GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENGAJARAN DAN SATUAN ACARA PENGAJARAN

ADE FEBRIANTI HASIBUAN 105102047

PROGRAM DIV BIDAN PENDIDIK FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SUMATERA UTARA 2010

GARIS GARIS BESAR PROGRAM PENGAJARAN (Rencana Kegiatan Belajar Mengajar)

Dosen Koordinator Judul Mata Kuliah Nomor Kode A.Deskripsi Singkat

: : : :

B. Tujuan Intruksional umum

:

Ade febrianti hasibuan Promosi Kesehatan Bd.503 / 2 SKS (T:2) Mata kuliah ini membahas tentang : Konsep dan prinsip promosi kesehatan, metode dan media dalam promosi kesehatan, ruang lingkup promosi kesehatan, model dan nilai promosi kesehatan, pendekatan dalam promosi kesehatan, etik dalam promosi kesehatan, prinsip perubahan prilaku yang mendasari dalam promosi kesehatan, Proses pembelajaran di dalam promosi kesehatan, komunikasi dalam masyarakat, komunikasi promosi kesehatan dalam pelayanan kesehatan, Pembedayaan masyarakat di bidang kesehatan, upaya promosi kesehatan dan peran bidan dalam kegiatan promosi kesehatan. Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa DIII Akademi kebidanan Nusantara 2000 Medan semester III akan dapat menerapkan promosi kesehatan dalam praktik pelayanan kebidanan Metode Aspek Estimasi Pembelajaran Penilaian Waktu 4. 5. 6. 7. Ceramah UTS 30% 2×50’ Sejarah promosi kesehatan Diskusi UAS 50% Pengertian promosi - TUGAS 20% kesehatan Tujuan promosi kesehatan Strategi promsi kesehatan Visi dan misi promosi kesehatan Sasaran promosi Sub Pokok Bahasan Sumber Kepustakaan 8. - Buku 4 hal 1-17 - Buku 1 hal 1-9 - Buku 3 hal 15-28

Pertem uan ke1. 1

Tujuan Intruksional Khusus Pokok Bahasan (Kompetensi khusus) 2. 3. Setelah mengikuti perkuliahan ini Konsep dan mahasiswa D III kebidanan prinsip promosi semester III akan dapat : kesehatan Menjelaskan konsep dan prinsip promosi kesehatan

     

2.

Menjelaskan metode dan media dalam promosi kesehatan

Metode dan media dalam promosi kesehatan

 

   

   3. Menjelaskan ruang lingkup promosi kesehatan Ruang lingkup promosi kesehatan 

kesehatan Jenis metode pendidikan dalam promosi kesehatan Pengertian alat bantu /media dalam promosi kesehatan Faedah / alat bantu dalam promosi kesehatan Macam-macam alat bantu promosi kesehatan Sasaran yang dicapai alat bantu promosi kesehatan Perencanaan dan penggunaan alat peraga dalam promosi kesehatan Persiapan penggunaan alat peraga Cara mempegunakan alat peraga Media dalam promosi kesehatan Lingkup promosi kesehatan berdasarkan aspek kesehatan Lingkup promosi kesehatan berdasarkan tatanan pelaksanaa Lingkup promosi kesehatan berdasarkan tingkat pelayanan

Ceramah diskusi

2×50’

- Buku 3 Hal 56-70

Ceramah Diskusi Tugas

Tugas 5%

- Buku 3 Hal 29-34

Buku 4 Hal 83-87 7.Buku 4 .Buku 4 hal 37-43 Ceramah Diskusi Tugas Tugas 5% 2×50’ . Menjelaskan model dan nilai promosi kesehatan Model dan nilai promosi kesehatan 5. Menjelaskan prinsip perubahan Prinsip 2×50’ . Menjelaskan etika dalam promosi kesehatan Etik dalam promosi kesehatan  Model dan nilai promosi kesehatan Health Believe Model  Keuntungan dan kelemahan HBM  Keuntungan dan kelemahan TRA  Faktor yang mempengaruhi stress  Pengelolaan stress  Fungsi dan jenis coping  Reduksi potensi untuk stress dan pengelolan coping  Jenis-jenis pendekatan dalam promosi kesehatan  Tujuan pendekatan medic  Tujuan pendekatan perubahan prilaku  Tujuan educational  Tujuan pendekatan berpusat pada klien  Pendekatan perubahan social  Pengertian etika  Pengertian moral  Hal-hal yang harus dilakukan dalam etika promosi kesehatan  Pengertian perilaku Ceramah Diskusi 2×50’ .Buku 4 hal 45-79 2×50’ . Menjelaskan jenis – jenis pendekatan dalam promosi kesehatan Jenis-jenis Pendekatan dalam promosi kesehatan 6.4.

Menjelaskan proses pembelajaran di dalam promosi kesehatan Proses pembelajaran di dalam promosi kesehatan 2×50’ .perilaku yang mendasari dalam promosi kesehatan perubahan perilaku yang mendasari dalam promosi kesehatan  Proses pembentukan perilaku  Strategi dan cara pembentukan perilaku  Beberapa teori perilaku  Peranan perilaku terhadap kesehatan  Klasifikasi perilaku kesehatan  Jenjang perubahan perilaku kesehatan UJIAN TENGAH SEMESTER     Ceramah Defenisi belajar Diskusi Proses belajar Tipe belajar Perbedaan belajar antara orang dewasa dengan anak-anak Faktor-faktor yang mempengaruhi belajar Halangan terhadap pendidikan dan rintangan terhadap pembelajaran Pengertian kejenuhan belajar Faktor faktor penyebab kejenuhan belajar hal 83-87 9.Buku 3 Hal 71-81     .

Buku 3 hal 33-38 Ceramah Diskusi 2×50’ . Menjelaskan pemberdayaan masyarakat di bidang promosi kesehatan Pemberdayaan masyarakat di bidang promosi kesehatan  Defenisi dan konsep dasar komunikasi  Unsur-unsur komunikasi  Proses komunikasi dalam masyarakat  Prinsip-prinsip dasar komunikasi  Macam-macam komunikasi  Rencana program komunikasi  Metodologi komunikasi kesehatan masyarakat  Faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi  Faktor-faktor yang menghambat komunikasi  Hal-hal yang mendasar dalam komunikasi terapeutik  Teknik komunikasi terapeutik  Latar belakang pembedayaan masyarakat di bidang kesehatan  Batasan pemberdayaan masyarakat Ceramah Diskusi Tugas Tugas 10% 2x50’ .Buku 4 Hal 107-120 . Menjelaskan komunikasi promosi kesehatan dalam pelayanan kesehatan Komunikasi promosi kesehatan dalam pelayanan kesehatan 12.Buku 3 hal 113-149 2×50’ .10 Menjelaskan komunikasi dalam masyarakat Komunikasi dalam masyarakat 11.

13. Menjelaskan upaya promosi kesehatan Upaya promosi kesehatan  Prinsip pembedayaan masyarakat  Ciri pembedayaan masyarakat  Indikator hasil pembedayaan masyarakat di bidang kesehatan  Upaya promosi kesehatan pranikah  Upaya-upaya promosi kesehatan yang dilakukan pada saat hamil  Upaya-upaya promosi kesehatan yang dilakukan pada saat persalinan  Upaya-upaya promosi kesehatan yang dilakukan pada saat nifas  Upaya-upaya promosi kesehatan yang dilakukan pada saat menyusui  Upaya-upaya promosi kesehatan yang dilakukan pada PUS/WUS Ceramah Diskusi 2×50’ .Buku 4 Hal 181192 .

Buku 4 hal 203213 . Menerapkan upaya kesehatan dalam pelayanan kebidanan Upaya kesehatan dalam pelayanan kebidanan 15. Menerapkan peran bidan dalam kegiatan promosi kesehatan  Upaya pomotif dalam pelayanan kebidanan  Upaya preventif dalam pelayanan kebidanan  Upaya kuratif dalam pelayanan kebidanan  Upaya rehabilitatif dalam pelayanan kebidanan Peran bidan dalam  Peran bidan dalam kegiatan promosi promosi kesehatan kesehatan sebagai advocator  Peran bidan dalam promosi kesehatan sebagai educator  Peran bidan dalam promosi kesehatan sebagai fasilitator  Peran bidan dalam promosi kesehatan sebagai motivator UJIAN AKHIR SEMESTER Ceramah Diskusi 2x 50’ .Buku 4 Hal 215222 Simulasi 2x 50’ .14.

Taufik M. Heri. Asri. 4. Cetakan prtama.. Machfoedz.J.(2009) Konsep insipkebidana plus materi Bidan Delima.Cetakan kedua.Jakarta. 6. Suryani Eko. Fratidina(20090) Promosi Kesehatanuntuk Mahasiswa Keidanan. Pendidikan Kesehatan Bagian dari Promosi Kesehatan Cetakan Ketujuh Yokyakarta:Rineka Cipta.(2009). D. 3.Jakarta:Infomedika Syafrudin. 5. .Mufdillah. Hidayat.prinsip Promosi kesehatan dalam Bidang Keperawatan. Maulana. Yogyakarta: Mitra Cendekia Press. 2.(2007) Promosi Kesehatan Cetakan Pertama. Ircham. Jakarta:EGC Notoadmodjo Soekidjo. (2007) Prinsip.DAFTAR PUSTAKA 1.(2007) Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku Jakarta:Rineka Cipta.

SATUAN ACARA PENGAJARAN Matakuliah Kode Matakuliah/SKS Waktu Pertemuan Pertemuan ke A.503 / 2 SKS (T:2) : 2x50’ : 1 (satu) Konsep dan prinsip promosi kesehatan C. strategi promosi kesehatan. Tujuan Instruksional 1. Pokok Bahasan : : Promosi Kesehatan : Bd. pengertian promosi kesehatan. visi dan misi promosi kesehatan. tujuan promosi kesehatan. Umum Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa D III Akademi Kebidanan Nusantara 2000 Medan semester III akan dapat menerapkan promosi kesehatan dalam pratik pelayanan kebidanan. 2. B.sasaran promosi kesehatan. Sub Pokok Bahasa : . Khusus Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa D III Akademi Kebidanan Nusantara 2000 Medan semester III akan dapat menjelaskan sejarah promosi kesehatan.

Pendahuluan • • • Kegiatan pengajar Menjelaskan TIU dan TIK Deskripsi Menjelaskan relevansi/manfaat Kegiatan mahasiswa • • • • • • • Memperhatikan dan mencatat Memperhatikan dan mencatat Memperhatikan dan mencatat Memperhatikan Mencatat Bertanya Bertanya Media dan alat Power point dan LCD 2 Penyajian Menguraikan sejarah promosi kesehatan • Menguraikan pengertian promosi kesehatan • Menguraikan tujuan promosi kesehatan • Menguraikan strategi promosi kesehatan • Menguraikan visi dan misi promosi kesehatan • Menguraikan sasaran promosi kesehatan • . Media dan Alat Pengajaran No Tahap 1. Sejarah promosi kesehatan  Pengertian promosi kesehatan  Tujuan promosi kesehatan  Strategi promosi kesehatan  Visi dan misi promosi kesehatan  Sasaran promosi kesehatan D. Kegiatan Belajar Mengajar.

• • • Memberikan contoh strategi promosi kesehatan Memberikan contoh visi misi promosi kesehatn Mengerjakan latihan strategi promosi kesehatan 3 Penutup • Tes Memberikan pertanyaan kepada mahasiswa secara acak dengan 5 pertanyaan: 1. Jelaskan strategi promosi kesehatan Umpan balik Memberikan umpan balik kepada mahasiswa yang telah menjawab • • • Menjawab pertanyaan yang diajukan dosen Memperhatikan dan mencatat menyimpulkan • . Jelaskan tujuan promosi kesehatan 5. Jelaskan visi dan misi promosi kesehatan 4. Jelaskan apa itu promosi kesehatan 3. Jelaskan secara singkat sejarah promosi kesehatan 2.

Promosi Kesehatan Dalam Ilmu Prilaku.pertanyaan • Tindak lanjut Memberitahu mahasiswa tentang materi selanjutnya metode dan media dalam promosi kesehatan E. Referensi 1.Iqbal. Notoadmodjo. Jakarta: Rineka cipta. (2007). hal 2. Soekidjo. Cetakan prtama . Fratidina(20090) Promosi Kesehatan untuk Mahasiswa Kebidanan. Jakarta:Rineka Cipta. Syafrudin.wahid Mubarak. Evaluasi Materi ini akan diujikan pada ujian tengah semester dengan jumlah 5 soal dam bentuk objektif tes dan pada UAS dengan jumlah 2 soal. 3. F.(2007) Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku.

Khusus Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa D III Akademi Kebidanan Nusantara 2000 Medan semester III akan dapat menjelaskan jenis metode pendidikan dalam promosi kesehatan. Tujuan Instruksional 1. persiapan penggunaan alat peraga. 2. Umum Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa D III Akademi Kebidanan Nusantara 2000 Medan semester III akan dapat menerapkan promosi kesehatan dalam pratik pelayanan kebidanan. sasaran yang dicapai alat bantu promosi kesehatan. media dalam promosi kesehatan.503 / 2 SKS (T:2) : 2x50’ : 2 (dua) A. macammacam alat bantu dalam promosi kesehatan. pengertian alat bantu/media dalam promosi kesehatan. faedah/alat bantu dalam promosi kesehatan. cara mempergunakan alat peraga. .SATUAN ACARA PENGAJARAN Matakuliah Kode Matakuliah/SKS Waktu Pertemuan Pertemuan ke : Promosi Kesehatan : Bd. perencanaan dan penggunaan alat peraga dalam promosi kesehatan.

Kegiatan Belajar Mengajar.B. Sub Pokok Bahasan :  Jenis metode pendidikan dalam promosi kesehatan  Pengertian alat bantu/ media dalam promosi kesehatan  Faedah/ alat bantu dalam promosi kesehatan  Macam-macam alat bantu promosi kesehatan  Sasaran yang dicapai alat bantu promosi kesehatan  Perencanaan dan penggunaan alat peraga  Persiapan penggunaan alat peraga  Cara mempergunakan alat peraga  Media dalam promosi kesehatan D. Pokok Bahasan : Metode dan media dalam promosi kesehatan C. Media dan Alat Pengajaran No 1. Tahap Pendahuluan Kegiatan pengajar • • Menjelaskan TIU dan TIK Deskripsi Menjelaskan deskripsi singkat tentang metode dan media dalam Kegiatan mahasiswa • • • Memperhatikan dan mencatat Memperhatikan dan mencatat Memperhatikan dan mencatat Media dan alat Power point dan LCD .

promosi kesehatan • relevansi/manfaat menjelaskan manfaat dari mempeljari metode dan media dalam promosi kesehatan Menguraikan jenis metode pendidikan dalam promosi kesehatan Menguraikan pengertian alat bantu/media dalam promosi kesehatan Menguraikan faedah/ alat bantu promosi kesehatan Menguraikan macammacam alat bantu promosi kesehatan Menguraikan sasaran yang dicapai alat bantu promosi kesehatan Memberikan contoh perencanaan dan alat peraga dalam promosi kesetahatan Memberikan contoh persiapan penggunaan 2 Penyajian • • • • • • • Memperhatikan Mencatat Bertanya Bertanya Simulasi Power poin dan LCD • • • • • .

Jelaskan cara mempergunakan alat peraga promosi kesehatan 9. Jelaskan media dalam promosi kesehatan • • • Menjawab pertanyaan yang diajukan dosen Memperhatikan dan mencatat menyimpulkan .• • 3 Penutup • alat peraga Memberikan latihan cara mempergunakan alat peraga Memberiakan latihan media dalam promosi kesehatan Tes Memberikan pertanyaan kepada mahasiswa secara acak dengan 5 pertanyaan: 6. Sebutkan macam-macam alat bantu promosi kesehatan 8. Jelaskan pengertian alat bantu promosi kesehatan 7.

Soekidjo. G. Evaluasi Materi ini akan diujikan pada ujian tengah semester dengan jumlah 5 soal dam bentuk objektif tes dan pada UAS dengan jumlah 2 soal.(2007) Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku Jakarta:Rineka Cipta. 56-70 . hal.• Umpan balik Memberikan umpan balik kepada mahasiswa yang telah menjawab pertanyaan • Tindak lanjut Memberitahu mahasiswa tentang materi selanjutnya ruang lingkup promosi kesehatan F. Referensi 1 . Notoadmodjo.

SATUAN ACARA PENGAJARAN Matakuliah : Promosi Kesehatan .

Tujuan Instruksional 1. Media dan Alat Pengajaran : . 2. lingkup promosi kesehatan berdasarkan tatanan pelaksana. Sub Pokok Bahasan :  Lingkup promosi kesehatan berdasarkan aspek kesehatan  Lingkup promosi kesehatan berdasarkan tatanan pelaksana  Lingkup promosi kesehatan berdasarkan tingkat pelayanan D. B. Pokok Bahasan Ruang lingkup promosi kesehatan C.503 / 2 SKS (T:2) : 2x50’ : 3 (tiga) A.Kode Matakuliah/SKS Waktu Pertemuan Pertemuan ke : Bd. Kegiatan Belajar Mengajar. Umum Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa D III Akademi Kebidanan Nusantara 2000 Medan semester III akan dapat menerapkan promosi kesehatan dalam pratik pelayanan kebidanan. lingkup promosi kesehatan berdasarkan tingkat pelayanan. Khusus Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa D III Akademi Kebidanan Nusantara 2000 Medan semester III akan dapat menjelaskan ruang lingkup promosi kesehatan berdasarkan aspek kesehatan.

Tahap Pendahuluan Kegiatan pengajar • • Menjelaskan TIU dan TIK Deskripsi Menjelaskan deskripsi singkat tentang ruang lingkup promosi kesehatan • relevansi/manfaat menjelaskan manfaat dari ruang lingkup promosi kesehatan Menguraikan lingkup promosi kesehatan berdasarkan aspek kesehatan Menguraikan keuntungan dan kelemahan HBM Menguraikan keuntungan dan kelemahan TRA Menguraikan factor yang mempengaruhi stress Menguraikan pengelolaan stres Memberikan contoh model dan niali promosi kesehatan HBM Memberikann keuntungan dan kelemahan HBM Memberikan latihan Kegiatan mahasiswa • • • Memperhatikan dan mencatat Memperhatikan dan mencatat Memperhatikan dan mencatat Media dan alat Power point dan LCD 2 Penyajian • • • • • • • • • • • • Memperhatikan Mencatat Bertanya Bertanya Power poin dan LCD .no 1.

Jelaskan secara singkat lingkup promosi kesehatan berdasarkan aspek kesehatan H.3 Penutup • tentang lingkup promosi kesehatan berdasarkan tingkat pelayanan Tes Memberikan pertanyaan kepada mahasiswa secara acak dengan 2 pertanyaan: • • • G. Jelaskan secara singkat lingkup promosi kesehatan berdasarkan tingkat pelayanan Menjawab pertanyaan yang diajukan dosen Memperhatikan dan mencatat menyimpulkan • Umpan balik Memberikan umpan balik kepada mahasiswa yang telah menjawab pertanyaan • Tindak lanjut Memberitahu mahasiswa tentang materi selanjutnya model dan nilai promosi kesehatan .

E. Evaluasi Materi ini akan diujikan pada ujian tengah semester dengan jumlah 5 soal dam bentuk objektif tes dan pada UAS dengan jumlah 2 soal. F. Referensi 1 . Notoadmodjo, Soekidjo.(2007) Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku Jakarta:Rineka Cipta. Hal: 56-70

SATUAN ACARA PENGAJARAN

Matakuliah Kode Matakuliah/SKS Waktu Pertemuan Pertemuan ke H. Tujuan Instruksional 1. Umum

: Promosi Kesehatan : Bd.503 / 2 SKS (T:2) : 2x50’ : 5 (lima)

Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa D III Akademi Kebidanan Nusantara 2000 Medan semester III akan dapat menerapkan promosi kesehatan dalam pratik pelayanan kebidanan. 2. Khusus Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa D III Akademi Kebidanan Nusantara 2000 Medan semester III akan dapat menjelaskan jenis-jenis pendekatan dalam promosi kesehatan, tujuan pendekatan medik, tujuan pendekatan perubahan perilaku, tujuan educational, tujuan pendekatan berpusat pada klien, pendekatan perubahan sosial I. Pokok Bahasan :

Jenis-jenis pendekatan dalam promosi kesehatan J. Sub Pokok Bahasan :

 Jenis-jenis pendekatan dalam promosi promosi kesehatan  Tujuan pendekatan medik  Tujuan pendekatan perubahan perilaku  Tujuan pendekatan berpusat pada klien

 Pendekatan perubahan social K. Kegiatan Belajar Mengajar, Media dan Alat Pengajaran no 1. Tahap Pendahuluan Kegiatan pengajar • • Menjelaskan TIU dan TIK Deskripsi Menjelaskan deskripsi singkat tentang jenis-jenis pendekatan dalam promosi kesehatan • relevansi/manfaat menjelaskan manfaat dari jenis-jenis pendekatan dalam promosi kesehatan Menguraikan jenis-jenis pendekatan dalam promosi kesehatan Menguraikan tujuan pendekatan medik Menguraikan pendekatan perubahan perilaku Memberikan contoh tujuan educational Memberikan contoh tujuan pendekatan berpusat pada klien Kegiatan mahasiswa • • • Memperhatikan dan mencatat Memperhatikan dan mencatat Memperhatikan dan mencatat Media dan alat Power point dan LCD

2

Penyajian

• • • • •

• • • •

Memperhatikan Mencatat Bertanya Bertanya

Power poin dan LCD

sebutkan contoh pendekatan berpusat pada klien Menjawab pertanyaan yang diajukan dosen Memperhatikan dan mencatat menyimpulkan • Umpan balik Memberikan umpan balik kepada mahasiswa yang . Sebutkan jenis-jenis pendekatan dalam promosi kesehatan J.• Memberikan pendekatan sosial latihan perubahan 3 Penutup • Tes Memberikan pertanyaan kepada mahasiswa secara acak dengan 3 pertanyaan: • • • I. Sebutkan tujuan pendekatan perubahan perilaku K.

hal 83-87. Cetakan pertama. Syafrudin. Evaluasi Materi ini akan diujikan pada ujian tengah semester dengan jumlah 5 soal dam bentuk objektif tes dan pada UAS dengan jumlah 2 soal. fratidina (2009) promosi kesehatan untuk mahasiswa kebidanan.telah pertanyaan • menjawab Tindak lanjut Memberitahu mahasiswa tentang materi selanjutnya etika dalam promosi kesehatan L. Jakarta. M. . Referensi 1 .

SATUAN ACARA PENGAJARAN Matakuliah Kode Matakuliah/SKS Waktu Pertemuan Pertemuan ke N. Umum Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa D III Akademi Kebidanan Nusantara 2000 Medan semester III akan dapat menerapkan promosi kesehatan dalam pratik pelayanan kebidanan. Tujuan Instruksional 1. Khusus : Promosi Kesehatan : Bd.503 / 2 SKS (T:2) : 2x50’ : 4 (empat) . 2.

reduksi potensi untuk stres dan pengelolaan koping O.Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa D III Akademi Kebidanan Nusantara 2000 Medan semester III akan dapat menjelaskan model dan nilai promosi kesehatan Health Believe Model. keuntungan dan kelemahan HBM. Tahap Pendahuluan Kegiatan pengajar • • Menjelaskan TIU dan TIK Deskripsi Menjelaskan model dan nilai promosi kesehatan Kegiatan mahasiswa • • • Memperhatikan dan mencatat Memperhatikan dan mencatat Memperhatikan Media dan alat Power point dan LCD . pengelolaan stres. Sub Pokok Bahasan :  Model dan nilai promosi kesehatan HBM  Keuntungan dan kelemahan HBM  Keuntungan dan kelemahan TRA  Faktor yang mempengaruhi stres  Pengelolaan stress Q. Media dan Alat Pengajaran no 1. Kegiatan Belajar Mengajar. keuntungan dan kelemahan TRA. fungsi dan jenis koping. faktor yang mempengaruhi stres. Pokok Bahasan : Modal dan nilai promosi kesehatan P.

Sebutkan keuntungan dan kelemahan HBM M. sebutkan faktor yang mempengaruhi stress O. Sebutkan keuntungan dan kelemahan TRA N.• 2 Penyajian • • • • • relevansi/manfaat menjelaskan manfaat dari model dan nilai promosi kesehatan Menguraikan model dan nilai promosi kesehatan HBM Menguraikan keuntungan dan kelemahan HBM Menguraikan keuntungan dan kelemahan TRA Memberikan contoh faktor yang mempengaruhi stres Memberikan latihan pengelolaan stres Tes Memberikan pertanyaan kepada mahasiswa secara acak dengan 3 pertanyaan: dan mencatat • • • • Memperhatikan Mencatat Bertanya Bertanya Power poin dan LCD 3 Penutup • • • • L. jelaskan model dan nilai promosi kesehatan HBM Menjawab pertanyaan yang diajukan dosen Memperhatikan dan mencatat menyimpulkan .

Evaluasi Materi ini akan diujikan pada ujian tengah semester dengan jumlah 5 soal dam bentuk objektif tes dan pada UAS dengan jumlah 2 soal. fratidina (2009) promosi kesehatan untuk mahasiswa kebidanan. S. Jakarta. Syafrudin.• Umpan balik Memberikan umpan balik kepada mahasiswa yang telah menjawab pertanyaan • Tindak lanjut Memberitahu mahasiswa tentang materi selanjutnya jenis-jenis pendekatan dalam promosi kesehatan R. Referensi 1 . Cetakan pertama. . hal 83-87.

503 / 2 SKS (T:2) : 2x50’ : 6 (enam) . Tujuan Instruksional 1.SATUAN ACARA PENGAJARAN Matakuliah Kode Matakuliah/SKS Waktu Pertemuan Pertemuan ke T. Umum : Promosi Kesehatan : Bd.

Sub Pokok Bahasan  Pengertian etika  Pengertian moral  Hal-hal yang harus dilakukan dalam etika promosi kesehatan W. hal-hal yang harus dilakukan dalam etika promosi kesehatan U. Kegiatan Belajar Mengajar. Media dan Alat Pengajaran no 1. pengertian moral. Pokok Bahasan : Etika dalam promosi kesehatan V. Tahap Pendahuluan Kegiatan pengajar • • Menjelaskan TIU dan TIK Deskripsi Menjelaskan model etika dalam promosi kesehatan • relevansi/manfaat Kegiatan mahasiswa • • • Memperhatikan dan mencatat Memperhatikan dan mencatat Memperhatikan dan mencatat Media dan alat Power point dan LCD : . 2.Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa D III Akademi Kebidanan Nusantara 2000 Medan semester III akan dapat menerapkan promosi kesehatan dalam pratik pelayanan kebidanan. Khusus Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa D III Akademi Kebidanan Nusantara 2000 Medan semester III akan dapat menjelaskan pengertain etika.

2 Penyajian • • • menjelaskan manfaat dari etika dalam promosi kesehatan Menguraikan pengertian etika Menguraikan dan memberikan contoh pengertian moral Memberikan latihan halhal yang harus dilakukan dalam etika promosi kesehatan • • • • Memperhatikan Mencatat Bertanya Bertanya Power poin dan LCD 3 Penutup • Tes Memberikan pertanyaan kepada mahasiswa secara acak dengan 3 pertanyaan: • • • P. Jelaskan pengertian etika Q. Jelaskan pengertian moral R. sebutkan hal-hal yang harus dilakukan dalam etika promosi kesehatan Menjawab pertanyaan yang diajukan dosen Memperhatikan dan mencatat menyimpulkan • Umpan balik .

Y. fratidina (2009) promosi kesehatan untuk mahasiswa kebidanan. Referensi 1 . .Memberikan umpan balik kepada mahasiswa yang telah menjawab pertanyaan • Tindak lanjut Memberitahu mahasiswa tentang materi selanjutnya prinsip perubahan perilaku yang mendasari dalam promosi kesehatan X. Jakarta. Cetakan pertama. Evaluasi Materi ini akan diujikan pada ujian tengah semester dengan jumlah 5 soal dam bentuk objektif tes dan pada UAS dengan jumlah 2 soal. hal 83-87. Syafrudin.

SATUAN ACARA PENGAJARAN Matakuliah : Promosi Kesehatan .

2. proses pembentukan perilaku. Sub Pokok Bahasan :  Pengertian perilaku  Proses pembentukan perilaku  Strategi dan cara pembentukan perilaku  Bebrapa teori perilaku  Peranan perilaku terhadap kesehatan . peranan perilaku terhadap kesehatan. klasifikasi perilaku kesehatan. strategi dan cara pembentukan perilaku. Pokok Bahasan : Prinsip perubahan perilaku yang mendasari dalam promosi kesehatan C. bebrapa teori perilaku.Kode Matakuliah/SKS Waktu Pertemuan Pertemuan ke : Bd. Umum Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa D III Akademi Kebidanan Nusantara 2000 Medan semester III akan dapat menerapkan promosi kesehatan dalam pratik pelayanan kebidanan. jenjang perubahan perilaku kesehatan. Tujuan Instruksional 1. Khusus Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa D III Akademi Kebidanan Nusantara 2000 Medan semester III akan dapat menjelaskan pengertian perilaku.503 / 2 SKS (T:2) : 2x50’ : 7 (tujuh) A. B.

Kegiatan Belajar Mengajar. Media dan Alat Pengajaran no 1. Klasifikasi perilaku kesehatan  Jenjang perubahan perilaku kesehatan D. Tahap Pendahuluan Kegiatan pengajar • • Menjelaskan TIU dan TIK Deskripsi Menjelaskan prinsip prubahan perilaku yang mendasari dalam promosi kesehatn • relevansi/manfaat menjelaskan manfaat dari prinsip perubahan yang mendasari dalam promosi kesehatan Menguraikan pengertian perilaku Menguraikan proses pembentukkan perilaku Memberikan contoh strategi dan cara pembentukan perilaku Menguraikan beberapa Kegiatan mahasiswa • • • Memperhatikan dan mencatat Memperhatikan dan mencatat Memperhatikan dan mencatat Media dan alat Power point dan LCD 2 Penyajian • • • • • • • • Memperhatikan Mencatat Bertanya Bertanya Power poin dan LCD .

• • • teori perilaku Memberikan latihan peranan perilaku terhadap kesehatan Menguraikan contoh klasifikasi perilaku kesehatan Menguraikan jenjang perubahan perilaku kesehatan 3 Penutup • Tes Memberikan pertanyaan kepada mahasiswa secara acak dengan 3 pertanyaan: • • • S. Jelaskan pengertian perilaku T. Jelaskan peranan perilaku terhadap kesehatan Menjawab pertanyaan yang diajukan dosen Memperhatikan dan mencatat menyimpulkan • Umpan balik . Sebutkan beberapa teori perilaku U.

F. Syafrudin. Evaluasi Materi ini akan diujikan pada ujian tengah semester dengan jumlah 5 soal dam bentuk objektif tes dan pada UAS dengan jumlah 2 soal. fratidina (2009) promosi kesehatan untuk mahasiswa kebidanan. Cetakan pertama.Memberikan umpan balik kepada mahasiswa yang telah menjawab pertanyaan • Tindak lanjut Memberitahu mahasiswa selanjutnya UTS E. . Referensi 1 . Jakarta. hal 113-127.

.

tipe belajar. Tujuan Instruksional 1. faktor-faktor yang mempengaruhi belajar. Khusus Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa D III Akademi Kebidanan Nusantara 2000 Medan semester III akan dapat menjelaskan definisi belajar. Pokok Bahasan Proses pembelajaran di dalam promosi kesehatan C. Umum Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa D III Akademi Kebidanan Nusantara 2000 Medan semester III akan dapat menerapkan promosi kesehatan dalam pratik pelayanan kebidanan. faktor-faktor penyebab kejenuhan belajar B. Sub Pokok Bahasan :  Defenisi belajar  Proses belajar .503 / 2 SKS (T:2) : 2x50’ : 9 (sembilan) A. pengertian kejenuhan belajar.SATUAN ACARA PENGAJARAN Matakuliah Kode Matakuliah/SKS Waktu Pertemuan Pertemuan ke : Promosi Kesehatan : Bd. perbedaan belajar antara orang dewasa dengan anak-anak. 2. halangan terhadap pendidikan dan rintangan terhadap pembelajaran. proses belajar.

 Tipe belajar  Perbedaan belajar orang dewasa dengan anak-anak  Faktor-faktor yang mempengaruhi belajar  Halangan terhadap pendidikan dan rintangan terhadap pembeljaran  Pengertian kejenuhan belajar  Faktor-faktor penyebab kejenuhan belajar D. Tahap Pendahuluan Kegiatan pengajar • • Menjelaskan TIU dan TIK Deskripsi Menjelaskan proses pembelajaran di dalam promosi kesehatan • relevansi/manfaat menjelaskan manfaat dari proses pembelajaran di dalam promosi kesehatan Menguraikan definisi belajar Menguraikan proses belajar Menguraikan tipe belajar Kegiatan mahasiswa • • • Memperhatikan dan mencatat Memperhatikan dan mencatat Memperhatikan dan mencatat Media dan alat Power point dan LCD 2 Penyajian • • • • • • • Memperhatikan Mencatat Bertanya Bertanya Power poin dan LCD . Media dan Alat Pengajaran no 1. Kegiatan Belajar Mengajar.

faktor yang mempengaruhi kejenuhan belajar W. Sebutkan defines belajar X. Jelaskan faktor.• • • • Menguraikan perbedaan belajar antara orang dewasa dan anak-anak Menguraikan faktor-faktor yang mempengaruhi belajar Memberikan contoh halangan terhadap pendidikan dan rintangan terhadap pembelajaran Memberikan contoh dan latihan faktor-faktor penyebab kejenuhan belajar 3 Penutup • Tes Memberikan pertanyaan kepada mahasiswa secara acak dengan 3 pertanyaan: • • • V. Jelaskan perbedaan pembelajaran orang dewasa dan anak-anak Menjawab pertanyaan yang diajukan dosen Memperhatikan dan mencatat menyimpulkan .

F.Prinsip Promosi Kesehatan Dalam Bidang Keperwatan. Referensi 1 .(2007). Prinsip. Jakarta: infomedia .• Umpan balik Memberikan umpan balik kepada mahasiswa yang telah menjawab pertanyaan • Tindak lanjut Memberitahu mahasiswa tentang materi selanjutnya komunikasi dalam masyarakat E. Taufik M. Evaluasi Materi ini akan diujikan pada ujian tengah semester dengan jumlah 5 soal dam bentuk objektif tes dan pada UAS dengan jumlah 2 soal.

.

B. Khusus Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa D III Akademi Kebidanan Nusantara 2000 Medan semester III akan dapat menjelaskan definisi dan konsep dasar komunikasi. prinsip-prinsip dasar komunikasi.503 / 2 SKS (T:2) : 2x50’ : 10 (sepuluh) A. Pokok Bahasan Komunikasi dalam masyarakat C. proses komunikasi dalam masyarakat. unsur-unsur komunikasi. Tujuan Instruksional 1. Umum Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa D III Akademi Kebidanan Nusantara 2000 Medan semester III akan dapat menerapkan promosi kesehatan dalam pratik pelayanan kebidanan. macam-macam komunikasi rencana program. 2.SATUAN ACARA PENGAJARAN Matakuliah Kode Matakuliah/SKS Waktu Pertemuan Pertemuan ke : Promosi Kesehatan : Bd. Sub Pokok Bahasan : . metodologi komunikasi kesehatan masyarakat.

Tahap Pendahuluan Kegiatan pengajar • • Menjelaskan TIU dan TIK Deskripsi Menjelaskan komunikasi dalam masyarakat • relevansi/manfaat menjelaskan manfaat dari komunikasi dalam masyarakat Menguraikan definisi dan konsep dasar komunikasi Menguraikanunsur-unsur Kegiatan mahasiswa • • • Memperhatikan dan mencatat Memperhatikan dan mencatat Memperhatikan dan mencatat Media dan alat Power point dan LCD 2 Penyajian • • • • • Memperhatikan Mencatat Bertanya Power poin dan LCD . Kegiatan Belajar Mengajar. Media dan Alat Pengajaran no 1. Defenisi dan konsep dasar komunikasi  Unsure-unsur komunikasi  Proses komunikasi dalam masyarakat  Prinsip-prinsip dasar komunikasi  Macam-macam komunikasi  Rencana program komunikasi  Metodologi komunikasi kesehatan masyarakat D.

• • • • komunikasi Menguraikan priinsipprinsip dasar komunikasi Menguraikanmacammacam komunikasi Memberikan contoh rencana program komunikasi Memberikan latihan metodologi komunikasi kesehatan masyarakat • Bertanya 3 Penutup • Tes Memberikan pertanyaan kepada mahasiswa secara acak dengan 3 pertanyaan: • • • Y. Jelaskan prinsipprinsip dasar komunikasi BB. Jelaskan rencana program komunikasi Menjawab pertanyaan yang diajukan dosen Memperhatikan dan mencatat menyimpulkan . Sebutkan unsure-unsur komunikasi AA. Jelaskan definisi dan konsep dasar komunikasi Z.

. Evaluasi Materi ini akan diujikan pada ujian tengah semester dengan jumlah 5 soal dam bentuk objektif tes dan pada UAS dengan jumlah 2 soal. Jakarta : rineka cipta. F. (2007) promosi kesehatan dan ilmu perilaku. soekidjo. Notoatmodjo. Referensi 1 .• Umpan balik Memberikan umpan balik kepada mahasiswa yang telah menjawab pertanyaan • Tindak lanjut Memberitahu mahasiswa tentang materi selanjutnya komunikasi promosi kesehatan dalam pelayanan kesehatan E.

503 / 2 SKS (T:2) : 2x50’ : 11 (sebelas) A. Umum Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa D III Akademi Kebidanan Nusantara 2000 Medan semester III akan dapat menerapkan promosi kesehatan dalam pratik pelayanan kebidanan. 2. Khusus . Tujuan Instruksional 1.SATUAN ACARA PENGAJARAN Matakuliah Kode Matakuliah/SKS Waktu Pertemuan Pertemuan ke : Promosi Kesehatan : Bd.

Sub Pokok Bahasan :  Faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi  Faktor-faktor yang menghambat komunikasi  Hal-hal yang mendasar dalam komunikasi terapetik  Teknik komunikasi terapetik D. faktor-faktor yang menghambat komunikasi.Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa D III Akademi Kebidanan Nusantara 2000 Medan semester III akan dapat menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi. Kegiatan Belajar Mengajar. hal-hal yang mendasari dalam komunikasi terapetik. Media dan Alat Pengajaran no 1. tehnik komunikasi terapetik B. Tahap Pendahuluan Kegiatan pengajar • • Menjelaskan TIU dan TIK Deskripsi Menjelaskan komunikasi promosdalam pelayanan kesehatan • relevansi/manfaat menjelaskan manfaat dari Kegiatan mahasiswa • • • Memperhatikan dan mencatat Memperhatikan dan mencatat Memperhatikan dan mencatat Media dan alat Power point dan LCD . Pokok Bahasan Komunikasi promosi kesehatan dalam pelayanan kesehatan C.

2 Penyajian • • • • komunikasi promosi kesehatan dalam pelayanan kesehatan Menguraikan faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi Menguraikan faktorfaktor yang menghambat komunikasi Memberikan contoh komunikasi terapetik Memberikan latihan tehnik komunikasi terapetik • • • • Memperhatikan Mencatat Bertanya Bertanya Power poin dan LCD 3 Penutup • Tes Memberikan pertanyaan kepada mahasiswa secara acak dengan 3 pertanyaan: • • • CC. Sebutkan faktorfaktor yang mempengaruhi komunikasi DD.Jelaskan tehnik komunikasi terapetik Menjawab pertanyaan yang diajukan dosen Memperhatikan dan mencatat menyimpulkan . Sebutkan faktorfaktor yang menghambat komunikasi EE.

wahid Mubarak. 333-338. (2007). hal. Referensi 1 . F. Promosi kesehatan dalam ilmu perilaku. . Jakarta: Rineka Cipta. Iqbal.• Umpan balik Memberikan umpan balik kepada mahasiswa yang telah menjawab pertanyaan • Tindak lanjut Memberitahu mahasiswa tentang materi selanjutnya metode dan media dalam promosi kesehatan E. Evaluasi Materi ini akan diujikan pada ujian tengah semester dengan jumlah 5 soal dam bentuk objektif tes dan pada UAS dengan jumlah 2 soal.

503 / 2 SKS (T:2) : 2x50’ .SATUAN ACARA PENGAJARAN Matakuliah Kode Matakuliah/SKS Waktu Pertemuan : Promosi Kesehatan : Bd.

ciri pemberdayaan masyarakat. Media dan Alat Pengajaran . Tujuan Instruksional 1. batasan pemberdayaan masyarakat. Kegiatan Belajar Mengajar. Sub Pokok Bahasan :  Latar belakang pemberdayaan masyarakt di bidang kesehatan  Batasan pemberdayaan masyarakat  Prinsip pemberdayaan masyrakat  Ciri pemberdayaan masyarakat  Indicator hasil pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan D.Pertemuan ke : 12 (dua belas) A. Umum Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa D III Akademi Kebidanan Nusantara 2000 Medan semester III akan dapat menerapkan promosi kesehatan dalam pratik pelayanan kebidanan. Pokok Bahasan Pemberdayaan masyarakat di bidang promosi kesehatan C. 2. indikator hasilpemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan B. Khusus Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa D III Akademi Kebidanan Nusantara 2000 Medan semester III akan dapat menjelaskan latar belakang pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan.

no 1. Tahap Pendahuluan Kegiatan pengajar • • Menjelaskan TIU dan TIK Deskripsi Menjelaskan pemberdayaan masyarakat di bidang promosi kesehatan • relevansi/manfaat menjelaskan manfaat dari pemberdayaan masyarakat di bidang promosi kesehatan Menguraikan latar belakang pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan Menguraikan batasan pemberdayaan masyarakat Menguraikan contoh prinsip pemberdayaan masyarakat Memberikan contoh ciri pemberdayaan masyarakat Memberikan latihan pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan Kegiatan mahasiswa • • • Memperhatikan dan mencatat Memperhatikan dan mencatat Memperhatikan dan mencatat Media dan alat Power point dan LCD 2 Penyajian • • • • • • • • • Memperhatikan Mencatat Bertanya Bertanya Power poin dan LCD .

Jelaskan prinsip pemberdayaan masyarakat Menjawab pertanyaan yang diajukan dosen Memperhatikan dan mencatat menyimpulkan • Umpan balik Memberikan umpan balik kepada mahasiswa yang telah menjawab pertanyaan • Tindak lanjut Memberitahu mahasiswa tentang materi selanjutnya . Jelaskan prinsip pemberdayaan masyarakat GG. Jelaskan latar belakang pemberdayaan masyarakat HH.3 Penutup • Tes Memberikan pertanyaan kepada mahasiswa secara acak dengan 3 pertanyaan: • • • FF.

(2007). soekidjo.upaya promosi kesehatan E. 107-121 . Evaluasi Materi ini akan diujikan pada ujian tengah semester dengan jumlah 5 soal dam bentuk objektif tes dan pada UAS dengan jumlah 2 soal. F. hal. Notoatmodjo.promosi kesehatan dan ilmu perilaku. Referensi 1 . Jakarta : Rineka cipta.

Pokok Bahasan Upaya Promosi Kesehatan C. upaya-upaya promosi kesehatan yang dilakukan saat persalinan. Sub Pokok Bahasan : . upaya-upaya promosi kesehtan yang dilakukan PUS/WUS B. Umum Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa D III Akademi Kebidanan Nusantara 2000 Medan semester III akan dapat menerapkan promosi kesehatan dalam pratik pelayanan kebidanan. Khusus Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa D III Akademi Kebidanan Nusantara 2000 Medan semester III akan dapat menjelaskan upaya promosi kesehatan pranikah. upaya-upaya promosi kesehatan yang dilakukan pada saat nifas. 2. upaya-upaya promosi kesehatan yang dilakukan pada saat menyusui. Tujuan Instruksional 1. upaya-upaya promosi kesehatan yang dilakukan saat hamil.SATUAN ACARA PENGAJARAN Matakuliah Kode Matakuliah/SKS Waktu Pertemuan Pertemuan ke : Promosi Kesehatan : Bd.503 / 2 SKS (T:2) : 2x50’ : 13 (tiga belas) A.

Media dan Alat Pengajaran no 1. Tahap Pendahuluan Kegiatan pengajar • • Menjelaskan TIU dan TIK Deskripsi Menjelaskan promosi kesehatan • 2 Penyajian • • upaya Kegiatan mahasiswa • • • Memperhatikan dan mencatat Memperhatikan dan mencatat Memperhatikan dan mencatat Media dan alat Power point dan LCD relevansi/manfaat menjelaskan manfaat dari upaya promosi kesehatan Menguraikan upaya promosi kesehatan pranikah Menguraikan upaya-upaya promosi kesehatan yang • • • • Memperhatikan Mencatat Bertanya Bertanya Power poin dan LCD . Upaya rpomosi kesehatan pranikah  Upaya-upaya promosi kesehatan yang dilakukan pada saat hamil  Upaya-upaya promosi kesehatan yang dilakukan pada saat persalinan  Upaya-upaya promosi kesehatan yang dilakukan pada saat nifas  Upaya-upaya promosi kesehatan yang dilakukan pada saat menyususi  Upaya-upaya promosi kesehatn yang dilakukan pada PUS/WUS D. Kegiatan Belajar Mengajar.

Jelaskan upaya-upaya promosi kesehatan pada saat menyusui JJ.• • • • dilakukan pada saat hamil Menguraikan upaya-upaya yang dilakukan pada saat persalinan Memberikan contoh upaya-upaya promosi kesehatan yang dilakukan pada saat nifas Memberikan contoh upaya-upaya promosi kesehatan yang dilakukan pada saat menyusui Memberikan latihan terkait promosi kesehatan pada pada PUS/WUS 3 Penutup • Tes Memberikan pertanyaan kepada mahasiswa secara acak dengan 3 pertanyaan: • • • II. Jelaskan upaya-upaya promosi kesehatan yang dilakukan pada saat nifas Menjawab pertanyaan yang diajukan dosen Memperhatikan dan mencatat menyimpulkan .

syafrudin. Promosi kesehatan untuk mahasiswa kebidanan. fratidina. hal. Evaluasi Materi ini akan diujikan pada ujian tengah semester dengan jumlah 5 soal dam bentuk objektif tes dan pada UAS dengan jumlah 2 soal. Referensi 1 . Jelaskan upayaupaya yang dilakukan pada saat persalinan • Umpan balik Memberikan umpan balik kepada mahasiswa yang telah menjawab pertanyaan • Tindak lanjut Memberitahu mahasiswa tentang materi selanjutnya upaya kesehatn dalam pelayanan kebidanan E.Jakarta.cetakan pertama.(2009).KK. 181-192 . F.

Pokok Bahasan Upaya kesehatan dalam pelayanan kebidanan C. upaya kuratif dalam pelayanan kebidanan. Umum Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa D III Akademi Kebidanan Nusantara 2000 Medan semester III akan dapat menerapkan promosi kesehatan dalam pratik pelayanan kebidanan. Sub Pokok Bahasan : . 2. upaya rehabilitatif dalam pelayanan kebidanan B. Tujuan Instruksional 1. upaya preventif dalam pelayanan kebidanan.503 / 2 SKS (T:2) : 2x50’ : 14 (empat belas) A. Khusus Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa D III Akademi Kebidanan Nusantara 2000 Medan semester III akan dapat menjelaskan upaya promotif dalam pelayanan kebidanan.SATUAN ACARA PENGAJARAN Matakuliah Kode Matakuliah/SKS Waktu Pertemuan Pertemuan ke : Promosi Kesehatan : Bd.

Tahap Pendahuluan Kegiatan pengajar • • Menjelaskan TIU dan TIK Deskripsi Menjelaskan upaya kesehatan dalampelayanan kebidanan • relevansi/manfaat menjelaskan upaya kesehatan dalam peyanan kebidanan Menguraikan upaya promotif dalam pelayanan kebidanan Menguraikan upaya preventif dalam pelayanan kebidanan Memberikan contoh upaya kuratif dalam pelayanan kebidanan Kegiatan mahasiswa • • • Memperhatikan dan mencatat Memperhatikan dan mencatat Memperhatikan dan mencatat Media dan alat Power point dan LCD 2 Penyajian • • • • • • • Memperhatikan Mencatat Bertanya Bertanya Power poin dan LCD . Kegiatan Belajar Mengajar. Upaya promotif dalam pelayanan kebidanan  Upaya preventif dalam pelayanan kebidanan  Upaya kuratif dalam pelayanan kebidanan  Upaya rehabilitative dalam pelayanan kebidanan D. Media dan Alat Pengajaran no 1.

Jelaskan upaya rehabilitatif dalam pelayanan kebidanan • Umpan balik Memberikan umpan balik kepada mahasiswa yang telah menjawab pertanyaan Menjawab pertanyaan yang diajukan dosen Memperhatikan dan mencatat menyimpulkan .• • 3 Penutup • Memberikan latihan Memberikan contoh upaya-upaya promosi kesehatan yandalam upaya rehabilitative dalam pelayanan kebidanan Tes Memberikan pertanyaan kepada mahasiswa secara acak dengan 4 pertanyaan: • • • LL. Jelaskan upaya kuratif dalam pelayanan kebidanan OO.Jelaskan upaya promotif dalam pelayanan kebidanan MM. Jelaskan upaya preventif dalam pelayanan kebidanan NN.

F. Jakarta. Hal. Evaluasi Materi ini akan diujikan pada ujian tengah semester dengan jumlah 5 soal dam bentuk objektif tes dan pada UAS dengan jumlah 2 soal. Promosi kesehatan untuk mahasiswa kebidanan.• Tindak lanjut Memberitahu mahasiswa tentang materi selanjutnya peran bidan dalam kegiatan promosi kesehatan E. Referensi 1. 215-222 . fraditina. Cetakan pertama. Syafruddin.( 2009).

Pokok Bahasan Peran bidan dalam kegiatan promosi kesehatan . Umum Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa D III Akademi Kebidanan Nusantara 2000 Medan semester III akan dapat menerapkan promosi kesehatan dalam pratik pelayanan kebidanan. peran bidan dalam dalam promosi kesehatan sebagai motivator G.SATUAN ACARA PENGAJARAN Matakuliah Kode Matakuliah/SKS Waktu Pertemuan Pertemuan ke : Promosi Kesehatan : Bd. Tujuan Instruksional 2. peran bidan dalam promosi kesehatan sebagai fasilitator. perann bidan dalam promosi kesehatan sebagai edukator. 2. Khusus Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa D III Akademi Kebidanan Nusantara 2000 Medan semester III akan dapat menjelaskan peran bidan dalam promosi kesehatan sebagai advokator.503 / 2 SKS (T:2) : 2x50’ : 15 (lima belas) A.

Tahap Pendahuluan Kegiatan pengajar • • Menjelaskan TIU dan TIK Deskripsi Menjelaskan peran bidan dalam kegiatan promosi kesehatan • relevansi/manfaat menjelaskan peran bidan dalam kegiatan promosi kesehatan Menguraikan peran bidan dalam promosi kesehatan sebagai advokator Kegiatan mahasiswa • • • Memperhatikan dan mencatat Memperhatikan dan mencatat Memperhatikan dan mencatat Media dan alat Power point dan LCD 2 Penyajian • • • • Memperhatikan Mencatat Bertanya Power poin dan LCD . Media dan Alat Pengajaran no 1. Sub Pokok Bahasan :  Peran bidan dalam proomosi kesehatan sebagai advokator  Peran bidan dalam promosi kesehatan sebagai edukator  Peran bidan dalam promosi kesehatan sebagai fasilitator  Peran bidan dalam promosi kesehatan dalam proomosi kesehatan sebagai motivator D. Kegiatan Belajar Mengajar.H.

• • • Menguraikan peran bidan dalam promosi kesehatan sebagai edukator Memberikan contoh peran bidan dalam promosi kesehatan sebagai fasilitator Memberikan latihan terkait peran bidan dalam promosi kesehatan sebagai motivator Tes Memberikan pertanyaan kepada mahasiswa secara acak dengan 4 pertanyaan: • Bertanya 3 Penutup • • • • PP. Jelaskan secara singkat peran bidan dalam promosi kesehatan sebagai advokator QQ. Jelaskan secara singkat peran bidan dalam promosi kesehatan sebagai fasilitaor RR. Jelaskan peran bidan dalam promosi kesehatan sebagai motivator Menjawab pertanyaan yang diajukan dosen Memperhatikan dan mencatat menyimpulkan .

• Umpan balik Memberikan umpan balik kepada mahasiswa yang telah menjawab pertanyaan • Tindak lanjut Memberitahu mahasiswa yang selanjutny UAS E. F. Hal. 203-213 . Syafruddin. fraditina. Jakarta. Referensi 1. Evaluasi Materi ini akan diujikan pada ujian tengah semester dengan jumlah 5 soal dam bentuk objektif tes dan pada UAS dengan jumlah 2 soal. Promosi kesehatan untuk mahasiswa kebidanan. Cetakan pertama.( 2009).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful