SEL

- Cut muThiAdin, S.Si, M.Si-

Sel
Sel adalah unit terkecil dari semua makhluk hidup, memiliki struktur dasar dan fungsi. Sel berasal dari bahasa latin cellula, yang berarti ruang kecil (Robert hooke 1665). Dikenal ada dua tipe sel, yaitu; sel prokariot dan sel eukariot. Bentuk sel dapat berupa bola, memanjang, kubus atau prisma, bentuknya sangat erat kaitannya dengan fungsinya. Sel merupakan unit terkecil yang mampu menampakkan sifat-sifat dari suatu makhluk hidup, mampu membentuk kesatuan dari penyusunnya dengan menggunakan elemen dari lingkungan, untuk tumbuh dan berkembang.

Sifat-sifat sel
Semua sel memiliki beberapa kemampuan yang berbeda-beda, yaitu: Reproduksi (binary fission/mitosis atau meiosis). Menggunakan enzim dan protein untuk mengkode gen DNA. Metabolisme Respons terhadap stimuli external dan internal. Kandungan sel berisi membran luar sel yang mengandung protein dan lipid bilayer.

yaitu: >> semua organisme hidup tersusun dari sel yang berinti >> sel adalah unit struktural dari kehidupan 1835. mengamati benda2 kecil yg terapung-apung dlm sel. Felix Dujardin menganggap bhw bgn yg penting dr sel adalah cairan sel itu sendiri. Louis Pasteur menyatakan bahwa kehidupan terbentuk secara spontan/kebetulan (Generatio Spontanea){Fransisco Redi} 1831. Max Schultze berkesimpulan bhw dasar fisik dari kehidupan ialah protoplasma sehingga lahirlah teori bahwa “ sel merupakan unit fungsional kehidupan. menyatakan dalam teorinya. Theodor Schwann dan Mathias Jacob Schleiden. 1825-18774. 1822-1895.Sejarah sel 1632-1723. Rudolf Virchow. Anton Van Leuwenhoek menemukan mikroskop 1665. . 1839. Cairan tersebut oleh Johanes Furkinye (1787-1869) disebut protoplasma. Robert Hooke menggunakan mikroskop untuk mengamati ruang kosong (cellula) pada irisan tipis gabus. 1885. mengamati pembelahanpembelahan sel sehubungan dgn proses reproduksi sel sehingga muncul teori baru. yaitu “ sel sebagai unit reproduksi makhluk hidup”. kemudian diketahui sebagai inti sel. mengembangkan teori sel. bahwa: “sel berasal dari sel sebelumnya melalui pembelahan sel (omne cellula ex cellula)” 1843-1913 Water Flemming dan Eduard Strasburger.Robert Brown.

Membran plasma .Struktur Dasar Sel Keterangan: 1 1. Inti 2. Sitoplasma 2 3 3.

Semua bahan hidup dari sel termasuk pula sitoplasma dan nukleus secara keseluruhan disebut protoplasma . tersusun dari 2 lapis lemak dimana protein melekat.Membran Plasma. membran luar sel. bagian bermembran mengandung informasi herediter (DNA) dan molekul yang berfungsi dlm pebacaan. Bertindak sebagai reseptor untuk informasi yg dpt mempengaruhi sifat sel. modifikasi dan pewarisannya 3. Sitoplasma. Inti.1. semua bgn yg tertutupi oleh membra plasma. kecuali inti. 2.

Ukuran sel .

kloroplas dan aparatus golgi diambil alih oleh membran plasma. Kelompok prokariot. Bergerak dengan flagel . pro (sebelum)+ karyon (nukleus/inti sel).Sel Prokariot Prokariot dari bahasa latin. atau tanpa membran inti. tetapi digantikan oleh nucleoid. umumnya tidak lebih dari beberapa mikrometer. Organel2 intraseluler belum kompleks. Bakteri. Archae(Eubacteria/Archaebacteria) Ukuran tergolong kecil. mengandung peptidoglikan berperan sebagai barrier melawan serangan dr luar. Bersifat uniseluler.tapi ada beberapa merupakan organisme multiseluler. yaitu organisme tanpa inti sel/nukleus. kecuali ribosom terdapat pada prokariot juga eukriot. Fungsi2 dr organel spt mitokondria. Meskipun tidak memiliki inti sejati/nukleus. Beberapa prokariot mempunyai dinding sel (kecuali Mycoplasma).

Gambar Bakteri .

. Membran plasma a.Organel” dan fgsx. b. membran plasma mengandung protein yang bertindak sebagai reseptor melalui molekul spesifik dari lingkungan sekeliling. mengontrol pergerakan senyawa larut dalam air yang akan masuk atau keluar sitoplasma. berpenetrasi menembus dinding sel. Replikasi dan pembelahan. c. Reseptor. Transport.

tumbuhan dan hewan. . Bahan inti yang mengandung sebagian besar DNA telah terkemas oleh membran sehingga disebut eukarion (inti sejati). Sistem membran dari sel eukariot membatasi nukleus dan memisah-misahkan sitoplasma menjadi bagian-bagian yang disebut organel (kantung bermembran). Organisme yg termasuk tipe ini.Sel eukariot Sel eukariot memiliki ukuran yg lebih besar dan kompleks dibandingkan dengan sel prokariot.

Vesikular dan vakuola serta senyawa yg merupakan hasil deposit. b. . polisakarida. mengandung: a. Ribosom yg berukuran kecil (20-30 nm) dan berkelompok (polyribosom). Mesosom merupakan invaginasi (pelipatan ke dalam)dari membran plasma yang berpenetrasi ke dlm sitoplasma dan melekat pd nucleoid. fosfat organik.Sitoplasma Sitoplasma yg mengelilingi nucleoid dpt homogen atau granular. Merupakan tempat asam amino dirakit untuk menjadi protein. Bagian ini pengganti dari RE pd eukariotik. c. seperti lemak.

Nukleus Merupakan organel yg berbentuk bulat atau oval yg berisi nukleoplasma. 2. DNA diorganisasikan bersama dengan protein menjadi materi yg disebut kromatin. rata-rata berdiameter 5µm. Memiliki 2 fungsi yaitu: 1. Membantu mengontrol perlewatan informasi yg terkandung dlm DNA Memisahkan DNA dari semua senyawa metabolisme dan alat2 metanolisme dalam sitoplasma. . Nukleus dikelilingi oleh membran lipid bilayer dimana melekat pula berbagai protein. Nukleus mengontrol sintesis protein dlm sitoplasma dengan cara mengirim messenger molekul yg berbentuk RNA atau mRNA. Dlm nukleus. yang merupakan tempat komponen ribosom disintesis dan dirakit. Struktur yg menonjol di dlm nukleus yg tidak sering membelah ialah nukleolus.

sementara ribosom terikat dilekatkan pada bagian luar membran yaitu retikulum endoplasma. Ribosom mensintesis protein dalam dua lokasi sitoplasmik. ribosom bebas tersuspensi dlm sitosol. .Ribosom Ribosom merupakan tempat sel mensintesis protein.

disebut cisterna. 2. RE kasar. karena permukaan sitoplasmiknya tdk mengandung ribosom. Ada 2 daerah RE yg struktur dan fungsinya berbeda. 1. RE halus. nampak kasar melalui mikroskop elektron karena ribosom menonjol di permukaan sitoplasmik membran. yg juga bersambung dengan selubung nukleus. . retikulum = jaringan RE merupakan sistem membran dari tubula dan kantong pipih saling-terhubung.Retikulum Endoplasma RE endoplasmik = di dlam sitoplsma.

yaitu muka cis dan muka trans.Aparatus Golgi Organel ini berupa sekumpulan kantong pipih yg dibatasi oleh membran/cisterna. Protein yg telah disintesis pada RE dipindahkan ke organel ini. . yang masing-masing bertindak sebagai bagian penerima dan pengirim pada bdn golgi. Aparatus golgi memiliki kutub tumpukan. selanjutnya protein tersebut dpt ditambahkan karbohidrat. Oleh karena itu merupakan tempat modifikasi protein dan lemak serta tempat perakitan polisakarida.

Sistem endomembran .

Merupakan tempat pengemasan berbagai enzim hidrolisis seperti untuk memecah polisakarida. asam nukleat dan berbagai lemak.Lisosom Organel ini memiliki struktur yang agak bulat dibatasi oleh membran tunggal. . Lisosom dihasilkan oleh badan golgi yg memiliki protein. Juga dpt mendegradasi sel-sel yang telah mati.

Membran dalam membagi mitokondria menjadi dua ruangan internal. matriks mitokondria. Mitokondria diselubungi oleh dua membran. yaitu mengubah energi makanan menjadi energi potensial dalam bentuk ATP untuk aktivitas sel. daerah sempit antara membran dalam dan membran luar. Ruang kedua. Berfungsi sebagai pusat mesin sel yaitu bahwa menjadi tempat aktivitas enzim untuk oksidasi dan pembentukan ATP. masing-masing merupakan bilayer fosfolipid. Yang pertama berupa ruang intermembran. . meliputi membran dalam. tetapi membran dalamnya berlekuk-lekuk dan disebut krista. Membran luar halus.Mitokondria Organel ini memiliki bentuk oval berukuran 1-10 mikrometer.

produk yg berpotensi berbahaya pada metabolisme sel. kedua2nya diduga dihasilkan oleh RE. Berisi enzim katalase yg mengkatalisis perombakan hidrogen peroksida(H2O2).3-15 mikrometer yang dibatasi oleh membran tunggal. Pd sel hewan perioksisom terdapat dalam sel hati dan ginjal. sdg pd tumbuhan organel ini disebut glikosisom.Perioksisom Organel ini berukuran 0. . Berperan jg dlm perubahan lemak menjadi karbohidrat dan dalam perubahan purin dalam sel.

Keterangan: (1) nucleolus (2) nucleus (3) ribosome (4) vesicle (5) rough endoplasmic reticulum (ER) (6) Golgi apparatus (7) Cytoskeleton (8) smooth ER (9) mitochondria (10) vacuole (11) cytoplasm (12) lysosome (13) centrioles Gambar sel tumbuhan .

colonies. animals ~ 10-100 µm (sperm cells. no real nucleus circular (usually) coupled in cytoplasm 50S+30S very few structures flagella made of flagellin real nucleus with double membrane linear molecules (chromosomes) with histone proteins RNA-synthesis inside the nucleus protein synthesis in cytoplasm 60S+40S highly structured by endomembranes and a cytoskeleton flagella and cilia made of tubulin Mitochondria Chloroplasts Organization Cell division none none usually single cells Binary fission (simple division) one to several dozen (though some lack mitochondria) in algae and plants single cells. fungi.Table 1: Comparison of features of prokaryotic and eukaryotic cells Prokaryotes Typical organisms Typical size bacteria. apart from the tail. are smaller) Eukaryotes Type of nucleus DNA RNA-/protein-synthesis Ribosomes Cytoplasmatic structure Cell movement nucleoid region. plants. archaea ~ 1-10 µm protists. higher multicellular organisms with specialized cells Mitosis (fission or budding) Meiosis .

Table 2: Comparison of structures between animal and plant cells Typical animal cell Organelles Typical plant cell Nucleus oNucleolus (within nucleus) Rough endoplasmic reticulum (ER) Smooth ER Ribosomes Cytoskeleton Golgi apparatus Cytoplasm Mitochondria Vesicles Lysosomes Centrosome oCentrioles oVacuoles Nucleus oNucleolus (within nucleus) Rough ER Smooth ER Ribosomes Cytoskeleton Golgi apparatus (dictiosomes) Cytoplasm Mitochondria Vesicles Chloroplast and other plastids oCentral vacuole(large) oTonoplast (central vacuole membrane) Peroxisome Vacuoles Glyoxysome Additional structures Plasma membrane Flagellum Cilium Plasma membrane Flagellum (only in gametes) Cell wall Plasmodesmata .

Gambar Sel Hewan .

Virus memendekkan ekornya. Virus bersentuhan dgn sel inang. 3. dan merusak membran sel. Bagian2 tubuh virus yg baru terbentuk slg mendekat dan membentuk virus-virus baru Ketika jumlah virus baru telah mencukupi. lalu menciutkan tubuhnya. 2. Asam nukleat dr virus kemudian memasuki sel dan menguasainya. sel akan pecah dan virus-virus dewasa mulai bereaksi untuk mencari sel inang yang baru. 4. 5. dan melekat pd permukaan sel. akibatnya terbentuk lubang. Asam nukleat kmdn bereplikasi dgn menggunakan bahan baku yg terdapat dlm sel. . Butuh waktu 20-25 menit mulai dari virus-virus baru.Bgmn virus menyerang sel? 1. berusaha memasukkan asam nukleat (DNA atau RNA) ke dalam sel. Virus melepaskan enzim khusus.

Jaringan Jaringan adalah sekelompok sel yg struktur dan fungsinya sama dan saling berinteraksi. susunan maupun pembagian jaringannya sgt berbeda. . Walaupun sel hewan dan tumbuhan tdk memiliki banyak perbedaan. namun bentuk.

otot dan saraf . jaringan ikat.Jaringan Hewan Tubuh manusia maupun hewan lain hanya memiliki empat tipe jaringan dasar. yaitu jaringan epitel.

.

Produknya disebut hormon. Epitel kelenjar adalah sel sekresi atau struktur multisel yg berasal dari epitelium dan sering berhubungan dengannya. Jaringan Epitel Epitel selapis atau simpleks dengan selapis sel tunggal berfungsi melapisi rongga tubuh. . menyekresikan banyak produk seperti mukus. Epitel berlapis atau kompleks. saliva. Kelenjar ensokrin. disekresikan langsung ke dalam cairan yang menggenangi kelenjar. Kelenjar endokrin tidak memiliki saluran. duktus dan saluran.misalnya pada kulit.1. minyak susu serta enzim pencernaan. tahi telinga. memiliki dua atau lebih lapisan biasanya berfungsi sebagai pelindung.

Jaringan Otot Otot skelet • bekerja dipengaruhi kehendak • Otot bisep Otot polos • tdk dipengaruhi kehendak • otot organ tubuh Otot jantung • Merupakan jaringan kontraktil pd jantung • Membran plasma selsel otot jantung berhubuhan .

Sel-selnya disebut neuron. terorganisasi untuk komunikasi. . sehingga merentang ke seluruh tubuh.Jaringan Saraf Dari semua jaringan. jaringan saraflah yg paling banyak melakukan kontrol kepekaan tubuh terhadap kondisi lingkungan yg berubah.

ikat terspesialisasi • kartilago Jar.ikat sesungguhnya Ikat padat • • Fibroblas Sel darah putih Ikat longgar • kolagen • fibroblas • jaringan adiposa • darah • tulang .Jaringan ikat Jaringan panyambung/penyokong Jar.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful