani: φυςικόσ (fysikós). metode yang mirip. suatu sub-bidang dari ilmu komputer dan matematika.

"seseorang yang ahli di bidang mesin") adalah jenis ilmu khusus yang mempelajari fungsi dan pelaksanaan mesin. Fisika plasma Fisika plasma adalah salah satu bidang dari fisika yang mempelajari gas terionisasi yang dikenal sebagai plasma. Fisika matematis Fisika matematis adalah cabang ilmu yang mempelajari "penerapan matematika untuk menyelesaikan persoalan fisika dan pengembangan metode matematis yang cocok untuk penerapan tersebut. untuk memproduksi hasil yang berbeda dari produk awal. Ilmu ini mempelajari cara memproduksi serta perilaku material pada temperatur tersebut. karena banyak partikel dasar tidak terjadi dalam keadaan biasa di alam. –238 °F atau 123 K). Kriogenik Dalam ilmu Fisika atau teknik. Fluida terutama cairan dan gas. proses ini disebut tabrakan dan bukan sebuah reaksi. Pada prinsipnya sebuah reaksi dapat melibatkan lebih dari dua partikel yang bertubrukan. serta perubahan-perubahan pada inti atom. Dalam membahas kriogenik. tekanan.       Dinamika fluida Dinamika fluida adalah subdisiplin dari mekanika fluida yang mempelajari fluida bergerak. melainkan digunakan skala Kelvin (pada awalnya digunakan skala Rankine). seperti yang dilakukan dalam pemercepat partikel. Fisika nuklir Fisika nuklir adalah ilmu yang mempelajari mengenai inti atom. seperti kecepatan. alat atau benda yang seperti . sebuah reaksi nuklir adalah sebuah proses di mana dua nuklei atau partikel nuklir bertubrukan. sebagai fungsi ruang dan waktu. Bila partikel-partikel tersebut bertabrakan dan berpisah tanpa berubah (kecuali mungkin dalam level energi). Dalam fisika nuklir. serta formulasi teori fisika". kepadatan. Penyelsaian dari masalah dinamika fluida biasanya melibatkan perhitungan banyak properti dari fluida. dari Bahasa Yunani mechanikos. Fisika partikel (atau fisika energi tinggi) Fisika partikel adalah cabang dari fisika yang mempelajari partikel dasar pembentuk benda dan radiasi. dan interaksi antara mereka. Mekanika Mekanika (Bahasa Latin mechanicus. tetapi kejadian tersebut sangat jarang. Dia juga disebut fisika energi tinggi. tetapi dapat diciptakan dan dideteksi pada saat benturan berenergi partikel lainnya. tidak digunakan skala temperatur Fahrenheit atau Celsius yang umum digunakan di masyarakat. Ilmu ini dapat dianggap sebagai penunjang fisika teoritis dan fisika komputasi. dan suhu. kriogenik adalah ilmu yang mempelajari materi dengan temperatur sangat rendah (di bawah –150 °C.

Terdapat juga anatomi hewan atau zootomi dan anatomi tumbuhan atau fitotomi. dan genetika.  Biofisika Biofisika merupakan salah satu cabang ilmu fisika yang mengkaji aplikasi aneka perangkat dan hukum fisika untuk menjelaskan aneka fenomena hayati atau biologi. Kata optik berasal dari bahasa Latin ὀπτική. biologi molekular.  Biologi sel Biologi sel (juga disebut sitologi. Biokimiawan mempelajari molekul dan reaksi kimia terkatalisis oleh enzim yang berlangsung dalam semua organisme. yang berarti memotong) adalah cabang dari biologi yang berhubungan dengan struktur dan organisasi dari makhluk hidup. "wadah") adalah ilmu yang mempelajari sel. dan masa depan kehidupan di alam semesta. penelitian laboratorium dan lapangan perihal asal dan evolusi awal kehidupan di Bumi. 2.mekanika merupakan bagian yang sangat penting dalam ilmu fisika terutama untuk ahli saints dan ahli teknik  Optik Optika adalah cabang fisika yang menggambarkan perilaku dan sifat cahaya dan interaksi cahaya dengan materi. bioastronomi. Biofisika berkembang sangat pesat sejak awal tahun 1980 dengan makin mapannya aneka teori fisika yang telah ada  Bioinformatika Bioinformatika (bahasa Inggris: bioinformatics) adalah (ilmu yang mempelajari) penerapan teknik komputasional untuk mengelola dan menganalisis informasi biologis. serta kajian potensi makhluk hidup untuk beradaptasi di Bumi dan di luar angkasa  Biokimia Biokimia adalah kimia makhluk hidup. histologi. dan anatomi manusia. penyebaran.mesin. Beberapa cabang ilmu anatomi adalah anatomi perbandingan. dan xenobiologi) adalah kajian tentang asal. Biologi  Anatomi Anatomi (berasal dari bahasa Yunani ἀνατομία anatomia. dari ἀνατέμνειν anatemnein. Lihat artikel biologi molekular untuk diagram dan deskripsi hubungan antara biokimia. Optika menerangkan dan diwarnai oleh gejala optis.  Astrobiologi Astrobiologi (kadang disebut juga eksobiologi. dari bahasa Yunani kytos. evolusi. yang berarti tampilan. eksopaleontologi. Hal yang dipelajari dalam biologi sel mencakup sifat-sifat fisiologis sel seperti struktur dan organel yang terdapat di dalam . kehidupan di Mars dan benda lain di Tata Surya. pencarian bukti kimia prebiotik. Bidang ilmu antardisiplin ini meliputi pencarian lingkungan laik huni baik di dalam maupun di luar Tata Surya.

interaksi dengan komponen biotik dan komponen abiotik. metabolisme. serta evolusi tumbuhan. hingga kematian sel. dalam botani dipelajari semua disiplin ilmu biologi untuk mempelajari pertumbuhan. bahan dasar. Entomologi adalah ilmu yang mempelajari serangga. Entomologi Secara terbatas. Akan tetapi. . daur hidup sel. Biologi pertumbuhan Biologi pertumbuhan evolusioner ("Evo-devo" atau evolusi pertumbuhan) Biologi laut Biologi kelautan adalah ilmu yang mempelajari kehidupan di laut (makhluk hidup beserta interaksinya dengan lingkungan). termasuk interaksi DNA. Ini termasuk penyelidikan tentang interaksi molekul dalam benda hidup dan kesannya. Berasal dari kata Yunani oikos ("habitat") dan logos ("ilmu").      sel. karena kedalamannya laut meliputi sekitar 300 kali volume yang ditinggali manusia. Hal-hal tersebut dipelajari baik pada skala mikroskopik maupun skala molekular. Orang yang menekuni bidang botani disebut sebagai botanis. reproduksi. khususnya laba-laba dan kerabatnya (Arachnida atau Arachnoidea). Biologi kelautan mencakup skala yang luas. dan bagaimana interaksi tersebut diatur. Dengan demikian. Laut menyediakan sumber makanan. Ekologi Ekologi adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara organisme dengan lingkungannya dan yang lainnya. perkembangan. pembelahan sel dan fungsi sel (fisiologi). obat. lingkungan dan antaraksi sel. Walaupun laut menutupi 71% permukaan planet Bumi. Ekologi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik interaksi antar makhluk hidup maupun interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya. terutama genetika dan biokimia. arti ini seringkali diperluas untuk mencakup ilmu yang mempelajari artropoda (hewan beruas-ruas) lainnya. rekreasi dan pariwisata. Botani Botani merupakan salah satu bidang kajian dalam biologi yang mengkhususkan diri dalam mempelajari seluruh aspek biologi tumbuhtumbuhan. dari mikro seperti plankton dan fitoplankton sampai hewan besar seperti paus. dan sel biologi meneliti baik organisme bersel tunggal seperti bakteri maupun sel-sel terspesialisasi di dalam organisme multisel seperti manusia. dan sintesis protein. serta luwing dan kerabatnya (Millepoda dan Centipoda). Ada banyak alasan untuk mempelajari biologi kelautan. terutama tentang interaksi berbagai sistem dalam sel. Biologi molekul Biologi molekular atau biologi molekul merupakan salah satu cabang biologi yang merujuk kepada pengkajian mengenai kehidupan pada skala molekul. Bidang ini bertumpang tindih dengan bidang biologi (dan kimia) lainnya. RNA.

filogeni atau filogenesis adalah kajian mengenai hubungan di antara kelompok-kelompok organisme yang dikaitkan dengan proses evolusi yang dianggap mendasarinya. Ini adalah model corestone penelitian kesehatan masyarakat. phykos. "asal-usul" atau "hakikat". yang berarti "melahirkan") adalah cabang biologi yang mempelajari pewarisan sifat pada organisme maupun suborganisme (seperti virus dan prion). organ. sel. Istilah "filogeni" dipinjam dari bahasa Belanda. Histologi dapat juga disebut sebagai ilmu anatomi mikroskopis.       Epidemiologi Epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari pola kesehatan dan penyakit serta fakor yang terkait di tingkat populasi. Proteomika) Genetika (dipinjam dari bahasa Belanda: genetica. dan membantu menginformasikan kedokteran berbasis bukti (eveidence based medicine) utnuk mengidentifikasikan faktor risiko penyakit serta menentukan pendekatan penanganan yang optimal untuk praktik klinik dan untuk kedokteran preventif. Fikologi juga mempelajari beberapa organisme prokariotik yang dikenal sebagai Cyanobacteria. "ganggang". sistem organ. Istilah ini dibentuk dari kata Yunani Kuna φύςισ. Fikologi (Algologi) Fikologi (Yunani: φύκοσ. Fisiologi menggunakan berbagai metode ilmiah untuk mempelajari biomolekul. adalah subdisiplin botani yang mempelajari alga atau ganggang. jaringan. ras". dan -λογία. Filogeni Dalam biologi. logia. physis. Perubahan-perubahan ini disebabkan oleh kombinasi tiga proses utama: variasi. Fisiologi Fisiologi adalah turunan biologi yang mempelajari bagaimana kehidupan berfungsi secara fisik dan kimiawi. Genomika. reproduksi. fylogenie. . dan seleksi. yang berasal dari gabungan kata bahasa Yunani Kuna yang berarti "asal-usul suku. "kajian". dan organisme secara keseluruhan menjalankan fungsi fisik dan kimiawinya untuk mendukung kehidupan. dibentuk dari kata bahasa Yunani γέννω. -logia) atau algologi (Latin: alga. adaptasi dari bahasa Inggris: genetics. Evolusi (Biologi evolusioner) Evolusi (dalam kajian biologi) berarti perubahan pada sifat-sifat terwariskan suatu populasi organisme dari satu generasi ke generasi berikutnya. "ganggang"). genno. Genetika (Genetika populasi. dan λογία. Histologi Histologi adalah bidang biologi yang mempelajari tentang struktur jaringan secara detail menggunakan mikroskop pada sediaan jaringan yang dipotong tipis.

 Mempelajari kecocokkan organ untuk transplantasi. Asal katanya dari bahasa Yunani haima artinya darah. serta aplikasi pengetahuan tersebut untuk meningkatkan kesehatan. dan pengetahuan mengenai kesehatan. dan penerapan dari pengetahuan tersebut. Ilmu kedokteran adalah cabang ilmu kesehatan yang mempelajari tentang cara mempertahankan kesehatan manusia dan mengembalikan manusia pada keadaan sehat dengan memberikan pengobatan pada penyakit dan cedera. organ pembentuk darah dan penyakitnya. kesehatan hewan. Ilmu ini meliputi pengetahuan tentang sistem tubuh manusia dan penyakit serta pengobatannya.  Investigasi masalah yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh seperti penyakit autoimunitas yaitu ketika sistem kekebalan tubuh berubah melawan jaringan tubuh sendiri dan kelainan imunodefisiensi yaitu ketika sistem kekebalan tubuh kurang aktif. Ada dua bagian ilmu kesehatan: studi. dan terapi pada hewan. o Hematologi Hematologi adalah cabang ilmu kesehatan yang mempelajari darah. dan memahami fungsifungsi biologis pada manusia dan hewan. o Kedokteran Kedokteran (bahasa Inggris: medicine) adalah suatu ilmu dan seni yang mempelajari tentang penyakit dan cara-cara penyembuhannya. Ilmu kesehatan Ilmu kesehatan adalah kelompok disiplin ilmu terapan yang menangani kesehatan manusia dan hewan. o Kedokteran gigi Kedokteran gigi adalah ilmu mengenai pencegahan dan perawatan penyakit atau kelainan pada gigi dan mulut melalui tindakan tanpa atau dengan pembedahan. o Farmakologi Farmakologi adalah ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan obat-obatan. mengobati penyakit. protein asing di dalam tubuh. Seseorang yang mempraktikkan ilmu kedokteran gigi disebut sebagai dokter gigi o Kedokteran hewan Kedokteran hewan adalah penerapan prinsip-prinsip ilmu kedokteran. diagnosis. Ilmu kedokteran hewan sangat penting untuk melindungi hewan. riset. o Imunoserologi Imunoserologi adalah bidang ilmu kedokteran yang mempelajari:  Identifikasi terhadap antibodi yaitu protein yang dibuat dari sel darah putih yang berespon terhadap antigen. .

khususnya bakteri. morfologi berarti 'pengetahuan tentang bentuk' (morphos). o Geomorfologi. morfogenesis) mendeskripsikan asal-usul dan perkembangan organisme sejak dari telur yang dibuahi ke bentuk dewasanya. yang berarti "mempelajari". yang berarti massa atau tumor dan akhiran -ology. Dari definisi di atas. o Toksikologi Toksikologi adalah pemahaman mengenai pengaruh-pengaruh bahan kimia yang merugikan bagi organisme hidup. o Morfologi (biologi). ilmu tentang morfem-morfem dalam bahasa. terutama yang dapat menular antara hewan dan manusia. Morfologi Morfologi dipakai oleh berbagai cabang ilmu. dan Archaea. klados. Ontogeni Ontogeni (atau ontogenesis. "cabang") adalah ilmu dalam sistematika mengenai cara mengelompokkan berbagai komponen berdasarkan kemiripan karakteristiknya. Virus sering juga dimasukkan walaupun sebenarnya tidak sepenuhnya dapat dianggap sebagai makhluk hidup. Secara harafiah. jelas terlihat bahwa dalam toksikologi terdapat unsur-unsur yang saling berinteraksi dengan suatu cara-cara tertentu untuk menimbulkan respon pada sistem biologi yang dapat menimbulkan kerusakan pada sistem biologi tersebut.Morfologi adalah ilmu bahasa yang mempelajari mengenai pembentukan kata.     dan memantau penyebaran penyakit. Objek kajiannya biasanya adalah semua makhluk (hidup) yang perlu dilihat dengan mikroskop. Imunologi Imunologi adalah suatu cabang yang luas dari ilmu biomedis yang mencakup kajian mengenai semua aspek sistem imun (kekebalan) pada semua organisme Kladistika Kladistika (dari bahasa Inggris: cladistics > bahasa Yunani Kuna: κλάδοσ. Berikut beberapa ilmu yang menggunakan nama morfologi: o Morfologi (linguistik). ilmu tentang batuan dan bentuk luar bumi. fungi. o Onkologi (ilmu kanker) Onkologi adalah sub-bidang medis yang mempelajari dan merawat kanker. protozoa. ilmu tentang bentuk organisme. Istilah ini berasal dari bahasa Yunani: onkos (ονκοσ). terutama hewan dan tumbuhan dan mencakup bagian-bagiannya. Dokter yang mendalami onkologi disebut onkolog. . Mikrobiologi Mikrobiologi adalah sebuah cabang dari ilmu biologi yang mempelajari mikroorganisme. alga mikroskopik.

Kimia  Biokimia Biokimia adalah kimia makhluk hidup. biologi evolusioner. Dalam perkembangannya. Biokimiawan mempelajari molekul dan reaksi kimia terkatalisis oleh enzim yang berlangsung dalam semua organisme. perilaku. Hal-hal tersebut dipelajari baik pada skala mikroskopik maupun skala molekular. etologi. Kajian ilmiah zoologi dimulai sejak sekitar abad ke-16. pembelahan sel dan fungsi sel (fisiologi).  Taksonomi Kata taksonomi diambil dari bahasa Yunani tassein yang berarti untuk mengelompokkan dan nomos yang berarti aturan. dari bahasa Yunani kytos. psikologi hewan. terutama virus. dan sel biologi meneliti baik organisme bersel tunggal seperti bakteri maupun sel-sel terspesialisasi di dalam organisme multisel seperti manusia.  Sitologi Biologi sel (juga disebut sitologi. Elemen yang digunakan dalam reaksi elektrokimia dikarakterisasikan dengan banyaknya elektron yang dimiliki. yaitu sel galvani dan sel elektrolisis. biologi molekular. 3.  Virologi Virologi ialah cabang biologi yang mempelajari makhluk suborganisme. dan genetika. selain virus ditemukan pula viroid dan prion. Lihat artikel biologi molekular untuk diagram dan deskripsi hubungan antara biokimia. serta evolusi hewan. dan paleontologi.  Ilmu bahan Ilmu material atau teknik material atau ilmu bahan adalah sebuah interdisiplin ilmu teknik yang mempelajari sifat bahan dan aplikasinya  . Kedua kelompok ini saat ini juga masih menjadi bidang kajian virologi. daur hidup sel. biologi molekular.  Elektrokimia Elektrokimia adalah ilmu yang mempelajari aspek elektronik dari reaksi kimia.  Zoologi Zoologi adalah cabang biologi yang mempelajari struktur. taksonomi. Taksonomi dapat diartikan sebagai pengelompokan suatu hal berdasarkan hierarki (tingkatan) tertentu. Ilmu ini antara lain meliputi anatomi perbandingan. "wadah") adalah ilmu yang mempelajari sel. ekologi perilaku. lingkungan dan antaraksi sel. hingga kematian sel. fungsi. Elektrokimia secara umum terbagi dalam dua kelompok.Patologi Patologi merupakan cabang bidang kedokteran yang berkaitan dengan ciriciri dan perkembangan penyakit melalui analisis perubahan fungsi atau keadaan bagian tubuh. Hal yang dipelajari dalam biologi sel mencakup sifat-sifat fisiologis sel seperti struktur dan organel yang terdapat di dalam sel.

Kimia organik Kimia organik adalah percabangan studi ilmiah dari ilmu kimia mengenai struktur. Kimia fisik Kimia Fisik adalah ilmu yang mempelajari fenomena makroskopik. sifat.      terhadap berbagai bidang ilmu dan teknik. dan dapat mengandung unsur-unsur lain seperti nitrogen. komposisi. Kimia kuantum terletak di perbatasan antara kimia dan fisika. Kimia komputasi Kimia komputasi adalah cabang kimia yang menggunakan hasil kimia teori yang diterjemahkan ke dalam program komputer untuk menghitung sifatsifat molekul dan perubahannya maupun melakukan simulasi terhadap sistem-sistem besar (makromolekul seperti protein atau sistem banyak molekul seperti gas. cairan. Kimia kuantum Kimia kuantum adalah sebuah cabang kimia teori. subatom dan partikel dalam sistem dan proses kimia berdasarkan prinsip-prinsip dan konsep-konsep fisika. Kimia analitik Kimia analitik adalah cabang ilmu kimia yang berfokus pada analisis cuplikan material untuk mengetahui komposisi. dan sumbangan yang berarti telah dicapai oleh ilmuwan dari kedua bidang tersebut. dan menerapkan program tersebut pada sistem kimia nyata. struktur.l. Senyawa organik dibangun terutama oleh karbon dan hidrogen. padatan. khususnya dalam subbidang kimia organologam. mikroskopik. termodinamika kimia. dan kristal cair). yang disebut senyawa organik dan dipelajari dalam kimia organik. mesin. Penjelasan perilaku elektron pada atom dan molekul dalam kaitannya dengan kereaktifan adalah salah satu terapan kimia kuantum. reaksi. Secara tradisional. Kimia anorganik Kimia anorganik adalah cabang kimia yang mempelajari sifat dan reaksi senyawa anorganik. dan sintesis senyawa organik. dan fungsi kimiawinya. kualitatif dan kuantitatif. sipil dan listrik. fosfor. . kimia analitik dibagi menjadi dua jenis. kimia kuantum. halogen dan belerang. dan kinetika. oksigen. Termasuk ke dalam ilmu ini adalah unsur fisika terapan. atom. Perbedaan antara kedua bidang ilmu ini tidak mutlak dan banyak tumpang-tindih. Ilmu ini mempelajari hubungan antara struktur bahan dan sifatnya. Ini mencakup semua senyawa kimia kecuali yang berupa rantai atau cincin atom-atom karbon. teknik kimia. yang menerapkan mekanika kuantum (dan belakangan ini teori medan kuantum) untuk menangani masalah dalam kimia. dengan bidang khusus a.

atau pemberian kepastian mengenai informasi yang akan membantu manajer. Antropologi lahir atau muncul berawal dari ketertarikan orang-orang Eropa yang melihat ciri-ciri fisik. pendekatan seorang peneliti. penjabaran. yaitu οἶκοσ (oikos) yang berarti "keluarga. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal.  Manajemen Kata Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno ménagement. adat istiadat. archaeo yang berarti "kuna" dan logos. suara atau partikel yang dipancarkan. organisasi. 3. B. dan riset. Istilah "ekonomi" sendiri berasal dari bahasa Yunani. termokimia ialah penerapan termodinamika untuk kimia. Termokimia ermokimia ialah cabang kimia yang berhubungan dengan hubungan timbal balik panas dengan reaksi kimia atau dengan perubahan keadaan fisika. Tergantung sudut pandang. Antropologi Antropologi adalah salah satu cabang ilmu sosial yang mempelajari tentang budaya masyarakat suatu etnis tertentu. Linguistik (Ilmu bahasa) Linguistik (IPA: /liŋ'gwistika/) adalah ilmu bahasa. Ilmu ini berorientasi akademis. berasal dari bahasa Yunani. Nama alternatif arkeologi adalah ilmu sejarah kebudayaan material. 4. hukum". Ilmu politik Ilmu politik adalah cabang ilmu sosial yang membahas teori dan praktik politik serta deskripsi dan analisis sistem politik dan perilaku politik. 2.  Arkeologi Arkeologi. Ekonomi Ekonomi merupakan salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi. . diserap atau dipantulkan oleh materi tersebut. teori. aturan. "ilmu".  Spektroskopi Spektroskopi adalah ilmu yang mempelajari materi dan atributnya berdasarkan cahaya. Spektroskopi juga dapat didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari interaksi antara cahaya dan materi. distribusi. dan konsumsi terhadap barang dan jasa. investor. yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Secara umum. psikologi dan antropologi. rumah tangga" dan νόμοσ (nomos) yang berarti "peraturan. ILMU SOSIAL 1. dan lembaga pemerintah. otoritas pajak dan pembuat keputusan lain untuk membuat alokasi sumber daya keputusan di dalam perusahaan. budaya yang berbeda dari apa yang dikenal di Eropa.  Akuntansi Akuntansi adalah pengukuran. maka ilmu linguistika seringkali digolongkan pada ilmu kognitif. Termokimia ialah sinonim dari termodinamika kimia.

 Psikologi pendidikan Psikologi pendidikan adalah cabang dari ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan.  Biopsikologi Biopsikologi merupakan pendekatan psikologi dari aspek biologi.  Psikologi sosial Psikologi sosial adalah suatu studi tentang hubungan antara manusia dan kelompok. serta keberhasilan dalam merealisasikan potensi manusia. afektif. Psikologi kognitif mempelajari tentang cara manusia menerima. kemampuan untuk pulih kembali setelah mengalami ketidakbahagiaan. hingga kelainan mental yang sangat parah. dan perilaku terhadap proses hukum. mulai dari kelainan emosi jangka pendek. Ciri-ciri ini nampak melalui aspek tinggi badan. seperti konflik keluarga.  Psikologi kognitif Psikologi kognitif adalah salah satu cabang dari psikologi dengan pendekatan kognitif untuk memahami perilaku manusia. talkactive. Sebagai contoh sifat pendiam. dan diagnosa penyakit-penyakit jiwa. . Manusia pada dasarnya mewarisi sifat-sifat fisik dari orang tuanya. atau juga nenek dan kakeknya secara genetik. keadaan rambut lurus atau kerinting. warna kulit. Para ahli dalam bidang interdisipliner ini pada umumnya adalah para ahli psikologi atau sosiologi. pertumbuhan pribadi.  Psikologi klinis Psikologi klinis adalah cabang psikologi yang berfokus pada penanganan. ketebalan bibir dan sebagainya.[1] Lahan kerja psikologi klinis meliputi banyak hal. mempelajari. seperti schizophrenia. Demikian pula ahli biopsikologi melihat bahawa sifat dan tingkah laku manusia juga mengalami pewarisan daripada induk asal. kegembiraan. walaupun semua ahli psikologi sosial menggunakan baik individu maupun kelompok sebagai unit analisis mereka. penganalisisan. warna mata. mempersepsi. mengingat dan berpikir tentang suatu informasi. menalar.  Psikologi forensic Psikologi forensik adalah penelitian dan teori psikologi yang berkaitan dengan efek-efek dari faktor kognitif.5. Psikologi Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari perilaku manusia dalam hubungan dengan lingkungannya.  Psikologi humanis Psikologi humanis adalah pendekatan psikologi yang menekankan kehendak bebas. dominan atau pasif adalah ciri-ciri sifat alamiah manusia dan tidak dipelajari melalui pengalaman.

komet. hukum pidana yang berupayakan cara negara dapat menuntut pelaku dalam konstitusi hukum menyediakan kerangka kerja bagi penciptaan hukum. geografi. nebula. gugus bintang. Hukum Hukum adalah sistem yang terpenting dalam pelaksanaan atas rangkaian kekuasaan kelembagaan. 2. 9. perlindungan hak asasi manusia dan memperluas kekuasaan politik serta cara perwakilan di mana mereka yang akan dipilih. Ilmu Komunikasi Komunikasi adalah "suatu proses dalam mana seseorang atau beberapa orang.6. organisasi. kimia. Geodesi Geodesi menurut pandangan awam adalah cabang ilmu geosains yang mempelajari tentang pemetaan bumi. dan gerak — dan bagaimana pengetahuan akan benda-benda tersebut menjelaskan pembentukan dan perkembangan alam semesta. ekonomi dan masyarakat dalam berbagai cara dan bertindak. atau galaksi) serta fenomena-fenomena alam yang terjadi di luar atmosfer Bumi (misalnya radiasi latar belakang kosmik (radiasi CMB)). sebagai perantara utama dalam hubungan sosial antar masyarakat terhadap kriminalisasi dalam hukum pidana. sifat fisika/kimia. C. Cabang ilmu ini menggunakan gabungan ilmu fisika. Astronomi Astronomi ialah cabang ilmu alam yang melibatkan pengamatan bendabenda langit (seperti halnya bintang. meteorologi. matematika. dan masyarakat menciptakan. geoscience) adalah suatu istilah untuk kumpulan cabang-cabang ilmu yang mempelajari bumi. 8. teman sedangkan Logos berarti ilmu pengetahuan. Kriminologi Kriminologi berasal dari kata crimen yang artinya kejahatan dan logos yang artinya ilmu. Geologi 3.[5] dari bentuk penyalahgunaan kekuasaan dalam bidang politik. dan biologi untuk membentuk suatu pengertian kuantitatif dari lapisan-lapisan Bumi. . dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain". ILMU PENGETAHUAN BUMI DAN ANTARIKSA 1. Ungkapan ini dipublikasikan diungkapkan pertama kalinya dalam buku yang berjudul "Cours De Philosophie Positive" karangan August Comte (1798-1857). Sosiologi Sosiologi berasal dari bahasa Latin yaitu Socius yang berarti kawan. kelompok. Geodesi adalah salah satu cabang keilmuan tertua yang berhubungan dengan bumi. sehingga kriminologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang kejahatan. Ilmu Bumi Ilmu Bumi (Inggris: earth science. 4. Ilmu ini secara pokok mempelajari pelbagai sisi dari benda-benda langit — seperti asal-usul. 7. planet.

bios = hidup. Kata ini berasal dari bahasa Yunani meteoros atau ruang atas (atmosfer).[ge-. adalah cabang ilmu Bumi yang mempelajari samudra atau lautan. 6. Geografi Geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang lokasi serta persamaan dan perbedaan (variasi) keruangan atas fenomena fisik dan manusia di atas permukaan bumi.Paleontologi berasal dari bahasa yunani. struktur. Seismologi merupakan bagian dari ilmu geofisika. ilmu mengenai gempa bumi. 10. atau dengan kata sederhana. Limnologi Limnologi (dari bahasa Inggris: limnology. atau "menjelaskan"). sifat-sifat fisik. Dengan demikian. 7. Orang Yunani menyebut gempa bumi dengan kata-kata seismos tes ges yang berarti Bumi bergoncang atau bergetar. paleontologi merupakan salah satu cabang dari Biologi . 8.Orang yang mengeluti bidang ini disebut paleontolog. yaitu seismos yang berarti getaran atau goncangan dan logos yang berarti risalah atau ilmu pengetahuan. sejarah. 9. Limnologi merupakan kajian menyeluruh mengenai kehidupan di perairan darat. juga disebut oseanologi atau ilmu kelautan. komposisinya. Lingkup kajiannya kadang-kadang mencakup juga perairan payau (estuaria). "alasan"]) adalah Ilmu (sains) yang mempelajari bumi. "bumi"] dan λογοσ [logos. terutama perairan tawar. "kata". "danau". atau di pihak lain menyebutkan bahwa paleontology adalah juga paleobiologi ( paleon = tua. dan proses pembentukannya. dari bahasa Yunani: lymne. Oseanografi Oseanografi (gabungan kata Yunani ωκεανόσ yang berarti "samudra" dan γράφω yang berarti "menulis"). 11. dan logos atau ilmu. Seismologi Seismologi berasal dari dua kata dalam bahasa Yunani. "pengetahuan") merupakan padanan bagi biologi perairan darat. dan logos. sehingga digolongkan sebagai bagian dari ekologi. Meteorologi Meteorologi adalah ilmu yang mempelajari atmosfer bumi khususnya untuk keperluan prakiraan cuaca. secara sederhana seismologi dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari fenomena getaran pada bumi. yaitu paleon yang berarti tua atau yang berkaitan dengan masa lalu ontos berarti kehidupan dan logos yang berarti ilmu atau pembelajaran. Paleontologi Paleontologi adalah ilmu yang mempelajari tentang sejarah kehidupan di bumi termasuk hewan dan tumbuhan zaman lampau yang telah menjadi fosil. logos = ilmu ) jadi paleontologi adalah ilmu yang mempelajari tentang sejarah. . Kata geografi berasal dari Bahasa Yunani yaitu gêo ("Bumi") dan graphein ("menulis". Geologi Geologi (berasal dari Yunani: γη. Meteorologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari dan membahas gejala perubahan cuaca yang berlangsung di atmosfer.5.