KETAHANAN NASIONAL SEBAGAI GEOSTRATEGI

(Disusun Guna Memenuhi Salah Satu Tugas MK-PKn) Dosen Pengampu : Y.Ch. Nany Sutarini, M.Si

Disusun oleh: 1. Lorensius 2. Viky Nurlaili (09302249015) (12306141028)

3. Dyah Fajar Komala (12306141030) 4. Arif Sudrajat 5. Eka Wulandari (12306141034) (12306141043)

PROGRAM STUDI FISIKA JURUSAN PENDIDIKAN INDONESIA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

2013

Tak lupa juga kami menghaturkan terima kasih kepada penulis referensi baik berupa buku atau situs website sehingga sangat membantu kami dalam mencari bahan dan menyusun makalah ini hingga akhirnya terselesaikan. Sesuai dengan judulnya makalah ini membahas konsep ketahanan nasional yang ada di Indonesia. Namun hanya dengan ketahanan bangsalah kelangsungan hidup bisa terjamin. Wassalamu’alaikum Wr. kritik dan saran dari berbagai pihak tetap kami nantikan untuk bahan pertimbangan dan perbaikan pada penyusunan makalah berikutnya. konflik sparatisme yang mampu menggerogoti jati diri dan identitas bangsa. 5 April 2013 Penulis . Akhirnya.KATA PENGANTAR Assalamu’alaikum Wr. Puji syukur saya ucapkan atas rahmat Allah SWT saya telah menyelesaikan makalah yang berjudul Ketahanan Nasioanl Sebagai Geostrategi Indonesia. pengangguran. Yogyakarta. Tentu saja. Bangsa Indonesia mengalami berbagai macam permasalahan seperti korupsi. kemiskinan. Dalam sejarah perjuangan bangsa. ketahanan nasional Indonesia telah mengalami berbagai macam ujian. Wb. kolusi dan nepotisme. semoga makalah ini bermanfaat bagi semua pihak. Dalam pembahasan konsep tersebut kami mengacu pada berbagai sumber referensi yang kami gunakan. Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada Dosen Pengajar Pendidikian Kewarganegaraan atas penugasan yang diberikan kepada kami. Wb. Dengan usaha para pahlawan bangsa Indonesia mampu keluar dari belenggu penajajahan yang mengobrak-abrik harkat dan martabat bangsa. Amin.

tantangan dan ancaman. Ketahanan nasional merupakan kondisi dinamis suatu bangsa. Selain itu juga dibutuhkan untuk menjamin kelangsungan hidup dan perjuangan mengejar cita-cita dan tujuan bangsa. berisi keuletan dan ketangguhan yang mengandung kekuatan untuk mengembangkan ketahanan nasional. Ketahanan sosial selalu berkembang seiring semakin kompleksnya permasalahan yang terjadi pada negara khususnya di Indonesia. Latar Belakang Setiap bangsa pasti memiliki cita-cita karena cita-cita berfungsi sebagai penentu untuk mencapai tujuan suatu bangsa. B. Hal ini dibutuhkan untuk menghadapi dan mengatasi segala tantangan dan ancaman serta gangguan baik dari dalam maupun dari luar yang dapat membahayakan integritas dan identitas suatu bangsa. Banyak sekali persoalan yang terkait dengan ketahanan nasional seperti gerakan sparatisme semisal Gerakan Aceh Merdeka dan lainnya. Dengan kokohnya ketahanan nasional suatu bangsa maka dapat di mungkinkan bahwa kelangsungan hidup masyarakat akan semakin terjamin. Bagaimana permasalahan yang terkait dengan ketahanan nasional di Indonesia? . Pengetahuan akan ketahanan nasional merupakan hal yang sangat penting. Dalam usaha cita-cita tersebut terjadi berbagai macam permasalahan. Rumusan Masalah 1. Kekuatan yang digunakan untuk menghadapi permasalahan tersebut dikenal dengan istilah ketahanan nasional. Bagaimana perkembangan ketahanan nasional di negara Indonesia? 2. hambatan. Sehingga sangat di perlukan pengetahuan dasar mengenai ketahanan nasional sebagai geostrategi Indonesia sebagai salah satu partisipasi untuk mnedukung ketahanan nasional Indonesia.BAB I PENDAHULUAN A.

ancaman. 1. dimulai dari lingkungan diri pribadi. Kesejahteraan dapat digambarkan sebagai kemampuan bangsa dalam penerapan dalam hidup dan kehidupan masyarakat berbangsa dan menumbuhkembangkan nilai-nilai nasionalnya demi sebesar-besar kemakmuran yang adil dan merata. dan jasmaniah. hambatan dan gangguan baik yang datang dari luar maupun dari dalam untuk menjamin identitas. masyarakat. ketahanan nasional adalah kondisi kehidupan nasional yang harus senantiasa diwujudkan dan dibina secara terus-menerus serta sinergik. Dengan kata lain konsepsi Ketahanan Nasional Indonesia merupakan pedoman (sarana) untuk meningkatkan (metode) keuletan dan ketangguhan bangsa yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional dengan pendekatan kesejahteraan dan keamanan. Ketahanan Nasional sebagai Geostrategi Pengertian ketahanan nasional dan geostrategi Ketahanan Nasional pastinya mempunyai rumusan dengan pengertian yang baku dalam upayanya menghadapi dinamika perkembangan dunia drai masa ke masa. bangsa dan Negara dengan modal dasra keuletan dan ketangguhan yang mampu mengembangkan kekuatan nasional. keamanan adalah kemampuan bangsa dan negara untuk melindungi nilai-nilai nasionalnya terhadap ancaman dari luar maupun dari dalam. Proses berkelanjutan itu harus selalu didasari oleh pemikiran geopolitik dan geostrategi sebagai sebuah konsepsi yang dirancang dan dirumuskan dengan memperhatikan konstelasi yang ada disekitar Indonesia. Pengertian baku Ketahanan Nasional bangsa Indonesia adalah kondisi dinamik bangsa Indonesia yang meliputi segenap aspek kehidupan nasional. keluarga. dalam menghadapi dan mengatasi segala tantangna. integritas. menyeluruh dan terpadu berdasarkan Pancasila UUD 1945 dan wawasan nusantara. Hal demikian itu. Konsepsi ketahanan nasional adalah konsepsi pengembangan kekuatan nasional melalui pengaturan dan penyelenggaraan kesejahteraan dan keamanan yang seimbang. Oleh karena itu. Kepastian itu menjadi keharusan karena dipakai sebagai titik dasar atau titik tolak untuk gerak implementasi atau bernegara. rohaniah.BAB II PEMBAHASAN A. Sementara itu. serasi dan selaras dalam seluruh aspek kehidupan secara uth. kelangsungan hidup bangsa dan Negara serta perjuangan mencapai tujuan nasionalnya. .

Dalam perjuagan mencapai cita-cita tujuan nasionalnya bangsa Indonesia tidak terhindar dari berbagai ancaman-ancaman yang kadang-kadang membahayakan keselamatannya. baik jenisnya maupun besarnya. Terdapat tiga perspektif atau sudut pandang terhadap konsepsi ketahanan nasional. keuletan. yaitu suatu bangsa yang berisi keuletan dan ketangguhan yang mamupu mengembangkan ketahanan. sebelum kita sudah tahu arti dari wawasan nusantara. Kekuatan ini diperlukan untuk mengatasi macam ancaman. Bisa jadi ancaman-ancaman tersebut dari dalam ataupun dari luar. Ketiga perspektif tersebut adalah sebagai berikut: 1) Ketahanan nasional sebagai kondisi. Untuk mengetahui ketahanan nasional.Pengertian ketahanan nasional adalah kondisi dinamis. serta kelangsungan hidup bangsa dan negara. tantangan. Kekuatan nasional dalam mengahadapi dan mengatasi segala tantangan. baik pada saat membangun mampu memecahkan . bangsa Indonesia memiliki kemampuan. Karena itu. Juga secara langsung ataupun tidak langsung yang dapat membahayakan integritas. Mungkin juga kita sudah memperoleh gambarannya. Kondisi atau situasi dan juga bisa dikatakan sikon bangsa kita ini selalu berubah-ubah tidak statik. Cara agar dapat menghadapi ancaman-ancaman tersebut. ketahanan nasional menggambarkan pendekatan yang integral. hambatan an gangguan yang langsung atau tidak langsung akan membahaykan kesatuan. Sebagai suatu pendekatan. ketahanan nasional harus selalu dibina dan ditingkatkan seuai dengan kondisi serta ancaman yang akan dihadapi. Ancaman yang dihadapi juga tidak sama. identitas serta kelangsungan hidup bangsa dan Negara. Kata ketahanan nasional telah sering kita dengar di surat kabar atau sumber-sumber lainnya. hambatan dan ancaman baik yang datang dari dalam maupun dari luar. Keadaan atau kondisi ideal demikian memungkinkan suatu negara memiliki kemampuan mengembangkan kekuatan nasional sehingga mampu menghadapi macam ancaman dan gangguan bagi kelangsungan hidup bagsa yang bersangkutan. Integral dalam arti pendekatan yang mencerminkan antara segala aspek/isi. keberadaan. Dan inilah yang disebut dengan dinamika pada ketahanan nasional. dan daya tahan dinamakan ketahanan nasional. Perspektif ini melihat ketahanan nasional sebagai suatu penggambaran atas keaaan yang seharusnya dipenuhi. 2) Ketahanan nasional sebagai pendekatan/metode/cara menjalankan suatu kegiatan khususnya pembangunan negara. Ketahanan nasional merupakan kondisi dinamik yang dimiliki suatu bangsa yang di dalamnya terkandung keuletan dan ketangguhan yang mampu mengembangkan kekuatan nasional.

3) Ketahanan nasional sebagai doktrin. Pengaruh komunisme menjalar sampai kawasan indo-cina sehingga satu per satu kawasan indo-cina menjadi negara komunis seperti Laos. Konsep ketahanan nasional berikut perumusan yang demikian berlanjut pada GBHN 1978. Jawaba sementara dari kalangan pemikir tersebut adalah adanya kemampuan teritorial dan perang Gerilya. Rumusan ketahanan nasional dalam GBHN 1973 adalah sama dengan rumusan ketahanan nasional tahun 1972 dari Lemhanas. yaitu tidak adanya perlawanan yang gigih dan ulet di indo-cina dalam menghadapi ekspansi komunis. Singapura dan Thailand. Malaysia. Sejarah lahirnya ketahanan nasional Konsepsi ketahanan nasional memiliki latar belakang sejarah kelahirannya di indonesia. Bahkan gerakan komunis Indonesia berhasil mengadakan pemberontakan pada 30 September 1995. Masa itu adalah sedang meluasnya pengaruh komunisme yang berasal dari Uni Soviet dan China.masalah kehidupan. Mereka mengadakan pengamatan atas kejadian tersebut. pendekatan ini meggunakan pemikiran kesisteman. Vietnam. 2. namun akhirnya dapat diatasi. Bahkan. Ketahanan nasional merupakan salah satu konsepsi khas Indonesia yang berupa ajaran konseptual tentang pengaturan dan penyelenggaraan bernegara. Pemikiran konseptual ketahanan nasional ini mulai menjadi doktrin dasar nasional setelah dimasukkan ke dalam GBHN. dan Kamboja. Dari sejarah dapat disimpulkan bahwa konsepsi ketahanan nasional Indonesia berawal dari konsepsi kekuatan nasional yang dikembangkan oleh kalangan militer. konsep ketahanan nasional dimasukkan dalam GBHN agar setiap orang. Gagasan tentang ketahanan nasional bermula pada awal tahun 1960-an pada kalangan militer angkatan darat di SSKAD yang sekarang bernama SESKOAD. Bila dibandingkan dengan Indonesia. masyarakat. Concern atas fenomena tersebut mempengaruhi para pemikir militer di SSKAD. dan penyelenggara negara menerima dan menjalankannya. Dalam hal pemikiran. . IV/MPR/1973. GBHN 1983. kekuatan apa yang dimiliki bangsa ini. Infiltrasi komunis mulai masuk ke Thailand. sehingga mampu menghadapi berbagai ancaman termasuk pemberontakan dalam negeri. Malaysia dan Singapura. Tahun 1960-an terjadi gerakan komunis di Filipina. Sebagai doktrin dasar nasional. dan GBHN 1988. Konsepsi ketahanan nasional untuk pertama kali dimasukan dalam GBHN 1973 yaitu ketetapan MPR No.

Konsepsi ketahanan nasional Indonesia adalah konsepsi pengembangan kekuatan nasional melalui pengaturan dan penyelenggaraan kesejahteraan yang selaras. alam sekitarnya. UUD 1945. Rumusan megenai ketahanan nasional dalam GBHN 1998 adalah sebagai berikut. 3) Ketahanan nasional meliputi ketahanan ideologi. ancaman. Dengan dasar hubungan tersebut dapat dikelompokkan menjadi lima bidang ataupun lima aspek kehidupan Nasional yang disingkat Ipoleksosbud Hankam. Hubungan manusia dengan sesama. dan Wawasan Nusantara. tantangan. Pada hakikatnya ketahanan nasionaladalah kemampuan dan ketangguhana suatu bangsa untuk menjamin kelangsungan hidup menuju kejayaan bangsa dan negara. maupun manusia dengan dirinya sendiri dalam bentuk kebutuhannya. Lima aspek kehidupan Nasional akan diuraikan konsep dasar dalam rangka . rohania dan jasmaniah. 3. Kesejahteraan dapat digambarkan sebagai kemampuan bangsa dalam menumbuhkan dan mengembangkan nilai-nilai nasionalnya demi sebesar-besarnya kemakmuran yang adil dan merata. Selanjutnya ketahanan nasional yang tangguh akan mendorong pembangunan nasional. ketahanan politik. konsepsi ketahanan nasional Indonesia merupakan sarana untuk meningkatkan keuletan dan ketengguhan bangsa yang mengandung kemempuan mengembangakan kekuatan nasional dengan pendekatan kesejahteraan dan keamanan. 1) Untuk tetap memungkinkan berjalannya pembangunan nasional yang selalu harus menuju ketujuan yang ingin dicapai dan agar secara efektif dielakkan dari hambatan. Berhasilnya pembangunan nasional akan meingkatkan ketahanan nasional. dan gangguan yang timbul baik dari luar maupun dari dalam maka pembangunan naional diselenggarakan melalui pendekatan ketahanan nasional yang mencerminkan ketrepaduan antara segala aspek kehidupan nasional bangsa secara utuh dan menyeluruh. ketahanan sosial budaya. a. ketahanan ekonomi. dan ketahanan pertahanan keamanan. serasi dan seimbang dalam seluruh aspek kehidupan secara utuh dan menyeluruh dan terpadu berlandaskan Pancasila. Sedangkan keamanan adalah kemampuan bangsa melindungi nilai-nilai nasional terhadap ancaman dari luar maupun dari dalam. Dengan kata lain. Unsur-unsur Ketahanan Nasional Ketahanan Nasional Pancagatra Aspek sosial pancagatra pada dasarnya berlandaskan hubungan manusia dengan Tuhan. 2) Ketahanan nasional adalah kondisi dinamis yang merupakan integrasi dari kondisi tiap aspek kehidupan bangsa dan negara.

Paham liberalisme selalu mengaitkan aliran .  Unsur mitos. karena sebagai dasar untuk mencapai cita-cita Nasional. Dalam pembahasan ini disebut dengan istilah ideologi. Filsafat hidup digunakan sebagai pedoman hidup ini adalah termasuk filsafat praktis yang merupakan suatu ideologi. sehingga istilah ideologi ini banyak artinya antara satu dengan yang lainnya sering bertentangan. Paham liberalisme mempunyai nilai-nilai dasar kebebasan dan kepentingan pribadi yang menuntut kebebasan individu secara mutlak. Sebagai pedoman dan pegangan dalam melaksanakan perjuangan untuk mempertahankan kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara. hambatan dan gangguan. maka dalam ideologi terkandung unsur rasional.mengembangkan kekuatan Nasional dalam menghadapi segala tantangan. Untuk mendapatkan derajat yang optimal. 1) Pengertian Ideologi Ideologi selalu berkaitan dengan pandangan hidup suatu bangsa sebagai dasar filsafatnya yang merupakan kristalisasi gagasan dasar yang diyakini kebenarannya. setiap ideologi selalu memitoskan atau mengagumkan sesuatu ajaran. setiap ideologi pada dasarnya disimpulkan ada tiga unsur dasar yaitu :  Unsur keyakinan setiap ideologi selalu memuat konsep-konsep dasar yang menggambarkan seperangkat keyakinan yang di orientasikan kepada tingkah laku para pendukungnya untuk mencapai suatu tujuan yang dicita-citakan. pandangan hidup. Liberalisme bertitik tolak dari hak wajib yang melekat pada manusia sejak lahir atau tidak dapat diganggu gugat oleh siapapun termasuk penguasa. ancaman. 2) Ideologi Dunia  Ideologi liberalisme Aliran pemikiran individual atau teori perorangan menyatakan bahwa negara adalah masyarakat hukum (legal society) yang disusun atas kontrak seluruh individu dalam masyarakat (contract sosial).  Unsur loyalitas setiap ideologi menuntut adanya loyalitas serta keterlibatan optimal para pendukungnya. Ketahanan Aspek Ideologi Suatu bangsa pada dasarnya mempunyai dan memerlukan filsafat hidup. Yaitu kebebasan mengejar hidup di tengah-tengah kekayaan material yang melimpah dan dicapai dengan kebebasan. pandangan dunia. penghayatan dan susila. Kecuali atas persetujuan yang bersangkutan. b. yang secara fundamental mengajarkan suatu ajaran yang secara fundamental mengajarkan suatu cara bagaimana sesuatu hal yang dicita-citakan itu dapat tercapai.

b) Ajaran komunisme bersifat Atheis dan didasarkan pada kebendaan (materialisme) bahkan agama dinyatakan sebagai racun kehidupan masyarakat. adalah masyarakat tanpa kelas yang dapat memberikan suasana hidup aman dan tenteram. Komunisme menghendaki masyarakat tanpa Nasionalisme. Galangan borjuis menindas galangan proktar (kaum buruh). Negara bersifat spiritual religius dalam arti negara melaksanakan hukum agama dalam kehidupannya. toleran. Agama selalu mengajarkan kedamaian tapi agama juga kadang menjadi picu dahsyat terakselerasinya kepercayaan. . dan kasih sayang dengan sesama manusia tetapi. gerakan ideologi keimanan selalu memunculkan sikap militan yang terkadang destruktif. Negara membina kehidupan keagamaan umat. Sesuai aliran pikiran yang melandasi komunisme dalam upaya merebut atau mempertahankan kekuasaan komunisme: a) Komunis akan menciptakan suatu konflik untuk mengadu golongan-golongan tertentu serta menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan. Negara mewajibkan pelaksanaan syariat agama sebagai hukum negara. 1) Faktor Yang Berpengaruh Kekuatan ideologi bergantung kepada rangkaian nilai yang terdapat di dalamnya yang dapat memenuhi serta menjamin segala aspirasi hidup dan kehidupan manusia. Baik sebagai individu.  Ideologi komunis Aliran pikiran kolektif atau teori kelas (class teory) yang menyatakan bahwa negara ialah alat suatu galangan yang mempunyai kedudukan ekonomi yang paling kuat untuk menindas galangan lemah.  Ideologi keagamaan Ideologi bersumber pada keyakinan sesuatu agama yang dapat membina kehidupan manusia bahagia. c) Masyarakat yang dicita-citakan adalah masyarakat komunis dunia yang tidak dibatasi ole kesadaran Nasional. tanpa pertentangan tanpa hak milik pribadi. Agama memang menganjurkan sikap pemaaf. sebagai makhluk sosial maupun sebagai warga negara sesuai dengan kodrat manusia sebagai makhluk Tuhan. d) Masyarakat komunis dicita-citakan.pikirannya dengan hak asasi manusia yang menyebabkan paham tersebut memiliki daya tarik yang dikalangan masyarakat tertentu. Aliran pikiran ini dikemukakan oleh Karl Marx (1818-1883).

Tingkat Ketahanan politik dapat diukur dari kemampuan suatu sistem politik dalam menghadapi dan menyelesaikan lima fungsi politik yaitu : 1) Mempertahankan pola 2) Pengaturan dan penyelesaian ketegangan 3) Penyesuaian keadaan 4) Pencapai tujuan 5) Penyatuan sistem social Konsepsi Ketahanan Nasional (Tahnas) Indonesia adalah konsepsi pengembangan kekuatan nasional melalui pengaturan dan penyelenggaraan kesejahteraan dan keamanan yang seimbang. Pemerintah akan menentukan sistem politik yang tepat untuk dilaksanakan dalam rangka mencapai tujuan Nasionalnya. 2) Pengertian Ketahanan Aspek Ideologi Ketahanan Nasional aspek ideologi diartikan sebagai “kondisi dinamik suatu bangsa berisi keuletan dan ketangguhan yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan Nasional. serasi dan selaras dalam seluruh aspek kehidupan secara utuh dan menyeluruh dan terpadu berlandaskan Pancasila.  Subjektif adalah pelaksanaan oleh pribadi perorangan dalam kehidupan sehari-hari dalam masyarakat dan berbangsa. hambatan. Penghayatan dan pengamalan ideologi dapat dibedakan 2 macam pelaksanaan.Suatu bangsa yang memiliki ideologi belum juga menjamin kekuasaan Nasional sebab sangat bergantung kepada penghayatan serta pengalamannya. serta dalam kegiatan penyelenggaraan negara. Yaitu pelaksanaan objektif dan subjektif. .  Objektif adalah pelaksanaan dalam Undang-Undang Dasar dan segala peraturan-peraturan hukum di bawahnya. peraturan-peraturan yang merupakan Keputusan Politik. dan gangguan baik yang datang dari luar maupun dari dalam yang langsung maupun tidak langsung membahayakan kelangsungan kehidupan ideologi suatu bangsa dan negara. di dalam menghadapi dan mengatasi segala tantangan. ancaman. UUD 1945 dan Wawasan Nusantara. Ketahanan Aspek Politik Politik di dalam ilmu pengetahuan selalu dihubungkan dengan kekuatan dan kekuasaan yang menjadi pusat perhatian masalah politik selalu dihubungkan dengan masalah negara karena kekuasaan di dalamnya berpusat pada pemerintahan. Maka itu kehidupan politik dapat dibagi menjadi 2 sektor yaitu : a) Sektor masyarakat yang berfungsi memberikan masukan (input) berupa aspirasi atau tautan kebutuhan masyarakat. b) Sektor pemerintah berfungsi sebagai keluaran (output) yang berupa kebijaksanaan yang melairkan Undang-Undang. a.

inter . maka akan timbul pemborosan waktu. Bambang Pranowo. (Minto Rahayu. tenaga dan sarana. Fungsi Ketahanan Nasional Ketahanan nasional dalam fungsinya sebagai doktrin dasar nasional perlu dipahami untuk menjamin tetap terjadinya pola pikir. serasi dan selaras dalam seluruh aspek kehidupan nasional. pola tindak dan pola kerja dalam menyatukan langkah bangsa yang bersifat inter . yang dilaksanakan sesuai dengan rancangan (sektoral).23 Maret 2013.Jakarta:Grasindo) 1. Konsep doktriner ini perlu supaya tidak ada cara berfikir yang terkotak-kotak pembangunan secara terpadu. ancaman. demi sebesar-besar kemakmuran yang adil dan merata. rohaniah dan jasmaniah.2007. untuk dapat menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara dalam mencapai tujuan nasional. Jadi konsepsi ketahanan nasional merupakan sarana untuk mewujudkan kemampuan dan kekuatan nasional guna menghadapi dan mengatasi segala tantangan.4shared. Sedangkan keamanan adalah kemampuan bangsa melindungi nilai-nilai nasionalnya terhadap ancaman dari luar maupun dari dalam. yang langsung maupun tidak langsung. (M. dan gangguan yang datang dari luar maupun dari dalam. Pendidikan Kewarganegaraan Perjuangan Menghadapi Jati Diri Bangsa.regional wilayah). dengan pendekatan kesejahteraan dan keamanan.html. yang bahkan berpotensi dalam dalam pelaksanaan pembangunman nasional .16:55WIB) Konsepsi ketahanan nasional adalah kondisi dinamik bangsa yang meliputi segenap aspek kehidupan nasional yang terintegrasi dan mampu mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi segala tantangan. (http://dc159.2010:6) B. pola sikap.com/img/YFYs1mHh/preview. sebagai upaya menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara dalam menggapai cita-cita bersama. Kesejahteraan dapat digambarkan sebagai kemampuan bangsa dalam menumbuhkan dan mengembangkan nilai-nilai nasionalnya. sebagaimana juga sebagai wahana untuk mencapai tujuan bersama sebagai bangsa dan negara. hambatan. 1) Hakekat Tahnas dan Konsepsi Tahnas Indonesia.Dengan kata lain. Hakekat Ketahanan Nasional Indonesia adalah keuletan dan ketangguhan bangsa yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional. 2) Hakekat konsepsi ketahanan nasional Indonesia adalah pengaturan dan penyelenggaraan kesejahteraan dan keamanan secara seimbang. Satu alasan adalah bahwa bila penyimpangan terjadi. konsepsi Tahnas Indonesia merupakan pedoman (sarana) untuk meningkatkan (metoda) keuletan dan ketangguhan bangsa yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional. Sabtu.sektoral maupun multi disiplin.

GAM adalah sebuah organisasi yang memiliki tujuan supaya Aceh.wikipedia. Ketahanan nasional juga berfungsi sebagai pola dasar pembangunan nasional. Raja’s Bar & Restaurant di Kuta Town Square. Pada hakikatnya merupakan arah dan pedoman.. Organisasi ini mendapatkan dana dari pemerintah Libya pimpinan Muammar Gaddafi. Kuta.org/wiki/Organisasi_Papua_Merdeka) Terorisme adalah serangan-serangan terkoordinasi yang bertujuan membangkitkan perasaan teror terhadap sekelompok masyarakat. Jimbaran.disegala bidang dan sektor program. (http://id.org/wiki/Gerakan_Aceh_Merdeka) Organisasi Papua Merdeka (disingkat OPM) adalah sebuah organisasi yang didirikan dengan tujuan membantu dan melaksanakan penggulingan pemerintahan yang saat ini berdiri di Papua. Contoh peristiwa terorisme yang pernah terjadi di Indonesia ledakan Bom Bali II terjadi pada tanggal 1 Oktober 2005. Dari 148 yang . Pemerintah menilai bahwa gerakan ini merupakan gerakan sparatisme yang dapat membahayakan ketahanan nasional Indonesia.wikipedia. kerena tujuannya adalah memisahkan diri dari Indonesia. (http://emperordeva. Organisasi ini dianggap sebagai gerakan separatism oleh pemerintah. Bali Pantai Muaya (Café Nyoman dan Café Menega). ketahanan nasional akan tetap mengalami berbagai macam permasalahan yang dapat menimbulkan kegoyahan terhadap ketahanan nasional dalam hal ini adalah Indonesia. GAM dipimpin oleh Hasan di Tiro selama hampir tiga dekade bermukim di Swedia dan berkewarganegaraan Swedia. lepas dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sementara lima bom lainnya tidak sampai meledak dan ditemukan personel Brigade Mobil. Ancaman-ancaman tersebut dapat berasal dari dalam maupun luar negeri.000 jiwa. Tragedi tersebut. Indonesia sudah sering mengalami berbagai macam peristiwa yang dapat dikategorikan sebagai sebuah ancamanancaman terhadap ketahanan nasional. GAM (Gerakan Aceh Merdeka) merupakan salah satu gerkakan sparatisme.cita-cita nasional. Gerakan ini juga dikenal dengan nama Aceh Sumatra National Liberation Front (ASNLF). Denpasar. Kabupaten Badung. menewaskan sedikitnya 23 orang dan melukai 196 orang 148 orang diantaranya harus menjalani perawatan secara intensif di RSUP Denpasar dan sejumlah RS swasta lainnya di Bali. dan menolak pembangunan ekonomi dan modernitas. Konflik antara pemerintah RI dan GAM yang diakibatkan perbedaan keinginan ini telah berlangsung sejak tahun 1976 dan menyebabkan jatuhnya hampir sekitar 15. terjadi di 3(tiga) tempat yang berbeda dan pada waktu yang hampir bersamaan. (http://id. tempat tersebut .com/about/ketahanan-nasional/ ) Dalam perkembanagan. Beberapa contoh peristiwa yang sempat mengusik ketahanan nasional negara Indonesia adalah gerakan sparatisme dan terorisme .wordpress.

memerlukan perawatan yang terdiri atas warga negara Indonesia 100 orang dan warga negara asing 48 orang. ditutup dengan lempengan baja yang dilapisi dengan semen. pukul07. Senin. Jakarta 2003.Bom Kompleks Mabes Polri. Sebanyak 11 orang meninggal. bom menghancurkan sebagianhotel JW Marriott.15 WIB. Tidak ada korban jiwa. dan 152 orang lainnya mengalami luka-luka. . 5 Agustus 2003. Bom JW Marriott 2003. 3 Februari 2003. Mabes Polri Jakarta. bom rakitan meledak di lobi Wisma Bhayangkari. Ledakan berasal dari sebuah bom rakitan yang dibuat dari pipa paralon sepanjang 11 cm dengan diameter 16 cm.

masyarakat. . Dalam perkembanagan. Saran Bagi para pembaca sekaligus sebagai warga negara Indonesia sudah sepantasnya jika ikut menjaga ketahanan nasional demi terjaminnya kelangsungan hidup masyarakat. ketahanan nasional akan tetap mengalami berbagai macam permasalahan yang dapat menimbulkan kegoyahan terhadap ketahanan nasional dalam hal ini adalah Indonesia. Proses berkelanjutan itu harus selalu didasari oleh pemikiran geopolitik dan geostrategi sebagai sebuah konsepsi yang dirancang dan dirumuskan dengan memperhatikan konstelasi yang ada disekitar Indonesia. dimulai dari lingkungan diri pribadi. keluarga. Kesimpulan Ketahanan Nasional bangsa Indonesia adalah kondisi bangsa Indonesia yang berkembang meliputi segenap aspek kehidupan nasional. Ancaman-ancaman tersebut dapat berasal dari dalam maupun luar negeri. B. Indonesia sudah sering mengalami berbagai macam peristiwa yang dapat dikategorikan sebagai sebuah ancamanancaman terhadap ketahanan nasional. Ketahanan nasional merupakan kondisi kehidupan nasional yang harus senantiasa diwujudkan dan dibina secara terusmenerus serta sinergik. Hal demikian itu.BAB III PENUTUP A. Tanpa adanya ketahanan nasional maka keamanan dan kenyamanan kehidupan akan terganggu dan akan memicu timbulnya berbagai macam pelanggaran. bangsa dan Negara dengan modal dasra keuletan dan ketangguhan yang mampu mengembangkan kekuatan nasional.

2002. Sabtu.Html. Sejarah Ketatanegaraan Republik Indonesia. dkk. Jakarta: Tigaserangkai Pustaka Mandiri Kaelan Dan Ahmad. Pendidikan Kewarganegaraan. 2007.DAFTAR PUSTAKA Dasim Aksarabudimansyah. Yogyakarta: Paradigma . Paradigma Baru Pendidkan Kewarganegaraan. Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Paradigma Ketahanan Nasional. Achmad. Pendidikan Kewarganegaraan.Com/Img/Yfys1mhh/Preview. Jakarta: Gramedia Pustaka M Bambang Pranowo. 2007. 2006. Jakarta: Pustaka Alfabet Minto Rahayu. Jakarta: Gramedia Pustaka Utamajoeniarto. Di Unduh Dari Http://Dc159.23 Maret 2013. Multideminsi Ketahanan Nasional. Kewarganegaraan. Jakarta: Grasindo Sumarsono. 2001. 2004. Jakarta: Bumi Aksara Genesindoyudhistira. Cetakan Pertama.16:55 wib Lemhamnas. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Bumi Zubaidi H.4shared. 2010. Model Pembelajaran Kewarganegaraan. 2008. 2002. Pendidikan Kewarganegaraan Perjuangan Menghadapi Jati Diri Bangsa. Bandung: Dwi Winarna. 1996.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful