Panduan Pengisian SPT (e-SPT) PPN 1111 dan 1111DM

1

2. e-SPT adalah aplikasi pengisian SPT yang disediakan oleh DJP. 5. 2 .DEFINISI 1.id) atau ASP. Media elektronik adalah sarana penyimpanan data elektronik yang dapat digunakan untuk memindahkan data dari suatu komputer ke komputer lainnya.go. Data elektronik adalah data SPT Masa PPN yang dihasilkan dari eSPT. antara lain flash disk dan Compact Disc (CD). Penyedia Jasa Aplikasi (Application Service Provider) adalah perusahaan yang telah ditunjuk dengan Keputusan Dirjen Pajak sebagai perusahaan yang dapat menyalurkan penyampaian SPT Masa PPN secara elektronik ke DJP.pajak. 4. 3. e-Filing adalah suatu cara penyampaian SPT yang dilakukan secara on-line yang real time melalui laman DJP (www.

b. d. menerima FP yang dapat dikreditkan dan/atau menerbitkan Nota Retur/Nota Pembatalan.KRITERIA PKP yang: a. atau e. menerima FP yang tidak dapat dikreditkan atau mendapat fasilitas dan/atau menerbitkan Nota Retur/Nota Pembatalan atas pengembalian BKP/pembatalan JKP yang PMnya tidak dapat dikreditkan atau mendapat fasilitas. Pemberitahuan Ekspor JKP//BKP TB. melaporkan PIB dan/atau SSP atas Pemanfaatan BKP TB/JKP dari LDP. dan/atau menerima Nota Retur/Nota Pembatalan. menerbitkan FP selain yang digunggung. melaporkan PEB. dengan jumlah: < 25 dokumen dalam 1 Masa Pajak > 25 dokumen dalam 1 Masa Pajak dapat menyampaikan SPT Masa PPN 1111 dalam bentuk formulir kertas maupun data elektronik wajib menyampaikan SPT Masa PPN 1111 dalam bentuk data elektronik 3 . c.

go.pajak.id • Disediakan oleh ASP (hanya aplikasi e-SPT) 4 .PENGADAAN SPT MASA PPN FORMULIR KERTAS & APLIKASI e-SPT ∆ ∆ ∆ ∆ • Diambil sendiri di KPP/KP2KP • Diperbanyak sendiri oleh PKP • Diunduh di http://www.

Formulir kertas (hard copy) Disampaikan secara manual KPP/KP2KP Pos/ekspedisi/kurir Bentuk SPT Secara manual (Media Elektronik) Sistem online yang realtime melalui website DJP Perusahaan ASP Data elektronik (e-SPT) CD Disampaikan Secara elektronik (eFiling) 5 .

 Penelitian adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk menilai kelengkapan pengisian SPT dan Lampiran SPT sesuai dengan ketentuan peraturan perundangundangan yang berlaku.  Dalam hal SPT Tidak Lengkap  Ditolak 6 .Tata Cara Penerimaan SPT SPT Masa PPN (bentuk kertas)  SPT Lengkap yang disampaikan secara langsung atau melalui Pos/ekspedisi/kurir  diberikan tanda terima SPT (BPS) oleh KPP/KP2KP setelah dilakukan proses penelitian.

 Pengujian data adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk menilai kebenaran pengisian data elektronik Induk SPT dan Lampiran SPT.  Dalam hal SPT Tidak Lengkap  Ditolak 7 .Tata Cara Penerimaan SPT SPT Masa PPN (Media Elektronik)  SPT Lengkap yang disampaikan secara langsung atau melalui Pos/ekspedisi/kurir  diberikan tanda terima SPT (BPS) oleh KPP setelah dilakukan penelitian serta pengujian data dan dilakukan proses loading di TPT.

 Bukti Penerimaan Elektronik berisi informasi yang meliputi Nama. yang tertera pada hasil cetakan SPT Induk. Nomor Tanda Terima Elektronik (NTTE) dan Nomor Transaksi Pengiriman ASP (NTPA) serta nama Perusahaan Penyedia Jasa Aplikasi (ASP).Tata Cara Penerimaan SPT SPT Masa PPN (e-filing)  SPT Lengkap yang disampaikan secara elektronik (efiling) melalui ASP kepada DJP  diberikan Bukti Penerimaan Elektronik. NPWP. tanggal. 8 . jam.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful