PENDEKATAN SISTEM

OLEH ANDHIKA AL-FARISI HERI SETIYAWAN

Wong.Meredith. yaitu : Pendekatan kotak Hitam Pendekatan Teori Status Pendekatan Integrasi Komponen Pendekatan Proses Keputusan . Woodhead dan Wortman ( 1985) mengemukakan metode yang dapat dipakai dalam melakukan penekatan sistem.

Pendekatan kotak Hitam Pendekatan ini digunakan bilamana tidak ada atau sedikit sekali yang diketahui. atau hanya diketahui sebagian atau diabagaikan mengenaik kaitan atau komposisi intern dari suatu sistem Pendekatan Teori Status Fokus utama  memberi penjelasan mengenai status sistem serta pada deteksi mengenai perubahan status sistem dengan masukan yang baru. Pendekatan Integrasi Komponen Pendekatan ini berusaha menetapkan respons sistem dam bentuk prilaku komponen yang diketahui dan kaitan – kaitan komponen ini yang secara sfesifik dikenali atau ditentukan Pendekatan Proses Keputusan Pendekatan teori sistem yang bedasarkan seperangkat keputusan dan proses keputusan terpadu .

.Diagram Sistem • Gambaran suatu situasi untuk memudahkan pemahaman suatu masalah. diagram sistem – Diagram lainnya yang menunjukkan kerangka acuan. • Jenis diagram: – Diagram yang menunjukkan relasi sebagai suatu bagian (parsial) dari keseluruhan.

Biasanya graf dipakai untuk menunjukan hubungan objek diskret dengan suatu himpunan dengan aturan tertentu. maka jaringan ini diistilahkan sebagai disgraf. . Teori graf dapat merupakan suatu digram yang menunjukan hubungan antara banyak variable dalam suatu struktur jaringan dengan suatu aturan tertentu. Tetapi bila terdapat beberapa sisi atau hubungan antara dua variable atau simpul maka disebut dengan multigraf atau graf ganda. Jika suatu hubungan ditunjukan sebagi suatu garis panah yang menyatakan arah pengaruh. seorang pakar matematika berkebangsaan swiss pada tahu 1736.Teori Graf Teori ini pertama kali diperkenalkan oleh Leonard Euler.

Teori Graf Digram pengaruh Diagram pengaruh ( sebab – akibat ) adalah salah satu jenis digraf yang digunakan dalam metode sistem dinamis untuk sistem ekonomi sosial Model sistem dinamis Penyusunan model sistem dinamis didasarkan ada informasi deskriftif sistem nyatanya. biasanya akan dibuat terlebih dahulu model global yang biasa disebut model sebab akibat. Kemudian secara grafis dibuat model sistem dinamisnya. Bedasarkan informasi deskriptif. .

Teori Graf Model sistem dinamis Dibagi menjadi 2 jenis : diagram kausal dan diagram rate ( aliran laju ) merupakan perangkat yang digunakan untuk menyatakan keterkaitan dinamik dan hubungan sebab akibat antara berbagai variable yang ada didalam suatu sistem level ( tingkatan ) Level merupakan variable yang menyatakan keadaan sistem pada suatu waktu. dan berfungsi mengakumulasi tiap tindakan .

Teori Graf Model sistem dinamis Rate menyatakan suatu tindakan atau kebijaksanaan yang menggambarkan laju perubahan suatu level Simbol – simbol yang di gunakan dalam diagram rate dan level : Variable Level L Suatu besaran fisik yang bisa diukur secara langsung Variable Rate Variable Tambahan ( Auxiliary ) R Merupakan gambaran laju tumbuh yang mempengaruhi level Bertujuan untuk menyederhanakan hubungan informasi antara variable level dengan variable rate Variable yang berasala dari luar sistem. yang mempengaruhi sistem yang diamati A Variable Eksogen .

Teori Graf Model sistem dinamis Simbol – simbol yang di gunakan dalam diagram rate dan level : Konstanta Suatu besaran yang tidak berubah nilainya selamanya waktu simulasi Sumber ( source ) dan Endapan ( sinks ) Menyatakan tentang sesuatu diluar sistem yang sifatnya tidak terbatas atau tidak pernah habis .

Aliran sinyal dapat diusut atau ditelusuri dengan mudah melalui diagram set persamaan.Diagram Blok Diagram blok suatu sistem adalah suatu penyajian bergambar dari fungsi yang dilakukan oleh setiap komponen/elemen dari aliran sinyalnya (arah tujuannya). Lup positif dan negatif dapat dengan mudah diidentifikasi. 2. . Keuntungan utama diagram blok dibandingkan dengan penyajian matematika yang abstrak belaka adalah : 1.

yakni apakan non linear.Diagram Blok Keuntungan utama diagram blok dibandingkan dengan penyajian matematika yang abstrak belaka adalah : 3. Mudah untuk membentuk diagram blok keseluruhan sistem hanya dengan menggunakan blok – blok komponen sesuai dengan aliran sinyal dan memungkinkan perhitungan kontribusi tiap komponen pada performasi keseluruhan sistem. 4. Sifat model dapat dengan mulai dinilai. . linear dan sebagainya.

. • Garis menandakan hubungan yang dinyatakan dengan ungkapan/kalimat. biasanya menyangkut sistem aktivitas manusia. • Lingkaran menandakan elemen atau aktivitas.Diagram sistem Lunak • Suatu diagram yang mencoba menggambarkan situasi lunak.

TERIMA KASIH .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful