I. II.

Judul Praktikum Tujuan

: SISTEM DIGESTIVA : 1. Mahasiswa dapat mengidentifikasi anatomi saluran pencernaan. 2. Mahasiswa dapat menjelaskan bagaimana saliva dihasilkan dan pengaruhnya pada karbohidrat. 3. Mahasiswa dapat menggambarkan tentang peristaltik dan mekanisme kontrolnya. 4. Mahasiswa dapat membedakan antara

kardiak, pylorus, dan spinkterpilorus pada lambung yang mengacu pada posisi dan fungsinya. 5. Mahasiswa dapat mengidentifikasi ulkhus peptikum ditemukan. 6. Mahasiswa dapat mengidentifikasi letak dan pembentukan empedu. 7. Mahasiswa dapat menggambarkan peran empedu dalam pencernaan. 8. Mahasiswa dapat mengidentifikasi fungsi hormone dan pencernaan dan memberikan contoh. 9. Mahasiswa dapat menjelaskan bagaimana masing-masing dari ketiga jenis makanan memetabolisme, menyimpan energi. III. Hari/Tanggal IV. Nama/Stambuk : Selasa / 14 Mei 2013 : Miswandi Tendrita/A1C2 10 081 mensintesa dan dan mengenali tempatnya

Saluran pencernaan merupakan saluran yang dilalui bahan makanan. usus halus. Agar makanan dapat menjadi sumber energi.V. dan berakhir di anus. . lambung. Organ-organ tersebut mengubah makanan menjadi sumber energi melalui proses mekanik dan kimiawi. Proses pencernaan makanan pada manusia melibatkan alat-alat pencernaan makanan. Alat-alat pencernaan makanan pada manusia adalah organ-organ tubuh yang berfungsi mencerna makanan yang kita makan. Makanan yang masuk melalui mulut diolah oleh beberapa organ di dalam tubuh hingga sari-sari makanan dapat diserap tubuh. hati (hepar). Kelenjar pencernaan adalah bagian yang mengeluarkan enzim untuk membantu mencerna makanan. makanan harus melalui suatu proses yang dinamakan proses pencernaan. usus besar. Molekul-molekul zat makanan yang berukuran besar akan diubah menjadi molekul-molekul yang lebih kecil agar dapat diserap oleh dinding usus disebut sistem pencernaan. dinding lambung dan kelenjar pankreas. Alat pencernaan makanan dibedakan atas saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan. Kelenjar pencernaan terdiri dari ludah. Proses pencernaan dalam tubuh manusia adalah kompleks. faring dan esofagus. Kumpulan organ yang bertugas mencerna makanan dari bentuk kompleks menjadi bentuk sederhana yang dapat diserap oleh tubuh. Saluran pencernaan terdiri dari mulut. Latar Belakang Makanan merupakan sumber energi bagi manusia.

terdiri dari. maka perlu diadakan praktikum yang membahas mengenai sistem digestiva untuk mengetahui lebih lanjut tentang sistem digestiva beserta organ-organ yang berperan di dalamnya. 2006: 167). VI. Dalam sel-sel endokrin tersebar hormon peptide yang mempengaruhi fungsi pencernaan dan mengandung tujuh belas asam amino. intestinum minor (usus halus). dan anus (Syaifuddin. rectum. intestinum mayor (usus besar). 1994: 622). faring (tekak). penelanan dan pencampuran) dengan enzim dan zat cair yang terbentang mulai dari mulut (oris) sampai anus. serta menjadi bahan perbandingan dengan teori-teori yang telah ada. ventrikulus (lambung). esofagus (kerongkongan). oris (mulut). Saluran pencernaan terdiri . Susunan saluran pencernaan. Disekresikan asam hidronukleat (ICK) disekresikan oleh sel-sel umum (Kimball. Sebelum diabsorbsi makanan ini berlangsung di dalam saluran pencernaan. Tinjauan Pustaka Saluran pencernaan makanan merupakan saluran yang menerima makanan dari luar dan mempersiapkannya untuk diserap oleh tubuh dengan jalan proses pencernaan (pengunyahan. Sistem pencernaan berurusan dengan penerimaan makanan dan mempersiapkan untuk diasimilasi oleh tubuh.Berdasarkan uraian pada latar belakang diatas. Pencernaan atau digesti merupakan perombakan partikel besar dari makanan tak larut menjadi partikel larut oleh kerja enzim.

Diameter usus halus kurang lebih 2. 1992: 323). Panjang 7 meter pada mayat dicapai lapisan muscular eksterna berelaksasi. faring.5 cm-30 cm). 2003: 288). usus halus dan usus besar. 2004: 176). lambung.dari mulut. dan lidah yang membantu untuk cita rasa dan menelan.5 meter. Punggung lidah terisi papil makroskopik yang membentuk papil-papil lidah (Delmann. Beberapa kelenjar atau kelompok kelenjar menuangkan cairan pencernaan penting ke dalam saluran pencernaan (Pearce. . epitel cukup tebal sedangkan pada permukaan bawah tipis dan mungkin tidak bertanduk. Duodenum adalah bagian yang terpendek (2. Pada punggung lidah. esofagus. Ileum (2 m-2. panjangnya 1-1. berfungsi untuk menahan. dan ileum.5m) merentang sampai menyatu dengan usus besar (Sloane. Jejunum adalah bagian yang selanjutnya. tempatnya menyatu dengan usus besar. membantu mencerna serta menelan makanan. Lidah merupakan organ tubuh berotot kerangka yang dibalut oleh selaput lendir. Selain itu mulut memuat gigi untuk mengunyah makanan. Selaput lendirnya memiliki epitel pipih banyak lapis dengan stratum korneum yang berbeda tebalnya. duktus empedu dan duktus pancreas. Keseluruhan usus halus adalah tuba terlilit yang merentang dari sfingter pylorus sampai ke katup ileosekal. keduanya membuka ke dinding posterior duodenum beberapa sentimeter mulut pylorus.5 cm dan panjangnya 3 sampai 5 meter saat bekerja. Usus halus terdiri dari duodenum. jejunum.

30 WITA. Alat Alat yang digunakan dalam praktikum sistem digestiva dapat dilihat dilihat pada tabel 1. bertempat di Laboratorium Pengembangan Unit Biologi. tanggal 13 mei 2013. Alat dan Bahan 1. Alat-alat dan kegunaannya pada praktikum Sistem digestiva No 1. Bahan Bahan yang digunakan dalam praktikum sistem digestiva adalah carta pencernaan makanan pada manusia. Kendari B. Universitas Haluoleo.30-15. Nama Alat Pensil Buku tulis/kertas Kegunaan Menggambar hasil amatan Tempat menggambar hasil amatan 2. . Waktu dan Tempat Praktikum “Sistem Digestiva” di laksanakan pada hari Selasa.VII. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. pukul 13. 2. Metode Praktikum A. Tabel 1.

. Menyiapkan alat dan bahan (charta sistem pencernaan manusia) yang akan digunakan. 2. 2. Menulis dan menggambar hasil pengamatan serta memberi keterangan gambar. Mengamati charta sistem pencernaan. Prosedur Kerja Prosedur kerja yang dilakukan pada praktikum kali ini adalah sebagai berikut: 1.C.

Mulut 2. Pengamatan Saluran Pencernaan a. Usus besar 10. Hati 5. Usus buntu 16. Usus halus 12. Usus besar turun 14. Pengamatan Pada Saluran Pencernaan Keterangan: 1. Pankreas 7. Hasil dan Pembahasan A. Lambung 6. Empedu 8. Hasil Pengamatan 1. Esophagus 4. Faring 3. Usus besar naik 13.VIII. Umbai cacing 17. Rektum 18. Usus kosong 11. Usus 12 jari 9. Usus ileum 15. Anus .

7. 3. 3.b. 6. 7. Palatum durum Palatum mole uvula kolumna posterior kolumna interior tonsil lidah . 5. Strukrut Anatomi Gigi Keterangan: 1. 6. 5. 2. Penampang Rongga Mulut Keterangan: 1. 4. 4. 2. Mahkota gigi Leher gigi Akar gigi Pulpa Enamel Dentin Akar gigi c.

8. Mukosa Submukosa Serosa Sel 13 Sel 14 Sel 15 .d.Skematik mukosa Keterangan : 1. Penampang Lambung Anatomi `Keterangan: 1. 4. 5. 4. fundus kardiak serosa badan mukosa submukosa otot longitudinal otot melingkar duodenum . 2. 2. 7. 3. 5. 9. 6. 3. 6.

2. Penampang Usus Besar Keterangan: 1. venula 9. kolon asendens kolon transverum kolon desendens kolon sigmoid fleksura koloni kanan fleksura koloni kiri Sfingter ani eksternal Kanalis ani Ujung potongan . 3. 2.e. Penampang Usus halus Keterangan: vilus jaringa epitel tabung sederhana 3. 7. arteriola 8. f. pembuluh limfe 1. 5. 9. 4. 6. jaringan pembuluh 5. sel globat 7. 8. kelenjar usus halus 6. lacteal 4.

Papila duodenal . otot maseter 6. kelenjar parotis 2. Saluran empedu 2. kelenjar sublingualis 3.2. pembuluh parotid b. lidah 5. Deudenum 5. Pankreas Keterangan: 1. Kelenjar Pencernaan a. Pembuluh pancreas 3. kelenjar submandibularis 4. Ampula hepatopankreatik 4. Kelenjar Parotis dan Sublingualis Keterangan : 1.

Pengamatan Pada Hati Keterangan: 1. mengemulsikan 5. 2. Lobus caudate Lobus quadrate Ligamen falciform Ligamentum teres Kantung empedu Ligamen falsiformis Saluran empedu Pembuluh hepatik Pembuluh sistik 3. 3. 8. Rennin Pepsin Lipase gastric Mengubah kasinogen menjadi kasein Mengubah protein menjadi pepton Memulai hidrolisis atas lemak. 3. 4. 6.c. Amilase menjadi polipeptida dan asam amino . Tripsin lemak Menyederhanakan protein dan pepton 6. membantu kerja enzim pancreas. 7. Nama Enzim Ptialin (Amilase) Fungsi Mengubah zat tepung masak menjadi gula yang dapat larut (maltosa) 2. 9. Tabel Enzim-Enzim Pencernaan. 5. Kelenjar dan Fungsinya No 1. 4.

Rumus gigi orang dewasa M P C I I C P M 3 3 2 1 2 2 1 2 2 1 2 2 1 2 3 3 Keterangan : 1. M = Gigi geraham belakang 2. Lipase Mengubah semua gula dan zat tepung jadi maltose 8. Rumus gigi anak-anak P 2 2 C 1 1 I 2 2 I 2 2 C 1 1 P 2 2 Keterangan : 1. laktosa dan maltose pancreas Menyederhanakan semua zat protein menjadi asam amino Menyederhanakan semua zat hidrat karbon menjadimonosakarida. C = Gigi taring 4. 9.7. Rumus Gigi a. I = Gigi susu . Sukrosa. C = Gigi Taring 3. Entrokinase Erepsin Menyederhanakan lemak menjadi gliserin dan asam lemak Membebaskan tripsin dalam cairan 10. P = Gigi Geraham depan 2. P = Gigi geraham depan 3. glukosa. I = Gigi Susu b. galaktosa dan laeulosa 4.

Jakarta Kimball. Sloane. E. Ethel.W. Buku Kedokteran EGC. J. Jakarta. . Biologi Jilid 2 Edisi Kelima. 2003. Syarifuddin. Anatomi dan Fisiologi Untuk Mahasiswa Keperawatan. Anatomi dan Fisiologi untuk Paramedis. Anatomi dan Fisiologi Untuk Pemula. Gramedia. C.. 1992. 2009. Histologi Verteriner. Universitas Indonesia. Jakarta. Jakarta.. Erlangga. Pearce. Jakarta. EGC.DAFTAR PUSTAKA Delman.. 2006. 1994.