http://novsukkie.blogspot.com/2013/05/alat-peraga-dan-media-pembelajaran.

html

ALAT PERAGA dan MEDIA PEMBELAJARAN
sekarang akan membahas tentang alat peraga dan media pembelajaran,,,, ALAT PERAGA dan MEDIA PEMBELAJARAN

Alat peraga sering disebut dengan media pembelajaran. Karena alat peraga merupakan bagian dari media pembelajaran. Alat peraga adalah alat yang digunakan untuk proses belajar mengajar dan sebagai pendukung dalam pembelajaran. Alat peraga ini berwujud riil atau nyata. Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan pesan dari pengirim kepada penerima untuk menyampaikan materi dari guru kepada siswa sehingga dapat merangsang pemikiran siswa. Media pembelajaran yang wujudnya riil atau nyata dapat disebut juga dengan alat peraga. Karena hal di atas, kali ini sayaakan membahas tentang media pembelajaran,

Melalui media pesan dapat disampaikan guru kepada siswa dengan menggunakan bantuan metode pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Dalam komunikasi, biasanya guru berperan sebagai communicator yang menyampaikan pesan/bahan ajar kepada siswa melalui sebuah media.

Membuat konkret konsep-konsep yang abstrak. Menghadirkan objek-objek yang terlalu berbahaya atau sukar didapat ke dalam lingkungan belajar. Memperlihatkan gerakan-gerakan yang terlalu cepat atau lambat. Media pembelajaran dikelompokkan menjadi 3 jenis: A. Sebagai sarana bantu untuk mewujudkan situasi pembelajaran yang lebih efektif. Media visual dibagi menjadi 2. 2. 4. Fungsi media pembelajaran: 1.Dari gambar tersebut dapat diketahui bahwa pengetahuan seseorang paling banyak didapat dari visual atau melalui indera penglihatan. padahal sering ditemui pengajaran secara tradisional. Alat proyeksi yang hanya menampilkan gambar yaitu: o Opaque projektion : proyektor yang mampu memproyeksikan benda-benda dan gambar/huruf dari halaman buku atau majalah ataulembar kertas biasa. Nilai dan manfaat media pembelajaran bagi guru: 1. antara lain: 1. Menampilkan objek yang terlalu besar atau kecil. 3. Media visual yang dapat diproyeksikan: media yang menggunakan alat proyeksi (projector) sehingga gambar atau tulisan nampak pada layar. Media visual : media yang hanya dapat dilihat melalui indera penglihatan saja. Untuk mempercepat proses belajar. . 2. Kondisi ini kurang menguntungkan dalam pencapaian tujuan pembelajaran.

sumber: http://spydersden.jpg .jpg o Oveehead projektion (OHP) : memproyeksikan gambar-gambar dan huruf-huruf melalui lembar plastik yang tembus cahaya (transparan).wordpress.com/2012/04/slide-projector.jpg o Slide proyektor : memproyeksikan gambar-gambar dan huruf-huruf melalui lembar plastik yang tembus cahaya (transparan).sumber: hhttp://www.audiolinks. sumber: http://evergreen-rentals.com/images/overheadprojector.files.com/tek9/images/products/opaque.

Selain itu juga terdapat kelemahannya. 2) Banyak tersedia dalam buku-buku. tempat. a. kalender. Macam-macam media grafis: 1) Grafik (graph) : digunakan untuk menerangkan perkembangan dan perbandingan sesuatu secara singkat dan jelas dengan menggunakan data statistik. majalah. . 3) Mudah menggunakannya. Misalnya gambar tentang manusia. surat kabar. 6) Dapat digunakan pada setiap pelajaran. kelemahannya antara lain: 1) Ukuran gambarnya terlalu kecil. 5) Tidak mahal. Alat proyeksi yang menamplkan gambar bergerak yaitu : Filmstrip Film Liquid Cristal Display (LCD) Media visual yang tidak diproyeksikan Gambar fotografik. angka dan bentuk simbol (lambang). dsb. Grafis (graphic) : media 2 dimensi dan bukan gambar fotografik yang dirancang secara khusus untuk mengkomunikasikan pesan pembelajaran.o o o 2. b. 4) Tidak memerlukan peralatan lain. binatang. Media ini mengungkapkan fakta melalui kata-kata. sumber : dokumen pribadi Keuntungan menggunakan media fotografik antara lain: 1) Dapaat menerjemahkan ide/gagasan yang sifatnya abstrak menjadi lebih realistik. atau objek lainnya. 2) Tidak bisa menimbulkan kesan gerak.

contoh grafik batang (bar graph) Contoh Grafik Lingkaran (pie/circle graph) Contoh Grafik garis (line graph) .

organisasi kelas. pramuka. perbandingan. Bagan organisasi (organization chart). OSIS. menggambarkan struktur organisasi badan pemerintahan. dsb. biasanya dibuat dalam kolom-kolom yang tegak lurus untuk mempermudah melihat perbandingan secara langsung poin-poin yang ada dalam kolom-kolom tersebut. klasifikasi dan organisasi. perkumpulan pemuda. perkembangan. .2) Bagan (chart) : fungsi utamanya adalah untuk menunjukkan hubungan. Contoh bagan pohon hasil produksi hutan Contoh bagan arus olahan bahan mentah menjadi kue bagan tabel (tabular chart).

Poster dapat digunakan sebagai pemberitahuan/informasi. memotivasi. menarik. peringatan atau menangkap perhatian siswa.com/2012/05/posterlindungi-hutan. terutama dengan garis-garis.wordpress.info/wp-content/uploads/2011/08/sistempencernaan.3) Diagram: suatu gambaran sederhana yang dirancang untuk memperlihatkan tentang cara kerja dari suatu benda. penggugah selera. Sumber : http://arinil.jpg 4) Poster : suatu kombinasi visual yang terdiri atas gambar dan pesan/tulisan. Sumber : http://www. peringatan. Bentuknya bisa berupa kartun tunggal atau berseri. Menunjukkan bagian-bagian terpenting saja yang diperlihatkan dari suatu benda yang digambarkan.files. . biasanya menggunakan warna yang mencolok. dan cepat dibaca seseorang.kesehatanmasyarakat.png Kartun mempunyai manfaat dalam kegiatan pembelajaran untuk menjelaskan rangkaian isi bahan dalam suatu urutan yang logis dan mengandung makna secara mudah.

Media ini merupakan tiruan benda nyata. Media ini berfungsi memberi pengalaman langsung kepada siswa. Media relia merupakan objek nyata dari suatu benda.xx. tengkorak manusia dari bahan plastik. Media tiga dimensi Media tiga dimensi ini dapat disebut juga dengan alat peragakarena bentuknya nyata dan dapat dilihat dari berbagai sumber. Contohnya : patung para pahlawan. memperlihatkan luar dari suatu objek.fbcdn. antara lain: 1) Model padat. Media model terdiri atas 6 jenis. Contohnya : mata uang antar negara.net/hphotos frc1/394579_10151303765644027_804983129_n. Media model merupakan media tiga dimensi yang sering digunakan dalam pembelajaran. .Sumber : http://sphotos-a. patung binatang.com/_-6y0hZVM55s/S4EkwelnTsI/AAAAAAAAD4k/G6evnSlu2M/s400/kartun+benny+and+mice+fish+teraphy.jpg Sumber : http://4.blogspot.bp.jpg c.

Sumber : http://smadapas.info/top/biologi/11/MP_347_files/hal10. model bola mata manusia. Sumber : http://www.panjebarsemangat.id/wp-content/uploads/2012/06/27-6-PatungNyi-Ageng-Serang-ing-tengah-kutha-Wates-Kulon-Progo.chiropractictools. susunan yang terdiri atas beberapa objek yang lengkat atau sedikitnya bagian yang penting. Contoh : torso.sumber : http://www.jpg .jpg 3 3 ) Model susun. model telinga manusia. Contohnya : model lapisan bumi. dsb. mempertunjukkan bagaimana sebuah objek terlihat apabila bagian permukaan objek tersebut diangkat atau dipotong untuk mengetahui susunan didalamnya.com/graphics/torso_21.jpg 2) Model penampang.co.

Contoh : model pesawat telepon. yang bertujuan memberikan gambaran tentang suatu suasana atau keadaan yang sebenarnya.sch. 5 5 ) Mock-up. 1. Contoh : susunan perangkap tikus.4 4 ) Model kerja. sebuah bentuk tiruan 3 dimensi mini. keadaan sebuah pabrik/industri. dll. tiruan yang memperlihatkan proses kerja dari suatu objek. .dsb.id/userfiles/008. sumber : http://www. sistem peredaran darah manusia. pemandangan alam. dll. model mesin uap.sdn1sambonggede.jpg 6) Diorama. penyederhanaan dari susunan bagian pokok suatu proses yang lebih rumit. jaringan listrik pedesaan. Contoh : interior pada sebuah gua. model perahu dayung.

com/5yH200b1uU8/TdwPmKrY4oI/AAAAAAAAAXA/T0ytzivlYXU/s1600/Audio-CD. Jenis media ini meliputi: 1. perhatian dan kemauan para siswa untuk mempelajari bahan ajar.jpeg .com/_XlPEohH3s-k/THT9gNM43YI/AAAAAAAAAg/nwrYVEXOYhU/s1600/cover.sumber : http://curug-gentong.jpg A. CD Audio sumber :http://3.blogspot.blogspot. Radio sumber : http://theworldprovider. Media Audio : media yang mengandung pesan dalam bentuk auditif (hanya dapat didengar) yang dapat merangang pemikiran. Kaset audio sumber : http://3.com/wp-content/uploads/2012/09/curug-15.bp.bp.jpg 2. perasaan.jpg 3.net/site/wp-content/uploads/2013/04/1294063011radio.

KIT IPA Perangkat IPA ini disimpan dalam sebuah peti. gerhana bulan dan gerhana matahari. laut. Film dapat membantu siswa untuk mengetahui berbagai ekosistem dunia seperti padang rumput. Peredaran darah merupakan konsep yang abstrak. diukur dan dipelajari melalui proses sains lainnya. Contoh media ini adalah video/televisi pendidikan. dan benda gas seperti asap. Globe atau globe dunia : sejenis peta. benda cair seperti air. Model : gambaran bentuk asli dari benda tiga dimensi. padang pasir. 3. tundra. 6. Internet dapat memberikan banyak informasi dan mendorong peningkatan ketrampilan berpikir siswa. Pada globe terdapat pembagian lautan dan daratan serta dapat diputarkan seperti bumi. antara lain: 1. Benda-benda diatas dapat dibawa diruang kelas untuk diamati. dan film Carta dan slide film dapat membantu guru dalam membelajarkan siswa tentang benda dan makhluk hidup yang jauh dari lingkungan siswa. dsb. 7. benda padat seperti batu. Globe sering digunakan untuk membentu siswa mengetahui letak suatu tempat dibumi. Komputer Komputer yang dihubungkan dengan kabel telefon dapat digunakan siswa untuk mencari informasi melalui jaringan internet. Peti ini berisi alat bantu belajar IPA yang sering dijumpai didalam sebuah laboratorium. 5. Metode belajar seperti ini sering disebut dengan metode karya wisata. Media pembelajaran yang dapat digunakan guru untuk membantu pemahaman siswa SD dalambelajar IPA. Alat-alat laboratorium ini dapat digunakan oleh guru dan siswa. makhuk hidup seperti tumbuhan dan hewan. dan program CD interaktif. Lingkungan alam Untuk mengenali lingkungan alam. Dengan menggunakan infocus guru dapat mempertunjukkan segala sesuatu yang terdapat pada layar komputer atau layar laptop. Media audio-visual : kombinasi antara audio dan visual. pesawat sederhana. 4. Film animasi Film animasi tentang peredaran darah dapat lebih mudah dipahami siswa daripada menggunakan ceramah.A. siswa dibawa ketempat dimana objek yang akan dipelajari berada atau hidup. 11. sehingga film animasi dapat membantu pemahaman siswa. 2. Dengan menggunakan benda konkrit kualitas pembelajaran IPA siswa akan meningkat karena siswa tidak hanya belajar produk IPA tapi juga memperoleh pengetahuan IPA melalui katrampilan proses sains. Mikroskop dan kaca pembesar . Carta. Benda-benda konkrit (nyata) : benda apa adanya atau benda asli tanpa perubahan. program slide suara. 9. video/televisi instruksional. 8. Torso memudahkan siswa mempelajari anatomi tubuh manusia. Misalnya model paru-paru yang dapat dioperasikan siswa agar memahami cara kerja paru-paru manusia dan apa yang menyebabkan paru-paru mengembang dan mengempis. Misalnyasiswa dibawa kekebun sekolah untuk mengamati bagianbagian tumbuhan. Torso : model potongan tubuh manusia. diklasifikasikan. Infocus dan reflector Infocus dapat digunakan untuk memperbesar gambar dari transparan. 10. slide film. Contoh media benda konkrit adalah rrangakina listrik.

Simpanlah charta dengan baik.jpg http://www. Media Pembelajaran Sekolah Dasar.co.sdn1sambonggede. Tempatkan media pembelajaran seperti semula.kesehatanmasyarakat.com/images/overheadprojector.com/graphics/torso_21. 7.jpg http://www.audiolinks. Memperbaiki sendiri bila ada kerusakan kecil. o Padukan kutub S dengan kutub N.Mikroskop merupakan sebuah alat yang dapat digunakan untuk mengamati benda yang kecil dengan mata telanjang.com/2012/04/slide-projector.jpg http://smadapas.chiropractictools.xx.bp.sch.blogspot. dkk.panjebarsemangat. Sedangkan kaca pembesar digunakan untuk melihat benda-benda yang kurang jelas.id/userfiles/008. 2. Model dan torso dapat ditutup dengan penutup plastik. Beberapa saran pemeliharaan media pembelajaran. Jangan satukan magnet dengan benda-benda lainnya. antara lain: 1. DAFTAR PUSTAKA Hermawan.bp.jpg http://arinil. 2007.net/hphotos frc1/394579_10151303765644027_804983129_n. 4.files.files. Bandung : UPI Press hhttp://www.info/top/biologi/11/MP_347_files/hal10. dkk.jpg http://evergreen-rentals.jpg http://spydersden.blogspot.png http://sphotos-a.com/wp-content/uploads/2012/09/curug-15. 2007. 3.com/2012/05/posterlindungi-hutan. Tempatkan media pembelajaran pada lemari agar tidak dikotori debu atau terpapar cahaya matahari.fbcdn.jpg http://www.jpg http://3.com/_-6y0hZVM55s/S4EkwelnTsI/AAAAAAAAD4k/G6evnSlu2M/s400/kartun+benny+and+mice+fish+teraphy.jpg http://curug-gentong.jpg . o Gunakan pengunci.jpg http://www.wordpress. 5.id/wp-content/uploads/2012/06/27-6-Patung-NyiAgeng-Serang-ing-tengah-kutha-Wates-Kulon-Progo.com/tek9/images/products/opaque.jpg http://4.com/_XlPEohH3s-k/THT9gNM43YI/AAAAAAAAAg/nwrYVEXOYhU/s1600/cover.info/wp-content/uploads/2011/08/sistem-pencernaan. Lepaskanlah batu baterai dan lampu dari kedudukannya setelah digunakan. Bandung : UPI Press Widodo. misalnya memasukkan mikroskop pada wadahnya. Asep Henry. Pendidikan IPA di SD. kemudian simpan di temapt yang terpisah. o Jangan terkena panas atau api.wordpress. karena sifat kemagnetannya dapat hilang seperti pada gambar dibawah! Cara memlihara magnet antara lain: o Jangan membanting atau menjatuhkannya serta jangan benturkan dengan benda-benda lain. 6. Ari. Pemeliharaan media Media pembelajaran merupakan hal yang sangat penting karena digunakan untuk membantu siswa dalam memahami suatu konsep IPA agar media tersebut tidak mudah rusak maka diperlukan adanya pemeliharaan.

com/5yH200b1uU8/TdwPmKrY4oI/AAAAAAAAAXA/T0ytzivlYXU/s1600/Audio-CD.net/site/wp-content/uploads/2013/04/1294063011-radio.blogspot.http://3.jpg http://theworldprovider.bp.jpeg .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful