P. 1
Kemiskinan Dan Kesenjangan

Kemiskinan Dan Kesenjangan

|Views: 22|Likes:
Published by Karwanti Asrie
Tinjauan Etika Pembangunan
Tinjauan Etika Pembangunan

More info:

Categories:Types, Research
Published by: Karwanti Asrie on Jun 10, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial
List Price: $9.99 Buy Now

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

12/05/2013

$9.99

USD

pdf

text

original

Kemiskinan dan Kesenjangan Oleh: Asrie Karwanti

Pendahuluan Kemiskinan dan kesenjangan merupakan problematika global yang sangat kompleks, baik dari penyebabnya, fenomenanya, maupun cara penyelesaiannya. Kemiskinan dan kesenjangan adalah dua hal yang berbeda namun saling berkaitan erat. Problematika ini bukan hal baru jika kita mengingat banyak cerita kemiskinan dan kesenjangan yang mewarnai sejarah peradaban manusia. Buktinya dalam kitab suci selalu dikatakan bahwa kita harus menyantuni fakir miskin, hal tersebut menunjukkan jurang kesenjangan dan fenomena kemiskinan itu sudah ada sejak dulu. Kemudian dalam peradaban manusia dari dulu sudah banyak diceritakan tercipta kelas-kelas sosial, seperti kasta, kelas borjuis dan proletar, dan perbudakan. Masalah kemiskinan dan kesenjangan pada umumnya banyak terjadi di negara berkembang. Negara maju selama kurang lebih tiga abad telah melangsungkan kolonoalisme dan imperialisme merupakan salah satu sebab utama dari munculnya ketimpangan antara Utara dan Selatan.
1

Negara-negara “utara” bisa berhasil karena

terjadi revolusi industri sehingga muncul kapitalisme dan ekspansi besar-besaran. Namun, yang terjadi di negara “selatan” masih dalam keadaan tertinggal. Ketika negaranegara “Selatan” mendapatkan kemerdekaannya, Eropa dan Amerika Utara telah sampai dan berhasil mencapai kejayaan serta kemajuan ekonomi dan teknologi. Ada beberapa kritik terhadap pembangunan yang dianggap melanggengkan permasalahan ini. Salah satunya seperti yang diungkapkan oleh Raul Prebisch. Prebisch menganggap cara-cara pembangunan seperti revolusi industri yang dilakukan oleh negara maju pada masa lampau tidak bisa diterapkan pada negara berkembang saat ini, dan justru dengan adanya pembangunan membuat negara berkembang menjadi ketergantungan. Adanya perkembangan dalam pembangunan pada saat ini masih belum bisa menyelesaikan masalah kemiskinan dan kesenjangan.
1

T. May Rudy. 2007. Ekonomi Politik Internasional. Bandung: Penerbit Nuansa. Hal. 93. Utara-Selatan mulai sering digunakan saat diadakannya Konvensi Lome pada tahun 1975. Istilah ini bukan berdasar pada dikotomi letak geografis, tetapi lebih ditinjau dari aspek kemapanan ekonomi. Negara utara dikategorikan sebagai negara maju seperti Amerika Utara (Kanada dan Amerika Serikat), Uni Eropa, Jepang, Australia, Korea Selatan, Singapura dan Selandia Baru. Sedangkan kawasan selatan pada umumnya negara berkembang dan negara yang relatif miskin.

maka penulis akan memaparkan terlebih dahulu definisi dari masing-masing konsep ini. bencana alam.2 Sedangkan menurut World Bank. poverty is pronounced deprivation in wellbeing. dalam kemiskinan dan kesenjangan tidak ada definisi yang disepakati secara global. Diakses dari http://www. poor access to clean water and 2 Dalam David Gordon. kemiskinan dan kesenjangan tidak semata muncul akibat neoliberal. and comprises many dimensions. krisis ekonomi. perubahan iklim. It means insecurity. Menurut United Nations: Fundamentally. powerlessness and exclusion of individuals. It means susceptibility to violence. Korupsi. Sebagaimana kajian ilmu sosial lainnya. not having the land on which to grow one’s food or a job to earn one’s living. tingginya angka kelahiran manusia.pdf Pada 02 Juni 2013 . Namun juga banyak hal lain yang membuat masalah ini meskipun menjadi dari prioritas utama dalam pembangunan menjadi sulit terpecahkan. households and communities. dan problematika sosial lainnya menjadikan masalah kemiskinan dan kesenjangan ini menjadi semakin pelik. It means lack of basic capacity to participate effectively in society.Meskipun demikian. sistem pemerintahan yang buruk. 2005. It means not having enough to feed and clothe a family. not having access to credit. and it often implies living in marginal or fragile environments. Bagaimana respon internasional terhadap kemiskinan dan kesenjangan? Kemiskinan dan Kesenjangan Sebelum mengkaji lebih dalam mengenai kemiskinan dan kesenjangan. poverty is a denial of choices and opportunities.un. a violation of human dignity. Indicator of Poverty and Hunger. Poverty also encompasses low levels of health and education. It includes low incomes and the inability to acquire the basic goods and services necessary for survival with dignity. New York: Expert Group Meeting on Youth Development Indicators United Nations Headquarters. Apa yang dimaksud dengan kemiskinan dan kesenjangan? 2. Perumusan Masalah Berdasarkan pemaparan di atas maka permasalahan dirumuskan menjadi: 1. not having a school or clinic to go to.org/esa/socdev /unyin/documents/ydiDavidGordon_poverty. without access to clean water or sanitation. Faktor apa saja yang menyebabkan kemiskinan dan kesenjangan di era globalisasi? 3.

Perhatian ini timbul karena ada kecenderungan bahwa kebijakan pembangunan yang dirancang untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi justru memperburuk kondisi kesenjangan ekonomi antar wilayah dalam suatu negara. kemiskinan struktural dan kultural. Keterkaitan antara kemiskinan dan kesenjangan. Secara umum. Kemiskinan tidak hanya dilihat dari pendapatan saja.cbsl. Kesenjangan merupakan pembahasan utama dalam penetapan kebijakan pembangunan ekonomi di negara berkembang sejak puluhan tahun lalu. keduanya merupakan fenomena yang muncul salah satunya akibat tidak meratanya pembangunan. dan kesempatan hidup yang lebih baik. Asian Development Bank/ ADB mengungkapkan pengentasan kemiskinan di kawasan Asia Pasifik terhalang oleh semakin melebarnya kesenjangan ekonomi masyarakat 3 Central Bank of Srilanka. kenyataannya hasil pembangunan yang dirasakan oleh tataran masyarakat bawah sangat rendah dan berjalan lambat dan kesenjangan antara pembangunan di kota dan di desa semakin jelas. kesenjangan sebagai suatu bentuk adanya ketimpangan dalam distribusi pembangunan yang terjadi di banyak negara berkembang merupakan dampak dari kepercayaan para pembuat kebijakan dalam pembangunan yang menitikberatkan laju pertumbuhan tinggi yang akan memberikan tricke down effect. Diakses tanggal 2 Juni 2013 4 Sudantoko dalam http://repository.lk/pics_n_docs/10_ pub/_docs/periodicals/news_survey/news_survey_jan_march_2012. Di akses dari: http://www. namun juga akses terhadap kesehatan. kemiskinan absolut. lack of voice.pdf Hal.4 Kemudian.sanitation.ac. Kemiskinan secara absolut ditentukan berdasarkan ketidakmampuan untuk mencukupi kebutuhan pokok minimum.usu. Kemiskinan struktural dan kultural merupakan kemiskinan yang disebabkan kondisi struktur dan faktor adat budaya dari suatu daerah tertentu yang membelenggu seseorang. 2012. Sebagai contohnya. and insufficient capacity and opportunity to better one’s life.pdf Hal 2. 3 Dari kedua definisi di atas maka dapat disimpulkan bahwa kemiskinan yaitu kondisi dimana individu tidak dapat memenuhi kebutuhan dasarnya dengan layak. inadequate physical security. sanitasi. News Survey.gov. Namun. Diakses tanggal 2 Juni 2013 . Kemiskinan relatif merupakan kondisi masyarakat karena kebijakan pemerintah dalam pembangunan masyarakat yang belum mampu menjangkau seluruh lapisan masyarakat sehingga menyebabkan ketimpangan distribusi pendapatan.id/bitstream/123456789/29235/4/Chapter%20I. kemiskinan dapat dibagi atas tiga kategori kemiskinan yaitu kemiskinan relatif. pendidikan. 3.

5 Penyebab kemiskinan dan kesenjangan Kemiskinan merupakan sebuah konsep abstrak yang dapat dijelaskan secara berbeda tergantung dari perspektif analis dalam memahami kondisi. sifat dan konteks kemiskinan. ADB: Kesenjangan Ekonomi Makin Melebar. Thomas menyebutkan salah satu ketidakadilan dan kesenjangan sosial terlihat dari hanya 0.com/read/2013/05/23/19053677/twitter.kendati perekonomian di wilayah ini menunjukkan kinerja yang baik. penyebab kemiskinan dapat terjadi karena kondisi alamiah dan ekonomi. Ia memaparkan. kompas. Ada banyak hal yang menyebabkan seseorang masuk kedalam kategori miskin. Kemiskinan alamiah dan ekonomi timbul akibat keterbatasan sumber daya alam. Terabaikannya kualitas pertumbuhan di sejumlah kawasan juga berdampak kepada beban yang harus dihadapi masyarakat di sejumlah negara. tatanan kelembagaan dan kebijakan dalam pembangunan. Vinod Thomas melihat kesenjangan ekonomi Asia tidak hanya terbatas pada minimnya penghasilan. seperti pelayanan dasar kesehatan. serta kondisi kultural (budaya). Sedangkan 5 Kompas. manusia. 2013. padahal pada saat yang sama. jurang perbedaan jumlah harta benda antara si kaya dan si miskin semakin melebar di sekitar separuh kawasan Asia Pasifik yang menjadi tempat tinggal dari 80 persen populasi kawasan tersebut. dan sumberdaya lain sehingga peluang produksi relatif kecil dan tidak dapat berperan dalam pembangunan.com tanggal 2 Juni 2013 . beragam studi mengindikasikan bahwa pola pertumbuhan ekonomi tidak akan cukup dalam menghambat lonjakan kesenjangan yang mengancam pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. 80 persen petani kini tak punya tanah. tetapi juga dalam ketimpangan yang besar dari beragam aspek lainnya. Kemiskinan struktural dan sosial disebabkan hasil pembangunan yang belum merata. bagaimana kemiskinan itu terjadi (sebab-sebab kemiskinan) dan bagaimana masalah kemiskinan dapat diatasi. Menurut Vinod Thomas Dirjen Evaluasi Independen ADB. Sebesar 87 persen aset yang dikuasai itu berupa lahan tidur. Secaraa spesifik.22 persen orang Indonesia menguasai 56 persen aset nasional. kondisi struktural dan sosial. seperti malnutrisi anak-anak di India serta menurunnya kesehatan akibat polusi udara kronis di China. Secara umum. Diakses dari: http://bisniskeuangan.

yaitu: 1. Diakses dari: http://lontar. Namun. pakaian. menurut World Bank setidaknya ada tiga faktor utama penyebab kemiskinan. politik. Determinan Kemiskinan Absolut di Provinsi Sumatra Utara tahun 2005-2007. kesehatan. . Tata pemerintahan yang buruk 9.ac. investasi. distribusi pendapatan. Rentan terhadap guncangan ekonomi. 2. Rendahnya pendapatan dan aset untuk memenuhi kebutuhan dasar. alokasi serta sumber daya alam. kondisi fisik dan alam suatu wilayah.kemiskinan kultural (budaya) disebabkan sikap atau kebiasaan hidup yang merasa kecukupan sehingga menjebak seseorang dalam kemiskinan. bencana alam dan peperangan. listrik. ketersediaan fasilitas umum (seperti pendidikan dasar. terkait dengan ketidakmampuan menanggulanginya. kesempatan kerja. Sebagian besar dari faktor-faktor tersebut saling mempengaruhi satu sama lain. Ketidakmampuan untuk bersuara dan ketiadaan kekuatan didepan institusi negara dan masyarakat. Terbatasnya sarana dan prasarana yang dibutuhkan 3. Hal 24-25. Kepemilikan tanah dan modal yang terbatas 2. tempat tinggal. air bersih dan lokasi pemukiman). penggunaan teknologi. transportasi. Rendahnya produktivitas 7.pdf Pada tanggal 02 Juni 2013.id/file?file=digital/131195-T%2027312Determinan% 20kemiskinan-Tinjauan%20literatur.ui. pajak dan subsidi. Dalam Roy Hendra. 2010. Perbedaan kesempatan diantara anggota masyarakat 5. Pengelolaan sumber daya alam yang berlebihan 6 Tulus Tambunan. tingkat dan jenis pendidikan. Pembangunan yang bias di kota 4. mulai dari produktivitas tenaga kerja. etos kerja dan motivasi pekerja budaya atau tradisi. Perbedaan sumber daya manusia dan sektor ekonomi 6. Sementara itu terdapat juga banyak faktor yang mempengaruhi secara langsung maupun tidak langsung tingkat kemiskinan. informasi. 3. seperti: makanan. Budaya hidup yang jelek 8. tingkat inflasi. kesehatan dan pendidikan. tingkat upah netto. 6 Bank Dunia menyebutkan indikator-indikator kemiskinan yang terdiri dari: 1.

worldbank. Bank dunia menunjukkan data extreme poverty dengan pendapatan sebanyak 1. sistem distribusi yang buruk. Dan ketika pembangunan dilakukan dengan terus mengejar pertumbuhan ekonomi tanpa distribusi yang adil maka timbullah kesenjangan. Liberia.Sebenarnya jika melihat penyebab permasalahan antara kemiskinan dan kesenjangan. keduanya berdasar pada hal yang sama. Burundi merupakan negara termiskin di dunia dan berada di daerah Afrika. Sumber: http://povertydata. Zimbabwe. yaitu ketidakmampuan individu dalam memenuhi kebutuhan pokok. Data Statistik Kemiskinan dan kesenjangan di dunia paling banyak terjadi di negara berkembang. contohnya seperti di Indonesia disebabkan karena tidak meratanya pembangunan infrastruktur.org/poverty/home/ . ketimpangan skill antar individu. dan mental yang masih lemah di tataran akar rumput. Kongo.25 US$ masih banyak terdapat di Sub Sahara Afrika dan Asia Selatan. pemerintah yang korup dan tidak kompeten. Dalam kesenjangan yang terjadi di beberapa negara berkembang.

org World Bank menyebutkan bahwa kemiskinan dari tahun ke tahun mengalami penurunan yang cukup signifikan secara global yaitu dari tahun 1990 sampai 2010 mengalami penurunan angka dari 43. Penurunan angka kemiskinan terjadi secara bertahap dari tahun 1981 sampai 2008. Untuk lebih jelas bisa dilihat dari gambar dan tabel di bawah ini.1% menjadi 20. tetapi realitanya setiap tahun terjadi inflasi sehingga pemenuhan kebutuhan pokok pun akan mengalami kenaikan harga. James Watson (penemu struktur double helix DNA) mengatakan bahwa orang Afrika secara genetis lebih tertinggal daripada orang Eropa.com/ 2010/01/eropa-dan-asia.Sumber: dataworldbank.html Tanggal 03 Juni 2013 Diakses dari: .blogspot.25 US$.6%.7 Kemudian hal 7 Cokhy Indira Fasha. Celotehan tentang Evolusi Manusia. Sumber: World Bank For Result 2012 Kemiskinan banyak sekali terjadi di daerah Afrika. dari itu Millenium Development Goals memiliki prioritas utama dalam program penghapusan extreme poverty pada tahun 2015. 2010. terlihat dari tingkat kecerdasan IQ-nya. Sehingga perlu ditinjau ulang dan berkala dalam penetapan batas-batas pendapatan dalam kategori kemiskinan ini. Hal ini mungkin saja terwujud jika standar extreme poverty masih berada pada level penetapan pendapatan sebesar 1. http://cokhy. Maka. Hal ini menunjukkan upaya yang dilakukan oleh masyarakat global telah mengurangi angka kemiskinan setengahnya selama 10 tahun.

000 orang di Kongo tewas setiap bulannya karena kelaparan.ini pun menyebabkan kontroversi karena pernyataan Watson dinilai rasis dan tidak etis. Bahkan mereka memakan manusia untuk bertahan hidup. Populasi homo sapiens saat itu sangat banyak. masih sama sampai sekarang ini. penyelundupan berlian dan narkoba membuat iklim pengentasan kemiskinan tidak kondusif. sangat jelas sekali mengapa di Afrika tergolong miskin. diceritakan bahwa peradaban manusia yang semua bermula dari manusia purba di Afrika terdapat homo sapiens. Contohnya di Burkina Faso terjadi kekeringan berkepanjangan dan kudeta militer. Yunani Pecat 15. kemudian di Eropa dan Asia Tengah dan Barat terdapat homo neanderthal. Namun jika ditinjau dari aspek kehidupan sekarang. konflik dan pemberontakan di Sierra Leone. 10 Negara Termiskin di Dunia.8 Fenomena lainnya mengenai kemiskinan yaitu terjadinya peningkatan kemiskinan di negara-negara di Uni Eropa seperti Yunani. maka terjadilah penyebaran ke seluruh dunia. Kemudian terjadilah perkawinan dengan homo neanderthal dan homo erectus yang melahirkan berbagai bentuk ras manusia menjadi seperti sekarang ini. sehingga mereka sangat kesulitan untuk bertahan hidup dan memenuhi kebutuhan pangan mereka. Diakses dari: http://finance.com/read/2013/04/29/094623/2232643/4/demi-hemat-anggaran-yunani-pecat-15000pns Tanggal 03 Juni 2013 . Angka pengangguran di Yunani meningkat 27% menunjukkan bahwa ada peningkatan rakyat Yunani yang tidak memperoleh penghasilan dan mengalami kemiskinan. Sementara homo sapiens yang tinggal di Afrika. 2013. Portugal.blogspot. Demi Hemat Anggaran. Republik Kongo sebagai negara termiskin di dunia. Diakses dari http://bejagat. selain itu juga adanya wabah HIV dan AIDS yang tinggi di Burundi membuat rakyat tidak berdaya untuk memperbaiki hidupnya dan hampir seluruh hidupnya bergantung pada bantuan asing. 2012. Populasi homo sapiens yang menyebar di luar Afrika mengalami proses evolusi yang lebih cepat karena harus beradaptasi dengan lingkungan baru sehingga kecerdasan mereka lebih terasah. Kemudian. Namun jika dilihat dari sejarah evolusi manusia. 9 8 Dede Suprianto.detik. dan Siprus akibat krisis ekonomi.com/2012/ 03/10-negara-termiskin-di-dunia. Krisis politik di Pantai Gading. pada tahun 2010 setidaknya 45. dan di Asia Timur dan Tenggara yaitu homo erectus.html Tanggal 03 Juni 2013 9 Wahyu Daniel.000 PNS.

Ternyata pengentasan kemiskinan yang biasa dilakukan dengan cara pembangunan malah membuat kesenjangan pendapatan yang semakin tajam. Hal ini sangat menarik. hal ini berarti setiap orang seiring bergulirnya waktu. karena menunjukkan bahwa upaya dalam pengentasan kemiskinan malah memperbesar kesenjangan pendapatan antara gap kaya dan miskin.Terkait dengan kesenjangan. dulu yang bisa mengakses fasilitas kesehatan dan pendidikan hanya orang-orang yang memiliki uang dan dekat dengan fasilitas umum tersebut. UNDP melaporkan dalam Human Development Index tahun 2013 bahwa terjadi penurunan angka kesenjangan dalam akses kesehatan dan pendidikan. Dijangkau disini dalam arti usaha untuk mengaksenya mudah karena dekat dan harganya terjangkau. berbisa mengakses infrastruktur karena kesenjangannya semakin kecil. pembangunan sarana kesehatan dan pendidikan dalam proses supaya bisa dijangkau oleh setiap orang. Sumber: Human Development Index 2013 UNDP Dari gambar di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat penurunan kesenjangan dalam akses pendidikan dan kesehatan atau bisa dikategorikan infrastruktur. Namun angka kesenjangan dalam pendapatan malah meningkat. Sebagai contohnya. . Namun semakin hari.

seperti World Bank. rata-rata pengurangan kemiskinan berlangsung lambat. Sedangkan kelas atas mengalami kenaikan luar biasa jadi HK$ 100. James Grant (UNICEF) mengemukakan “the problem is not that we have tried to eradicate global poverty and failed. the problem is that no serious and concerted attempt has ever been made. UNDP. UNICEF. dan sebagainya. Disisi lain.000 per bulan pada 2011 dari HK$ 5. MDGs merupakan suatu bentuk konkret karena menyertakan berbagai indikator untuk mengukur keberhasilan pengurangan laju 10 The Real Portal Berita.” OECD mengatakan dalam tiga tahun terakhir hingga tahun 2010 kesenjangan ekonomi antara orang kaya dan miskin semakin meningkat. tetapi juga di negara-negara maju. kemiskinan tidak hanya ditemukan di negara miskin. dan yang miskin makin miskin. Menyikapi kelambatan tersebut. ternyata pembangunan malah memperbesar jurang pendapatan antara orang kaya dan orang miskin. Sebagai sebuah fenomena global.com/index. Diakses dari: http://cyberitabatam. nasib orang-orang miskin di negara maju jelas berbeda. Vandermoortele mengatakan di luar Asia Timur.php?option=com_content&view=article&id=1961:oecd-kesenjanganekonomi-dunia-makin-parah&catid=47:international&Itemid=95 tanggal 03 Juni 2013 .500 pada 2006. Respon Internasional Banyak sekali lembaga internasional yang merespon kemiskinan dan membuat program pengentasan kemiskinan. OECD: Kesenjangan Ekonomi Dunia Makin Parah. lembaga multilateral seperti Bank Dunia juga mempunyai agenda untuk pemberantasan kemiskinan. Kesemuanya cukup membantu negara berkembang dalam mengentaskan kemiskinan. Hal ini menunjukkan bahwa pembangunan hanya menguntungkan segelintir orang yang memiliki power lebih dan melupakan kaum miskin yang merupakan sasaran pembangunan yang sesungguhnya. di Hongkong penghasilan untuk keluarga kelas bawah naik jadi HK$ 7. Namun.Namun. 10 Sebagai contohnya. Ternyata dari grafik ini menegaskan pendapat “yang kaya makin kaya. MDGs merupakan suatu bentuk komitmen negara-negara di dunia untuk mengambil berbagai langkah guna mengatasi kemiskinan global. Isu kemiskinan di negara maju tidak sekuat di negara miskin. 2013.” Ketiadaan perhatian dan komitmen kuat inilah yang mebuat target Millenium Development Goals (MDGs) sulit terlampaui pada 2015.000 per bulan pada 2011 dari HK$ 82. ILO.000 pada 2006.

Kemudian. terlihat jelas sekali bahwa dalam pencapaian pengurangan kemiskinan ada perubahan. berikut: 11 Sebagai contoh konkrit dari indikator MDG’s bisa dilihat dari tabel Dari tabel di atas. Isu-Isu Global Kontemporer. 2011. tapi tidak ada dokter. selain kemudahan mengakses infrastruktur harus dilihat pula apakah kelayakannya dan juga perlu disertai kualitas SDM yang mengelola dan bekerja melayani masyarakat. Percuma saja ada puskesmas. Yogyakarta: CAPS. Hal 73-74 . Hal yang perlu dicermati dari berbagai upaya yang dilakukan oleh lembaga internasional itu tidak 11 Budi Winarno. seberapa signifikan penurunan angka tersebut dengan kondisi realita yang terjadi di lapangan masih menjadi tanda tanya besar jika melihat pembangunan yang tidak merata dan hanya terpusat di kota-kota besar saja.kemiskinan. Namun.

pemerintah. contohnya dengan adanya program PNPM (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat) yang didukung oleh World Bank melibatkan seluruh komponen masyarakat. pemerintah. pemerintah. keberlangsungan PNPM sangat dipertanyakan melihat kondisi di lapangan UKM-UKM masih berjalan sendiri tanpa perhatian nyata dari pemerintah. sehingga dalam pengentasannya perlu ada kerjasama antara rakyat. Sehingga perlu ada kerjasama dari keseluruhan komponen masyarakat. Upaya pembangunan yang tidak tepat sasaran akan memperlebar jurang kesenjangan ekonomi dan itulah yang terjadi sekarang ini. dan lembaga internasional. Sudah banyak program yang dilakukan. namun masalah kemiskinan ini sangat rentan terhadap goncangan ekonomi global yang bisa dengan mudah meningkatkan angka kemiskinan.akan terasa perubahannya tanpa disertai dengan usaha dari masing-masing individu dan pemerintah yang paling dekat dengan masyarakat. Meskipun masih berjalan. dan lembaga internasional dalam pengentasan kemiskinan secara seutuhnya. . dan lembaga internasional untuk mengupayakan pembangunan yang pro terhadap rakyat miskin dan tepat sasaran. Di Indonesia. Kesimpulan Dari pemaparan di atas dapat disimpulkan bahwa kemiskinan dan kesenjangan adalah permasalahan yang sangat kompleks.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->