P. 1
DETIK-DETIK UN BIOLOGI 2011

DETIK-DETIK UN BIOLOGI 2011

|Views: 83|Likes:
Published by Farhan Akbar
DETIK-DETIK UN BIOLOGI 2011
DETIK-DETIK UN BIOLOGI 2011

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Farhan Akbar on Jun 10, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/26/2014

pdf

text

original

DETIK-DETIK UN BIOLOGI 2011

1. Perhatikan beberapa contoh keanekaragaman pada berbagai pedagang berikut ini 1) Berbagai macam pohon mawar 2) Berbagai macam ikan hias 3) Berbagai macam padi 4) Berbagai macam burung Keanekaragaman barang dagangan yang menunjukkan keanekaragaman tingkat jenis/spesies ditunjukkan oleh .... A. 1 dan 2 B. 1 dan 3 C. 2 dan 3 D. 2 dan 4 E. 3 dan 4 JAWAB: B Keanekaragaman genetik itu masih satu species, hanya terjadi variasi genetik pada speciesnya misal : berbagai kelapa kecuali kelapa sawit , berbagai mangga kecuali kelapa sawit , berbagai pisang kecuali pisang kipas. Untuk jeruk , ganggang , burung , ikan , jambu keanekaragaman species OK 2. Bentuk ciri virus yang dapat menyebabkan penyakit influenza adalah .... E. Penicillium notatum, penghasil antibiotika JAWAB: A

4. Berikut adalah bagan daur hidup tumbuhan paku,

Protalium dan zigot secara berurutan ditunjukkan nomor .... A. 1 dan 5 B. 1 dan 6 C. 2 dan 5 D. 3 dan 4 E. 6 dan 1 JAWAB: A Tumbuhan Lumut : Gametofitnya Tumbuhan Lumut sendiri , kromosom haploid , hidup lebih dominan, warna hijau , terdapat daun dan batang , akar masih rhizoid Sporofitnya Sporogonium , kromosomnya diploid , menumpang di tumbuhan lumut sehingga hidup sementara , berisi spora , letaknya di bagian atas lumut berupa bangunan mengggembung hasil perkembangan dari zygot Tumbuhan Paku Gametophytnya Prothallium , kromosomnya haploid , hasil perkembangan dari spora , berupa tanaman yang menyerupai hati berakar yang mampu menghasilkan anteridium dan archegonium umur lebih pendek Sporofitmmya tumbuhan paku sendiri , menghasilkan sporogonium yang ada di daunnya berisi spora ,

JAWAB: A 3. Perhatikan gambar jamur berikut!

Nama dan peranan jamur tersebut dalam kehidupan adalah .... A. Saccharomyces cereviceae, penting dalam pembuatan roti B. Aspergillus wentii, bahan penting pembuatan kecap C. Rhizophus stolonifer, diperlukan dalam pembuatan tempe D. Monilia sitophila, penting dalam pembuatan oncom

tumbuhan paku kromosomnya diploid karena perkembangannya dari Zygot dan umur lebih lama dibandingkan gametofitnya 5. Perhatikan gambar bunga tumbuhan biji!

Jika ditanya Stolon : Arbei , Strowberry , Pegagan ,Rumput teki Jika ditanya Umbi batang Kentang , Umbi akar : wortel , singkong , umbi lapis bawang Cs 6. Perhatikan daur hidup Fasciola hepatica!

Berturut-turut zigot dan endosperma adalah hasil proses pembuahan yang berasal dari penyatuan ….. A. 1 dengan P dan 1 dengan Q B. 2 dengan Q dan 1 dengan P C. 3 dengan R dan 2 dengan P D. 3 dengan Q dan 2 dengan P E. 3 dengan R dan 2 dengan Q JAWAB : C R adalah inti vegetatif sebagai penunjuk arah , dibelakangnya dua inti adalah inti generatif yang juga disebut sperma Antipoda ditunujukkan oleh angka 1 bersifat haploid berada di kutub kalaza jumlahnya ada 3 Synergid ditunjukkan oleh nomer 4 mengapit Ovum jumlahnya ada 2 , synergid kromosomnya haploid berada di kutub mikrofil tempat masuknya sperma semua inti hasil pembelahan putik , yang ada itu semua berada di ruang ovarium menunggu dibuahi serbuk sari yang membuat buluh serbuk sari yang didalamnya terdapat 3 inti , kecuali Inti kandung lembaga sekunder ( IKLS)yang kromosomnya diploid , semua inti haploid OK pada nomer ini juga sering ditanyakan alat perkembangan vegetatif tumbuhan misalnya Rhizoma , Stolon , Umbi batang ( tuber) , Tunas , Tunas adventif , Umbi lapis , Umbi akar Jika berkembang biak pakai Rhizoma misalnya Jahe , kunyit , kencur , lengkuas , alang alang , bunga tasbih (Kana)

Secara urut mirasidium, serkaria dan metaserkaria adalah …. A. 1, 2, dan 4 B. 2, 3, dan 4 C. 2, 5, dan 6 D. 4, 5, dan 1 E. 5, 6, dan 2 7. Perhatikan hewan berikut!

Cara reproduksi hewan 1 dan 2 secara berurutan adalah .... A. ovipar dan vivipar B. ovovivipar dan vivipar C. ovipar dan ovovivipar D. internal dan eksternal E. eksternal dan internal 8. Perhatikan daur sulfur!

Senyawa yang ditunjuk X adalah hasil reduksi bakteri .... A. sulfur B. oksida sulfur C. sulfida D. ion sulfat E. ion sulfit

9. Mengoptimalkan lahan dengan menanami berbagai tanaman yang saling menunjang antara tanaman utama dan tanaman sisipan yang memberikan nilai ekonomi tinggi bagi petani adalah ... A. rotasi tanaman B. tumpangsari C. terasering D. reboisasi E. diversifikasi 10. Perhatikan gambar sel!

Berdasarkan gambar, setelah diamati selang 30 menit terjadi perubahan pada sel karena .... A. molekul air berpindah dari konsentrasi larutan tinggi ke konsentrasi larutan rendah B. ion-ion akan berpindah dari tempat berkonsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah C. ion-ion akan berpindah dari tempat yang berkonsentrasi rendah ke konsentrasi tinggi D. molekul gula berpindah dari ruang B ke A E. molekul air berpindah dari konsentrasi larutan rendah ke konsentrasi larutan tinggi 12. Perhatikan gambar!

Organel sel yang berfungsi untuk menentukan kutub pembelahan reproduksi sel dan pewarisan materi genetik secara berurutan adalah .... A. 1 dan 3 B. 1 dan 4 C. 2 dan 5 D. 4 dan 3 E. 6 dan 2 JAWAB : 6. C 7. C 8. D 9. B 10 . D Sentriol (no 4 gambar sel diatas) bangunan dekat inti yang hanya dijumpai di sel hewan yang menentukan arah pembelahan sel , sentriol ini dari sentrosom yang membelah menjadi dua sentriol yang mampu mengeluarkan benang gelendong / spindel yang kemudian bergerak ke kutub berlawanan kemudian benang itu memgangi kromosom yang ada dalam inti untuk proses pembelahan , benang yang dibentuk dari mikro tubulus yang setelah selesai benang itu menumpuk ditengah membentuk sekat pemisah pada fase telofase sehingga sel bisa terbelah menjadi dua 11. Perhatikan gambar!

Irisan melintang batang dikotil yang bertanda X dan Y berfungsi untuk .... A. membentuk jaringan kayu dan kulit kayu B. pertumbuhan batang dan pertukaran gas C. pertumbuhan sekunder dan mengangkut air, garam mineral D. pertumbuhan sekunder dan mengangkut hasil asimilasi E. pertumbuhan batang dan tempat terjadinya pertukaran gas 13.Perhatikan gambar membran sel di bawah ini!

Bagian yang bersifat hidrofilik bernomor .... A. 1 dan 2 B. 1 dan 3 C. 2 dan 3 D. 2 dan 4 E. 4 dan 5

14. Perhatikan gambar!

Rasa nyeri yang akut dan muncul mendadak pada organ bertanda X adalah .... A. sembelit B. apendisitis C. hemeroid D. kolik E. maag 17. Pernafasan pada manusia melibatkan aktivitas dari bagian-bagian tubuh berikut: 1. diafragma 2. tulang rusuk 3. otot dinding perut 4. otot antar tulang rusuk Apabila terjadi pernafasan dada bagian tubuh yang berperan adalah .... A. 1 dan 3 B. 1 dan 4 C. 2 dan 1 D. 2 dan 3 E. 2 dan 4 18. Siswa Tarmizi menguji urinnya sendiri di laboratorium dan hasil tes menunjukkan positif untuk protein. Hal tersebut dapat diduga adanya kerusakan pada ginjal bagian .... A. piala B. korteks C. badan malphigi D. tubulus kontortus distal E. tubulus kontortus proksimal 19. Perjalanan impuls berikut ini yang melalui sel saraf motorik adalah .... A. otak ke tangan, perintah menulis B. otak ke lambung, merasakan nyeri C. sumsum tulang belakang ke otak, meneruskan refleks panas di kulit D. hati ke otak, efek kerja metabolisme E. mata ke otak, persepsi apa yang dilihat 20. Fungsi hormon yang dihasilkan organ X seperti gambar adalah ....

Kerjasama antar bagian anggota gerak bawah meliputi otot-otot dan tulang-tulang kaki menjadikan kita dapat berjalan, berlari, jongkok dan lain sebagainya, tulang yang ditunjuk X dan Y secara berurutan adalah .... A. tibia dan patela B. femur dan patela C. patela dan tibia D. fibula dan patela E. femur dan tibia 15. Perhatikan gambar!

Gambar peredaran darah pada manusia yang kaya O2 terdapat pada nomor .... A. 1, 2, dan 3 B. 1, 2, dan 5 C. 1, 3, dan 6 D. 2, 3, dan 4 E. 4. 5. dan 6 JAWAB : 11 E 12 C 13 E 14. E 15 E 16. Perhatikan gambar!

A. menaikan tekanan darah B. mempercepat denyut jantung C. mengatur sifat kelamin sekunder D. mengatur kadar gula darah E. memperngaruhi proses pertumbuhan

JAWAB : 16 E 17. E 18 C 19. A 20 D 21. Bagian yang berperan dalam proses pendengaran antara lain: 1. lubang telinga 2. sanggurdi 3. landasan 4. martil 5. membran timpani 6. koklea 7. otak 8. ujung saraf Urutan perjalanan impuls getaran suara sampai timbulnya persepsi suara adalah .... A. 1-4-5-3-2-6-8-7 B. 1-5-4-3-2-6-8-7 C. 1-5-3-4-2-6-8-7 D. 1-5-4-3-2-7-8-6 E. 1-5-4-3-2-8-6-7 22. Hormon yang berperan untuk menyiapkan implantasi zigot pada uterus bila terjadi pembuahan adalah .... A. FSH dan LH B. FSH dan HCG C. Vasopresin dan LH D. Oksitosin dan HCG E. Progesteron dan estrogen 23. Perhatikan grafik pertumbuhan berikut!

D. filokalin dan rhizokalin E. giberelin dan sitokinin 25. Data hasil uji enzim katalase:

Dari data tabel tersebut dapat disimpulkan bahwa faktor yang mempengaruhi kerja enzim katalase adalah ... A. suhu dan ekstrak hati B. pH dan H2O2 C. suhu dan pH D. suhu dan O2 E. ekstrak hati dan H2O2 JAWAB 21 E 22. E 23. E 24. D 25. C 26. Perhatikan skema reaksi berikut!

Berdasarkan grafik diatas dapat disimpulkan, kecepatan tumbuh yang terbaik ada pada kisaran suhu... A. 0 – 10 derahad C B. 10 – 20 derahad C C. 20 – 30 derahad C D. 30 – 40 derahad C E. 40 derahad C ke atas 24. Perhatikan gambar!

Reaksi endergonik dan eksorgonik pada skema secara berurutan ditunjukkan pada nomor .... A. 1 dan 2 B. 1 dan 3 C. 2 dan 1 D. 2 dan 4 E. 3 dan 4 27. Reaksi kimia tentang fermentasi alkohol adalah.... A. glukosa + O2 CO2 + H2O + ATP B. glukosa + O2 C2H5OH + H2O + 2ATP C. glukosa C3H6O3 + NADP + ATP D. glukosa 2C2H5OH + 2 CO2 + 2ATP E. glukosa 2C2H5OH + 2H2O + 2ATP 28. Fotosintesis merupakan proses mereaksikan senyawa kimia sederhana berupa air dan karbondioksida dengan sumber energi berupa cahaya menjadi glukosa dan oksigen. Adapun proses

Berdasarkan gambar pada percobaan pertumbuhan jagung dapat diambil kesimpulan hormon yang berperan adalah .... A. rhizokalin dan antokalin B. filokalin dan antokalin C. antokalin dan giberelin

pembentukan glukosa terjadi pada tahapan .... A. reaksi Hill B. siklus Calvin-Benson C. reaksi terang D. siklus Krebs E. transpor elektron 29. Siklus Calvin dalam fotosintesis memerlukan komponen .... A. PGAL, ATP, CO2, dan klorofil B. ATP, NADPH2, RDP, dan CO2 C. Air, CO2, klorofil, dan cahaya D. Oksigen, karbohidrat, ATP, dan cahaya E. NADPH2, NADH, oksigen dan fotosistem 30. Perhatikan bagan!

32. Perhatikan gambar berikut!

Pernyataan yang benar tentang fase pembelahan sel diatas adalah .... A. 1, fase anafase mitosis B. 2, fase metafase mitosis C. 1, fase metafase miosis D. 2, fase metafase miosis E. 2, fase anafase mitosis 33. Pada gambar spermatogenesis berikut, tahap-tahap yang bersifat diploid adalah ....

Komponen penyusun rangkaian nukleotida seperti ditunjukkan pada nomor 1, 2 dan 3 secara berurutan adalah .... A. basa, posfat dan gula B. posfat, basa dan gula C. gula, posfat dan basa D. gula, basa dan posfat E. basa, gula dan posfat 31. Berikut proses yang terjadi selama penyusunan protein: 1. DNA membuat mRNA 2. tRNA mengikat asam amino 3. mRNA meninggalkan inti sel menuju ribosom 4. terbentuk rantai polipeptida 5. asam amino terurut sesuai dengan kode dari mRNA Urutan sintesis protein yang benar adalah .... A. 1-3-4-2-5 B. 1-3-2-5-4 C. 1-3-2-4-5 D. 1-2-4-5-3 E. 1-2-3-4-5

A. 1 dan 3 B. 1 dan 4 C. 2 dan 4 D. 3 dan 5 E. 5 dan 6 34. Pada tanaman gandum diketahui hal-hal berikut H = gen hitam epistasis h = gen putih W = gen kuning hipostasis h = gen putih Disilangkan tanaman gandum kuning (hhWw) dengan tanaman gandum hitam (HhWw), turunan yang dihasilkan adalah .... A. kuning : hitam = 5 : 3 B. kunig : putih = 3 : 3 : 2 C. kuning : hitam : putih = 3 : 4 : 1 D. hitam : kuning : putih = 9 : 3 : 4 E. hitam : kuning : puith = 12 : 3 : 1

35. Perhatikan gambar!

39. Bakteri Bacillus thuringensis (Bt) dapat dimanfaatkan sebagai agen genetik untuk memperoleh tanaman yang tahan terhadap serangan hama serangga melalui proses teknik …. A. fermentasi B. hibridoma C. fusi sel D. transplantasi gen E. kloning 40. Kultur jaringan sebagai salah satu teknik dalam bioteknologi memberikan implikasi positif bagi kehidupan manusia berupa hasil …. A. tanaman poliploid yang berukuran besar tanpa biji B. tanaman transgenik dengan kualitas unggul dalam jumlah banyak C. tanaman yang tahan terhadap berbagai hama dan penyakit merugikan D. bibit tanaman berkualitas dalam jumlah banyak diperoleh dengan waktu singkat E. bibit tanaman dengan jaringan yang kokoh dan tahan hama – penyakit

Berdasarkan gambar, peristiwa mutasi yang terjadi adalah .... A. delesi B. duplikasi C. inversi D. translokasi E. transposisi 36. Bahwa kehidupan pertama kali amat mungkin muncul dari hasil reaksi kimia dari gas-gas kimia sederhana di atmosfer dengan energi kosmis dapat berupa sinar matahari, bintang, komet, halilintar membentuk senyawa kimia sederhana pembangun bahan dasar kehidupan. Pernyataan tersebut sesuai dengan teori asal-usul kehidupan yang dikemukakan oleh .... A. Stanley Miller B. Harold Urey C. Louis Pasteur D. Charles Darwin E. A.I. Opaarin 37. Persamaan antara perkembangan embrio amphibia, aves, reptilia, dan mamalia sebagai fakta evolusi secara berurutan adalah dalam fase .... A. zigot, morula, dan gastrula B. zigot, blastula, dan morula C. blastula, morula, dan gastrula D. zigot, gastrula, morula, dan blastula E. zigot, morula, blastula, dan gastrula 38. Di desa Sukanyeri diketahui persentase laki-laki hemofili 25%, maka persentase wanita karir hemofili adalah .... A. 6,25% B. 25% C. 37,5% D. 62,5% E. 75%

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->