P. 1
ADMINISTRASI KEUANGAN NEGARA

ADMINISTRASI KEUANGAN NEGARA

|Views: 109|Likes:
Published by hamzah ansori

More info:

Published by: hamzah ansori on Jun 12, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/21/2013

pdf

text

original

Pengertian Administrasi Keuangan

1.

2.

3.

Prof. Sondang P Siagian : Administrasi adalah keseluruhan proses kerjasama antara dua orang atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditentukan sebelumnya dan memanfaatkan sarana dan prasarana tertentu secara berdaya guna dan berhasil guna. Leonard D White : Administrasi adalah suatu proses yang pada umumnya terdapat pada semua usaha kelompok, terdapat pada semua usaha kelompok, negara, swasta, sipil atau militer, usaha yang besar dan kecil. William H Newman : Administrasi adalah bimbingan, kepemimpinan dan pengawasan atas usaha-usaha kelompok individu terhadap tercapainya tujuan bersama.

1.

2.

Pengertian keuangan negara menurut UU No 17 tahun 2003 adalah semua hak dan kewajiban negara yang dapat dinilai dengan uang, serta segala sesuatu baik berupa uang maupun berupa barang yang dapat dijadikan milik negara berhubung dengan pelaksanaan hak dan kewajiban tersebut. A. Hamid S. Attamimi mengartikan keuangan negara adalah segala sesuatu kegiatan yang berkiatan dengan uang yang dibentuk oleh negara untuk kepentingan publik seperti APBN, APBD, BUMN, BUMD dan seluruh harta kekayaan negara.

Administrasi Keuangan adalah kegiatan yang berkenaan dengan pencatatan, penggolongan, pengolahan, penyimpanan, pengarsipan terhadap seluruh kekayaan negara termasuk di dalamnya hak dan kewajiban yang timbul karenanya baik kekayaan itu berada dalam pengelolaan bankbank pemerintah, yayasan-yayasan pemerintah dengan status hukum publik atau privat, BUMN dan badan-badan usaha lainnya dimana pemerintah mempunyai kepentingan khusus serta terikat dalam perjanjian dengan penyertaan pemerintah ataupun penunjukan pemerintah.

1. 2. 3. 4.

Sisi Sisi Sisi Sisi

Objek Subjek Proses Tujuan

Dari sisi objek yang dimaksud dengan keuangan negara meliputi semua hak dan yang dapat dinilai dengan uang, termasuk kebijakan dan kegiatan dibidang moneter dan pengelolaan kekayaan negara serta segala sesuatu baik berupa uang, maupun berupa barang yang dapat dijadikan milik negara yang berhubungan dengan pelaksanaan hak dan kewajiban.

Dari sisi subjek yang dimaksud dengan keuangan negara meliputi seluruh objek sebagaimana yang dimilki negara, dan/atau dikuasai oleh pemerintah pusat, daerah, perusahaan negara/daerah dan badan lain yang ada kaitannya dengan negara.

Dari sisi proses keuangan negara mencakup seluruh rangkaian kegiatan yang berkaitan dengan pengelolaan objek mulai dari perumusan kebijakan dan pengambilan keputusan sampai dengan pertanggungjawaban.

Dari sisi tujuan keuangan negara meliputi seluruh kebijakan, kegiatan dan hubungan hukum yang berkaitan dengan pemilikan dan/atau penguasaan objek dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan negara.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->