MICROSOFT OFFICE

Microsoft Office adalah sebuah program terpadu yang terdiri dari Microsoft word : sebagai program pengolah kata Microsoft Excel : sebagai pengolah angka Microsoft Powerpoint : sebagai pembuat file presentasi Microsoft Acces : sebagai pengolah file basis data Microsoft Outlook : sbagai fasilitas pengiriman E-mail Microsoft Front page : program pembuatan web di internet Dan disini yang akan dibahas adalah tiga program utama dalam office yang paling sering dipakai sehari-hari.

1. Microsoft Word Ms Word telah dikatakan diatas adalah program yang digunakan unutk membuat atau memanipulasi kata Untuk memulai Ms Word bias dilakukan dua cara yaitu : • • Melalui Start  program file  Ms Word Melalui icon yang ada di desktop Untuk melakukan format data seperti perubahan font, jenis, ukuran, cetak miring, bold, perataan, justify,editing,copy, paste,dll. Dapat dilakukan melalui menu pada toolbar ataupun langsung dengan menyorot icon pada

a. Memformat data

Font Editing Justify

drawinga

Font & draw Editing

toolbar.

b. Mencari dan merubah text Untuk mencari text yang diinginkan klik edit  find , maka akan muncul kotak dialog find. Isikan kata /text yang ingin dicari lalu klik find next. Sementara unutk merubah text yang dicari stelah memilih find lalu klik replace pada dialog box maka aakn muncul tampilan replace.

Ketikan kata pengganti pada kolom replace, setelah itu klik replace jika akan mengganti 1 kata, replace all jika mengganti seluruh kata. c. Header and footer Biasa digunakan untuk mebuat kepala surat atau kaki surat. Utuk memulai lakukan Klik pada menu View di toolbar Ms Word, lalu pilih Header and

pilih berapa column yang ingin dibuat. lalu pilih akan diaplikasikan pada semua doukumen atau sebagian dokumen. Column Biasa digunakan untuk membagi tulisan dalam Koran. maka akan tampil kepala dan kaki pada Ms Word. Untuk memakai asilitas ini pilih Format  Column. leafleat dan sebagainya agar lebih fleksibel.nomor halaman . Pada header and foter ini biasa dimasukan jam. lalu klik icon column pada toolbar. brosur. Jumlah kolom Aplikasi dokumen Cara lain Blok teks yang akan dibuat column. . kepala surat dll. lalu klik OK. d.footer.

Cara lain dapat di lakukan klik pada icon di toolbar. jadi ada skala prioritas semntara bulleted penampilan urutan informasi tapi tidak ada skala urutan. Untuk memulai. pilih Format  bulleted and Numering. Bulleted and Numbering Numbering biasa digunakan untuk membuat urutan informasi secara numeric.Icon Column Hasil 2 kolom e. . Pilih salah satu bulleted atau numbering pada dialog. maka akan keluar kotak dialog.

file lain. File yang dimasukan bisa berupa gambar. word art. Import file Digunakan untuk memasukan file-file tambahan pada worksheet yang kita kerjakan. date and • time dll. dll. File yang dimasukan dapat berupa teks. gambar. clipart. file lain. Semua cara hampir yaitu pilih menu insert  picture/wordart/filesama kecuali untuk insert tabel Insert  picture/file/word art .Icon Buleted & Numering Hasil buletted f.

Jml Kolom Jml Baris g. FAX dan E-Mail Digunakan untuk memanfaatkan fasilitas word unutk mengirim fax dan e-mail. klik OK. maka tampil table sesuai yang kita inginkan .Clipart Wordart Excel • Insert tabel Dilakukan dengan memilih Table  insert  table. lalu pilih jumlah kolom dan baris yang diinginkan. • FAX Pilih menu file  Send to  fax Recipient  Next  finish  Send Fax Now .

kajur.. Buatlah sebuah surat undangan dengan poin sebagi berikut • • • 2. Tugas 1. Kepala surat menggunakan header footer. bentuk artikel seperti Koran dengan menggunakan 3 kolom .• E-mail Klik file  Send To  Mail Receipent(As Attachment)  Send h. atas nama himpunan mahasiswa Undangan rapat koordinasi pengurus Tembusan kepada dekan. arsip ( buat pake numbering) Buatlah sebuah artikel tentang kesehatan dan sisipkan kedalamnya gambar dan tabel.

inventori. dapat lakukan dengan memblok cell atau baris yang akan diproses lalu Klik format lalu pilih border and shading kemudian pilih warna yang diinginkan. Untuk memulai Ms Word bias dilakukan dua cara yaitu : • • Melalui Start  program file  Ms Excel Melalui icon yang ada di desktop a. . Format data Beberapa hal yang dilakuakn unutk memformat data seperti bold. underline. dsb. table harga. Atau bias secar langsung dengan memilih icon pada toolbar. italic. perataan. tabel digunakan untuk meberi warna pada background table.2. pewarnaan. Border Shading. tau dengan cara manual yang sama dengan ara yang dilakukan pada Ms word Sementara unutk menggabung cell menjadi satu dilakukan dengan memilih icon merge sell Merge Cell Format data b. ukuran dan jenis font dapat dilakukan dengan cara memilih icon yang ada pada tool bar. Mirosoft Excel Pada dasarnya Microsoft Excel digunakan untuk melakukan pengolahan angka seperti pembukuan.

Fungsi icon tersebut akan keluar jika kita sorot pada gambar icon. begitu juga untuk persentasa dan penandaan koma. koma. Untuk melakukan sorting dapat dilakukan dengan memilih icon pada tollbar. Sorting. ^ . Operasinya sma dengan operasi aritmatika biasa diantaranya : +.Table Border and Shading Blok c. persen. -.% Untuk mengawali perhitungan rumus harus diawali dengan sama dengan. *. Dan masih banyak fasilitas standar yang bisa dipilih sebagai bahan melakukan format terhadap data. /. persen Sorting Angka dibalakang /didepan koma Fungsi Icon keluar jika di sorot mouse d. . Perhitungan Aritmatika Digunakan unutk melakukan penghitungan penghitungan pada data.

Fungsi Adalah suatu rumus yang telah siap pakai unutk digunakan sebagai alat perhitungan baik matematika. Untuk menggunakannya bisa klik cell yang dipilih. statistic. lalu pilih icon pada toolbar yaitu fx.dll.Pada kolom diketik = F8+F9+F10+F11+F12 Pada kolom diketik = F15/5 e. atau dengan cara memilih insert  function. maka akan tampil Pilih salah satu fungsi lalu Klik ok maka akan keluar toolbox .

Lalu klik ok. Masih banyak lagi fungsi lain yang bisa dilakukan meicrosoft excel. atau dengan cara memblok cell yang akan diproses. Perhatikan contoh dibawah ini yang memakai fungsi • • • • MAX untuk mencari nilai terbesar MIN untuk mencari nilai terkecil SUM untuk menghitung jumlah keseluruhan AVERAGE untuk mencari nilai rata-rata.Isi kolom Number1 dengan cell yang akan diproses. yang masingmasing memiliki kegunaan yang berbeda diantaranya • • • • COUNT untuk menghitung banyak data ROUND untuk membulatkan data MEDIAN unutk mencari nilai tengah dll =MAX(F8:F13) =MIN(F8:F12) =SUM(F8:F12) =AVERAGE(F8:F12) .

Untuk memulai blok tabel yang akan dibuat lalu pilih Insert  Chart atau langsung klik icon Chart pada tool bar maka akan tampil form pilihan jenis tabel diantaranya • • • • PIE Column Bar dll pilih salah satu lalu klik next. lalu isi sesuai petunjuk . caranya dengan memakai fungsi IF g. Grafik Digunakan untuk membuat grafik berdasar tabel.f. maka tampil form berikut. fungsi logika digunakan untuk kasus yang membutuhkan seleki.

clipart. file lain. dll. gambar. maka tampilan menjadi seperti gambr dibawah Icon Chart Transformasi tabel h. File yang dimasukan dapat berupa teks. sesuai dengan keinginan kita. .Judul Tabel Nama (X) Nama (Y) Setelah ketiga kolom diisi Klik finish. Import File Digunakan unutk memasukan file-file tambahan pada worksheet yang kita kerjakan. Untuk melakukan import pilih insert  Picture/file/object/etc.

UAS. adalah fungsi logika dengan aturan Total > 80 huruf mutu “A” 70<= total <=80 huruf mutu “B” 60<= total <=70 huruf mutu “C” 50<= total < 60 huruf mutu “D” Total <=40 huruf mutu “ E “ . diisi berdasar nilai UTS. Isi kolom tanda tanya dengan rumus-rumus yang pernah dipelajari Presentase.Dari file JPG Dari gambar Clipart Dari Word ART i. Tugas –tugas • • • • • Lengkapilah tabel dibawah dengan 10 data mahasiswa besrrta nilai UTS. adalah hasil jumlah presentase Mutu. TUGAS. UAS dan TUGAS Total.

Pada windows pilih Start  Program  Microsoft powerpoint. Perhatikan gambar.3. kita harus mebuka dulu Ms Powerpoint. Microsft Power Point Powerpoint adalah suatu perangkat lunak yang diciptakan khusu unutk menangani rancangan suatu presentasi grafis a. pada dasarnya fungsi-fungsi yang ada dalam satu paket Microsoft offece hampir sama. Mengenal elemen dasar powerpoint Sebelum mengenal elemen dasar. Untuk power poin terdapat slide sbagi lembar kerja dan beberapa tampilan animasi. tidak terkecuali untuk Powerpoint elemen elemen unutk melakukan format dan editing pada teks dan gambar persis sama. .

ataupin gambar. teks. isi dengan data yang akan kita inginkan. Format data editing Jumlah slide Design template Drawing slide colouring Jika kita telah mendapat tampilan diatas .Jika kita telah mendapat tampilan diatas . isi dengan data yang akan kita inginkan. teks. . ataupun gambar. bisa dengan pasilitas drawing. bisa dengan pasilitas drawing.

Layout slide b. Membuat presentasi dengan design template Design template adalah sebuah fasilitas background untuk slide yang disediakan powerpoint . Start  program  powerpoint  new presentation with design template 2. Terdapat 2 cara unutk mengaplikasikan design template : 1. . ketika kita udah punya file presentasi cukup Apply Design template yang terdapat pada toolbar cara yang pertama biasanya unutk versi office dibawah Office XP. sehingga presentasi memiliki background seseai yang kita pilih. Perhatikan gambar pada contoh setelah diaplikasikan dengan design template.

Bekerja dengan slide Telah dibahas diatas bahwa side adalah tempat kita bekerja dalam membuat powerpoint. dipindah dan disisipkan.c. pilih insert  new slide • Memindahkan Sslide : klik slide yang akan dipindahkan lalu drag kearah mana slide akan dipindah . • • Menambah Slide : pilih insert  klik new slide Menyisipkan slide : untuk menyisipkan slide diantara 2 slide. dalam operasinya slide bisa dikurangi. ditambah. pertama-tam pilih slide yang paling bawah diantara kedua slide yang akan disisipi.

Insert file Fasilitas impor atau insert dalam powerpoint sama dengan fasilitas word dan excel yaitu dengan memilih menu insert  picture. Hanya saja ada dua fasilitas tambahan yaitu insert soun and movies. dll.• Menghapus slide : klik slide yang akan dihapus lalu tekan delete pada keyboard Jumlah slide Operasi slide d. number. Dimana kita bisa memasukan file suara pada file kita. file. .

waktu. Untuk memberi animasi pilih Slide Show  Costum animation. dll Animation Schemee : unutk melihat jenis animasi yang bisa dipilih Custom Animation: memilih jenis animasi yang akan kita pakai. Perhatikan kotak dialog lalu klik OK. jenis animasi. . Terdiri dari : • • • • View Show : utnuk menampilkan hasil presentasi Set Up Show :melakukan setting padaa file yang dibuat dari segi ukuran.e. kemudian pilih baian mana yang akan dianimasi. waktu animasi. Slide Show Adalah fasilitas animasi grafis Animasi grafis yang dibuat agar file presentasi yang kita buat bisalebih bagus dan interaktif dengan fasilitas multi media yang disediakannya. dll.

Blok data Efek proses timing urutan f. Menampilkan animasi Untuk menampilkan animasi pilih menu slideshow  View Show g. tugas buatlah sebuah presentasi yang akan menerang tentang satu jenis penyakit dimana : • • • buat dalam 4 slide full Animasi design template .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful