Kartu Bilangan Bulat

Mata Pelajaran Kelas / Semester Setandar Kopetensi Kometensi Dasar A. Funsi Alat

: Matematika : IV / II : 5. menjumlahan dan mengurangkan bilangan bulat : 5.2 Menjumlahkan bilangan bulat :

Alat ini di gunakan untuk menghitung penjumlahan bilangan bulat B. Alat dan Bahan : B.1 Alat 1. Gunting 2. Pisau 3. Penggaris 4. sepidol / pulpen Gambar 1.1

kaleng trasparan 1 buah Gambar 1. satu pasang sampai habis dan sisanya tidak mempunyai pasangan lagi.B. Seperti soal di atas kartu yang mempunnyai tanda negatip di masukakn kekaleng sejumlah 6 buah. Setelah masuk kemudian kita ambil berpasangan anara poisitip dan negatip dalam satu kali ambil satu pasang. Kemudian kita hitung yang tidak mempunnyai pasangan satu persatu itulah hasilnya .2 Bahan 1. apa itu kartu positip maupun kartu negatip itulah nanti merupakan hasilnya.2 C. kertas manila kuning 2 buah 3.kertas manila warna merah 2 buah 2. contoh penjumlahan bilangan( -6+8=… )dengan menggunakan alat yang sederhana ini siswa tidak terlalu banyak berfikir akan cepat mendapatkan jawaban. Dan 8 kartu bilangan pisitip dimaasukan ke kaleng juga. Perinsip Kerja Alat Adalah Kartu bilangan bulat ini adalah alat Bantu untuk menjumlahkan bilangan bulat positip dan negatip.

4 .D.4) Gambar 1. Langlah pertama Ambil kertas manila kita buat bentuk persegi ukuran 5 cm dan kita garissehingga bentuknya seperti gambar 1. Langkah Kedua Kertas manila tadi kita beri tanda positip maupun negatip dengan sepidol (gambar .1.3 II.3 Gambar 1. Cara membuat I.

Cara mengunakan alat.III. Untuk Pengujian alat Siswa bersama guru mendemontrasikan media yang sudah ada contoh dengan soal (-8 + 10 = …) siswa mengambil media kartu bilangan tersebut semua kartu bilang itu dikeluarkan dan seelah keluar baru kita masukkan sesuai dengan soal diatas yaitu . agar siswa terampil menggunakan suatu alat atau media yang ada diligkungan agar bisa memanfaatkan kekayaan alam yang ada disekitarnya untuk bisa membantu memecahkan masalah sehari-hari.Lagkah ke tiga Ambil gunting untuk memotong kartu positip dan negatip tadi lihat gambar Gambar 1.5 F. G. Dalam peroses belajar mengajar dengan media yang sederhana ini hendaknya didemontrasikan dilakukan oleh siswa dan guru pembibing dan menjelaskan konsep yang perlu dipahami oleh siswa dengan bantuan alat ini ada 2 peranan penting yaitu 1. untuk mengetahui tehnik penjumlahan bilangan bulat dengan media dengan konsep ini siswa bisa menemukan rumus sendiri . 2.

ambil karti bilangan negatip 8 buah lalu dimasukakn kedalam kaleng dan masukakn lagi bilangan positip 10 buah setelah itu ambil 1 pasang kartu bilang positp dan negatip .6 . Sampai habis tidak ada pasangannya setelah itu yang tidak ada pasangannya atau sisanya didalam kaleng itu diambil satu-persatu dan dihitung dan ternyata sisanya hanya dua .dan tandanya positip jadi itulah jawaban dari soal -8 + 10 = 2 Gambar 1.1.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful