P. 1
Power Point Kimia

Power Point Kimia

5.0

|Views: 66,978|Likes:
Published by hamonanganrs
Power point kimia berisi info tentang larutan penyangga dan perhitumgan pH
Power point kimia berisi info tentang larutan penyangga dan perhitumgan pH

More info:

Published by: hamonanganrs on Apr 28, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/06/2013

pdf

text

original

Oleh: Kelompok 1 Nama Anggota

:
◦ ◦ ◦ ◦ ◦ ◦

Power Point Kimia Larutan Penyangga (Buffer)
Brata Kusuma Hamonangan R.D.S Neney Patrianti Nisa Noorlela Reina Dwi Septiani Rizka Metya

Kelas: XI-IA1

‣Larutan Penyangga adalah larutan yang mampu mempertahankan pH pada nilai tertentu saat ditambahkan sedikit asam, sedikit basa, atau diencerkan. Saat ditambahkan sedikit asam, sedikit basa pH larutan berubah, tetapi nilainya kecil sekali sehingga bisa diabaikan. ‣Larutan Penyangga dapat dibuat dengan mencampurkan asam lemah dengan basa konjugasinya atau dengan garamnya (Larutan penyangga Asam) contohnya: Campuran antara C2H5COOH(aq) (Asam Etanoat) dengan basa konjugasi C2H5COO- (aq) (Ion Etanoat) atau dengan garamnya C2H5COOK(aq)( Kalium Etanoat) dan mencampurkan basa lemah dengan asam konjugasinya atau dengan garamnya (Larutan Penyangga Basa) contohnya NH4OH(aq) (Amonium Hidroksida) dengan asam konjugasinya NH4+(aq) (Amonium) atau dengan garamnya NH4Cl (aq) (Amonium Klorida).

Komponen yang menyusun larutan penyangga dapat dibagi menjadi: Komponen Asam dan Komponen Basa. Komponen Asam berfungsi mengatasi kenaikan pH dengan melepaskan ion H+ untuk mengatasi penambahan OH- (penambahan basa) dan bereaksi membentuk H2O yang netral. Komponen Asam sendiri akan berubah menjadi basa lemah / basa konjugasi atau garam basa sehingga menambah sedikit konsentrasinya. pH sendiri tidak naik terlalu besar. Yang termasuk komponen Asam adalah Asam Lemah, Asam Konjugasi, dan Garam Asam. Contoh: Pada Campuran H2CO3(aq) (Asam Karbonat) dan HCO3-(aq) (Ion Bikarbonat) yang bertindak sebagai komponen Asam adalah Asam Lemah H2CO3(aq)

Komponen Basa berfungsi mengatasi penurunan pH dengan bereaksi dengan ion H+ untuk mengatasi penambahan ion H+ (penambahan asam). Reaksi yang terjadi akan membentuk asam lemah/ asam konjugasi atau garam asam. Kemudian akan terjadi penambahan sedikit Konsentrasi Komponen Asamnya sehingga nilai pH turun dalam jumlah yang kecil. Yang termasuk komponen basa adalah Basa Lemah, Basa Konjugasi, Garam Basa. Contohcontoh senyawa yang termasuk komponen basa. Basa Lemah: NH3, NH4OH, N2H4. Basa Konjugasi: CH3COO-, HCO3-, CN-. Garam Basa: CH3COONa, C2H5COOK, NaHCO3, Mg(CN)2 .

Berdasarkan komponen penyusunnya, larutan penyangga bisa dibagi menjadi Larutan Penyangga Asam, dan Larutan Penyangga Basa . 1. Larutan Penyangga Asam  Larutan Penyangga Asam tersusun atas suatu asam lemah (HA) dan Basa Konjugasinya (A-). pH larutan penyangga asam dibawah 7 dan sanggup mempertahankan pH di kondisi asam(pH dibawah 7).Larutan Penyangga Asam dapat dibuat dengan 2 cara berikut.  1. Mencampurkan asam lemah dengan basa kuat, dimana jumlah asam lemah yang digunakan berlebih. Campuran ini akan menghasilkan garam yang mengandung basa konjugasi dari asam lemah yang dicampurkan. Perhatikan Contoh Berikut.

Sebanyak 100mL CH3COOH(aq) 0,1M direaksikan dengan 50mL NaOH(aq) 0,1M akan menghasilkan Garam Basa CH3COONa. Mol CH3COOH = 100mL x 0,1mmol L-1= 10mmol Mol NaOH = 50mL x 0,1mmol L-1= 5mmol Dengan Persamaan Reaksi:  CH COOH CH3COONa(aq) + H2O(l) 3 (aq) + NaOH(aq) Awal: 10mmol 5mmol Reaksi: - 5mmol -5mmol +5mmol +5 mmol Sisa: + 5mmol +5mmol +5mmol Campuran yang dihasilkan adalah larutan penyangga karena mengandung asam lemah CH3COOH dan basa konjugasi CH3COO- dalam Garam CH3COONa.

2. Mencampurkan asam lemah (HA) dengan Garamnya (LA). Didalam larutan Garam LA menghasilkan ion A-. Ion ini merupakan basa konjugasi dari asam HA. Perhatikan Contoh Berikut .  Campuran CH COOH dan CH COOK 3 3 Larutan tersebut mengandung CH3COOH dan CH3COOsebagai komponen Larutan penyangga. Campuran H2CO3 dan NaHCO3 Larutan tersebut mengandung H2CO3 dan HCO3- sebagai komponen Larutan penyangga. Campuran H3PO4 dan Ca(H2PO4)2 Larutan tersebut mengandung H3PO4 dan H2PO4- sebagai komponen Larutan penyangga.

2. Larutan Penyangga Basa  Larutan Penyangga Basa tersusun atas suatu basa lemah (BOH) dan Asam Konjugasinya (HB+). pH larutan penyangga basa diatas 7 dan sanggup mempertahankan pH di kondisi basa(pH diatas 7).Larutan Penyangga Basa dapat dibuat dengan 2 cara berikut. 1. Mencampurkan basa lemah (BOH) dengan garamnya(LB). Didalam larutan, garam tersebut menghasilkan ion B+. Ion ini adalah asam konjugasi dari basa BOH. Sebagai contoh adalah campuran NH3 dan NH4Cl. Komponen penyangga larutan tersebut adalah NH3 dan NH4+. campuran HONH2 dan HONH3Cl. Komponen penyangga larutan tersebut adalah HONH2 dan HONH3+.

2. Mencampurkan Basa Lemah dengan Asam Kuat, dimana jumlah Basa Lemah yang digunakan berlebih. Campuran ini akan menghasilkan garam yang mengandung asam konjugasi dari basa yang dicampurkan. Perhatikan contoh berikut. Sebanyak 100mL NH3(aq) 0,1M direaksikan dengan 25mL H2SO4 0,1M Menghasilkan Garam Asam (NH4)2SO4 Mol NH3= 100mL x 0,1mmol L-1= 10mmol Mol H2SO4= 25mL x 0,1mmol L-1= 2,5mmol 2 NH3(aq) + H2SO4(aq) (NH4)2SO4(aq) Awal: 10mmol 2,5mmol Reaksi: -5mmol -2,5mmol +2,5mmol Sisa: 5mmol 2,5mmol Campuran yang dihasilkan adalah Larutan Penyangga, karena mengandung Basa Lemah NH3 dan Asam Konjugasi

Larutan Penyangga bekerja berdasarkan prinsip kesetimbangan kimia. Berikut penjelasan mengenai cara kerja larutan penyangga berdasarkan komponen penyusunnya. 1. Larutan Penyangga Asam  Di dalam larutan, Larutan penyangga Asam membentuk kesetimbangan berikut.  HA A-(aq) + H +(aq) (aq)  Pada penambahan Asam, ion H+ yang ditambahkan bereaksi dengan ion A- membentuk senyawa asam HA. Akibatnya kesetimbangan bergeser kekiri.  Pada Penambahan Basa, ion OH- dari basa bereaksi dengan ion H+ dari komponen HA membentuk A- dan H2O. Akibatnya, kesetimbangan bergeser ke kanan dan konsentrasi ion H+ dapat dipertahankan. Penambahan Basa menyebabkan berkurangnya komponen asam HA.  HA A-(aq) + H2O(l) (aq) + OH (aq)

2. Larutan Penyangga Basa  Di dalam larutan, Larutan penyangga Basa membentuk kesetimbangan berikut.  BOH B+(aq) + OH-(aq) (aq)  Pada penambahan Asam, ion H+ yang ditambahkan bereaksi dengan ion OH- dari BOH membentuk asam konjugasi B+ dan H2O. Akibatnya kesetimbangan bergeser kekanan dan ion OH- dapat dipertahankan. +  BOH B+(aq) + H2O(l) (aq) + H (aq)  Pada Penambahan Basa, ion OH- dari basa bereaksi dengan ion B+ dari komponen asam membentuk komponen basa BOH dan H2O. Akibatnya, kesetimbangan bergeser ke kiri. Penambahan Basa menyebabkan berkurangnya komponen asam B+ .

1. Penurunan Rumus Larutan Penyangga a. Larutan Penyangga berupa campuran asam lemah dan garamnya Asam Lemah(HA) mengalami disosiasi menurut keseimbangan berikut . HA(aq) H+(aq) + A-(aq) Harga Kesetimbangan asam tersebut dinyatakan dalam Ka. Ka= [H+] [A-] (i) [HA] Dengan demikian, konsentrasi ion Hidrogen (H+) adalah [H+]= Ka [HA] (ii) [A-] pH dapat ditentukan dengan Persamaan HendersonHasselbach pH= pKa – log[HA] atau pH= pKa – log mol HA V HA= V A[A-] mol A-

b. Larutan Penyangga berupa campuran basa lemah dan garamnya Basa Lemah(BOH) mengalami disosiasi menurut keseimbangan berikut . BOH(aq) OH-(aq) + B+(aq) Harga Kesetimbangan asam tersebut dinyatakan dalam Ka. Kb= [OH-] [B+] (i) [BOH] Dengan demikian, konsentrasi ion Hidroksida (OH-) adalah [OH-]= Kb [BOH] (ii) [B+] pH dapat ditentukan dengan Persamaan HendersonHasselbach pOH= pKb – log[BOH] atau pOH= pKb – log mol BOH [B+] mol B+ V BOH= V B+ . pH= pKw- pOH

2. Menghitung pH larutan Penyangga a. Larutan Penyangga Asam  Hitunglah [H+] dan pH larutan yang dibuat dengan mencampurkan CH3COOH(aq) 0,1M dengan CH3COONa(aq) 0,2M dengan volume sama. Ka CH3COOH= 1,75 x 10-5. Penyelesaian  [CH COO-] = [CH COONa] 3 3 [H+] = Ka [CH3COOH] [CH3COONa] [H+]= 1,75 x 10-5. 0,1M = 8,75 x 10-6 0,2M pH= - log[H+] = - log 8,75 x 10-6= - (0,94-6)= 5,04

b. Larutan Penyangga Basa  Hitunglah [OH-] dan pH larutan yang dibuat dengan mencampurkan NH3(aq) 0,1M dengan NH4Cl(aq) 0,2M dengan volume sama. Kb NH3= 1,75 x 10-5. Penyelesaian  [NH -] = [NH Cl] 4 4 [OH-] = Kb [NH3] [NH4Cl] [OH-]= 1,75 x 10-5. 0,1M = 8,75 x 10-6 0,2M pOH= - log[OH-] = - log 8,75 x 10-6= - (0,94-6) = 5,04. pH= pKw – pOH= 14 - 5,04 = 8,96

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->