Arsitektur Persia

ARSITEKTUR ISLAM

PERSIA/ASIA TENGAH
IRAN, UZBEKISTAN, AFGANISTAN, KAZAKHSTAN
ANGGOTA KELOMPOK: 1. GEMA HILLA RAUZY (0704104010071) 2. FAISAL ALHAMDI (0904104010064) 3. MALA HAYATI (09041040100…)

ASAL MULA ARSITEKTUR ISLAM
Terjadi pada masa Nabi Muhammad Saw dan khulafti’as-Rtisyidun. Pada bentuk awalnya arsitektur islam itu sebagai mana terlihat pada mesjid, bukanlah bangunan yang megah seperti yang ditampilkan pada masa kejayaannya, denahnya merupakan segi empat dengan hanya dibatasi oleh dinding yang menjadi pembatas. Disepanjang bagian dalam dinding tersebut dibuat bahagian depan yang disebut mihrab dan serambi yang langsung bersambung dengan lapangan terbuka.

‫الرحمن بن رستم في شمال أفريقية وكانت عاصمتها تاهرت‬

ASAL MULA PERADABAN ISLAM DI ARAB
• ISLAM pada masa Nabi Muhammad SAW bermula pada tahun 622 ketika wahyu pertama diturunkan kepada rasul yang terakhir yaitu Muhammad bin Abdullah di Gua Hira', Arab Saudi. Islam muncul di Jazirah Arab pada kurun ke-7 masehi ketika Nabi Muhammad s.a.w. mendapat wahyu dari Allah s.w.t. Setelah wafatnya Rasullullah s.a.w. kerajaan Islam berkembang sejauh Samudra Atlantik di Barat dan Asia Tengah di Timur. Lama-kelamaan umat Islam berpecah dan terdapat banyak kerajaan-kerajaan Islam lain yang muncul.

bahkan pada fungsi tertentu saja. • tidak mengenal kesukuan dan tidak terikat pada periode tertentu. taman.ciri secara filosofi • Arsitekture Islami tidak terikat oleh ruang dan waktu. makam atau yang disebut sebagai arsitektur religius saja. perkantoran atau apapun yang dibangun atas dasar manifestasi nilai Islam. • arsitektur Islami tidak hanya berupa masjid. ‫الرحمن بن رستم في شمال أفريقية وكانت عاصمتها تاهرت‬ .CIRI.CIRI ARSITEKTUR ISLAM DI ARAB Ciri. ia bisa saja berupa rumah tinggal. sekolah.

Pada dinding yang ada arah kiblat kembali ada penonjolan Atap sebagai migrab .Memiliki relung/ceruk pada dinding sebagai arah kiblat .Dominasi bentuk kubah dan bentuk lingkungan .Bentuk berupa mesjid lapangan .Ciri ciri secara fisik ARSITEKTUR DI JAZIRAH ARAB Ciri khas Arsitektur Islam (mesjid) adalah : .Pada bangunan terdapat ukiran-ukiran kaligrafi Type Mesjid Arab Asli : .Bentuk dan biaya dekoratif ornamentik .Type Mushalla umumnya memiliki denah seperti type mesjid asli abad dengan lapangan sebagai tempat kumpul .Pemakaian unsur-unsur ornamen untuk menghiasi mesjid dari tumbuh-tumbuhan dan bunga-bungaan .

termasuk dalam kategori negara-negara timur tengah. dengan batasan-batasan Persia yaitu: -Utara :Unisoviet dan Laut Kaspia -Timur :Afganistan dan Pakistan -Selatan :Teluk Persia -Barat :Irak dan Turki .PERSIA      Persia adalah satu negara Islam yang terletak di Asia Barat Daya.

palestina. pada masa khalifah Umar. Upaya Persia dalam menegakkan agama maupun kebudayaan Islam telah mengintegrasikan beberapa unsur sejarah mereka ke dalam perspektif Universal Islam yang kemudian mengalami Islamisasi. sebahagian besar wilayah Persia dan mesir. sebagaimana diketahui masa klasik hingga zaman modern ini Islam dapat dibagi secara kultural ke dalam kawasan Arab dan Iran. Tunisia. Kebudayaan Persia sangat mempengaruhi kebudayaan dan peradaban Islam. Transoxania.Pada masa kepemimpinan Umar. . Armenia. Cyprus. pemerintahannya bersifat monarchiheridetis (kerajaan turun-temurun) yang mengikuti pola pemerintahan Persia. Syria. pola administrasi kerajaan mengikuti pole administrasi Persia. suatu kebudayaan dengan keindahan spiritual dan arsitektur yang mencerminkan peranan penting dalam menegakkan kebudayaan Islam. Di masa pemerintahan usman. wilayah kekuasaan Islam sudah meliputi jazirah arab. Suatu kebudayaan gemilang bagi Persia sebelum datangnya Islam. Sehingga terciptalah focus cultural yang kedua di dalam kesatuan Islam. pada masa kalifah Bani Umayyah. dan bagian yang tersisa dari Persia. Rhodes. dan Tabaristan berhasil direbut. Ekspensi pertama Islam berhenti sampai di sini.

kota ini menjadi luas dan ramai dengan penduduk. .SISTEM SOSIAL BUDAYA PERSIA Kehidupan mayoritas orang Persia sekarang benar – benar diatur dan ditempa oleh Islam sembari tetap mencerminkan sejarah bangsa yang hidup di dataran tinggi Iran Ketika raja Safawi. Abbas I. memindahkan ibukota ke Persia sehingga mengakibatkan kerajaan ini jauh dari pengaruh arab dan menjadikan Persia sebagai pusat kerajaan dengan kota Isfahan sebagai ibu kota kerajaan.

CIRI-CIRI DARI ARSITEKTUR PERSIA     Kota Persia berbentuk bundar pintunya ada empat menara pengontrol sebanyak 100 buah. . Lebar tembok kota sekitar setengah farsakh (1 farsakh sekitar 8 km atau 3. Kota Persia dikelilingi oleh tembok yang terbuat dari tanah dengan 8 pintu. Dinding kota terlihat bangunan yang menyerupai benteng dan sekitarnya terdapat tambang terbuat dari perak dan tambangtambang serta batu bahan cetak.5 mil).

Pada tembok terdapat ukiran-ukiran berbentuk bunga dan tulisan arab Bangunan yang berbentuk kubah diidentivikasikan sebagai masjid. Banyak terdapat unsur lengkung pada bangunan Bangunan umumnya berbentuk persegi .Teknik pembuatan bangunan dari batu bata.

TATA KOTA PERSIA • SISTEM TATA KOTANYA MASIH MEMPRAKTEKKAN SISTEM GRIT (BERKELOMPOK). YAKNI MENGELOMPOKKAN PADA SATU TEMPAT (KAWASAN) .

Sassania adalah kekaisaran Persia terakhir sebelum kedatangan Islam. Ketika itu. . negara-negara ini diperintah oleh kekaisarankekaisaran seperti Media dan Akhemenid. Kemudian Persia bergabung menjadi sebagian khilafah Islam awal.IRAN Sejarah awal Iran meliputi negara Iran dan juga negara-negara tetangganya yang mempunyai persamaan dalam kebudayaan dan bahasa. Sejarah Iran khusus pula dimulai dengan dinasti Zand pada abad ke-16.

praktis Iran telah masuk ke dalam kekuasaan Muslim. Iran kemudian jatuh dibawah kekuasaan Dinasti Umayah (661-750) yang berasal dari Arab. munculnya dinasti Achaemeiyah.Sejarah Iran telah dimulai sejak 2000 SM yang disebut oleh para sejarawan sebagai Persia Kuno dimana suku Asiria bermukim dan membangun kota Mesopotamia.Dinasti lokal Iran IL Khaniyah (1256-1353) Berasal dari Mongol Cina Muzaffariyah (1314-1393) Berasal dari Mongol Cina Timuriyah (1370-1505) Turki (1380-1468) Saffaviyah (1501-1731) Zand (1750-1794) Berasal dari Mongol Cina Berasal dari Turki Berasal dari Iran Berasal dari Mongol Cina Qajar (1779-1924) 1 Berasal dari Turki . dari sejak dimulainya pemerintahan pertama yang dipimpin oleh raja Salmaneser. dinasti Sassania dan berbagai pertempuran dengan bangsa Romawi sampai akhirnya Islam masuk ke Iran pada tahun 635 M dan memutuskan hubungan sejarah dengan tenggelamnya kepercayaan Zoroastrianium yang telah dianut penduduk Iran sejak seribu tahun sebelumnya. meskipun kemudian mengalami pergantian penguasa lagi dari dinasti yang berbeda. Setelah jatuhnya Qadisiyya (635) dan Nahavand (642) ke tangan Dinasti Umayah. Dinastidinasti timbul dan tenggelam mewarnai sejarah panjang Persia Kuno. Secara kronologis pergantian kekuasaan dan suku bangsa yang berkuasa tersebut adalah sebagai berikut : Kronologi kekuasaan di Iran Abbasiyah (749-932) Buyiyah (932-1062) Ghaznaviyah (977-1186) Berasal dari Arab Dinasti lokal Iran Dinasti lokal Iran Seljuk (1038-1194) Khawarazam 1231) Shah Berasal dari Turki (1077.

Mesjid Tarik Khana. Iran Peninggalan Arsitektur Mesjid di Iran pada masa Dinasti Abbasiyah yang ada hingga sekarang salah satunya Mesjid Tarik Khana ini. Dibangun sekitar abad VIII Haram Mihrab Portico Lateral Liwan Portico Lateral Liwan Mimbar Sahn Liwan . di Damghan.1.

Menara Mesjid tarikhana berdenah lingkaran. Menara ini dibangun tahun 1028 diperkirakan memiliki hubungan erat dalam hal bentuk. . semakin keatas lingkarannya semakin mengecil. konstruksi dan dekorasinya dengan mesjid Damghan yang sudah tidak ada lagi.

Mesjid Jamik Gulpayangan (1104-1118). 370 Km dari teluk persia. Mesjid ini dibangun antara 1104-1118 pada zaman seljuk berkuasa (1038-1194). beraksitektur Hypostyle seperti sebagian mesjid pada zaman sebelum dan sesudahnya.2. Perbedannya dengan mesjid yang lain : . berdenah segiempat panjang. Iran (Periode Seljuk 1038-1198) Peninggalan dinasti seljuk yang masih ada saat ini adalah Mesjid Gulpayangan. terletak ditengahtengah sekitar 370 km diselatan laut kaspi.Dekorasi mesjid lebih banyak pola geometris dengan jalianan sususnan bata ekspos .Pengaruh arsitektur anatolia atau turki tampak pada kubah . Gulpayangan adalah nama sebuah kota yang tidak besar dibagian Timur – iran.Bentuk denah memanjang kearah kiblat .

intricate memenuhi hampir semua bidang menghadap sahn. . tepatnya 773. Salah satu bangunan tertua di kota ini adalah mesjid Agung Isfahan yang dibangun pada abad VIII.3. arabesque. Tata letak dan denah mesjid berbentuk segi empat tidak beraturan. biru. Memiliki hiasan-hiasan yang didominasi warna emas. dibangun pada abad XVI oleh Saffafiyah. Mesjid Agung Isfahan (VIII . Dengan gaya arsitektur Hypostyle.XVII) Isfahan adalah ibukota Iran terkenal dengan tata kotanya yang indah. dikelilingi oleh padang pasir. kuning dan putih yang bercorak kaligrafi. Isfahan terletak di Iran bagian barat.

. Banyak konstruksi pada masa awal pemerintahan ilkhaniyah di asia tengah memakai bahan yang tidak tahan lama dan untuk bangunan sementara hanya memakai tenda.4. Oleh karen aitu tidak banyak peninggalan berupa bangunan. Iran jaman Ilkaniyah (Ilkhanids) (1258-1370) Perampokan dan pembunuhan terhadap caravan pedangang dari mongolia oleh pejabat resmi pabean di Asia Tengah menjadi latar belakang pembalasan dan permusuhan arab-mongolia pada awal abad XIII. sebagian besar saat ini hanya berupa reruntuhan . Arsitektur terpenting peninggalan Ghazan (seorang penguasa pada tahun 1295-1304) adalah komplek pemakamannya di pinggiran kota Tabriz.

Meskipun bukan mesjid. Makam Uljaytu (1307-13) di Sultaniyah (Sultaniyeh) Salah satu peninggalan dinasti Ilkhaniyah signifikan dengan kejayaannya di Asia Tengah adalah Makam Al-jaytu.5. . arsitektur makam ini banyak memberikan pengaruh dalam pembangunan mesjid pada masa – masa berikutnya dibanyak tempat. oleh karena itu namanya menjadi Imperial sebelum kemudian lebih sering disebut Sultaniyah. Arsitektur Makam Uljaytu merupakan corak baru dapat merubah dan menggabung pola Hypostyle dipakai selama beberapa abad sebelumnya. Mulanya di Sultaniyah sekitar 220 Km di Utara-Barat Qazvin kearah jalan menuju Tabriz. namun kemudian Uljaytu menjadikannya ibukota Imperium. didirikan sebuah kediaman musim panas.

6. : Menggunakan Bata : Hypostyle . Mesjid Jamik Varamin (1322-6) Didirikan Kondisi sekarang Konstruksi Gaya Arsitektur : Masa Abu sa’id (Anak dan pengganti Uljaytu) : Tinggal sepertiga dari keseluruhan bangunan. itupun dalam keadaan tidak utuh.

Bagian asli adalah mihrab . Mesjid Jamik di Yazd Yazd merupakan sebuah kota dalam Ilkhaniyah sekitar 425 Km disebelah selatan Timur Taheran. karena telah mengalami banyak perombakan dan rekonstruksi. Mesjid ini sejarahnya sangat kompleks. .7.

Kirman (1350) . Mesjid jamik.8.

Setiap Dinasti pada umumnya memiliki seorang arsitek kerajaan serta ahli-ahli dekorasi dan kaligrafi yang membantu pelaksanaan pembangunan masjid atau bangunan lainnya.Agar batu bata yang digunakan dalam konstruksi dapat tahan cuaca.Teknologi Keramik sebagai pendukung berkembangnya Arsitektur Masjid di Isfahan Keramik Sebagai Elemen Arsitektural Banyak faktor yang mempengaruhi perkembangan Masjid di Isfahan seiring dengan terjadinya pergantian kekuasaan di Iran. Dua faktor yang menyebabkan penggunaan keramik di Iran sangatlah penting adalah karena : . dinasti yang berkuasa selalu melakukan pembangunan atau renovasi terhadap masjid dan memberi warna baru pada bangunan. .Kebutuhan menghiasi bangunan dengan ornamen. sehingga warna baru arsitektural akan selalu muncul di setiap periode kekuasaan. .

Menggunakan pola-pola ramping berwarna putih diatas pola berwarna emas. Terlihat kelebihannya pada susunan menerus pada area yang cukup luas. meningkat pada penggunaan susunan polikromatik (kombinasi dari beberapa warna) MOSAIK AWAL erkembang pertengahan abad 14. termasuk pengutipan ayat Qur’an dibuat dengan susunan terracotta. Dikonstruksikan untuk membungkus struktur batu bata dibawahnya. Contohnya pada Iwan utama Masjid Jum’at MOSAIK AWAL 16 Dikembangkan pada masa dinasti Saffaviyah. Gambar diambil dari iwan sebelah barat daya Masjid Jum’at. Mosaik terdiri dari susunan keramik dengan potongan yang sangat presisi. MOSAIK AWAL 15 Disebut sebagai Quiunlu Tilework karena dikembangkan pada masa Dinasti Turki yang dipimpin Quiunlu . Keindahan terlihat pada tekstur dan pola susunan. . Pembentukan hiasan dengan susunan batu bata. pola berbentuk bunga berwarna putih sebagai background. Terlihat pada Iwan sebelah barat daya Masjid Jum’at. terutama pada setiap peralihan warna.BATU BATA AWAL Merupakan teknologi peninggalan suku Sassania Iran sebelum masuknya Islam dilanjutkan masuknya pengaruh Seljuq dari Turki. Munculnya susunan panel keramik timbul membentuk pola tertentu. Dimulai dari satu warna dengan tonjolan batu bata.

pengaruh Eropa dan China semakin nampak dengan munculnya motif-motif hiasan tumbuhan peoni. biru. Terdapat penggabungan antara gambar naturalis dengan pola dekoratif sebagai bingkainya. Terlihat kelebihannya pada susunan menerus pada area yang cukup luas. Gambar disamping adalah panel pada Masjid Sayyed . Gambar disamping adalah sebuah panel pada Masjid Sheikh Lotfallah dengan pola bunga chrysanthemum Mongol. Gambar diambil dari iwan sebelah barat daya Masjid Jum’at. mawar pink dan penggunaan pigmen warna coklat. turquoise. yaitu. Selain gaya naturalisnya sendiri. Kelebihan teknik ini adalah pada cepat dan mudahnya pembentukan pola-pola hias pada keramik. kuning.MOSAIK AWAL 17 Dikembangkan pada masa dinasti Saffaviyah. Prinsip warna yang digunakan disebut haft rang artinya tuju warna. Yang digunakan untuk memberi outline dan mengisinya dengan glasur pada keramik yang mengering selama proses pembakaran. CUERDA SECA ABAD 17 Cuerda seca secara harafiah berarti nad atau tali. Teknik ini juga diterapkan pada pintu utama Masjid Shah. aubergine dan hijau yang dapat dibuat pada sebidang keramik. CUERDA SECA ABAD 19 Bentuk naturalis semakin menonjol.

UZBEKISTAN .

yaitu kota Bukhara dan Samarkand.Uzbekistan adalah sebuah negara Republik di sentral Asia. . Terdapat dua kota bersejarah pada wilayah Uzbekistan. Sebagian besar wilayah Uzbekistan berupa padang pasir dan semi padang pasir / padang rumput. Saat ini Uzbekistan dikelilingi oleh negara merdeka lainnya yaitu Afganistan dan Kazaktan.

.

Orang-orang Arab mulai menyerang Bukhara pertama kali pada tahun 674.BUKHARA Bukhara merupakan kota bersejarah dari Uzbekistan. namun pada tahun 739 mereka baru dapat menguasai kota Bukhara sepenuhnya. Bukhara terbagi menjadi dua bagian utama. Pada masa Samaniyah. yaitu kota dalam benteng (citadel) dengan ketinggian radius sekitar 1. Sejarah kota tidak lepas dari sejarah Uzbekistan dan negara lain di Asia Tengah. di lembah Sungai Zeravshan. . 200 Km di sebelah barat Samarkand. Selama abad IX dan X.5 Km dan kotanya sendiri. Pada masa tersebut Bukhara dibangun dan berkembang menjadi pusat pembelajaran Islam terbesar. Bukhara di bawah pimpinan Samaniyah dan sejak tahun 900 menjadi ibu kota provinsi Khurasan.

Kota bukhara .

. Kemudian pada abad XV dibagun benteng mengelilingi kota untuk melindungi kota dari serangan orang-orang nomad.Di dalam citadel terdapat istana dan mesjid yang dibangun di atas bekas kuil yang dulunya digunakan untuk menyembah berhala.

Arsitekturnya representatif bentuk awal bangunan peniggalan sejarah muslim di wilayahnya. kolom atau pilaster dan kubahnya dari bata yang merupakan elemen klasik setempat. dan konsep modul. bentuk – bentuk geometris beraturan disukai pada saat itu. Konstruksinya termasuk dinding. yaitu pengulangan ukuran-ukuran terkecil dengan kelipatannya. Memakai konsep konstruksi dan dekorasi Persia. . Salah seorang raja dimakamkan di sana adalah Sa’id Nasr II (914-43) SM. Pada setiap sisi terdapat pintu. denah makam berbentuk bujur sangkar. aljabar. juga aspek ilmu ukur. masingmasing berbentuk berbentuk khas persia.MAKAM SAMANIYAH Makam Samaniyah di Bukhara adalah sebuah monumen sejarah muslim dinasti lokal pertama Uzbekistan.

konsep hypostyle. Pada bagian timur – selatan terdapat dinding iwan portal dari mesjid jami kalan. dapat menampung jamaah 12000 jama’ah. mesjid ini direnovasi dan baru selesai kira-kira pada 1514. Mesjid dan Madrasah. Pada abad ke XIV.MESJID KALAN Mesjid Kalan terdiri dari sebuah Minaret. . Mesjid jami kalan ini merupakan mesjid terbesar di Asia Tengah.

KOMPLEK MESJID KALAN DI BUKHARA .

Dibawah kubah terdapat mihrab yang dihias dengan warnawarni.Mesjid Jami Kalan Terdapat kubah yang dilapisi kramik warna biru. Minaret .

. Ciri Arsitektur persia lainnya terdapat iwan portal pada pada keempat iwan yang mengelilingi sahn.MADRASAH MIR-I ARAB Madrasah Mir-I Arab dibangun pada 1535-36. Tata ruang madrasah sangat khas Iran berpola Hypostyle. Madrasah menghadap sebelah timur yang merupakan tradisi dari Arsitektur Persia.

.MADRASAH ABDUL AZIZ KHAN Madrasah Abdul Aziz Khan dibangun antara 1645 – 1680. salah dari fasilitas ibadah yang dibangun pada akhir Bukhara menjadi Ibu Kota.

SAMARKAND .

sebuah iwan-gerbang dan iwan- mihrab Pola titik potong di tengah-tengah sahn garis sumbu melintang dan membujur diperkuat dengan sebuah kolom yang merupakan ciri arsitektur muslim pada saat itu. terdiri dari sahn yang dikelilingi oleh empat iwan. . yaitu dua iwan lateral. Mesjid ini menggunakan model hipostyle.MESJID BIBI KHANUM (1399-1404) Denahnya berbentuk segi empat dengan ukuran 109 x 167 M2.

.Minaret menempel pada portal yang sangat besar dan tingginya 19 M. Dinding-dinding dan semua kubah dilapisi dengan mozaik dan keramik kebiruan menggambarkan kekayaan variasi seni dekorasi timur.

namun ketika Timur kembali ke Samarkand pada tahun 1404. Muhammad Sultan yang merupakan cucu Timur yang telah dianggap menjadi ahli warisnya meninggal dan dimakamkan di sana. Timur mempunyai rencana untuk dimakamkan di tempat kelahirannya di Shahr-I Sabs. Timur memerintahkan membangun tempat di mana cucunya dimakamkan dan pada tahun itu juga Timur meninggal mendadak sehingga beliau dimakamkan juga di sebelah makam cucunya. . Semasa hidupnya. Pada tahun 1403.KOMPLEKS GUR-I MIR (1400-1404) Gur-I Mir merupakan sebuah bangunan yang didirikan sebelum tahun 1401 sebagai suatu madrasah.

. Kedua lapisan tersebut menyatu menjadi cincin tumpuan pada bagian bawah. pada puncaknya terdapat terdapat kolom dan tiang-tiang penumpu lapisan luar kubah. Lapisan dalam merupakan bagian dari konstruksi.A B C D Madrasah Khanaqah Halaman masuk utama Mausoleum F Unit tambahan Kubah terdiri dari lapisan yaitu lapisan luar dan dalam atau semacam plafond.

semacam alun-alun dari kota Samarkand. Masing-masing unit memiliki bentuk dan besaran yang hampir sama.KOMPLEKS MESJID-MADRASAH ULUGH BEG. Ketiganya tersusun dalam satu pola segi tiga dan bagian tengah dari ketiga unit membentuk lapangan luas terbuka yang disebut registan. TILLA KARI DAN SHIR DOR (1417-1421) Ulugh Beg putra Shahrukh mendirikan madrasah kerajaan dan khanaqah dalam satu kompleks yang terdiri dari tiga unit. .

Tata letak dan elemen-elemen arsitektural membuat pandangan dari arah registan menjadi megah.Ketiga unit masing-masing berdenah hypostyle dengan luas sekitar 30 x 30 M2 dan dikelilingi empat iwan. .

Pada iwan sebelah kiri dari dari unit tengah terdapat kubah runcing dilapisi hiasan keramik kebiru-biruan membuat pandangan dari arah depan tidak simetris. Mungkin dimaksudkan untuk menandai bahwa disitulah arah kiblat. Dua unit lainnya saling berhadapan dengan bentuk yang hampir sama. Bagian depan unit terdapat pishitaq yang masing-masing tingginya hampir sama sekitar 35 M. Minaret silindris pada tiap sudut diturunkan dari zaman Saljuk. .

dengan pola arabesque-floral. putih. merah kecoklatan. kaligrafi dan didominasi dengan warna biru. keramik. jaringan mozaik dari bata expose.Semua unit diperindah dengan ornamen yang memenuhi permukaan seluruh bagian konstruksi dari marmer. intricate-geometris. .

Qusam ibn Abbas. kompleks ini merupakan tempat pemakaman orang-orang kerajaan dan bangsawan terutama putri kerajaan Timur. Dalam Shah-I zinda terdapat sekitar 30 mausoleum berderet memanjang dari utara ke selatan. semuanya diperkirakan dibangun pada abad XIV-XV. Necroplis diberi nama Shah-I Zinda yang artinya “Hidup Raja”.KOMLEKS SHAH-I ZINDA (MASA TIMURIYAH ABAD XIV-XV) Di luar tembok kota kuno Samarkand terdapat kompleks pemakaman yang sangat luas atau disebut necropolis. . Kompleks pemakaman Shah-I Zinda berkembang dari sebuah makam yang dipercaya sebagai salah satu kerabat Nabi Muhammad.

Pada tahun 1434-1435. Setiap makam ditandai dengan kubah runcing. masing-masing mempunyai portal berupa bidang segi empat. namun sebagian besar bentuknya tipikal. . Ulugh Beg menghubungkan kompleks dan kota dengan sebuah gerbang yang monumental.Ada berbagai ukuran dan denah mausoleum.

AFGHANISTAN

BATAS-BATAS: UTARA TIMUR BARAT SELATAN

: TURKMENISTAN DAN UZBEKISTAN : CINA DAN SEBAGIAN PAKISTAN : IRAN : PAKISTAN

Masjid ini terletak di kota Balkh, bagian utara Afghanistan

NAMA LAIN : MASJID-I TARIKH, HAJI PIYADA, PIYADI  DIBANGUN PADA AWAL PARUH ABAD KE-9  LETAKNYA SEJALAN DENGAN ARAH KIBLAT  DENAH BERBENTUK SEGIEMPAT BUJUR SANGKAR (20X20)  RUANG DALAM TERDIRI DARI 3 BARIS DAN 3 GANG  KUBAH BERTUMPU PADA 4 TIANG

walaupun dimakan oleh cuaca. dan sofit dari arcade. Dekorasi plester ini.Dibangun dari lumpur batu-bata dan ditutupi dengan plester. . Permukaan tiang menampilkan pola yang berselang-seling dibuat dari ukiran yang fantastis. imposts. walaupun sebagian besar terkubur. gerbang. masjid ini secara mewah memiliki dekorasi interior yang diukir dengan sangat fantatis. sebagian besar tetap ada. yang menutupi capital.

.

SISTEM KUBAH GANDA . TERDAPAT 16 JENDELA.     DIBANGUN PADA AWAL PARUH TAHUN 1460 SEBAGIAN SUDAH RUNTUH. YANG TERTINGGAL PISHTAQ MASJID DI MULAI DIPERBAIKI PADA TAHUN 1974-75.

ARSITEKTUR .

.

 MASJID DARI MINARET INI SUDAH TIDAK ADA  MINARET BERBENTUK BINTANG DELAPAN  ATAP BERBENTUK KERUCUT ARSITEKTUR .

ARSITEKTUR .

DENGAN DIAMETER BAWAH ± 9 M.  MINARET INI MERUPAKAN MINARET TERTINGGI KE DUA YANG DI BANGUN DARI BATU BATA BAKAR . MINARET INI MEMILIKI TINGGI 65 M.

.

KAZAKHSTAN .

termasuk uzbekistan.diutara dengan rusia .Samaniah.selatan barat dengan cina .Kazakhstan • • • Kazakhtan berbatasan sebelah barat dengan uzbekistan. Sejak invasi arab abad v11 wialayah ini pernah juga menjadi wilayah kekuasaan Abbasiah. Sejarah islam kazakstan merupakan satu bagian denga n wilayah lain di Asia Tengah. .Afganistan.Timurriyah.dan turkmanistan.

makamnya dijadikan pesat peziarah orang-orang turki dan Asia Tenah lainya.salah seorang murid dari Bukharan shavkh yusuf Hamadhani yang mendirikan aliran Yasavi. Ia juga adalah seorang penyair dan filsuf. Ahmed Yasavi adalah tokoh agama paling menonjol dalam sejarah tasawuf(gerakan mistik dalam Islam). Setelah meninngal .Makam Ahmad Yasavi(sekitar 1170an).Turkistan • Ahmad yasavi adalah seorang pemuka islam pada jaman Timmuriyah. • • .

Arsitektur makam ahmad yasavi sangat masif . . terdiri dari dinding –dinding sisi tinggi besar dan rapat.

Pada dinding luar bangunan yang tinggi dihiasi dengan keramik dan mozaik dari jalinan bata dan kaligrafi .

.• Bagian atas gerbang berbentuk melengkung dengan menanggapi pistaq atau iwan depan Gerbang masuk utama untuk pengunjung sangat besar dengan dinding 37.5 m dengan kontruksi berbentuk silindris.

Perpustakaan.ruang-ruang meditasi. .kamar-kamar.• Makam Ahmad yasavi diturkistan dilengkapi dengan Mesjia. • Tata ruang makam Ahmad yasavi tidak sepenuhnya hypostyle .tetapi dalam hal sahn(halaman dalam tak beratap) berfungsi sebagai hall ruang pembagi menuju ruang-ruang lain ditutup dengan kubah.selain itu ciri arsitektur timurriyah yang menonjol pada denah dengan pola geometris.dan dapur • Semua ruang pada bagian atasnya ditutup dengan kontruksi pelengkung menjadi ciri khas arsitektur timurriyah .tempat mandi.

Central Hall 3.Iwan 2. Dapur 7. Makam 4. Mesjid 5.9. Perpustakaan 6.3 4 5 2 9 8 7 6 1 • Keterangan: 1. kamar-kamar dengan sebuah sumur Denah makam mesjid Ahmad yasavi .8.

yang letaknya ditengah dari tata ruang simetris .Ruang hall pusat Sebuah ruangan yang berdenah bujur sangkar .

Makam ahmad yasavi pandangan dari luar kubah diatas Hall utama Kubah atas bagian makam ahmad .

Gerbang utama Tampak perspektif .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful