P. 1
Bab 8 Rekayasa Genetika

Bab 8 Rekayasa Genetika

|Views: 11|Likes:
Published by Siti Irmawati
tentang rekayasa genetika
tentang rekayasa genetika

More info:

Published by: Siti Irmawati on Jun 11, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/14/2014

pdf

text

original

BAB 8 BIOTEKNOLOGI

“REKAYASA GENETIKA”
Nama Anggota : Alivia Nurlailita Fadilah Fitriyani Rohamuna Menisco Octaviandi Siti Irmawati Vindi Novianti

XII IPA 1

Arti paling luas : Penerapan genetika untuk kepentingan manusia 2. Khusus : Teknik yang dilakukan manusia mentransfer (memindahkan )gen (DNA) yang dianggap menguntungkan dari satu organism kepada susunan gen (DNA) dari organism lain. hingga tumbuh-tumbuhan. mulai dari bakteri. .1.fungi. hewan tingkat tinggi. hewan tingkat rendah. Obyek rekayasa genetika mencakup hampir semua golongan organisme.

.

makin banyak plasmid yang direplikasi makin banyak pula gen asing yang dicopy sehingga terjadi cloning gen. Enzim ini disebut enzim endonuklease retriksi. enzim endonuklease retriksi yaitu enzim endonuklease yang dapat memotong ADN pada posisi dengan urutan basa nitrogen tertentu.Bakteri. berperan untuk memotong dan menyambung plasmid. Enzim. . berperan dalam memperbanyak plasmid. Plasmid di dalam tubuh bakteri akan mengalami replikasi atau memperbanyak diri.

Mengindetifikasikan gen dan mengisolasi gen yang diinginkan. . Penyisipan DNA rekombinan kedalam tubuh/sel bakteri. 5. Pemanenan produk. Membuat DNA/AND salinan dari ARN Duta. Membuat klon bakteri yang mengandung DNA rekombinan 6. 2. Pemasangan cDNA pada cincin plasmid 4.Adapun langkah-langkah yang dilakukan dalam rekayasa genetika secara sederhana urutannya sebagai berikut : 1. 3.

Tahap-tahapnya adalah sebagai berikut: 1) Tahap pertama dalam membuat bakteria yang bisa menghasilkan insulin adalah dengan mengisolasi plasmid pada bakteri tersebut yang akan direkayasa. . 2) Kemudian plasmid tersebut dipotong dengan menggunakan enzim di tempat tertentu sebagai calon tempat gen baru yang nantinya dapat membuat insulin. Plasmid adalah materi genetik berupa DNA yang terdapat pada bakteria namun tidak tergantung pada kromosom karena tidak berada di dalam kromosom.

4) Gen yang telah dipotong dari kromosom sel manusia itu kemudian ‘direkatkan’ di plasmid tadi tepatnya di tempat bolong yang tersedia setelah dipotong tadi. 5) Plasmid yang sudah disisipi gen manusia itu kemudian dimasukkan kembali ke dalam bakteria.3) Gen yang dapat mengatur sekresi (pembuatan) insulin diambil dari kromosom yang berasal dari sel manusia. 6) Bakteria yang telah mengandung gen manusia itu selanjutnya berkembang biak dan menghasilkan insulin yang dibutuhkan. . Dengan begitu diharapkan insulin dapat diproduksi dalam jumlah yang tidak terbatas di pabrik-pabrik.

Mekanisme Pembuatan Insulin Eksogen .

Apa yang dimaksud dari Hormon Insulin ? Insulin adalah suatu hormon yang secara alami dihasilkan oleh pulau pulau langerhans pankreas. Insulin juga merupakan sinyal control utama perubahan glukosa menjadi glikogen untuk penyimpanan internal di hati dan sel otot. atau untuk disimpan. Insulin memungkinkan sel – sel tubuh mengabsorbsi glukosa dari darah untuk digunakan sebagai sumber energi. diubah menjadi molekul lain yang diperlukan. .

• Insulin Eksogen kerja sedang. Produk Rekayasa Genetika 1. • Insulin Eksogen campur antara kerja cepat & kerja sedang (Insulin premix) • Insulin Eksogen kerja panjang (lebih dari 24 jam).D. Terdapat 4 buah insulin eksogen yang diproduksi dan dikategorikan berdasarkan puncak dan jangka waktu efeknya : • Insulin Eksogen kerja cepat. .

padi hingga stroberi. Kanada. jagung.2. berbagai perusahaan telah menyiapkan 26 produk lainnya. bahkan Asia Tenggara. herbisida. Dalam enam tahun ke depan. Sekitar 20 produk pertanian hasil modifikasi genetik telah beredar di pasaran Amerika. . kapas. mulai dari kedelai. Dari yang tahan hama. jamur hingga pematangan yang dapat ditunda.

• Berkurangnya polusi. • Tersedianya sumber energi yang terbaharui. . • Tresedianya bahan makanan yang lebih melimpah. • Proses industri yang lebih murah.• Meningkatnya derajat kesehatan manusia. dengan diproduksinya berbagai hormone manusia seperti insulin dan hormone pertumbuhan.

Dimana Penggunaan rekayasa genetika untuk mencari pemecahan suatu masalah.Rekayasa genetika menandai dimulainya era bioteknologi modern. Organisme tersebut dinamakan organisme transgenik. memungkinkan untuk menghasilkan organisme yang mengandung gen dari organisme lain. .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->